Jun 102018
 

Radar 92N6A (tengah) untuk Sistem rudal pertahanan udara S-400. © Vitaly V. Kuzmin (CC BY-SA 4.0) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Turki dan Amerika Serikat baru-baru ini telah mengambil langkah penting ke arah yang benar dengan mengesahkan peta jalan untuk provinsi Manbij Suriah yang akan mengarah pada penarikan Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Sekretaris Negara AS Michael Richard Pompeo (Mike Pompeo) di Washington.

Seperti dilansir dari Hurriyet Daily, meski dianggap sebagai perkembangan positif untuk normalisasi hubungan antara AS-Turki, masih ada beberapa sengketa yang sangat penting antara dua sekutu lama, termasuk pengadaan S-400 Turki dari Rusia.

Pejabat senior Turki dan AS telah berdialog dan bernegosiasi untuk mengatasi masalah selama beberapa waktu, dengan penekanan khusus kepada 2 masalah utama: S-400 dan proses Manbij.

Berbicara kepada sumber diplomatik yang meminta untuk tetap anonim, Hurriyet Daily telah memperoleh informasi mengenai latar belakang pembicaraan tertutup antar kedua negara mengenai hal-hal kunci ini. Mereka telah terlibat dalam diplomasi dalam beberapa bulan terakhir di hampir setiap tingkatan, dengan yang terakhir antara Cavusoglu dan Pompeo pada tanggal 4 Juni.

Salah satu jalur diplomasi Turki-AS ini terfokus pada upaya Turki untuk meningkatkan pertahanan udaranya dengan sistem anti rudal balistik yang canggih buatan Rusia. AS pun telah lama menentang pengadaan ini karena tiga alasan utama.

Pertama, bertentangan dengan rencana NATO untuk lebih mengisolasi dan menghalangi Rusia. Sebuah RUU yang diundangkan di Kongres AS pada 2017 memberlakukan sanksi terhadap negara dan perusahaan yang terlibat dalam kontrak untuk membeli persenjataan Rusia.

Kedua, adanya kekhawatiran bahwa penyebaran ini akan membahayakan penerbangan pesawat-pesawat NATO, khususnya F-35 yang juga ada pada rencana pengadaan Turki dari AS.

Ketiga, adanya kekhawatiran menurunnya perdagangan yang memprioritaskan penjualan sistem pertahanan udara Patriot buatan AS kepada Turki dan sekutu NATO lainnya.

Sanksi akan dibalas

Pembicaraan antara Ankara dan Washington pada S-400 adalah seputar tiga masalah ini. Permintaan utama AS dari sekutunya adalah pembatalan pembelian S-400 dengan alasan bahwa itu bisa memicu sanksi terhadap Turki. Padar pejabat Turki dengan tegas menolak permintaan ini dan menekankan bahwa sistem S-400 akan dibeli dan disebarkan karena Turki membutuhkannya.

“Semua negara di sekitar kita memiliki sistem rudal. Bayangkan jika misalnya, hubungan dengan Iran memburuk atas Suriah dan mereka meluncurkan rudal pada kita. Bagaimana Turki akan dapat melindungi dirinya sendiri?” Adalah pertanyaan yang diajukan kepada para pejabat Amerika.

Mereka juga mengecam ancaman yang dikenakan pada Turki, dengan memperjelas bahwa “sanksi apa pun terhadap Turki tidak akan ditinggalkan tanpa dijawab”.

Setelah sikap tegas Turki pada pembelian sistem ini, pejabat AS mengisyaratkan bahwa “Turki tak boleh menggunakan S-400 bahkan jika mereka telah membelinya dari Rusia”, sementara sumber diplomatik Turki mengatakan ini bukan harapan yang realistis.

Ayo Kerjasama

Setelah mengabaikan seruan pembatalan, Turki menyarankan bekerjasama dengan AS untuk melihat potensi konsekuensi dari penyebaran sistem S-400 dan untuk mengatasi kekhawatiran AS pada keselamatan pesawat tempur NATO.

Dalam pembicaraan dengan para pejabat AS, Turki menjelaskan kepekaannya dengan tidak menempatkan pesawat-pesawat NATO dalam bahaya melalui sistem senjata yang diperolehnya dari sumber non-NATO. Turki juga menekankan bahwa mereka pun belum memilih opsi pengiriman cepat sembilan bulan yang telah ditawarkan oleh Rusia.

“Jika kami telah menerima opsi untuk pengiriman sembilan bulan maka kami tidak akan memiliki kendali atas penggunaan S-400. Mereka hanya akan digunakan oleh para ahli Rusia, karena perangkat lunak nasional tidak akan siap untuk diunggah. Sebaliknya, kami telah memilih opsi 19 bulan sehingga kami dapat mempersiapkan pekerjaan teknis kami dan menggunakannya dibawah kendali penuh Turki. Kami sangat sensitif dalam hal ini”, menurut pejabat Turki.

  32 Responses to “AS: Jangan Pakai S-400 Walaupun Telah Kalian Beli”

  1.  

    sukanya kok ngatur², kalau beli gak boleh digunakan buat apa ?

  2.  

    Lucu… masak kalopun sdh d beli g boleh d pake… emang mau d jadiin pajangan aja… d lap kalo kena debu… d poles kalo kurang mengkilap… d mandiin kalo kotor…. d salon kalo kurang indah… emang mo mantenan… xiixixixi

  3.  

    karena kalau banyak negara membeli S-400 maka bisa seperti penempatan THAAD di wilayah perbatasan Rusia… Sistem ini akan menjadi boomerang bagi hegemoni kekuatan USA dan secara tidak langsung membuat Rusia memiliki mata dibanyak tempat

  4.  

    …cman bisa ktawa aja dah.hahahahaha….melas banget mamarika ama turki.

  5.  

    Dari tiga alasan utama, sptnya point nomor 3 justru yg lebih masuk akal. Mereka khawatir Patriot dan THAAD ternyata jauh dibawah S-400 kemampuannya.
    Jika keunggulan S-400 jauh diatas PAC-3 maupun THAAD, maka kepercayaan anggota NATO terhadap sistem hanud yg ditawarkan AS akan menurun. Maka akan timbul 2 kemungkinan :
    – Kekhawatiran yg meningkat bahwa hanud yg mereka peroleh dr AS gagal memberi rasa aman dr ancama rudal2 Rusia yg terkenal mumpuni jika terjadi konflik dng Rusia.
    – Negara anggota NATO diluar AS akan berkolaborasi bersama utk membuat sistem hanud baru tanpa menggunakan buatan AS. Bukankah selama ini AS selalu mendesak sekutu mereka di NATO utk lebih meningkatkan kemampuan pertahanan mereka tanpa harus mengandalkan AS.?

    Utk saat ini skor msh dimenangkan AS dimana penempatan hanud NATO ada diteras rumah Rusia. Lalu gmn dng Rusia.? Akankah menempatkan hanud mereka di Amerika Selatan.?

    •  

      @bR. Keliatan banget secara tdk lgsg AS khawatir dan mengakui pespur Silumannya bs ditelanjangi S400 dan bs merusak penetrasi pasar teknologi sista yg selama bgt dinikmati AS!He3.

    •  

      Bkan bgtu..
      Asumsi liar boleh boleh aja..

      UU CAFTA ato apa itu usa hrs laksanakan..
      Turki anggota nato dimn sudah terikat oleh etika dan peraturan nato..
      Ini yg utama..

      Turki ini negara yg sangat diperhitungkan dan kunci bg usa di timur tengah dan eropa..
      Makanya usa takut terlihat sedikit lemah menghadapi turki..

      Ini lo s400 blm efektif buat si slumun..
      Radar utk s400 di suriah udah pernah di geser dkt perbatasan israel utk menguji f35..
      Hasilnya no coment..

      Jadi terkait pac3 thaad slumun bkn itu intinya..

      Kl indo berani spti turki ke usa ya critanya laen..
      Kl itu terjadi kalian pasti sengsara..

      Ha ha ha

  6.  

    paman Sam mungkin khawatir jika S-400 tersebar diseluruh dunia.. jejeran pesawat tempur siluman tercanggih digalaksi miliknya tidak bisa bergerak bebas sesuka udelnya ke wilayah negara lain. :v

    •  

      Dari jauh dah di shoot duluan ama si slumun..
      Tengok aja ancaman israel terkait s300 suriah..
      Sekalipun s400 akan dihancurkan oleh f35i..

      Ha ha ha

      •  

        Hahaha….maksa banget komeng loe.bung@Dez….jangkauan rudal f-35 sejauh apa sich…????….rudal taurus palingan mentok 300 km.selain taurus rudal apelagi yg kompatible dengan nich pigeon…????….ini S famili bung not is THAAD.jangkauan S-400 triump diatas 400 km.masih terlalu dini asumsi ente.

        •  

          Loh kan semua kl menyangkut si slumun tu radar bisa detek apa tidak..
          Kl bisa max brp kl mulai bisa kedetek radar..

          Bkn soal jauh jauh rudal..
          Kl radarnya aja plonga plongo masak rudal jln sdri..

          Ha ha ha

          •  

            Nah kalo itu….!!!!! ane tiarap aje dah.karna belum ada yg bisa membuktikan secara real dilapangan one by one.ane baru percaya kalo dah ada satu betere triump yg hancur ato si pigeon yg nyungsep keseruduk nich monster.semboyan first look,first kills hanyalah omdo yg didengungkan USAF terhadap nich barang.begitu jga sbaliknya.

          •  

            nii gue suka nii koment cerdas tanpa unsur fanatisme…!!!

            memang semua kalo bicara fakta…memang belum ada bukti yang valid,,,baik itu kemampuan pespur siluk maupun S4….
            jadi kita di sini bicara secara teori dengan logika saje….
            kalo secara teorinya kemampuan pespur gen5,akan sulit dideteksi oleh radar saat ini….!!!….itu teorinya…sedang S4 masih memakai katagori radar saat ini…itu teorinya….!!!
            seandainya rusia memang mampu membuat radar yang mampu mendeteksi pespur gen5…jelas tidak akan dijual,,,karna rusia sendiri sedang mengembangkan pespur gen5 itu sendiri….!!!
            jadi rusia tidak akan menjual tehnologi penangkal disaat dia lagi mau buat senjata andalan…selain riskan juga akan mematikan usaha pengembangan pespur gen5 itu sendiri…!!!
            jadi rusia sebagai produsen maupun negara penjual senjata tidak akan bodeh,,,menjual anti sista yang lebih efectip dan lebih murah tentunya…dan itu mematikan penjualan pespur gen5 itu sendiri…!!!
            itu menurut hemat saya…kalo keberanya hanya rusia dan tuhan yang tau…!!!

      •  

        kalau lah tenang itu israel, dgn banyaknya rudal s400 disuriah, kgk mungkin setanyahu berungkali datang kerussia hampir dua puluhan kali, berarti armada militernya juga terancam dgn kehadiran s400 disuriah

        hahhaahaaaa

        •  

          yaa kalo dipikir lagi sapa yamg engak takut kak huha…jangan kata S,es,an,senapan angin juga kan buat takut….jadi siapa yang mau ambil resiko…kalo engak penting…?!??!!

          •  

            Apa lg nama gue disebut sebut, mungkin loe hampir sama dgn aming lee, yg atut, mnjwb mengapa pria trsebut masih dirahasiakan aming lee

            Hahhahaaa

  7.  

    Asseeekkk f35 takut disawer s-400, semok ni yeee suiiitt… Suiiiitt…

  8.  

    komen gue lagi2 nyangkut

    hahhaahaaaa

  9.  

    Menurut salah satu mentri pertahanan asing yg tdk mau disebutkan nama orang tuanya,

    beliau menanggapi “PSK aja kalo udah dibayar musti dipake, lah ini senjata milyaran kok gak boleh di pake, mau dijadikan apa?, Vibrator???”

    Begitu kira2, dimana beliau pd saat itu menanggapi dgn mimik wajah serius, sambil nyemil tutup botol pulpy.

  10.  

    Sebuah pengakuan amerika yg mengharukan dunia, S400 layak di miliki

    😎

 Leave a Reply