AS Kirim 3.000 Tentara Tambahan ke Perbatasan Selatan

Tembok Perbatasan San Diego AS Tijuana Meksiko

Tembok perbatasan antara San Diego (AS) dan Tijuana (Meksiko) © Tomascastelazo via Wikimedia Commons

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada CNN pada Kamis bahwa lebih dari 3.000 tentara tambahan akan dikerahkan ke perbatasan selatan Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko.

Pasukan tambahan akan bergabung dengan 2.300 tentara yang sudah ditempatkan di sana dan akan memenuhi permintaan yang dibuat oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) yang telah disetujui oleh penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan awal bulan ini.

Seorang pejabat pertahanan menyebut jumlah total pasukan tambahan yang dikirim sekitar 3.500.

Permintaan yang dibuat oleh DHS memperpanjang misi perbatasan hingga September, yang akan berarti pengerahan pasukan selama hampir setahun di perbatasan dengan Meksiko.

Pasukan telah dikirim untuk memperkuat titik-titik masuk utama di sepanjang perbatasan dalam menanggapi kafilah migran besar yang telah berbaris naik dari Amerika Tengah untuk mencapai AS.

Presiden AS Donald Trump juga mengkonfirmasi bahwa pasukan tambahan sedang dikirim ke perbatasan.

“Semakin banyak pasukan yang dikirim ke Perbatasan Selatan untuk menghentikan upaya Penyerbuan Ilegal, melalui karavan-karavan besar, ke Negara kami. Kami telah menghentikan karavan-karavan sebelumnya, dan kami akan menghentikan ini juga. Dengan Tembok akan sangat mudah dan lebih sedikit mahal. Dibangun!”, kata Trump dalam twitter-nya.

Sumber: Anadolu Agency

Leave a Reply