JakartaGreater.com - Forum Militer
May 282018
 

dok. F-18E Super Hornet US Navy di Suriah. (photo: Staff Sgt. Shawn Nickel via commons.wikimedia.org)

Jakartagreater.com – Amerika Serikat memperingatkan bahwa Amerika akan mengambil langkah yang tegas dan wajar untuk melindungi gencatan senjata di Suriah selatan kalau pasukan Presiden Bashar Assad menyerang pemberontak di sana, dirilis situs voaindonesia.com, 27/5/2018.

Daerah di Suriah bagian barat-daya, antara kota perbatasan Daraa dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, telah muncul sebagai daerah gawat dalam konfrontasi yang lebih luas antara negara-negara yang bersaingan di kawasan itu, Israel dan Iran.

Amerika, Rusia, dan Yordania sepakat tahun lalu untuk mengikutkan Daraa dalam zona peredaan konflik. Tetapi pasukan pemerintah baru-baru ini menjatuhkan selebaran di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak yang memperingatkan bakal diserang dan mendesak laskar agar meletakkan senjata mereka, kata media pemerintah Suriah pada Jumat (25/5/2018).

Dalam pernyataan yang dirilis pada Jumat, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan mereka prihatin oleh laporan-laporan bahwa pasukan Assad sedang bersiap-siap untuk melakukan operasi di Suriah barat daya. Amerika Serikat memperingatakan pemerintah Suriah agar jangan mengambil tindakan apapun yang berisiko memperluas konflik.

Assad telah mengandalkan Rusia, Iran dan kelompok militan Hizbullah Lebanon dalam memerangi pemberontakan terhadap kekuasaan puluhan tahun keluarganya dan memukul mundur pemberontakan ISIS yang muncul dari perang saudara yang sudah berlangsung selama 7 tahun di negara itu. Iran telah mengirim para komandan militer untuk memimpin pertempuran dan mendatangkan milisi-milisi dari seluruh TimurTengah untuk berperang membantu pasukan Presiden Bashar Assad.

Berbagi

  51 Responses to “AS Peringatkan Suriah Jangan Serang Pemberontak di Selatan”

  1.  

    Wuih makin rame, negara2 yg nimbung saling dukung gaco’annya.he3

  2.  

    Daraa adalah wilayahnya Suriah, memang berdekatan dengan Yordania dan Israel. Apakah salah jika Assad ingin membebaskan Daraa dari tangan pemberontak? Saya heran, kenapa AS sangat berperan di Suriah akhir2 ini? kabarnya Israel meminta AS untuk terus melatih pemberontak semenjak ISIS mulai kalah.

  3.  

    pemberontak di luar negeri nya yang jauh begitu amat dibela dan dipujapuja
    memang sedang ngidam pemberontakan di dalam negeri nya sendiri

  4.  

    Masalah banget ya bagi amerika kalau pemerintah Syrian serang pemberontak? Kenapa amerika tidak memperingatkan pemerintah ukraina ketika menyerang pemberontak di wilayah donbass? Pemberontak itu wajib dibumi hanguskan.

  5.  

    AS ini kok ikut-ikutan urusan negara yang berdaulat. Namanya pemberontak berarti sah untuk dibabat habis oleh pemerintah yang sah. Jelas pemberontak bikin rusuh negara ngapain dibela oleh AS?

    •  

      di georgia rusia secara nyata bantu pemberontak georgia. jelas pemberontak bikin rusuh negara ngapain dibela sama rusia ?

      •  

        Russia – Georgia berbatasan langsung… wajar kalau ada pengaruh dari Russia dan ada kepentingan Russia disana, mirip dengan keberadaan Israel di dataran tinggi Golan…
        USA dari Suriah jelas beribu mil jauhnya, dan untuk kepentingan apa membela pemberontak???

    •  

      Udah gini aja, berani gak tuh Assad ngadepin langsung USA. Kan ada Rusia dibelakang. Cuman dibelakang, gak akan berani maju tuh Rusia. Hhhhhhhhhh

      •  

        Ente kalau komen Suka bener. Russia beraninya Cuma dibelakang aja.xixi

        •  

          Russia ada di Suriah untuk membantu Suriah memerangi ISIS dan itu sudah dilakukan, berperang melawan USA/sekutunya atau dengan Israel jelas diluar agenda mereka… ketika sekarang ISIS sudah berhasil dikalahkan mengapa tiba2 dibenturkan dengan berperang dengan USA??? USA juga tidak berani menyerang pasukan Russia, mereka beraninya hanya menyerang pasukan Suriah…

          •  

            Berarti kalo sampai nanti Assad berhasil dijungkalkan pemberontak yg didukung USA dan sekutunya, Rusia gak berhak ikut campur loh ya, kan tugasnya udah selesai buat ngadepin ISIS, bukan pemberontak yg didukung USA apalagi f2f sama USA. Hhhhhhhhhh

          •  

            Hla gw punya kuasa apa??? Faksi pemberontah di Suriah seabrek… nah ini mana lagi yang mau dimajuin USA untuk menjungkalkan Assad??? FSA??? Al Nusra??? Kurdi??? kalau mereka termasuk kelompok teroris ya jelas bakalan di sikat…
            Tapi sederhanya, Kalau hanya Assad targetnya ngapain juga USA/Barat/Israel susah2 membiayai pemberontak dan terorisme di Suriah??? mengapa ga kirim saja Ninja untuk membunuh Assad??? itu kan lebih mudah dari pada memerangi seluruh Suriah???

      •  

        Lalu maksudnya USA apa?? menjadi penjajah??? mendukung pemberontak dinegara lain untuk melawan pemerintah yang sah jelas sangat diluar logika… seperti itukah mental negara seperti USA???

  6.  

    klo lagi kuat, musuh ga jelas disebut pemberontak/teroris sama suryah.
    tpi klo lagi lemah pura2 ingat perjanjian damai.
    skrg baru ultimatum saja oleh amrik, belum konflik besar2an.
    beruntung kemarin bentrok sama amrik, tpi amrik masih jaga jarak dan mengeluarkan ultimatum kepada suryah utk tidak bertindak diluar batas.

    •  

      Ane demen Assad mau nyerang wilayah Selatan, biar langsung jelas USA nembakin rudal Ampe ancur gak bersisa itu Damaskus dan tempat punya Assad. Kalo perlu Assad di assassin aja.

    •  

      Saya tidak berprasangka buruk sama Assad, seperti berita yg selama ini telah berkembang….akan tetapi selama itu wilayah pekarangan rumah dia, ya wajar saja dia mengambil haknya atas tanah, batas wilayah negara berdaulat Suriah/syria. Saya teringat akan Saddam, begitu banyak fitnah yg dia terima, mulai senjata pemusnah massal, pembunuhan massal orang-orang Kurdi hingga senjata kimia, politik barat sangat kotor untuk menggulingkan Saddam, dimana dimasa itu Iraq negara timteng paling kuat kekuatan militernya dan paling getol membela dan menyumbang dana besar ke Palestina.

      •  

        lho ngapain ingat sama saddam husein ?
        bukannya bapaknya assad itu yg menutup keran minyak dari irak ?
        sehingga irak tidak bisa meng-eksport sumber daya alam minyaknya itu ?
        anda seolah-olah ingin orang lain mengingat saddam husein supaya assad bisa cuci tangan atas perbuatannya tersebut ya ?

        •  

          Joko sembung bawa golok…ndak nyambung cak

          •  

            lha kamu sendiri yg nulis bawa2 saddam husein……hhhhhhh

          •  

            Emang masalahnya apa dengan Saddam Hussein buat kamu?

          •  

            Karena si Fajr itu gak tau sejarahnya. Gak usah kejauhan Ampe Saddam Hussein lah. Waktu Khadafi dicariin juga yg ngasih nomor teleponnya juga si Assad. Jadi biar dia merasa aman dan Khadafi dikejar kejar Barat. Eh, sekarang malah gantian dia yg bakal jadi korban selanjutnya. Mungkin kalo pemberontak bisa ngasih jaminan Latakia dan Tartus bisa tetap jadi pangkalan Rusia, Rusia bakalan gak ikut campur masalah Suriah. Syukur syukur kalo bantuin menggal Assad. Hhhhhhhhhh

          •  

            Wahhh Kampret Baju Hitam sama Agato kok punya bahasa yg sama….satu keping mata uang punya dua muka yg sama….buto cakil wkwkwkwkwk

          •  

            ini anak mulai berhalusinasi….mungkin sabu2 kiriman dr majikannya kurang….xixi

    •  

      Lalu apa maunya USA di Suriah??? dinegara manapun kalau namanya pemberontak ya pemberontak… namanya teroris itu disebut teroris berdasarkan kesepakatan dan terdaftar di PBB, tidak bisa asal teroris… mana bisa menyebut sekelompok militan dengan sebutan teroris?? mencantumkan sebuah kelompok dengan sebutan teroris harus dengan kesepakatan termasuk dari PBB, karena kelompok teroris boleh di perangi tanpa menunggu mandat dari PBB… apalagi ketika kelompok2 itu mendapat dukungan dari negara luar seperti USA, yang entah apa maksudnya malah membantu pemberontak dengan membuat pangkalan militer untuk melindungi mereka…

      •  

        bung yuli dlm pandangan kita jelas usa kan pro pemberontak, tapi dlm pandangan para pengampunya tdk demikian, malah kita di suruh istikfar….hahhhhh…

  7.  

    Dari jamannya kuda naik org dunia ini dah kejam sapa yg kuat dia penguasa itu terjadi sampai kiamat..
    Jika negara kalian tidak memperkuat militernya lbh baik dr negara lain ya siap siap aja negara kalian suatu saat di bully jika itu terjadi kalian akan lapor ke sapa…

    Polisi dunia ya mereka mereka itu..
    Hakimnya pun mereka juga..

    Jadi apa yg amerika lakukan sah sah saja..
    Kl berani ya lawan aja…

    Ha ha ha

    Di dunia ini hakimnya ya negara kuat..

    Makanya kl blm punya power hebat

  8.  

    NANTI USA Bilang sama pemerintah Jangan usik PAPUA hehehee

  9.  

    amerika akan kalah jika aset utama mereka bisa dilumpuhkan, apa itu? para ilmuwannya.
    Dan matikan sumber utama kehidupanya, apa itu? minyak bumi.

    •  

      Mimpi.. satu kali serangan akan Lang diketahui sumbernya. Kalo itu dilakukan di jaman Mr. Trump bisa2 Nuklir yg melayang. Mana Ane belum dapat komisi Ama THR dari kantor lagi.

    •  

      ah itu kan pendapat bel pintu saja, toh bel pintu cuma dipegang orang klo pintunya mau dibuka.
      amrik sudah bisa produksi shale oil, bahkan canada tetangga dekatnya sudah produksi skala massal.

      tapi shale oil juga gitu2 harganya mahal dan penggunaannya hanya tuk dalam negeri saja, klo indonesia juga kirim biofuel kesana, dan hebatnya biofuel indonesia memiliki kadar emisi yang rendah, sehingga disukai oleh ecologi.

      jadi bel pintu itu harus banyak belajar lagi, jgn songgong udah punya hape lalu main asal komentar di medsos.

  10.  

    saya harap Assad segera mengambil alih daraa, karena kunci utama satu satunya basis pemberontak di selatan, russia dan iran akan memback-up, jika daraa berhasil dikuasai maka tinggal satu lagi boroknya yaitu di idlib, untuk raqah dan al-bab dapat dimainkan menggunakan diplomasi, karena turki dan kurdi masih bisa diajak berunding beda halnya dengan pemberontak.

  11.  

    Akibat kemiskinan minyak bumi merajalela, apapun caranya amerika akan berusaha menguasai negara lain, jauhi dan buang amerika sejauh jauuuuuuuhnya

    😎

 Leave a Reply