Sep 092013
 
Capture Video Buk-2ME TELAR di Pangkalan Udara Al-Mezzah, dekat Damaskus yang direkam oposisi 3/09/2013 (photo:Darya Revolution)

Capture Video Buk-2ME TELAR di Pangkalan Udara Al-Mezzah, dekat Damaskus yang direkam oposisi 3/09/2013 (photo:Darya Revolution)

Di tengah polemik jadi tidaknya serangan militer ke Suriah, Amerika Serikat terus mengumpulkan data terkait kekuatan militer Presiden Bashar al Assad. Data terbaru yang ditemukan antara lain, Suriah telah memiliki senjata anti serangan udara Buk-M2E varian 9K37, Nato menyebutnya SA-17 ‘Grizzly. Gambar di atas merupakan hasil capture dari video yang dirilis kelompok oposisi Suriah pada tanggal 3 September 2013, yang menunjukkan Buk-M2E tipe 9K37 (transporter erector launcher and radar) TELAR, sedang bergerak di Pangkalan Udara Al-Mezzah, dekat Kota Damaskus.

Rusia telah mengirimkan sejumlah sistem rudal anti serangan udara jangka pendek kepada Suriah sepanjang tahun 2010 hingga 2012, namun tidak diketahui jumlahnya secara persis. Salah satunya sempat terlihat dalam video latihan militer Suriah yang ditayangkan stasiun televisi Suriah pada tahun 2012.

SAM Buk-M2E TELAR yang  bergerak ke Pangkalan Udara Al-Mezzah, yang direkam oposisi 12 Mei 2013  (Syrian Revolution Documentation Centre)

SAM Buk-M2E TELAR yang bergerak ke Pangkalan Udara Al-Mezzah, yang direkam oposisi 12 Mei 2013 (Syrian Revolution Documentation Centre)

Video yang dirilis oposisi Suriah pada bulan Mei 2013, juga menunjukkan sistem pertahanan udara Buk-M2E sedang diangkut dengan tujuan ke Pangkalan Udara Al-Mezzah.

Video terbaru  menegaskan bahwa Buk-M2E Telar telah ditempatkan di Pangkalan Udara  Al-mezzah. Diperbandingkan dengan citra satelit, video itu direkam dari arah timur laut, dari sebuah bangunan bertingkat.

Sistem Rudal Buk-M2 9K37 diproduksi tahun 1983 dan terus dikembangkan pada tahun 1998 dengan power dan akurasi yang ditingkatkan. Pada tahun 2007, Rusia menyiapkan rudal baru yang lebih canggih untuk Buk-M2, yakni missile 9M317. Buk-M2 9K37 telah teruji dalam perang Rusia dengan Georgia di Osetia Selatan pada tahun 2008. Setidaknya 4 UAV/drone miliki Georgia ditembak jatuh oleh 9K37.

Rudal anti udara jarak menengah buatan Rusia ini didisain untuk melindungi pasukan di lapangan maupun markas militer atau Pangkalan Udara. Rudal pengembangan dari Buk M1 dirancang untuk merontokkan fighter, bomber, rudal balistik maupun jelajah, air-launched missiles, guided aerial bombs, helikopter serta UAV/drone. Namun bisa juga digunakan untuk menghancurkan sasaran permukaan laut maupun darat. Sistem pertahanan udara yang bersifat mobile ini, mampu menghadang berbagai target yang terbang dalam ketinggian 10 hingga 24.000 meter dengan jangkauan maksimum 50 km dan dapat mengunci secara bersamaan 24 sasaran yang datang dari berbagai arah.

Spesifikasi Buk-M2 / (Nato= SA-17 Grizzly):

Buk-M2E-TELAR ( Miroslav Gyurosi)

Buk-M2E-TELAR ( Miroslav Gyurosi)

Specifications
 Back to top
Type
Medium range surface-to-air missile systems
Armament
Four missiles 9M317, 9M317E, 9M38 or 9M38M1
Country users
Russia
Head
50-70 kg HE fragmentation with radar proximity and contact fuzing system
Explosive load
180 kg
Crew
4
Weight missile
710 kg
Lenght missile
5,5 m
Range
2,500 – 50,000 m
Guidance system
terminal semi-active radar homing with inertial mid-course and course correction radio datalink updating
Radar
Phased-array radar
Dimensions
Length, 8 m; Width, 3,3 m; Height, 3,8 m

Entah terkait alasan kuatnya pertahanan udara Suriah atau tidak,  AS berencana untuk tidak melibatkan pesawat mereka dalam serangan ke Suriah, jika aksi militer jadi dilakukan. Menurut Gedung Putih, pesawat tempur AS memungkinkan ikut melakukan serangan, namun dari luar wilayah udara Suriah. (JKGR).

  11 Responses to “AS Lacak Pertahanan Anti-Udara Suriah Buk-M2”

  1. SA-17 Grizzly… four finger death

  2. indonesia wajib punya…sblm s300- datang beli dulu mayan nih 50km..pasang di pingir pantai biar ga ada pesawat asing numpang lewat..

  3. pak SBY akan menyeimbangkan alutsista barat – timur (Russkie cs); jare’ wis kepincut S-350 E (paling mutakhir), 10 lontong second, SU 35 BM akan menjadi daftar arsenal RI..aamiin.

  4. dibandingkan dgn S300 series, spec SA-17 lebih cocok digunakan menghadang rudal jelajah (tomahawk/storm shadow)

  5. ini dia yg perlu di contoh untuk pertahanan udara,,

    kita seharusnya memiliki misal Pantsyr nd s-300..
    Untuk menjangkau pespur yg se enaknya maen kucing”an di wilayah kita sendiri,,
    bukan cuma mengandalkan ARHANUD, Yang class deterjen nya gk sebanding dengan apa yg ada dan apa yg di lindunginya,,

    jadikan indonesia menjadi negeri maritim besi,bukan negara yg cuma mengandalkan arhanud,,seharusnya yg utama di jaga laut dan udara kita yg masih banyak black hole,,
    malah skrg lagi order Oerlikon,,kalao belinya 20 bijian gpp.. Eh jamaah ngetengiyah 6biji yg di beli,,

    ya semoga di meff ke 2..
    Negeri maritimm besi , bisa menjadi pedoman baru,
    dg dtgnya bebagai pertahanan udara. Pantsyr nd s-300/ s400..skalian kluarga sukro bisa di tarik menuju indonesia,,menajadikanya sbgai momok yg menakukan dan memberikan efek deterjen yg lebih mumpuni..

    Dan hibah lontong 10,jgn di sia”kan,, kayaknya om ruskie bkal kasih kejutan bru diantara lontong itu ada yg jumbo di taruh di pasifik nd hindia.. Untuk mmengatasi Lcs serta marinir di cocoss..

    Salam 1jiwa NkrI

  6. yang sedang dipikirkan oleh AS sepertinya ARHANUDnya suriah, ada kemungkinan s-telungatus nya om putin sudah sampai. f-22 pun bisa terancam bubar kalu kedetect s-tengungatus..

    jika AS jd menyerang suriah, sepertinya kita akan lihat battle proven mana persenjataan US army atau RED army…????

    tp kalu bisa AS jgn deh sampe nyerang suriah, om putin dah jelas2 ngomong dengan sadar.
    “Lw senggol gw bacok BRO” hehehehehe

    om diego, kmaren pak beye habis G20 jd mbungkus apa aj? dah dapet info lum om.. apa lontong apa SU bm apa s-telungatusseket??? hehehehehe smuanya maknyus kata pak bondan..

    • om kin..
      Kira” kalo jadi s- telungatus mu ktemu F-rolikur mmenang ndi efek detergen e..
      Kita juga mau liat lho, kan sapa tau kakang praboe beye,jadi mbungkusin es- telungatus nd es u-telulimo be Em..d tmbah lontong cap kolojengking…seng bongsor kae jg gpp..

      Iya nich Pak DiEGO YG DI MULIAKAN TUHAN..
      Mana hasil pertemuane kakang praboe es-beye sama sinuhun kanjeng putin…di Ge-rongpuluh,,
      lontonge , es- telungatus dan es u -telulimo be em pie..??

  7. Wah, kaya’e lhow om, kalu s-300 tuw bisa mendetect barang yang memiliki rcs sebesar bola golf terbang hingga ketinggian 15000 feet (mhon maaf jika salah mohon dikoreksi) , dan radiusnya sampe 300 km.. Apakah ke stealth’an (RC5) F-rolikur lebih kecil dari bole golf om banas patie?? Kalu menurut berita yang udah2 kan F-35 aj RCSnya masih sebsar bola basket..

    Kalau menurut saya, AS ga bakal brani lah pake pesawat mahal, dan ada embel stealth, tp kalu untuk dog fight menurut saya F-rolikur musuhnya belom ada, karena jarak radarnya juga sangar belom ada yang nandingin.. Kalu cuma su 27 dan su 30..

    Jd harusnya pak beye segera membungkus, es telulimo om banas patie..

    Heheheheh.

    Tp kalu F-rolikur bisa ditumpas sama s telungatus, kita wajib punya yang s-telungatusseket om.. Hehehe

    • omm kIn…
      (sebelomnye maaf yee om kIn )Denger” kan ef-telulimo mmasih kuran joss,dan lebih stealth ef-rolikur,,usA gk mngkin menjual barangnya yg baagus ke anggota nato skalipun,
      ef-telulimo yg di gadang” lebih canggih nd stealth pun masih belo bisa di percaya,,bahkan sampai” ef-telulimo di export nd joint production dganggota naTo.kenapa gk buat lagi Ef rolikur apa masalahnya..
      Berarti kan mmasih bgusan nd stealth ef -rolikur kalao di lihat scr mata terbuka..
      usA bnyak menyembunyikan teknologi yg high quality. Mmenurut ane kalau gk salah ef-telulimmo cuma buat uji coba untuk buat pespur yg 6++..jgn cm di urutkan berdasarkan nomernya ef-22 n ef-35 lbh canggih nd stealth ef 35…bs d liat antra ef-15SE nd f-16 block 52… Scr quality kan lbih betel provent f-15SE..(maaf kalau ada yg salah)

      kita buat perbandingan
      UsA vS ruskie
      f15,f-16, vs sU-27skm = su-27skm
      f18hornet,f18 vs su -30mk,su-30mk2 =su 30 fammily
      f-22 vs su-50 pakfa =drauw
      f-35 vs su-35Bm = drauw..

      Ini cm analisa ane aja gan..
      ((Mohon yg lebih pandai di beri penjelasanya)))..

      Om kIn….
      Kalau saya pribadi lebih pilih
      yg batle propent dulu..
      Mmisal:
      es-telungatus
      es-patangatus
      pantsyr…
      Sbgai payung udara..di jamin gk ada yg maen kucing”an di atas NKrI…kui pazztii..

      Untuk es -telulimo bm. Di tunda dlu ,,asal payung buat nglindungi penduduk sudah ada..cukup su-27nd 30 dl sbgai mata dulu. Toh masih bisa di andalin..mmeskipun kurang propen..
      Karena dananya jg masih di curi oleh wakil rakyat,
      mmaaf kalao ada yg salah. Tolong di benerin

      heeheheh

      • iya sih, ada yang bilang f-22 lebih maknyus ketimbang f-35, tp knapa yag om kalu emang f22 lebih mak nyus, knapa ga dbkin aj om secara masal khusus us??

        wah kalu yang di liat om, perbedaannya antara f 15 – f 16 – f 18 fungsinya sangat berbeda, walupun mreka sama2 figther tetapi fusingnya berbeda, jd ga bisa juga memutuskan f15 lebih baik dari yang lain..

        f-15 dibuat untuk AUnya AS, jd dya harus bisa tuh melahap smua musuh yang dateng, jd fungsinya untuk pertahanan udara, kalu dilihat dari speknya memang f-15 lebih mak nyus.. tetapi yag itu ga bisa di bilang lebih baik dari yang lain..

        beda lagi dengan f16, masuk dalam fighter kelas ringan, jd fungsinya ngga bwat bertarung secara langsung, recananya US membuat f16 untuk membantu f 15 pada saat duel diangkasa f 16 lebih lincah ketibang f 15, tapi kecepatan dan jarak jelajah lebih rendah daripada f15.. jd bwat supportnya f15..

        sedangkan f-18 dibuat untuk ALnya US mengantikan f14 tomcat, dya bwat melindungi kapal dan serangan darat, jd lebih sering digunakan untuk bombing ketimbang untuk jd figther.. jd us lebih mengandalkan F15 untuk jd fighter ketimbang f18.

        jd kita ga bisa om memutuskan f15 lebih maknyus dari f 18, jd sama halnya dengan f 22 dan f 35.. heheheheheh

        es patangatus, ga diual bebas om, karena bwat rusia sendiri alias tidak di export, dan rusia ngeluari es patangatus versi export yaitu es telungatus seket, jd yang makyus yag di estelungatus seket om soalnya klonengannya es patangatus versi export..

        pastinya yang lebih baru lebih manyus om.. heheheeheh

  8. Pertahanan udara harusnya di tempatkan di pelosok perbatasan tetangga maupun di kepulauan terluar kita. Wilayah Jawa selatan dan Irian Jaya masih ompong….gimana kalau musuh tangguh kita tiba tiba menyerang dari wilayah selatan dan timur? Bisa kita melawan….tapi ya babak belur duluan di hajar lawan….baru bangkit menyerang….wahhhh sdh timbul kerusakan dan korban….arhanud di tancapkan di batas terluar nkri kita….yg penting ada perlawanan. Biar imbang ya pasok persenjataan yg kita tahu kelemahan lawan….serta jgn lupa marinirnya juga di pasang juga

 Leave a Reply