AS Kirim Roket Dipandu Laser Untuk Melengkapi Super Tucano Lebanon

Pesawat eksperimental Embraer A-29 Super Tucano melakukan taksi © US. Air Force via Alert5.com

JakartaGreater.com – Amerika Serikat mengirimkan roket dipandu laser ke Angkatan Udara Lebanon pada tanggal 13 Februari 2019, bagian dari paket bantuan militer ke Lebanon senilai $ 16 juta, seperti dilansir dari laman Defense News.

Sistem senjata pembunuh presisi canggih, yang diproduksi oleh BAE Systems, akan menambahkan kemampuan serangan udara ke pasukan Lebanon. Ini juga menandai pertama kalinya roket tersebut akan digunakan di pesawat serang ringan A-29 Super Tucano atau platform turboprop sejenis.

Menurut situs web resmi Angkatan Bersenjata Lebanon, “itu adalah roket pertama yang akan dikirimkan secara berturut-turut kepada Angkatan Udara Lebanon atau LAF”.

Sebelumnya Brigadir Jenderal Ziad Haykal, Kepala Staf Angkatan Udara Lebanon mengatakan bahwa jet dukungan udara jarak dekat memberikan nilai tambah pada kemampuan LAF yang sebelumnya tak ditemukan di angkatan udara nasional.

A picture shows an A-29 Super Tucano aircraft being sprayed with water as a welcome ritual during a handover ceremony by the U.S. Lebanon received the second lot of four A-29 Super Tucano in June 2018 in its bid to assist the Lebanese armed forces. (Joseph Eid)

“Tantangan terbesar adalah saling melengkapi antara pesawat A-29 Super Tucano dan senjata operasional angkatan udara lainnya”, kata Haykal. “Kami menghadapi aturan integrasi baru dan jalur operasional, terutama karena pesawat-pesawat ini tidak akan beroperasi sendiri tetapi di samping pesawat lain”.

Haykal menekankan pentingnya program bantuan militer AS kepada Lebanon, yang merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk pengiriman enam pesawat A-29 Super-Tucano.

“AS adalah pemasok utama peralatan militer ke Libanon. Bantuan itu telah membuat perbedaan dalam pertempuran kita melawan teroris” katanya.

Dalam pernyataan 13 Februari, kedutaan besar Amerika Serikat untuk Lebanon telah mengatakan bahwa pengiriman tersebut menunjukkan komitmen pemerintah AS dan dukungan yang kuat kepada Angkatan Bersenjata Lebanon dalam kapasitas mereka sebagai satu-satunya pembela Lebanon yang sah.

Sejak tahun 2005, Amerika Serikat telah menginvestasikan lebih dari $ 2 miliar dalam kemitraannya dengan Angkatan Bersenjata Lebanon.

Tinggalkan komentar