AS Setuju Jual Sniper Pod Canggih Untuk F-16 Indonesia

AS akan mengijinkan penjualan sniper pod canggih untuk melengkapi pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Indonesia.

Kesepakatan itu merupakan salah satu item perjanjian yang ditandatangani selama kunjungan Wakil Presiden AS, Mike Pence ke Indonesia.

Penjualan pod sniper canggih buatan perusahaan lockheed Martin kepada Indonesia merupakan satu kemajuan yang sangat berarti bagi peningkatan kemampuan F-16 Indonesia.

Kini F-16 Indonesia bukan hanya mampu melakukan misi serangan darat yang lebih presisi tapi juga mampu melakukan misi pengintaian dan pemindaian dengan peralatan canggih atau misi non-traditional intelligence, surveillance and reconnaissance (NTISR).

Pod Sniper canggih untuk varian ekspor yang diberi nama Sniper Advanced Targeting Pod (ATP) untuk Indonesia kemungkinan akan melengkapi pesawat tempur F-16 C / D Block 52id yang baru dibeli dari AS.

Untuk peran mata-mata dan pengintaian, pod sniper mengandalkan perangkat kamera TV beresolusi tinggi dan kamera infra merah. Sedangkan untuk peran menghancurkan sasaran di darat , pod mengandalkan perangkat sensor FLIR (Forward Looking Infra Red), kamera pembidik dan laser designator.

Pod akan mampu mendeteksi, mengidentifikasi dan membidik target darat yang statis maupun bergerak, bahkan sekalipun tertutup awan atau debu tebal, menjadikan F-16 Indonesia kini bisa menyerang target darat secara lebih tepat dan mematikan. Sebanding dengan F-16 negara-negara sekutu AS lainnya yang sudah lama dilengkapi dengan Sniper Advanced Targeting Pod.

Tinggalkan komentar