Apr 092018
 

Konsep kapal selam Virginia-Class buatan AS © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dalam menghadapi situasi yang mengancam dari Beijing, Taiwan kini bisa meletakkan lunas armada kapal selam generasi baru berkat teknologi militer yang disediakan oleh Amerika Serikat, seperti dilansir dari Reuters.

Sebuah langkah yang pasti membangkitkan komentar dari China, pemerintahan Trump telah setuju untuk memberi izin yang diperlukan pada perusahaan-perusahaan senjata AS untuk menjual teknologi kapal selam kepada Taiwan.

Negara pulau yang terletak hanya sejauh 81 mil dari pantai musuh bebuyutannya itu, telah memperkuat postur militernya menyusul meningkatnya sejumlah kekhawatiran bahwa China memperketat cengkeramannya di kawasan itu, terutama ketika Beijing merebut wilayah maritim di Laut China Selatan.

Ketika perang dagang yang diprakarsai Trump nampak mulai meningkat, Central News Agency asal Taiwan pada hari Sabtu melaporkan persetujuan lisensi teknologi kapal selam baru AS kepada Taiwan, menurut Newsweek.

Menteri Pertahanan Taiwan, Chen Chung-Chi menegaskan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah memberikan lampu hijau tehadap penjualan teknologi mutakhir kapal selam militer.

Kebijakan AS terhadap penjualan senjata Amerika-Taiwan tetap “konsisten”, termasuk juga masa Presiden Barack Obama, menurut sumber di Departemen Luar Negeri AS, dikutip oleh Reuters.

“Kebijakan jangka panjang kami tentang penjualan pertahanan ke Taiwan telah konsisten di tujuh pemerintahan AS yang berbeda. Kebijakan ini telah berkontribusi pada keamanan Taiwan dan juga mendukung pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”, jelas pejabat itu

Pada tahun 2017 lalu, Taiwan merilis berita bahwa mereka akan memproduksi delapan armada kapal selam baru, tepat sebelum Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Trump di Florida.

Bagikan:

  69 Responses to “AS Jual Teknologi Kapal Selam ke Taiwan”

  1.  

    kapal selam As pake nuklir semua
    gak ada yg pake diesel

    hmmmmm

  2.  

    Wuih berapa dana bangun Kasel Made In Taiwan dgn lisenci dr AS? Klu semua aman damai bakal tutup tuh pabrikan senjata!he3

  3.  

    Good job.. Coba dulu Chiang Kai Sek didukung USA besar-besaran pasca PD2. Abis tuh Mao Zedong dan gak ada lagi RRC. Makanya begitu Chiang Kai Sek meninggal, Taiwan didepak kan dari kursi Anggota Tetap DK PBB, bahkan dari keanggotaan PBB. Padahal berapa kali tuh Chiang Kai Sek punya kesempatan buat melumat Kuminis China.

  4.  

    China juga blh jual kapal selam,rudal jarak jauh,pelacak rudal,radar canggih,dll ke iran ga ush amrik protes

  5.  

    Ya itu kesalahan mao ingin mengejar kemajuan barat tpi ga bisa yg salah ya salah makanya ga ush fanatik bela yg salah! Tpi mereka belajar dari pengalaman ,bukan dibunuh mampus kelaparan kerja paksa hehehe

  6.  

    ngotot bener utk ukuran rakyat Indonesia yg punya paman wafat di TMP

    xaxaxa

  7.  

    Ya bung fajr aku aj sangat simpati dan trenyuh liat org palestina dan mendukung ini di negri kita malah dukung izroil dan pendukung utamanya usa habis2an tanpa batas hhhhhhhh

  8.  

    Yang namanya komumis dan zionis harus di berangus..

    Apalagi model kaya koh @hermanto kwan, china yang ga punya toko & agato yang membela mati”an zionis

    Wkwkwk peace bung..

  9.  

    selain komunis ada paham extrim yg juga harus diberangus, yaitu paham populisme.

    dimana saat ini sangat mudah mendapatkan informasi, informasi apa saja, bahkan jika informasi yg condong ke hoax di biarkan dan memasuki pikiran orang awam, itu sangat berbahaya.

    aksi fanasboy yg membela alutsista dan politik negara lain juga patut dilumat kan, situs berita militer adalah penyumbang ter besar, atau punya peran ter besar utk mempengaruhi orang awam, sehingga orang awam tsb akan menjadi chauvisme berlebih, condong ke arah fanasboy.

    sebaiknya fanasboy insyaf klo ga pergi saja dari NKRI, kalau masih ngotot dgn debat kusir yg ga habis2, kaya anjing ngejar ekor nya aja .

    https://nasional.kompas.com/read/2017/01/16/07444731/populisme.kesenjangan.dan.ancaman.terhadap.demokrasi.

  10.  

    min komen gw mana min ?

    kok hilang ?

    bahas populisme, itu paham harus diberantas min…

    https://nasional.kompas.com/read/2017/01/16/07444731/populisme.kesenjangan.dan.ancaman.terhadap.demokrasi.

    •  

      sudah lama masalah kayak gini tapi memang sulit diatasi karna faktor kekuasaan dan lingkar dalam jabatan sendiri….tingal tunggu pemicu maka akan meletus….harus ada pemimpin yang benar benar kuat dan punya tekad baru bisa mengatasinya….karna menyangkut sistem dan budaya busuk dalam pemerintahan dan korporasi….sehinga hilang rasa keadilan apa lagi rasa kebersamaan….!!!

    •  

      sya sendiri melihat populisme sebagai bagian dari demokrasi itu sendiri, terjadi karena kesenjangan dan ketimpangan yakni menguatkan kembali musyawarah antar rakyat berbeda kelas yg berkedudukan sama dlm mengeluarkan pendapat menghadapi persoalan masyarakat agar tidak mendominasi satu sama lain. dan bisa muncul di faksi kiri, tengah dan kanan tergantung faktor ketimpangan sosial dan ekonomi suatu negara.

      namun toh yg namanya filosofi politik selalu akan jadi godaan otoriterisme politisi.

      sya ngakak sendiri di artikel tersebut ada yg tidak langsung menyarankan Proteksionisme perdagangan bebas utk melindungi negara dari ketimpangan ekonomi,

      •  

        yaa bila masarakat kita mempunyai apa yang dimiliki masarakat negara maju…baik ekonomi dan pendidikan mungkin bisa jadi baik om…tapi akan berbeda ceritanya bila itu dialami negara berkembang dengan setatus sosial dan pendidikan yang tidak memadai….bisa ambil contoh setiap gejolak dalam negri selalu terlihat gelap mata….dan anarkis…jadi sudah seharusnya lebih dipertimbangkan dan dikaji secara mendalam dan dicarikan solusinya…!!!

        •  

          masalah proteksionis…pintar pintar kita mengatur dan menempatkan apa dan dimana proteksi harus dilakukan….karna semua negara pun melakukanya…jadi mukan masalah….yang menjadi masalah adalah kecurangan dalam bentuk proteksionis…untuk mengatur keuntungan dan merugikan pihak lainya….v!!!

          •  

            Jd WTO cuma jargon dong klu setiap negara menerapkan proteksionisme yg kebablasan seperti langkah awal yg dibuat AS, contoh aja yg lalu produk RI aja dikenakan kasus dumping oleh AS.

          •  

            WTO sebagai jembatan penegah bung ….jadi semua tergantung aturan mainya dan para pemainya…tidak ada yang mau rugi apalagi gulung tikar…proteksi dilakukan untuk mencegah keduanya itu sah …ada bayangkan sapa mampu bersaing dengan cina dan india dalam perdagangan liberal tanpa campur tangan pemerintah…???….jadi kesimbangan jadi patokanya…kalo proteksi dilakukan menguntungkan diri sendiri dan merugikan orang lain itu namanya kecurangan dan itu dilarang….!!!

  11.  

    Yang buat china harus merevolusi militernya siapa,yang bikin gaduh di afghanistan siapa,yang bikin tumbang sadam hussein dan jadi porak poranda timur tengah siapa yang lah bayak hayoh siapa ….,,,,,,,,,,,,,, mungkin ufo kali

  12.  

    hahah lengkaplah sudah ada pro nato/us/israel pro russia pro china pro iran ada lagi pro korut tapi dah lama tidak ol,saya non blok aja lah takut di embargo

    •  

      Ada gak enaknya jd non blok ditarik kekanan dan kekiri padahal diajak noleh kanan kiri ok selagi masih ditengah dan bs dpt untung.he3

      •  

        Xaxaxa….ada dua saudara seperjuangan nih…semakin banyak orang paham arti sejati nasionalisme…tingal bagai mana kita aflikasikan dengan mendukung dan mengkritisi pemerintahan pada laju jalur yang tepat…mudah mudahan kedepan kemajuan bangsa bukan lagi sekedar cita cita semata…!!!
        SEMAKIN BANYAK PENDUDUK YANG PANDAI DAN JUJUR DALAM SATU BANGSA MAKA AKAN SEMAKIN BAIK DAN UNGGUL PULA BANGSA ITU

        •  

          Ditambah dengan akhlak yg baik yg dimiliki oleh penduduk suatu bangsa merupakan perekat kekuatan pilar bangsa. Menghindari perdebatan provokatif ke arah perpecahan, kritik membangun brdasarkan “good political will” dan “good goverment” merupakan modal kejayaan. Ketamakan, haus kekuasaan, pro-satu golongan, tidak berlandaskan kesejahteraan rakyat, hukum yg tak berkeadilan, kesewenang-wenangan, rezim korup, menghindari permusyawaratan merupakan modal kehancuran.

          •  

            mantap broo dan terimakasih untuk melenkapinya….semoga para pemimpin dan para aparatur negara lekas sadar dan sembuh dari penyakit yang mengerogoti bangsa….walau saya ragu pada mereka yang telah
            mapan dan nyaman…akan memiliki pemikiran dan kesadaran dalam mencapai cita cita bangsa….!!!

  13.  

    ?

 Leave a Reply