AS Kontak Malaysia Bahas Rudal Korea Utara

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis. © Reuters/Yuri Gripas

Washington – Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis dalam percakapan teleponnya dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Tun Hussein berbicara tentang uji coba rudal balistik terbaru oleh Korea Utara dan cara kolaboratif untuk mencegah agresi nuklir, menurut Departemen Pertahanan AS, seperti dilansir dari Sputnik News.

“Menhan Mattis dan Menhan Hishammuddin bertukar pandangan mengenai tantangan keamanan regional termasuk terorisme dan Korea Utara. Mereka membahas uji coba peluncuran rudal balistik antar benua Korea Utara pada tanggal 4 Juli lalu dan perlunya kerjasama regional untuk memastikan perdamaian dan stabilitas”, menurut isi rilis pers tersebut pada hari Kamis.

Dalam percakapan telepon terpisah, Menhan Mattis dan Menhan Korea Selatan Han Min-koo mengecam uji coba rudal Korea Utara itu dan menyimpulkan bahwa tindakan tersebut berdampak pada wilayah dan masyarakat internasional.

Selain itu, Mattis pun mengulangi komitmen pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mendukung Korea Selatan dengan berbagai peralatan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebelumnya pada hari yang sama, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menyerukan agar dilaksanakan sidang darurat setelah Korea Utara mengumumkan pada hari Selasa, bahwa pihaknya telah berhasil meluncurkan rudal balistik antar benua pertama yang mencapai ketinggian 1.740 mil dalam penerbangan selama 39 menit sebelum secara akurat mencapai area yang diinginkan di Laut Jepang.

Tinggalkan komentar

Most Popular

Komentar