Jul 022015
 
Bomber B-1 USAF

Bomber B-1 USAF

Washington – Para diplomat Iran dan enam negara masih berkumpul di sekitar meja konferensi di Wina, Swis hari ini. Para diplomat itu bekerja keras untuk menuntaskan kesepakatan nuklir dengan Iran yang tenggatnya adalah hari ini, 30 Juni 2015.

Namun sejumlah pihak telah menyatakan bahwa pembicaraan tidak akan selesai pada Selasa tengah malam ini. Negosiasi kemungkinan akan berlanjut meski tenggat terlewati, namun banyaknya perbedaan antara dua pihak menimbulkan tanda tanya soal apakah kesepakatan akan bisa tercapai antara Iran dengan AS, Prancis, Inggris, Rusia, Cina, dan Jerman itu.

Meski pejabat Amerika Serikat dan sekutunya menekankan komitmen mereka terhadap proses diplomatik, ada kesadaran tinggi bahwa kegagalan untuk mencapai kesepakatan bisa meningkatkan tekanan untuk aksi militer AS terhadap instalasi nuklir Iran.

Dalam sebuah wawancara pada bulan April 2015 lalu, Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan kepada Erin Burnett dari CNN bahwa saat AS memfokuskan pada perundingan, tapip juga disiapkan opsi militer jika negosiasi nuklir itu gagal.

“Kami memiliki kemampuan untuk menutup, memukul mundur kembali dan menghancurkan program nuklir Iran dan saya percaya Iran tahu dan mengerti itu,” kata Carter.

Salah satu kemampuan penting dari opsi militer adalah pada bom kuat penembus tanah yang dikenal sebagai Massive Ordnance Penetrator (MOP) – bom raksasa 15-ton yang dapat meledak 200 kaki di bawah tanah dan dirancang khusus untuk menghancurkan target yang terkubur bumi.

MOP adalah senjata pilihan untuk menghadapi situs-situs yang berada di bawah tanah seperti fasilitas nuklir Iran di Fordow dan Natanz, yang menjadi tempat beberapa reaktor nuklir terbesar negara Republik Islam itu. “Dan bom siap digunakan jika diperlukan,” kata Carter.

Meski kesepakatan tercapai hari ini, rencana kontingensi militer dapat bertindak sebagai pencegah lebih lanjut. Iran dianggap memiliki sejarah melakukan pekerjaan nuklir secara rahasia, dan banyak pertanyaan dari masyarakat internasional apakah pemerintahannya dapat dipercaya untuk sepenuhnya memutar kembali dimensi militer dari program nuklirnya.

Keberadaan situs di Fordow, yang terkubur di bawah gunung dekat kota Qom, tersembunyi dari masyarakat internasional sampai tahun 2009. Keengganan Iran untuk memberikan inspektur internasional akses ke situs nuklir itu tetap menjadi titik utama dalam pembicaraan, terutama setelah Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei bulan lalu mengatakan negaranya tidak akan mengizinkan tim inspeksi ke fasilitas militer mereka.

Opsi militer juga bukannya tak memiliki kerentanan. Militer harus menentukan berapa banyak bom yang akan dijatuhkan untuk menjamin kehancuran setiap situs. Selain itu, Iran juga memiliki pertahanan udara pantai yang signifikan, meski dianggap itu akan secara mudah diacak.

Pada sidang di depan kongres AS pekan lalu, Carter mengatakan kepada anggota parlemen bahwa ia memiliki “tanggung jawab untuk memastikan bahwa opsi militer itu nyata.” “Ini bukan bagian dari negosiasi,” katanya, “tapi itu peran yang sangat, sangat besar, dan kami menganggapnya sangat serius.”

Ketua Gabungan Kepala Staf AS Jenderal Martin Dempsey menambahkan bahwa ia berada dalam konsultasi aktif dengan sekutu regional mereka, termasuk Israel. “Jika ada kesepakatan,” kata Dempsey, “Saya punya pekerjaan yang harus dilakukan dengan mereka. Jika tidak ada kesepakatan, saya juga punya pekerjaan yang harus dilakukan dengan mereka.” Dia menambahkan, “Kami berkomitmen untuk melakukan pekerjaan itu.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah menjadi salah satu pengkritik paling vokal dari negosiasi dengan Iran dan telah bersumpah bahwa Israel akan bertindak sendiri –jika diperlukan– untuk menghentikan Teheran mendapatkan senjata nuklir.

Tapi, menurut CNN, kemampuan militer Israel lebih terbatas daripada Amerika Serikat soal militer. Jika tanpa keterlibatan AS, mereka harus bergantung pada jet tempur non-siluman F-15, yang itu perlu kembali mengisi bahan bakar dalam perjalanan menuju target mereka di Iran.

Mereka juga tidak memiliki jenis bom yang bisa mencapai kedalaman seperti Massive Ordinance Penetrator, yang itu menyebabkan situs-situs seperti Fordow dan Natanz berada di luar jangkauannya. Israel juga risiko menimbulkan kemarahan masyarakat internasional jika ia bertindak sendirian.

Selain itu, serangan militer dinilai tidak mungkin mengakhiri upaya Iran memiliki nuklir. Presiden Barack Obama dalam wawancara dengan Channel 2 Israel, Mei lalu mengatakan, “Solusi militer tidak akan memperbaikinya, bahkan jika Amerika Serikat juga berpartisipasi ini akan memperlambat sementara program nuklir Iran, tetapi tidak akan menghilangkannya.”

Tempo.co

Bagikan Artikel :

  30 Responses to “AS Siagakan Opsi Militer Soal Nuklir Iran”

  1. Baah. … Asu lg ..!!!

    • Jiaaah .. Nomor wahid lg. … Asyik asyik .. Leyeh leyeh ah ..

    • Koboi. Kucai berlaga jagoan ..
      Bukan nuklir yg menjadi alasan mereka untuk menginvasi,
      Selain minyak kemajuan teknologi bangsa iran yg membuat sipat iri,dengki dan tamak bangsa barbar seperti asu ini muncul…
      Ingat teknologi lebih mahal dr segalanya…

      Bukti nyata dajjal,
      “PAMAN SAM alias SAMIRI(NAMA LAIN DAJJAL)

    • Jerman punya nuklir? Kok ikut negosiasi?

      • bung justice kalo dinato jerman termasuk tulang punggung biarpun tidak punya nuke
        kepentingan jerman adalah politik dan ekonomi

        1.bagi jerman bila iran tidak kena sanksi,industri otomotif,telekomunikasi,military,dan manukfatur akan masuk
        (siapa tidak tahu produk jerman,siemen,babybenz,bmw,kimia produk obat bayer dan banyak lage)

        2.iran merupakan salah satu pengekspor minyak,nah disitu jerman mungkin masuk,setahu saya disemua negara arab hampir dimonopoli oleh trio amrik,france,inggris(biarpun pangsa besar iran kechina,korsel,japan dll)

        3.kalo untuk sekarang ekom jerman yg paling oke dibanding semua negara dieropa,maksud pdb,modal dll(inggris,francee,spain,italy sudah kena resesi)

        kira2 sudah ngerti bro
        kalo kurang jelas nanya kek obama+ban kim moon

        salam selalu:)

  2. Beli…

  3. Baah. … Memang g ada capeknya ni si Asu buat senjata ..

  4. AS dari dulu memang ingin menguasai dunia ini

  5. atas nama kedamaian, mereka menciptakan peperangan,

  6. Amerika nggak mau iran jadi besar dan kuat. Lambat laun akan perang

  7. save iran,save russia,save korut,save china,save indonesia

    • How about cuba? Save by usa?

    • Save Cuba,

      Rapatkan Barisan, cepat ato lambat perang dunia akan Pecah.
      Kita jg tak punya Tetangga yg bisa dpercaya, terutama Cecunguk cecunguk Malayan.

      • Santai aja bung vasily.. mentalnya org indonesia udh mental perang kok.. sdh terlatih..
        lihat aja hampir setiap hari ada tawuran..krena semangat perang di nadinya sudah memuncak.. hehe..
        org indonesia jg disenggol dikit aja “ape lu ??” Lngsung aje main pukul..
        Trs misal ada LSM sweeping gtu msti bawa parang, clurit.. dah pada mental perang semua kok org indonesia..
        bangsa sendiri aja diperangi.. apa lg bangsa lain.. disikat sampek halus tu..
        kwkkwkw :V LOL

  8. Sudahlah ….. yang terjadi terjadilah.

  9. Kenapa gak serang aja korut yg ud jelas2 punya nuklir, soalnya g punya minyak. Nyerang korut balik modal aja blm tentu, yg ada malah tekor…. minyuak minyuak……

  10. Belum rasa pukulan telak ni koboi.

  11. Rusia, China, Iran, Korut harus kompak….karena barat (NATO) akan mencoba melemahkan satu persatu musuh2nya jika hancur satu maka akan melemahkan yang lain dan ujungnya head to head RUSIA VS NATO

  12. Betul bung ,
    ssssssttttttttthhhhh , nanti di dengar Frans , sang pemuja

  13. Ujung-Ujungnya Pasti ISRAEL yang Mau Menciptakan PERANG…
    ISRAEL Itu KAUM TERKUTUK yang Selalu menciptakan Peperangan…
    dan Amerika Menjadi ANtek-Anteknya Israel dimana Jika ISRAEL dibalas Serang,,Maka Israel Bisa Minta PERLINDUNGAN dengan Amerika…
    SEMUA emang TUjuan YAHUDI untuk Merampas YERUSSALEM dari Palestina,,,Satu Persatu Negara ARAB Timur-Tengah Dibikin KACAU,,,dan Setelah Negara-Negara Arab Kacau,,Maka MuDAH Lah ISRAEL Merampas TANAH Palestina dan SEKITARNYA…

  14. Saya sdh sering mengatakan ASU ini adalah negara paling licik dan curang di dunia (selain Israel); mungkin ASU menganggap dunia ini milik nenek monyangnya, semuanya ingin dikuasai. ASU sangat menentang negara spt Iran punya senjata nuklir, padahal ASU sendiri menimbun senjata nuklir, curang dan licik kan namanya; dasar negara dajjal!

  15. Jangan perang lah ! Damai itu indah Kok, ntar harga minyak naik lagi ,,, yang lagi murah saja kami beli lebih mahal

  16. gak bakalan berani nyerang iran, hahahhahahhaa sampai teler mikir gak akan berani si asu

  17. Mau tanya ni agan2 sekalian..
    .
    knp iran mau ngembangingin nuklir tdk blh ??? Sekalipun buat senjata, Toh negara2 yg protes nuklir iran itu sndri punya senjta nuklir..
    Amerika ??? Punya, bhkan banyakk
    Israel ?? punya, bahkan dikabarkan pling bnyk sekawasan
    negara2 eropa yg kuat secara militer jg pnya snjta nuklir walaupn cma.sdikit.
    .
    knp mereka blh punya snjta nuklir tetpi negara lain ditentang ???
    pakistan jg pnya tp adem ayem aja itu.
    .
    apa krena tidak mau iran menjadi lebih kuat secara militer ?? Krena yg kita tau teknologi militer iran sangat maju. Iran jg punya torpedo tercepat didunia..
    .
    gk paham sama peraturan dunia ini….

  18. Benar. mereka yang menghalalkan perkawinan sejenis akan di hancurkan Allah seperti ketika seperti nabi Hud..

  19. kenapa Amerika selama ini tidak berani menyerang Iran ?.Jawabannya adalah karena Iran punya kemampuan menutup selat Hormuz. Disana adalah rute paling penting keluar masuk jalur perdagangan minyak timur tengah . Karena selatnya sempit mudah untuk di lumpuhkan baik dengan ranjau ,menenggelamkan kapal rongsokan ,diserang dengan rudal dari pantai atau dengan boat serang Iran yang dilengkapi roket/rudal .
    Boat serang Iran jumlahnya banyak dan dipersenjatai dengan baik maka mala petaka bagi perdagangan negara arab lain juga Amerika.
    Jadi Amerika tak kan pernah berani menyerang Iran seperti selama ini hanya ancaman dan terbukti Iran tidak takut ,karena tahu Amerika tidak akan berani ngambil resiko itu.

  20. Negosiasi ma USA dkk cuman buang2 waktu….., percuma…., tak berguna…,

  21. Wahai pemuda indonesia,waspadalah karena karena kacung kacung kurawa banyak bertebaran di sekitar kita membuat kerusakan terselubung,sadarlah nusantara kita sedang di incar utk selanjutnya di buat pesta para kurawa.baik itu kurawa asu ataupun kurawa naga

 Leave a Reply