Apr 122017
 

Tomahawk, rudal yang ditembakkan AS ke Suriah (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Jonathan Sunderman)

Jakarta – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr menegaskan langkah yang diambil Presiden Amerika Donald Trump untuk meluncurkan serangan rudal terhadap Suriah berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa mengenai Hukum Internasional.

“Amerika Serikat telah menetapkan resolusi dari Dewan Keamanan PBB dan juga hukum internasional,” katanya usai memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Jakarta, 11/4/2017.

Donovan mengatakan tindakan rezim Presiden Suriah Bashar Al Assad yang menggunakan senjata kimia untuk menyerang masyarakat merupakan pelanggaran dari hukum internasional dan kesepakatan senjata kimia.

“Langkah yang kami ambil hanya diarahkan kepada aset-aset Assad yang digunakan untuk membuat senjata kimia yang ditujukan untuk membunuh warganya,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan sekitar 50 rudal jelajah Tomahawk ditembakkan dari beberapa kapal perusak di perairan Laut Mediterania menuju sebuah pangkalan udara Suriah, sebagai respons atas dugaan serangan senjata kimia ke sebuah kota di Suriah yang dikuasai kubu pemberontak.

Dalam pidato yang ditayangkan di televisi, Presiden AS Donald Trump mengklaim pangkalan udara tersebut merupakan tempat serangan senjata kimia berasal.

Trump juga menjuluki Presiden Suriah, Bashar al-Assad sebagai seorang “diktator” yang telah “meluncurkan serangan senjata kimia yang mengerikan kepada warga sipil tak berdosa”.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia menyatakan sikap prihatin atas serangan rudal yang dilancarkan militer Amerika Serikat ke Suriah.

“Posisi Indonesia sangat mengutuk penggunaan senjata kimia yang memakan banyak korban. Pada saat yang sama, Indonesia prihatin serangan unilateral dari pihak manapun,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat (7/4).

Menurut Arrmanatha, serangan rudal AS ke Suriah itu tidak sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional dalam penyelesaian konflik secara damai.

“Bagi Indonesia, stabilitas dan perdamaian di Suriah hanya bisa tercapai melalui dialog, proses politik yang inklusif, dan dengan mengedepankan diplomasi,” ujar dia.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia menekankan kepada semua pihak untuk dapat menahan diri, menghentikan seluruh tindak kekerasan serta melindungi dan menghormati hak asasi manusia.

Dia menambahkan, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga terus berkoordinasi dengan Wakil Tetap RI di PBB untuk menekankan bahwa Indonesia terus mendesak Dewan Keamanan PBB segera mengambil langkah agar situasi dan masalah di Suriah dapat diselesaikan.

Antara

  15 Responses to “AS Ngaku Serangan ke Suriah, Berdasar Resolusi DK PBB”

  1. maling teriak maling…:LOL::lol: :-V

    • “Bagi Indonesia, stabilitas dan perdamaian di Suriah hanya bisa tercapai melalui dialog, proses politik yang inklusif, dan dengan mengedepankan diplomasi,” ujar dia.

      Kira-kira para wakil di PBB saat sidang/dialog membahas suatu persoalan ada yang sambil tidur seperti di gedung wakil rakyat gak yah? 😛 😆 hihihihihi

  2. Diktator menuduh pihak lain diktator, siapa yg lbh otoriter dan diktator klu bukan AS!

  3. Kapan ada resolusi dk pbb yg merestui peluncuran tomahok ke militer suriah?
    mana pabrik senjata kimia yg dimaksud as atau gudang senjata kimia yg dihancurkan? judtru as malah membombardir bandara yg isinya pesawat rongsok….
    jelas2 blunder si trumpet rambut jagung

    • maklum, presidennya udah tua, jadi salah baca mungkin dia tuh, yg dibaca adalah resolusi DK-PBB buat serang Irak, mungkin terbaca jadi Suriah 😆 wkwkwkw

  4. Nah tu ASU mulai rusuh lagi…
    Cepetan beli pesawat HEAVY FIGHTER jgan kelamaan..!!!
    ASU KEBANYAKAN TINGKAH SEJAK ZAMAN GEORGE W.BUSH…
    LAGI KECANDUAN PERANG..
    yang SURIAH alasannya senjata kimia..
    Ntr INDONESIA DI BILANGNYA DI PAPUA MELANGGAR HAM..
    Tandanya semakin jelas..
    ASU SUDAH SEPERTI PREMAN DAN KEBAL HUKUM..
    SO CEPETAN MANDIRI RUDALNYA..
    JANGAN BERKUTAT PADA ROKET JHA..

  5. Uaaaaa..hegomoni dunia…biarlh menjadi sejarah yg penting indonesiaku damai dari kelompok2 garis keras cikal dari apa yg terjadi di belahan timteng..krn kerusakn dari dlm yg membuat pihak asing dpt masuk mengobrak abrik tatanan hidup brbangsa .kita sendiri yg hrs menjga.y…waspadalah..3x

  6. sebentar lagi serang korea alasan yang sama berdasarkan RESOLUSI PBB!!!!! Biadab

  7. Dialog dialog dialog. sampe kapanpun kata2 dialog itu tidak akan efektif tanpa ada kekuatan militer. Ingat sejarah Indonesia bagaimana berperang dengan belanda. Dialog malah membuat Indonesia rugi. Yang ada tuh gunakan kekuatan senjata dan ekonomi secara maksimal sebagai senjata dialog. Sejarah membuktikan, politikus yang selalu ngocehnya dialog dan dialog tidak punya jiwa nasionalisme. Jika kala maka akan kabur duluan, tar disuruh deh pejuang-pejuang yang menghadapi.

    • Itu bahasa diplomatis mas, coba untuk menyatakan protes atau ketidak setujuan dg cara USA menangani Syria kementrian luar negeri kita musti bilang apa? Masa mesti bilang, “Hei Trump, ojo dumeh negaramu kuat tentaranya lalu semena-mena dg negara lemah, nanti kuwalat baru nyahoo kamu Trump..” Mana didengar kalimat seperti itu oleh Trump.

      Tentu kementrian luar negeri Indonesia mencerminkan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan dunia khususnya kasus Syria. Secara politik, Indonesia bukan pihak yg terlibat secara langsung di Syria, namun sebagai anggota PBB suara Indonesia pasti menjadi pandangan juga bagi sebagian anggota PBB lainnya terutama yg seposisi dg Indonesia. Tidak mungkin indonesia menyiapkan / menguatkan militer untuk ikut campur urusan di Syria, kecuali atas mandat PBB. Namun tentu perlu juga negara kita menguatkan militernya yg tentu bersama penguatan ekonomi untuk menjaga pertahanan negara kita sendiri serta keamanan regional, mengingat kawasan lcs yg dekat dg wilayah negara kita semakin hangat akhir-akhir ini. Bayangan ane sih, para petinggi militer kita yg didukung kementrian ekonomi sdg mempersiapkan berbagai alutsista maha canggih yg mampu menyelusup dan merusak pertahanan milik musuh yg jauh diwilayah seberang sana dan tentu saja didukung alusista pertahanan yg bahkan mampu mengendus persiapan serangan oleh negara musuh.

      Bayangan ane, ketika rudal semacam tomahawk terbang menuju wilayah negara kita, justru akan nyasar menuju wilayah negara tetangga kita yg suka reseh, ini akibat hebatnya sistem pengacau elektronik yg dikembangkan para mahasiswa teknik Indonesia sehingga rudal atau drone musuh eror ditengah jalan. Bahkan pilot F23 yg siluman pun ikut terkejut ketika dilayar kokpit terlihat titik kecil dan terdengar bunyi nyaring yg menandakan pesawatnya sdg dilock boleh rudal misterius ketika akan memasuki wilayah Indonesia. Pilot terkaget-kaget karena dalam briefing sebelum melakukan serangan dijelaskan panjang lebar sampai berbusa-busa oleh komandan tempur bahwa pertahanan udara Indonesia sangat jadul, tdk mungkin mendeteksi kedatangan F23 USAF, bahkan menyarankan para pilot untuk selalu rilek ketika menyerang wilayah Indonesia.

      Selanjutnya, “mas, bangun mas ini sdh sampai terminal Pulogadung..”

      • Hahahaha 😆 ternyata bung @Nayagenggong lagi curhat, karena saat memberikan briefing kepada pilot F23 siluman USAF sampe berbusa-busa yang dikira keracunan 😆 wkwkwkwk

  8. Bubarin aja PBB… Selagi Masih ada Pemegang Hak Veto/ 5 Dewa Perang PBB Gk Mungkin Adil…

  9. jgn takut bung.. rusia ada, jika mereka macam dgn kita,kita tinggal mintak di kirimi icbm bulava gitu aja,tinggal pilih sj apakah masyarakat singapur,ausi, new zealand msh mau menikmati steak,hamburger atau tdk, hehehe.. tapi ngomong2 klu kita kedahuluan gimana bung..risau jg ya..

  10. Lagunya tetap sama tp dg rekaman baru….PBB jd tameng untuk membenarkan nafsunya…. PBB jd kacung bkn polisi….

 Leave a Reply