AS Kontak Malaysia Bahas Rudal Korea Utara

18
Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis. © Reuters/Yuri Gripas

Washington – Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis dalam percakapan teleponnya dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Hishammuddin Tun Hussein berbicara tentang uji coba rudal balistik terbaru oleh Korea Utara dan cara kolaboratif untuk mencegah agresi nuklir, menurut Departemen Pertahanan AS, seperti dilansir dari Sputnik News.

“Menhan Mattis dan Menhan Hishammuddin bertukar pandangan mengenai tantangan keamanan regional termasuk terorisme dan Korea Utara. Mereka membahas uji coba peluncuran rudal balistik antar benua Korea Utara pada tanggal 4 Juli lalu dan perlunya kerjasama regional untuk memastikan perdamaian dan stabilitas”, menurut isi rilis pers tersebut pada hari Kamis.

Dalam percakapan telepon terpisah, Menhan Mattis dan Menhan Korea Selatan Han Min-koo mengecam uji coba rudal Korea Utara itu dan menyimpulkan bahwa tindakan tersebut berdampak pada wilayah dan masyarakat internasional.

Selain itu, Mattis pun mengulangi komitmen pemerintahan Presiden Donald Trump untuk mendukung Korea Selatan dengan berbagai peralatan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah ini.

Sebelumnya pada hari yang sama, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menyerukan agar dilaksanakan sidang darurat setelah Korea Utara mengumumkan pada hari Selasa, bahwa pihaknya telah berhasil meluncurkan rudal balistik antar benua pertama yang mencapai ketinggian 1.740 mil dalam penerbangan selama 39 menit sebelum secara akurat mencapai area yang diinginkan di Laut Jepang.

15 KOMENTAR

  1. Jangan pernah ikut masalah negara lain kalau tidak mau terlibat dalam lingkaran hitam apalagi sok jago tapi ujung2 y rakyat yg menderita. . .biarlah semua ditangani PBB,buat apa PBB dibuat klau cuma jadi pajangan
    Hidup realistis aja sebenar y negara blm bisa apa2 yg selalu mengandalkn negara lain utk melindungi

  2. Terus terang ana bingung, sebenernya yg di ajak ngobrol si Mattis tu menhan Korsel ataukah Malasia……. kalo judul sih emang menhan Malasia, tapi isi artikel menhan Korsel !!??……. ana jadi gagal saham

    :hammer :hammer :hammer :hammer

  3. Kenapa MLsia yg d kontak mami rika kok bukan negara laen d kawasan… alasannya krn tentera MLsia adalah yg paling jaguh d kawasan….

    https://www.youtube.com/watch?v=3H6vlEOgV5Q

    TNI saja tdk bisa spt tentera MLsia…

    https://www.youtube.com/watch?v=_UtQ5_sKdI0

    Dalam baris berbaris pun TNI tdk bisa menyamai MLsia… TNI barisnya begitu & kalo lagi lari bergelombang spt ombak… jauh dg tentera MLsia yg bgt kalem dg pakean ala kentrung…

    https://www.youtube.com/watch?v=bmUm87DZbeI