Jul 152017
 

Sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak jauh MIM-104 Patriot buatan Amerika Serikat. © wykop.pl

Pada tanggal 10 Juli 2017, Amerika Serikat telah menyebarkan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh MIM-104 Patriot pertama kalinya di Lituania. Penyebaran tersebut, menunjukkan komitmen AS yang teguh terhadap keamanan Lituania dan kesiapan yang tinggi untuk dapat mengirim kemampuan strategis ke wilayah tersebut, seperti dilansir dari Defence Blog.

Penyebaran rudal Patriot tersebut telah dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Republik Lithuania.

Menurut kementerian pertahanan tersebut, sistem rudal Patriot akan digunakan bersamaan dengan sistem pertahanan udara Lithuania dan anggota aliansi NATO lainnya selama latihan Tobruq Legacy 2017.

“National Exercise Vigilant Falcon 2017 di Lithuania akan menjadi bagian integral dari latihan Tobruq Legacy 2017. Latihan ini akan meningkatkan prosedur interoperabilitas serta komando dan kontrol di antara unit-unit Angkatan Udara Lituania”, tambah pernyataan tersebut.

Latihan Tobruq Legacy 2017 diadakan di Lituania pada 11-22 Juli, yang melibatkan sekitar 500 tentara dan 30 unit sistem pertahanan udara dari Lituania, Latvia, Polandia, Amerika Serikat dan Inggris.

Sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak jauh MIM-104 Patriot buatan Amerika Serikat telah dikerahkan di Lituania. © wykop.pl

MIM-104 Patriot adalah sistem rudal darat-ke-udara (SAM), yang utama dari jenisnya yang digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan beberapa negara sekutu lainnya. Sistem rudal ini diproduksi oleh kontraktor pertahanan Amerika Serikat, Raytheon dan namanya diambil dari komponen radar yang digunakan pada sistem senjata itu.

  2 Responses to “AS Kerahkan Sistem Rudal Patriot di Lituania”

  1. pengen banget denger atau baca berita TNI telah mengoperasikan baterai rudal sam,yang jarak menengah juga ngga apa2 sekelas BUK series..

    • Patriot di eropa udah mo di gusur2in semua bung… Ganti produk fresh kek Nasams, SAMP/T, MEADS nanti nunggu udah gak laku di eropa baru beli wkkkk

 Leave a Reply