AS Luncurkan MBT Abrams Varian Terbaru

76
61
MBT M1A2 SEPv3 Amerika Serikat (Avan/aw.my.com)

Jakartagreater.com. Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan varian terbaru dari Main Battle Tank M1A2 Abrams dengan perangkat pertahanan tambahan dan peningkatan daya tembak.

Satu dari enam M1A2 System Enhancement Package versi 3 (SEPv3) menunjukkan penampilannya awal bulan Oktober 2017 di Joint Systems Manufacturing Center workforce tank in Lima, Ohio, dirilis UPI.com, 10/10/2017.

“Abrams M1A2 SEPv3 adalah yang pertama dari serangkaian kendaraan baru dengan peningkatan signifikan yang akan kami sampaikan ke ABCT Angkatan Darat,” kata Mayjen David Bassett, pejabat pelaksana program Ground Combat Systems. “Ini adalah langkah maju yang bagus dalam keandalan, keberlanjutan, perlindungan, dan peningkatan kekuatan tank Abrams dan tim tempur brigade lapis baja ABCT kami, untuk masa depan.”

Abrams M1A2 SEPv3 (US Army)

“Bahkan dalam situasi fiskal yang sangat menghambat kemampuan kita untuk bergerak membuat kendaraan yang sama sekali baru, Abrams M1A2 SEPv3 menunjukkan bahwa kita masih dapat memberikan perbaikan yang bermakna dan relevan secara operasional.”

M1A2 SEPv2, yang akan diganti dari waktu ke waktu oleh SEPv3, yang telah diproduksi sejak tahun 2005.

Perbaikan M1A2 SEPv3 mencakup joint tactical radio system yang mengintegrasikan radio genggam genggam, manpack, dan radio bentuk kecil agar dapat mempertahankan komando pertempuran dan interoperabilitas komunikasi dengan tim tempur brigade masa depan. Versi baru ini juga dilengkapi dengan peralatan pembangkit listrik dan distribusi tenaga yang disempurnakan, serta alat counter remote control improvised explosive device electronic warfare/Duke V3.

Abrams M1A2 SEPv3 (US Army)

Tank Abrams M1A2 SEPv3 juga dilengkapi dengan data link amunisi untuk memprogram energi kinetik advance M829A4 dan amunisi multi guna yang canggih, unit daya tambahan yang silent untuk mengoperasikan sistem on-board selama silent watch operations, dan tentunya upgrade Armor.

Versi ini merupakan konfigurasi tank Abrams yang paling modern, yang memiliki perlindungan kekuatan dan kelancaran sistem yang lebih baik dan peningkatan tingkat lethality lebih dari M1A1 dan varian M1A2 sebelumnya”, ujar Letnan Kolonel Justin Shell, manajer produk Angkatan Darat untuk Abrams.

76 KOMENTAR

  1. TANK ABRAMSM YANG MENURUT US AND THE GANK DAN PARA PEMUJA NYA TANK TERCANGGIH DAN PALING KUAT DI JAGAD RAYA HARUS TERGUSUR DENGAN MUNCUL NYA T-14 ARMATA DITAMBAH LAGI DENGAN HANCURNYA TANK ABRAMS OLEH MILISI HOUTI YANG MEMILIKI ALAT ALA KADARNYA MENAMBAH KENYATAAN PAHIT YANG ADA

      • Saya juga bingung bos….kok ada yg namanya Tank Armata T-14…
        lha setahu saya rusia cuma punya T-72, T-80, T-90…….bahkan Menteri pertahanannya bilang kgk akan bikin 100 Tank T-14, tapi akan upgrade T-series … kalok sudah bikin 100 Tank pasti nomor serinya sudah berubah jadi T-100 ato T-99….tapi fensboy disini ora mudeng ternyata…..or maybe kagak baca berita….xixixi

        contoh for example….yah…..Sukhoi Su-57 tadinya prototypenya pakai nama T-50,,,tpi setelah finish mereka merubah namanya jadi Su-57….

        • WOY BOSQ YANG PINTAR T SERIES JELAS BEDA LAH DENGAN PESAWAT T-50 ITUKAN PROTOTIPE NYA T SERIES DINAMAKAN BERDEKATAN DENGAN TAHUN INTRODUCTION NYA ATAU TAUN PRODUKSI NYA KATA SIAPA T-14 TIDAK AKAN MAU DIPRODUKSI MEMANG UPGRADE T SERIES ITU UNTUK MENUTUPI KEKURANGAN TANK YANG ADA KARENA MAHALNYA COST UNTUK T-14 DAN ARMATA ITU JULUKANYA DARI BAHASA LATIN ARMA YAITU KERETA ATAU SENJATA KUNO RUSIA ABAD KE-14 BERDASARKAN DARI PROYEK ARMATA UNIVERSAL COMBAT PLATFORM ARMATA DAN BERBAGAI TURUNANYA UDAH DI TES DAN IKUT PARADE SUDAH BUKAN PROTOTIPE LAGI KAMU KALO NGOMONG DI CERNA DULU YA KALO MAU DEBAT SAMA SAYA MAKAN DULU BIAR KAGA MABOK

        • NB DARI WEBSITENYA BANGSA RUSIA : Di luar biro desain dan pabrik yang merancangnya, tank selalu menyandang nama berawalan “T”. Angka di belakangnya menunjukan tahun ketika mesin tersebut telah siap dikirim ke angkatan bersenjata. T-72 bergabung dengan militer Rusia pada tahun 1973, sementara T-64 dan T-62 beroperasi sejak awal 1960-an. Sebelum memasuki masa bakti, kendaraan lapis baja hanya disebut “objek” dengan tambahan indeks pabrik. Jadi, tank Rusia terbaru, Armata, saat ini masih menyandang nama “Objek 148”. Namun setelah diterima oleh angkatan bersenjata, tank tersebut akan diberi nama “T-14”, karena prototipe tank pertama kali didemonstrasikan di hadapan militer pada tahun 2014.

        • itu berita jadul……ini berita minggu ini.

          The Russian Armata program, a universal chassis system that is intended to be the foundational element for Russia’s future armor force and includes the third-generation T-14 main battle tank, could be in danger of being cancelled, following recent announcements to upgrade T-80 and T-90 series main battle tanks in addition to revising plans to melt down 10,000 armored vehicles by 2020.

          “Together with the reduction in potential orders for the T-14 MBT and the continued decline in Russian defense spending have led some sources to claim that the Armata program has been cancelled,” IHS Jane’s Defense Weekly reported back in September. In detail, the MoD announced that it will melt down 4,000 armored vehicles and retain the remaining 6,000 as a strategic reserve. Earlier this year, the MoD also awarded a $417 million contract to upgrade T-80 and T-90 MBTs to modern standards.
          =======================

          Program Armata Rusia, sistem chassis universal yang ditujukan untuk menjadi elemen dasar bagi pasukan tempur masa depan Rusia dan termasuk tank tempur T-14 generasi ketiga, dapat dalam bahaya dibatalkan, menyusul pengumuman baru-baru ini untuk meningkatkan versi T- 80 dan T-90 seri tank tempur utama selain merevisi rencana untuk melelehkan 10.000 kendaraan lapis baja pada tahun 2020.

          “Bersama dengan pengurangan pesanan potensial untuk MBT T-14 dan terus menurunnya pengeluaran pertahanan Rusia telah menyebabkan beberapa sumber mengklaim bahwa program Armata telah dibatalkan,” IHS Jane’s Defense Weekly melaporkan kembali pada bulan September. MoD mengumumkan bahwa mereka akan melelehkan 4.000 kendaraan lapis baja dan mempertahankan 6.000 sisanya sebagai cadangan strategis. Awal tahun ini, Kementerian Pertahanan juga memberikan kontrak senilai $ 417 juta untuk meningkatkan kapasitas T-80 dan T-90 MBTs ke standar modern.

        • Program Armata Rusia, sistem chassis universal yang ditujukan untuk menjadi elemen dasar bagi pasukan tempur masa depan Rusia dan termasuk tank tempur T-14 generasi ketiga, dapat dalam bahaya dibatalkan, menyusul pengumuman baru-baru ini untuk meningkatkan versi T- 80 dan T-90 seri tank tempur utama selain merevisi rencana untuk melelehkan 10.000 kendaraan lapis baja pada tahun 2020.

          “Bersama dengan pengurangan pesanan potensial untuk MBT T-14 dan terus menurunnya pengeluaran pertahanan Rusia telah menyebabkan beberapa sumber mengklaim bahwa program Armata telah dibatalkan,” IHS Jane’s Defense Weekly melaporkan kembali pada bulan September. MoD mengumumkan bahwa mereka akan melelehkan 4.000 kendaraan lapis baja dan mempertahankan 6.000 sisanya sebagai cadangan strategis. Awal tahun ini, Kementerian Pertahanan juga memberikan kontrak senilai $ 417 juta untuk meningkatkan kapasitas T-80 dan T-90 MBTs ke standar modern.

          • Di media barat jelas di titik beratkan bahwa masalah utama dari masalah produksi T-14 Armata adalah uang, dan seperti biasa akan bias ke arah dibatalkan…
            Dari proses sendiri jelas dipublikasikan kalau Armata selalu mendapatkan pembaharuan, termasuk klaim bisa dioperasikan di Mars karena mesinya yang bisa beroperasi dalam suhu ekstrem…
            Yang pasti Armata adalah project yang unik, dan merupakan terobosan baru konsep Tank MBT…
            Untuk masuk line produksi jelas tidak bisa diprediksi seberapa cepat tetapi Russia melakukan langkah taktis, dengan meng upgrade Tank yang sudah dalam status operasionla berdasarkan pengembangan yang dilakukan di T-14…
            Mirip dengan SU-57, dengan pengembangan sampai ke titik Su-35 jelas Russia tidak memerlukan teknologi ini dengan buru2… toh perang frontal tidak akan dihadapi Russia dalam waktu dekat, dan lebih efektif meningkatkan kemampuan Tank operasional daripada memaksakan T-14 masuk lini produksi…
            Jangan sampai project F-35 terjadi pada Russia

      • T-14 mampu menembak hingga sepuluh putaran per menit, dan dapat menghantam target dari jarak tujuh kilometer. Sebagai perbandingan, Abrams milik Amerika hanya bisa menembak tiga putaran per menit, dan jangkauannya hanya 4,6 kilometer.

        Selain itu, kendaraan tempur milik Rusia ini memiliki sistem radar yang memberikan keuntungan dalam membidik dan mengendalikan tembakan. T-14 juga bisa menghantam pesawat, roket pencegat, serta misil yang diluncurkan oleh musuh.Armata dengan kombinasi armor peledak reaktif dan radar canggih Afganit Active Protection System (APS) yang dimaksudkan untuk menembak jatuh proyektil yang masuk.Senapan tanpa laras 125 mm 2A82-1M. Memiliki amunisi sebanyak 40 tembakan (32 di antaranya terletak pada loader otomatis).Senapan mesin dengan pengendali jarak jauh 7,62 mm PKTM. Memiliki amunisi sebanyak 2.000 peluru dalam mode tembakan beruntun.Spesifikasi Massa tempur: 55 ton Awak: 3 orang Mesin: 1.500 tenaga kuda Kecepatan di jalan raya: hingga 80 kilometer per jam Jangkauan deteksi target: lebih dari 5.000 meter Jangkauan penyerangan target: 7.000 meter .Jangkauan jelajah: lebih dari 500 km Kekuatan lapis baja: lebih dari 900 milimeter
        itu cuman data diatas kertas kalo mau fair tunggu tanggal main si armata di medan perang

  2. MAU T-14 ATAU T-15 SEBUTANYA MEMANG ARMATA KARENA YA SEBUTANYA MEMANG ITU KARENA T-14 DAN T-15 ITU BASIC NYA SAMA SEBUTANYA SAMA SAMA LHO T-15 BASIC HULL NYA DARI T-14 DAN SAMA DARI PROGRAM ARMATA UNIVERSAL COMBAT PLATFORM T-15 MUNCUL 2015 T-14 MUNCUL 2014 MANGKANYA KALO ORANG INDONESIA ITU YANG NASIONALIS JANGAN BANGGAIN PRODUK ORANG LAIN “WoN6 1Nd0nEs14” KONONARMATA TAPI KAGAK MUNGKIN T-100/T-99 LOH YA KAGAK MUNGKIN

          • YANG SAMA KARENA SAMA DARI ARMATA UNIVERSAL COMBAT PLATFORM BASED ON T-14 TAPI DIMODIFIKSI MISALNYA LETAK MESIN NYA DI DEPAN

          • hehehe pada bingung rupanya….
            T-14 ini klo dilihat masuk ke kelas berat beda dengan versi sebelumnya…..
            Rusia punya tank T-64 & T-80…..T-72 & T-90 juga ada beberapa varian T-80UK yg kemudian diupgrade dan dimasukkan kevarian T-90.
            Ketika prototipe armata dikenalkan pada tahun 2014 diberi kode T-14 dan T-15 dikenalkan pada tahun 2015.
            nah kenapa ga dikasih kode T-114 dan T-115 saja supaya lebih mudah dikenal…
            Tidak rupanya bukan begitu…….ada maksud terselubung……

            Pada tahun 50-70 dimasa itu T-55 dan T-62 masuk kedalam layanan sebagai Main Battle Tank (MBT), selain itu mereka juga secara paralel memproduksi Heavy Tank T-10…….walaupun konsep Heavy Tank sudah ditinggalkan pada waktu itu, krn MBT mereka justru lebih baik dan lebih bagus dari Heavy Tank T-10. Akhirnya doktrin heavy tank T-10 dihentikan dan beralih ke MBT, yaitu T-55 T-62 dan T-72.

            Lalu kemudian baru2 ini mereka juga mengenalkan T-14 dan T-15(Heavy AFV), sehingga bisa dicium niat dari Rusia untuk mengembangkan doktrin baru yaitu kembali ke doktrin produksi Heavy Tank yaitu T-14 sebagai proyek lanjutan dari T-10 yg dulunya memang sempat diberhentikan krn rusia menilai MBT sudah cukup untuk melawan tank lawan.

            Tapi kan sekarang jaman sudah berubah MBT rusia T-series sudah tidak mampu melawan tank sekelas MBT barat seperti leopard dan abraham, sehingga perlu diaktifkan lagi proyek heavy tank yg diproduksi secara paralel. MBT masih ada masih jalan tetapi heavy tank masih diragukan apakah perlu diteruskan atau tidak krn proyek yg ambisius ini justru malah mahal dan menyulitkan, sama seperti amerika dengan proyek MBT-70 nya.

            jadi begono bung…..piss dulu ah……..

          • Hahhhh… ?????
            please deh… sekarang malah di belokan ke T-10…
            Armata T-14 dan T-90 saja tidak beda jauh… bahkan T-14 cenderung lebih pendek dan lebih ramping…
            meriam juga tidak jauh beda justru cenderung hasil pengembangan dari meriam T-90, yang jelas berbeda ya Armor nya… sama kapsul kru yang merupakan terobosan anti kemapanan kekinian…

            Please… tidak pernah saya temukan artikel yang aneh2 tentang Armata kecuali sebagai platform Tank Terkini dengan design yang benar2 baru dan berbeda… dan sebagai base platform, jelas kubah meriamnya bisa dirunah dan diaplikasikan dengan model apa saja contohnya T-15, seperti yang biasa dilakukan pada T-72 maupun T-90…

          • lho justru jika mengikuti “alur” MBT, Tank Armata akan menyalahi kodrat……

            semua tahu lah kalok MBT rusia itu desain kubah meriamnya berbentuk V …….
            atau seperti <>
            tapi kubah meriam armata justru sebaliknya tidak seperti MBT Rusia.
            lalu yang berubah adalah side armor,,,disisi tank jelas berbeda…
            plat baja dipasang dari sproket depan sampai kebelakang menyisakan sedikit celah
            sedangkan pada armata side armor terlihat lebih tebal.
            tentu saja konsep MBT armata ini sangat radikal terhadap perkembangan T-series.

            sekarang begini bro…..T-series sekarang masih jadi MBT…
            nah kalok Armata masuk jadi layanan dan dijadikan MBT otomatis akan menggeser MBT T-series dong..T-90 dan teman2 akan menjadi terkucil-i..karena itu perlu diakalin sama orang sono,,,Klo Armata masuk kelayanan dan masuk ke jajaran T-Series mungkin akan dinamakan T-100 / T-114.

            Tapi ternyata tidak demikian, mereka lebih suka memasukkannya ke dalam T-14 yg indeks penomorannya dirubah keawal, hitungan terakhirkan T-10,,,,dulu ada IS atau JS aka Joseph Stalin Tank. T-10 dulunya diberi indeks IS-10 tapi krn waktu itu untuk menghindari bentrok dgn konsep Medium tank yg akan dirubah ke MBT, maka IS-10 dirubah menjadi T-10. masih belum ingat brow….coba buka wiki tank IS-2 dan IS-3 ada apa ga…..tapi indeks penomoran bukan hal yg mutlak siapa tahu saja orang sono berpikir 2 kali dan merubah indeks T-14 jadi T-100 / T=114.

            Tapi tetap saja toh armata masih belum masuk kedalam layanan, jadi keingat tank buatan india, Arjun.

  3. Fansboy amerika pasti akan berkata armata ganti serinya krn “mau nutupi kejelekannya armata”, kalau sekarang tank amerika ganti serinya tentu jelas2 mau nutupi keringkihan, kelemahan dan kejelekan…

    Sudah jelek dijual, saat rusak malah di embargo, saat mau nembak musuh hrs izin dulu, emangnya dia pemilik dunia? buang aja ke laut repotin ajah…..