Apr 152017
 

Pesawat Tempur F-35 (U.S. Air Force photo by Senior Airman Julianne Showalter)

Washington – Angkatan Udara Amerika Serikat akhir pekan ini akan mengirimkan sejumlah pesawat tempur F-35A selama beberapa pekan untuk menjalani latihan bersama pesawat-pesawat militer lainnya dari AS dan NATO, ujar Pentagon, 14/4/2017.

Pentagon mengatakan pengerahan itu akan memungkinan Angkatan Udara AS untuk “lebih jauh menunjukkan kemampuan operasional” pesawat tempur itu. Pentagon tidak menyebut nama negara ke tempat jet-jet tempur tersebut akan dikirimkan.

Pesawat tempur F-35, yang merupakan program persenjataan termahal Pentagon, telah mengalami berbagai masalah. Kepala bagian pembelian persenjataan Pentagon pernah menggambarkan keputusan untuk memproduksi jet-jet sebelum menyelesaikan pengembangan sebagai “malapraktik pengambilalihan”.

Saat kampanye pemlihan tahun lalu, Presiden Donald Trump mengkritik Lockheed Martin Corp karena biaya F-35 yang berlebihan.

Beberapa hari setelah dilantik sebagai presiden pada Januari, Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa pemerintahannya berhasil memangkas anggaran sebesar 600 juta dolar AS dari kesepakatan terbaru AS atas pembelian sekitar 90 pesawat tempur F-35 Joint Strike Fighters.

Amerika Serikat diperkirakan akan membelanjakan dana senilai 391 miliar dolar selama 15 tahun untuk membeli 2.443 pesawat tempur F-35.

Pesawat tempur F-35 digunakan oleh Angkatan Udara, Korps Marinir dan Angkatan Laut AS serta oleh enam negara, yaitu Australia, Inggris, Norwegia, Italia, Belanda dan Israel. Jepang mendapatkan pengiriman pertama jet tersebut pada Desember.

Lockheed mengatakan bulan lalu bahwa Spanyol, Belgia dan Swiss sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan tersebut untuk membeli sejumlah pesawat tempur F-35.

Antara/Reuters

Bagikan Artikel:

  24 Responses to “AS Mendadak Kirim Pesawat Tempur F-35 ke Eropa”

  1. Ancaman sudah nyata…

  2. Wah ada bahaya di eropa.

  3. Banyak amat 2443 pesawat…

  4. Awas jatoh

  5. Pesawat Gagal Produksi di Tambah harga Mahal dan Kemampuan Terbatas…

  6. Selain mahal dan kemampuan dogfigt yg rendah juga range yg pendek , tapi klo pesawat silumanny bisa naik 40km diatas permukaan bumi lalu tiba 2 menyergap ituyg berbahaya

  7. 2443 unit..? uakehh bangettt duitee asuu…freeport dan chevron nyumbang berapa itu…

  8. Untuk menakut2i aja

  9. Untuk memperkeruh suasana dan supaya laku dagangan mainannya!

  10. Test

 Leave a Reply