Apr 072017
 

Dalam gambar yang disediakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat ini, kapal perusak guided-missile Porter meluncurkan rudal Tomahawk, salah satu dari puluhan diluncurkan menuju lapangan udara militer Suriah. (Associated Press/Ford Williams)


Militer Amerika Serikat telah melancarkan serangan peluru kendali Tomahawk ke pangkalan udara Suriah yang menjadi asal serangan senjata kimia maut diluncurkan. Aksi ini disebut untuk kepentingan keamanan nasional Amerika dalam melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Para pejabat tinggi Amerika Serikat menjelaskan bahwa militernya menembakkan puluhan peluru kendali ke pangkalan udara yang digunakan pasukan Suriah, sebagai jawaban terhadap serangan gas beracun ke daerah yang dikuasai pemberontak, pada Selasa lalu.

Serangan Amerika Serikat menimbulkan berbagai reaksi, ada yang mendukung maupun menolak. Berikut sejumlah negara yang mendukung dan menentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump itu, seperti dilansir dari Kantor Berita AFP.

Arab Saudi
Pemerintah Arab Saudi menyatakan pihaknya mendukung penuh serangan udara Amerika Serikat terhadap pangkalan udara pemerintah Suriah sebagai respons atas dugaan serangan kimia di daerah kekuasaan pemberontak.

“Arab Saudi mendukung penuh operasi militer Amerika Serikat terhadap militer Suriah, yang merupakan respons terhadap penggunaan senjata kimia oleh rezim (Suriah) terhadap warga sipil tidak berdosa,” ujar pejabat Kementerian Luar Negeri Arab Saudi seperti dilansir kantor berita SPA.

Inggris
“Pemerintah Inggris sepenuhnya mendukung tindakan AS, yang kami yakini sebagai respons yang tepat atas serangan senjata kimia brutal yang dilancarkan rezim Suriah,” kata seorang juru bicara dari pemerintahan dalam sebuah pernyataan.

Dia juga mengatakan serangan Amerika Serikat “bertujuan mencegah serangan lebih lanjut.”

Turki
Turki menyambut baik serangan udara itu sebagai sebuah tindakan “positif” dan mendesak masyarakat internasional untuk mempertahankan sikapnya terhadap tindakan “barbarisme” dari Presiden Bashar al Assad.

“Kami menyambut serangan ini sebagai langkah positif, tetapi….. kami yakin bahwa rezim Assad harus dihukum sepenuhnya di arena internasional,” kata Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus kepada Fox TV Turki dalam sebuah wawancara, dikutip oleh kantor berita negara Anadolu.

“Masyarakat internasional harus mempertahankan sikapnya untuk menentang barbarisme ini,” kata Kurtulmus, yang juga menjabat sebagai juru bicara pemerintah.

Jepang
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan pemerintah Jepang mendukung keputusan pemerintah Amerika Serikat bahwa mereka tidak akan pernah menoleransi distribusi dan penggunaan senjata kimia.

“Kami sangat menghargai komitmen tegas Presiden (Donald) Trump untuk menjaga ketertiban dunia dan perdamaian dan keamanan para sekutu dan seluruh dunia,” katanya kepada awak media.

Iran

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghassemi seperti dilansir kantor berita Fars mengatakan, “Kami mengecam semua aksi militer sepihak dan serangan rudal kapal perang Amerika Serikat terhadap Pangkalan Udara Shayrat dengan dalih dugaan serangan pada Selasa di Khan Sheikhun.”

Rusia
Rusia menyebut serangan militer Amerika Serikat sebagai agresi terhadap negara berdaulat, yang hanya akan memperkeruh hubungan Washington dengan Moskow, ujar juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

“Presiden Putin menganggap serangan Amerika Serikat terhadap Suriah sebagai agresi terhadap negara berdaulat yang melanggar norma-norma internasional, dan berdasarkan dalih yang dibuat-buat,” ujar Peskov seperti dilansir sejumlah kantor berita Rusia.

Indonesia
Pemerintah Indonesia menyatakan prihatin atas serangan rudal yang dilancarkan militer Amerika Serikat ke Suriah.

“Adanya serangan rudal Tomahawk AS ke Suriah sebagai respon serangan senjata kimia dua hari lalu, posisi Indonesia sangat mengutuk penggunaan senjata kimia yang memakan banyak korban. Pada saat yang sama, Indonesia prihatin serangan unilateral dari pihak manapun,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, serangan rudal Amerika Serikat ke Suriah itu merupakan tindakan militer sepihak karena dilakukan tanpa persetujuan Dewan Keamanan PBB, dan tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional dalam penyelesaian konflik secara damai.

“Bagi Indonesia, stabilitas dan perdamaian di Suriah hanya bisa tercapai melalui dialog, proses politik yang inklusif, dan dengan mengedepankan diplomasi,” ujar dia.

Sumber: Antara

https://twitter.com/suparjorohman

  34 Responses to “AS Luncurkan Tomahawk ke Suriah, Ini Pendukung dan Penentangnya”

  1. Saya prihatin

  2. Jiah… sama aja dong sama yg dulu..!! Kami prihatin..!!

    • MEMANG INDONESIA CUMA BISA PROTES DAN MENGECAM JUGA PRIHATIN. TIDAK BS MENEKAN APALAGI MEMBERI SANKSI. YANG PNY HAJAT NEGARA NEGARA KUAT SEMUA RUSIA, AMERIKA, INGGRIS, PRANCIS.

  3. kenapa kekerasan harus di lawan dengan kekerasan lagi ? kalo terus seperti ini mau sampai kapan nyawa tak berdosa berjatuhan ?

    • YG NAMANYA PERANG KERAS DAN KEJAM RAKYAT SIPIL YG JD KORBAN. AGENDA UTAMA AMERIKA DAN SEKUTUNYA ADALAH MENGHANCURKAN NEGARA YANG MENGANCAM KEPENTINGAN ZIONIS ISRAEL.

  4. Yaaah…namanya juga koboi asu…sikap tindakan seperti itu PBB gk bisa berbuat apa apa…cuman bengong mentolo mlongoh….yo wis karepmu….su…

  5. INDONESIA MEMPRIHATINKAN. HIK..HIKK..HIKK…

  6. Nahh jangan pernah berurusan dengan asu..
    Kayak begini jadinya..
    INDONESIA DARURAT MANDIRI RUDAL ..!!!
    S-400 PESAN 10 BATERAI PLUS T.O.T
    JANGAN PAKE LAMA, ASU PUNYA BANYAK TOMAHAWK…
    TAK ADA PENETRALISIR SERANGAN RUDAL SELAIN SAM (MEDIUM ATO HIGH) RANGE..

    • JANGAN HANYA BELI BUNG, JIKA INGIN MENANG INDONESIA HARUS MANDIRI RUDAL DI SEGALA TIPE DAN HARUS LEBIH CANGGIH DARI NEGARA MANAPUN

  7. jangan war III duluu, changbogo aja lom dikirim…!!

  8. INGIN TAHU KENAPA TNI AU BERBUAT BEGITU LON? ,ITU BERARTI TNI AU INGIN BERLATIH LEBIH PROFESIONAL LAGI. MENDARAT DI TANAH ITU HAL BIASA DAN MUDAH,MAKANYA TNI AU INGIN BERLATIH MENDARAT DI POHON DAN KABEL LISTRIK BIAR LEBIH MENANTANG

  9. Anti virusku berbunyi WARNING !!! BERUK DETECTED!! WARNING..DELETE FILE CONFIRM

  10. Ini kalo russia mengatakan urgent…berarti tidak ada penjualan alusista keluar negri lho(ini point penting,dan mungkin kita tidak akan pernah menikmati dahsyatnya S400)..wkwkkw…indonesia bercabang..tapi memang benar harus “rembukan”..ben podo jelas…tapi amerika kayaknya sudah habis banyak ini…dan tidak ada hasil…kalo sampai pulang hancur muka amerika…hihihi..kelihatan pendukungnya settingan bingit…semoga rakyat suriah yg cinta dengan negrinya tergugah..kalo rakyat suriah yg cinta negrinya bersatu,amerika bisa pulang kandang…berarti betul ucapan pak gatot panglima TNI,…ISIS HANCUR disuriah..ini point penting!…sambil nunggu berita selanjutya …aaah…

  11. AS memang paten, 23 rudal mencapai sasaran, 36 rudal ditangkap bomoh Malon 😆

  12. artikel keren,, menampilkan kebijakan politik dari banyak negara terhadap serangan US..

  13. contohlah presiden mesir yang lebih memilih mengundurkan diri dari pada angkat senjata melawan rakyatnya sendiri, asad sudah terlalu lama memimpin sudah waktunya mundur.

    • Contoh nkri aja. 2 presiden lbh milih mundur drpd perang saudara

      • Ada lagi:
        Presiden Habibie itu masabakti sampai tahun 2003. Tapi beliau lebih memilih mempercepat pemilu di 1999 demi memuluskan proses reformasi.

    • banyak banget bung

    • ada satu komen yang bikin saya cengengesan bung, “One per container, very smart bomb” saat mengomentari puluhan kontainer “senjata kimia” yg beberapa tahun lalu telah dimusnahkan disana…

      belum teu mereka klo tomahawk emang paten 😆 wkwkwkw

  14. Ane sangat2 prihatin….as adalah asu penjahat international

  15. Hanya kekuatan militer yang efektif menjaga kedaulatan suatu negara, semakin kuat militer suatu negara maka makin mampu melindungi dan membalas dengan cepat dari setiap serangan musuh

    Kalau militernya lemah ya tidak mampu balas, perang jaman sekarang ya nyerang dari jarak jauh sambil mengobarkan perang proxy

  16. RI hanya berani mengecam Israel.

    Tapi RI tak berani mengecam US yg jelas2 melingkari wilayah RI, jadi cukup prihatin saja.

    Itu namanya tahu diri.

    Lain cerita kalau ada yang diem2 kirim agen untuk mengobok2 wilayah timur RI, bisa langsung di blep blep blep.

  17. prihatin = kagak jelas

  18. ya minimal ga da yang nyangkut dalam hanggar lon..

  19. Masing2 merasa paling benar yg dikorbankan nyawa manusia. Flase flag dan proxy memang resep paling manjur untuk menghancurkan negara yg tdk sepaham dgn kebijakan politiknya atas dunia (USA). Semoga rakyat Indonesia menyadari ini agar tdk seperti negara Afrika Utara dan Timur Tengah!

  20. yang lain yes atau no.
    indonesia yes dan no.
    yang lain mendukung atau tidak mendukung.
    indonesia prihatin.

  21. yang lain yes atau no.
    indonesia yes dan no.
    yang lain mendukung atau tidak mendukung.
    indonesia prihatin.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)