AS Jual 66 Jet F-16 Terbaru ke Taiwan

Pesawat tempur F-16 (foto : Twitter Elbit System-US)

Jakartagreater –  Taiwan secara resmi telah menandatangani perjanjian untuk membeli 66 Jet F-16 terbaru Lockheed Martin, menandai penjualan pertama Jet tempur canggih ke Taiwan sejak 1992, ketika Presiden AS saat itu George H.W. Bush menyetujui penjualan 150 F-16, dirilis Sputniknews.com.

Pada hari Jumat 14-8-2020, Departemen Pertahanan AS merilis salinan kontrak yang menunjukkan produsen pertahanan Lockheed Martin diberikan $ 62 miliar untuk produksi baru 90 pesawat F-16, 66 di antaranya akan dibeli oleh Taiwan.

Menurut pengumuman Pentagon, perakitan 90 Jet akan selesai pada 31 Desember 2026. Pesawat akan dirakit di fasilitas Lockheed di Greenville, Carolina Selatan, dan Fort Worth, Texas.

Ketika rencana penjualan diumumkan pada Agustus 2019, Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, mengatakan kepada wartawan bahwa “penjualan senjata AS ke Taiwan sangat melanggar prinsip satu China,” lapor Bloomberg.

Hua Chunying juga mencatat bahwa pemerintah China mendesak AS untuk menahan diri dari menjual “Jet tempur ke Taiwan dan menghentikan penjualan senjata ke, dan kontak militer dengan, Taiwan.”

“Jika tidak, pihak China pasti akan membuat reaksi keras, dan AS harus menanggung semua konsekuensinya,” tambah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri ChinaHua Chunying.

Meskipun mengadopsi “Kebijakan Satu China” pada tahun 1979, yang mengakui klaim Beijing bahwa Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari China, AS mempertahankan hubungan perdagangan independen yang erat dengan Taiwan dan merupakan pemasok pertahanan utamanya.

Kontrak terbaru kemungkinan akan semakin membebani hubungan antara AS dan China, terutama karena China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan mengklaim kedaulatan atasnya.

Satu pemikiran pada “AS Jual 66 Jet F-16 Terbaru ke Taiwan”

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar