Mei 312015
 
Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno

Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno

Yogyakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Tedjo Edhy Purdijatno menyatakan Indonesia akan konsisten mendukung perdamaian dan netral dalam konflik Laut Tiongkok Selatan.

“Kita sebagai negara yang berprinsip bebas aktif tetap harus ikut serta dalam mewujudkan perdamaian dunia,” kata Tedjo seusai berbicara pada Kongres Pancasila VII di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Minggu.

Menanggapi rencana Amerika Serikat membantu memfasilitasi pelatihan dan persenjataan bagi militer Asia Tenggara termasuk Indonesia, untuk menghadapi Tiongkok jika terjadi konflik di Laut Tiongkok Selatan, dia menegaskan sampai terjadi konflik di sana, Indonesia tetap netral.

“Ada atau tidaknya bantuan, kita tetap melaksanakan dan mendukung adanya perdamaian di Laut Cina Selatan,” kata dia.

Beberapa waktu lalu, Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenkopolhukam Agus Sriyono di Yogyakarta mengatakan kepemimpinan Indonesia dalam kemitraan Asia-Afrika dapat diwujudkan dalam mendorong perdamian, misalnya dengan memediasi konflik Laut Tiongkok Selatan.

“Apalagi saat ini terjadi defisit kepercayaan antarnegara-negara yang berkonflik,” kata dia.

Menurut dia, Indonesia memiliki posisi strategis karena tidak memiliki kepentingan dalam klaim Laut Tiongkok Selatan.

Jafar M Sidik

ANTARA 2015

  106 Responses to “AS Siap Bantu RI Terkait LCS. Menkopolhuman: Kami Netral”

  1.  

    Bebas dan aktif.

    •  

      Kl misalnya tiongkok nyrempet natuna gmn? Masih netralkah kita? Tiongkok terkenal kejam dan licik

    •  

      MOHON DIBANTU YAH … DIBANTU… Bimsalabim jadi apa Prok…Prok….eh jadi f 16 vipeeeer,
      hari gini masih asumsi netral….heudew…..hindia Belanda juga netral…eh digulung juga sama jepang disubang.kalo ga mau Konflik open Toko / Kios dinatuna,Toko / Kios serba ada dari air bersih mpe Logistik strategis yang pnting jangan beras sintetis…
      Waduw…beda bener ma Dr . Marsetio , M.M….
      Besar harapan bisa berubah neh papi tedjo!!!banya baca baca diinternet deh pi…
      remember Kalijati.MOHON DIBANTU YAH … DIBANTU… Bimsalabim jadi apa Prok…Prok….jadi cerdas…

      •  

        Skrg kalo kita ikut gebuk China dan dia ngomong “Knapa km nyerang saya, apa salahku padamu?”

        Indonesia mau jawab apa? Karena ak Polisi ASEAN gitu??

        •  

          Salahnya karena meng klaim zee Indonesia di utara Natuna?.Dunia harus menghukum China karena meng klaim laut internasional milik moyangnya.

        •  

          Apa di biarkan saja seluruh kapal yang lewat disana harus permisi dulu dan dipajaki oleh china seenaknya . Termasuk kapal/pesawat Indonesia jika lewat harus permisi dan dikenakan pajak bila lewat ke jepang misalnya. Hal itu akan terjadi bila dunia Internasional mengakui laut itu milik China.

          •  

            Sampai sekarang belum diakui dunia bila LCS milik china kang .

          •  

            gak lah, yang bayar untuk zee itu pemanfaatan seperti nelayan dan tambang lepas pantai.

            kalo alur laut, justru China harus memberikan alur internasional bebas pelayaran niaga seperti ALKI di Indonesia, itu hukumnya tegas, kalo gak ngasih, maka China jadi bulan-bulanan semua negara sekitar dan negara lain yang terkena ekspor-impornya…

          •  

            Singapure yang pegang FIR kita kasih fee lho sama RI,.

          •  

            ”….dia (menkopulhukam) menegaskan sampai terjadi konflik disana,Indonesia tetap netral. “.Artinya kalau sudah perang baru Indonesia menentukan sikap. Pastinya mendukung Amerika cs.,karena laut Indonesia juga di klaim china.
            Apakah tidak terlambat kita ngambil keputusan ?. Kalau China selalu mengelak membicarakan klaimnya atas sebagian laut Natuna dengan argumentasi Pulau Natuna milik Indonesia ,china juga harus terima konsekwensinya zee indonesia sampai 200 mill dari titik pangkal di hitung dari pulau terluar.

  2.  

    1

  3.  

    Jgn mau

  4.  

    ha…ha.1

  5.  

    Indonesia tetap harus membangun militer nya untuk mengantisipasi terjadinya konflik LCS, Posisi netral tetap memerlukan militer yang bisa diandalkan untuk membendung serbuan dari pihak manapun, sejarah membuktikan Indonesia adalah wilayah yang penting untuk dikuasai jika ingin memenangkan perang di kawasan.

    •  

      Sejarah membuktikan bahwa tanpa angkatan laut yg kuat wilayah kepulauan bisa di taklukin dalam waktu seminggu! Inget hindia belanda diserbu jepang

      Pertanyaannya, kuatkah AL kita?

      kalo ga, ya terpaksa minta bantu yg kuat

  6.  

    Hahaha.. Asu mau ngelatih tentara kita ? Lah di AASAM aja kalah telak.. tu muka taruh mana kok PD bgt AS :V
    kecuali ngelatih ngoperasiin Helikopter apache, is Oke, tp klu ngelatih tentara kita ? Gk ush deh.. Indonesia gk butuh

  7.  

    Jgn percaya amrik nakut2in dong.”:d :v

    •  

      krn yg takut sebenarnya amerika sendiri, buktinya nggak berani hadapi scr langsung maunya keroyokan napok nyilih tangan

      •  

        Kalo perang di darat entah perang kota atau di hutan saya yakin asu akan pulang berdarah darah kalo lawan kita,org lawan sekelas gerilyawan afgan,isis,AQ aja mereka berdarah darah ( maaf bukan meremehkan mereka karena secara kemampuan mereka dididik cuman seadanya tp mereka menang semangat jihad yg luar biasa) lain sama tni yg memang dilatih secara khusus untuk berperang,china pun kalo berani masuk wilayah kita saya jamin juga bakal pulang berdarah darah,inggris dan belanda sudah pernah merasakan semangat juang tentara dan rakyat indonesia di dunia ini hanya kita yg punya semboyan merdeka atau mati,senjata hanya alat untuk berperang semua kembali ke orgnya lihat saja irak yg didukung senjata modern dan pesawat asu kocar kacir lawan isis,kekuatan tni yg bersatu dengan rakyat adalah efek deterrent yg sesungguhnya siapapun lawan pasti mikir kalo lihat tni dan rakyat bersatu.IMHO

      •  

        dasar ASU emang negara asean mau kamu jadikan tameng hidup!. dasar ASU klau memang berani lawan cina ajak perang one by one gak usah beralasan macem”.

  8.  

    yup betul ! jangan mau amerika itu dari dulu suka ada udang di balik batu.ada maunya.

  9.  

    Penebar teror dan pemerkeruh suasana di dunia sebenre dalangnya y si AS, cba kmrn pswat mata2 AS gk lewat seenk udel, cina gk bakal tambah nguatin armadanya.
    coba AS ndk ikut cmpr di ukraina, gk bakal pnjang kyk gini, coba AS ndk ikt cmpr masalah Afgan n iraq, msalah dua negara gk bakal selama ini n gk slesai2. Lah skrg kok nambah ikt cmpr LCS, y dijamin deh gk bakal damai2 ni LCS

  10.  

    Kenapa harus kita yang menjadi tukang pukul dan pasang badan demi agenda kepentingan tersembunyi USA. dengan dimodali sarung tinju dan karet pelindung gigi dari mereka. Bagaimana klo kita balik kondisinya?
    Contoh saja : USA kita modali dengan perpanjangan kontrak Freeport (toh diperpanjang/tidak mereka akan tetap ngotot untuk masuk) kemudian kita suruh gebug Tiongkok? Setelah ‘bonyok2an’ berdua kita masuk dengan agenda NKRI sendiri.

  11.  

    Bantuan yes… syarat no.

  12.  

    Tes

  13.  

    Kita Netral=cerdas…Biarkan saja LCS membara,bukan urusan kita secara langsung.Yg penting kita awasi,amati,cermati,waspada & bangun kekuatan yg sesuai dgn kebutuhan & tantangan kini & nanti. Asu tetap asu ga bakal jd malaikat penolong. Kemandirianlah & persatuan NKRI yg utama…(tumben ga blunder komen nya pak) hehe..maaf ya pak..

  14.  

    KESEMPATAN minta hibah saja tomahawknya dam MQ9 reapernya

  15.  

    amerika ma china di lcs ah lagi aktinG itu….visss,ah.

  16.  

    Kalimat yang terakhir itu lho yang perlu di pertanyakan. Udah jelas laut zee Indonesia di utara Natuna ikut di klaim China ,gimana bilang kita tidak punya kepentingan. atau biarkan saja di kuasai China?.
    Indonesia harus terlibat aktif ,wong China seenaknya aja mengakui laut Internasional milik moyangnya. Kita memang harus netral pak tapi harus ikut menegakkan kebenaran. Bukannya netral artinya membiarkan negara tertentu berbuat sewenang wenang. Netral jangan diartikan abstain. Itu salah kaprah namanya.

    •  

      Knp anda yg sibuk bung,pemerintah lebih tau dr anda.

    •  

      @ bung komerat anda ini termasuk member lama di forum ini, mohon kita lebih bijak dalam menyikapi hasutan asu, kenapa lcs dikaitkan dgn natuna, tolong dibedakan bung kita tak pernah tau permainan asu n china kita tetep netral + waspada siap siaga mepersenjatai diri itu yg terbaik dr pada pusing mikirin lcs kita hrus lebih memikirkan pertahanan yg telah mengepung kita papua adalah titik panas yg hrus kita lindungi, salam imho

      •  

        Sudah jelas zee utara Natuna di klaim China. Untuk apa menipu diri dengan bilang kita tidak punya masalah dengan Klaim china di LCS.hadapi kenyataan itu,bukannya ngeles.
        Selesaikan bukankah Jokowi bilang di Jepang ,klaim China dengan garis putus putusnya tidak punya dasar. Sekarang ada uluran tangan US yang mau bantu kita tolak. Come on guys.jangan menipu diri sendiri. Nanti kita di tinggalkan barat dalam berunding dengan China. Apakah bisa Indonesia sendirian menghadapi kebesaran China.

  17.  

    2 cara Indonesia soal LCS :
    1. Diplomasi
    2. Militer
    prtma Diplomasi, bahasa diplomasi adalah Netral ttpi klu tdk bisa mk jalan satu2 adalah perang. Mka prcepat kekuatan di Natuna.

  18.  

    Maksudny netral dlm tanda kutip. Asal jgn senggol natuna sama papua indonesia pasti netral.

  19.  

    Netral apa bolot ?

    Jelas2 coc cuma omong kosong, china ga patuh tuh, dan buat apa patuh ? China lebih milih konflik

  20.  

    Indonesia wajib netral,negara manapun masuk ke Indonesia harus di gebuk,banyakin inventory senjata dari Rusia untuk penangkal dari sonotan,maupun di Natuna.

  21.  

    Apapun yg ditawarkan Asu tetap kepentingan mereka yg utama, knp mereka tiba2 baik sama RI..?tawarka Sidewinder, hibah F16, tawarkan Apache +chinook dll..? Padahal beberapa thn lalu mereka terus mati2an mengembargo RI..? Mereka ingin menenmpatka TNI tetap dibawa level sekutunya..dan saat ini mereka mencoba mengembargo ekspansi alutsista rusia. Ke RI yg notabeNe memberikan kontribusi yg besar pada ekonomi rusia yg saat ini sdg habis2an di emabargo..saat inikekutan asen yg mampu menjegal china hanya indonesia dan kita jgn terpancing rayuan Asu utk bersekutu.. Krn kita hanya akan dimanfaatkan dan bila semua konflik lcs usai tinggal kita yg dibelah2. Dan dihancurkan.. Ingat perang melawan terorisme yg digaungkan asu..? Indonesia yg diwakili oleh wapres JK menolak dan akibatnya…bom meledak dimana2..apakah itu suatu kebetulan..?ingat pemberontakan permesta dgn allan pope sbg pilotnya..?ingat jatuhnya sukarno dgn isu dewan jenderalnya..?hehehehheheheeh…saya ragu itu suatu kebetulan..dan melihatnya sbg ops kontra intelijen dari negara yg amat serakah menguasai dunia

  22.  

    us menjadikan lcs sbagai pengalihan opini saja dari tujuan yg sebenernya,tujuan aslinya ya ke indonesia,NKRI ingin di jadikan seperti timur tengah,kelinci percobaan 1001 macam strategi perang US,waspadalah..

  23.  

    Jika indonesia tidak ikut andil jg dalam LCS dan masih bersikeras .
    Bakal akan terjadi huru hara di indonesia(devide et impera) .
    karena apa Indonesia masih bisa di adu domba sekelompok warganya .
    Lihat saja lsm kita minta uang setoran gk di kasih buat kerusuhan .

  24.  

    “Apalagi saat ini terjadi defisit kepercayaan antarnegara-negara yang berkonflik,”

    Maksud dari pernyataan pak mentri ini apa ya?saya penasaran. Mohon pencerahannya.

  25.  

    justru itu… kalau china.kalah, usa nggak perlu bayar utang

  26.  

    ASu mau bantu ……….. ???????????? .ASu muke lo jauuuuhhh ……… !!!
    kalo membantu tetapi disertai dengan syarat2 dan ketentuan yang mencekik pihak yang dibantu itu mah namanya ” bukan membantu ” ………. dasar Asu !!!

  27.  

    Betul bung.. Dolar asu byk dipegang cina.. Itu senjata cina utk menyandera ekonomi amerika..senjata dingin cina yg bisa mematilkan ekonomi asu bila cadangan dolar tsb digelontorkan secara bersamaan..

  28.  

    “Netral” dlm tanda kutip yg jelas..lagi pula china banyak kepentingan ekonominya disini…9 garis putus2 dinatuna mungkin cuma tes reaksi kita aja..

  29.  

    Kalo sangat sangat sangat tidak kepepet tidak usahlah mau diberi bantuan apapun bentuknya…..krn di kemudian hari akan diungkit dan diminta balasannya….balas budinya bahkan bisa puluhan tahun…..

  30.  

    Alhd netral aja,,netral dengan condong ke China,hhhiiii
    semoga Indonesia menjadi sediki Agregor…kedepannya. sekali-sekali malaysia perlu di senggol.

    tapi masuk BRICS dulu.
    Amin.

  31.  

    ada benernya sih menkopolhukam tetap netral dapet bantuan sih terima aja, tp kl syarat perang lawan tiongkok nanti dl deh mengingat natuna kan gak di klaim sm tiongkok, ada baeknya kl kt jd PENENGAH aja, dimanapun kapanpun setiap ada perang yg dapet keuntungan besar itu si amerika knp?, ya gak jauh2 dr jualan senjata.

  32.  

    RI hrs kuat dalam bidang intelijen, krn semua negara besar yg terlibat dalam konflik lcs sejatinya mereka sdg berebut kue yg bernama SDA di asia tenggara, dan indonesia adalah kue yg sgt besar dan mudah dihancurkan jika intelijen dan TNI tdk solid spt jaman sukarno.. Apakah suharto yg menjadi boneka cia utk menjatuhkan sukarno ttp menjadi sekutunya..?jaman suharto semua alutsista soviet dihancurkan dijadikan kepingan aliuminium dari mig hingga pembom auri, intinya kekuatan TNI dieliminasi hingga titik bawah dan diganti semua alutsista barat dan pada saat indonesia sudah mulai membangun TNI embargo mereka jatuhkan utk TNI tetap berada dibawah sekutunya di asia tenggara. Pelajaran yg sgt berharga yg dimiliki bangsa ini jika bersahabat dgn negara tsb

  33.  

    amerika dan sekutu ingin me timur-tengahkan asia tenggara,,
    Hati hati lah…

  34.  

    Cuma Skenario sahaja …

    Usa : Apa yang dapat kami bantu untuk anda dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di Laut China Selatan (LCS) …
    NKRI : (sambil menelepon Om Putin) … Maaf saya lagi sibuk telpon … tunggu sebentar
    Usa : Saya ulang sekali lagi Pemerintah Kami ingin bantu negara anda untuk mengatasi LCS … tetapi syarat ketentuan berlaku …. You harus berada dipihak Kami … (naik pitam)
    Australia : Usa, NKRI enggak ada baik-baiknya lebh baik kasih saya saja … (ngarep)
    NKRI : Panjenengan kalo mau bantu sing ikhlas tanpa syarat apapun …Ora baik pamrih …
    NKRI : Kami suka barang hibah kayak Virgina Class, F 16 Viper, Destroyer Class dan lain lain .. Masalah LCS kami care dengan Wilayah NKRI … You lewat tanpa izin kami libas .. Om Putin aja ngasih Kredit Ekspor lunak buat akula, borei, kilo, amur dan SU 35 …
    USa : Grrrrrrrrrrrrrrrrr

  35.  

    Betul netral saja..kita hanya mempertahankan hak negara indonesia bukan ekspansi,hanya taktik AS utk perang PROXY,perang dengan tangan ke 3,memang setahu saya…TNI mempersiapkan semuanya yang utama adalah masalah ini…bukan dengan malaysia atau yang laennya..tetapi..jangan sampai juga tempat kita dijadikan ajang pertempuran mereka..AS butuh kita karena pangkalan aussi terlalu jauh..sedang benteng terluar adalah malaysia,brunai,singapura,sedang tiongkok berpikir puluhan kali serang kita,mereka pasti sudah lelah berperang dengan yang laennya ( yg dibantu inggris,aussi,AS)karena masalah NATO terpecah di eropah( ulah om putin) AS terpecah lagi di timteng,itulah AS ingin menyogok kita dengan bantuan,disinilah peran nonblok..toh semua bisa dibicarakan..kita juga mitra tiongkok…mitra rusia…mitra amrik…mungkin hanya tetangga2 kita yang tidak mau bermitra dengan yang laennya..jd yah..wajar berantem..bertegur sapa aja tidak mau.. ( itulah taktik gajahmada jaman dahulu dengan perkawinan,kalo sekarang pembelian alat strategis) kalau ada yg salah monggo ditanggapi..biar kita semua sama2 belajar memahami dinamika luar sekarang..

    •  

      Toh indonesia..merdeka dengan MANDIRI..bukan pemberian..spt yang laen..xixixi..jd kekuatan kita sudah terbukti,salah satu perang termahal didunia..perang dg P.Diponegoro..dunia mengakuinya…yang mengusir tentara tar-tar kubalaikhan siapa?..Raden Wijaya…dahsyat ga?..yang mengusir penjajah..hanya bambu runcing dan panah…wuiih..xixi..sekedar penambahan..

  36.  

    indoesia mau lawan USA?? gak patuh sama USA?? haduh aduh,..udah brp kali negara ini hampir kolaps sama proxie nya USA di Indonesia,…masih mau nantang lagi kah Indonesia??? kalo mau keras sama USA, tinggal tunggu aja ntar,..indonesia bakal di rusak dari dalam,..dan itu sudah pernah kejadian,…jgn jadikan indonesia seperti timteng,…Indonesia harus merapat ke USA,…ingat USA itu yg menguasai ekonomi global…mulai dari Film Bioskop, KFC, McD,..kalo China mah kecil bung,…

    •  

      emang masalah ga nonton film holywood? ga makan KFC/Mcd malah syukur ga makan sampah. Apalagi coba produk USA ? malahan mereka yg butuh market kita …

      sebenarnya baca enggak sich artikel di atas, sudah dibilangin NETRAL, kenapa masih masih suruh milih USA vs China ??

    •  

      Mental kacung!! Kebangkrutan amerika tinggal hitung mundur. Serakah pangkal binasah! Fix sudah hukum alam.

  37.  

    Indonesia : Kita netral karena kita ga ada klaim LCS.
    Kalau ada klaim terhadap wilayah NKRI di Natuna, berarti Indonesia tidak netral.
    Syarat dan ketentuan berlaku.

  38.  

    Dgn rapat ke asu apakah indonesia jg ttp aman..? Tentuunya tdk..apakah ada kepentingan strategis asu di indonesia..? Wooooowwww..akeh mas…!!! Mereka lbh senang melihat indonesia utuh atau hancur terbelah..? Jawablah sendiri dan lihatlah irak yg semua SDA nya menjadi pamapasan perang bagi asu dan mama eli. Pelajaran berharga bagi negeri ini Keras menentang spt sukarno hancur..bersekutu spt suharto jg hancur.. Berdiri dgn netral dan bermain cantik itu yg blm pernah dilakukan negeri ini tanpa hrs tunduk dan bersekutu baik dgn asu maupun cina..

  39.  

    Alhamdulillah..

    Terima kasih Bapak Presiden Jokowi untuk kenetralan Indonesia.

    Sudah seharusnya Indonesia fokus pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya. Sudah seharusnya Indonesia SUPER FOCUSS pada ketersediaan energi dan listrik untuk masa yang akan datang.

    Suka atau tidak suka, seluruh rakyat Indonesia akan sangat tergantung pada kesuksesan pemerintahan Presiden Jokowi dalam usaha menjaga ketersediaan Energi dan Listrik di masa depan. Jika Presiden Jokowi gagal bekerja membangun pondasi pembangunan Energi dan Listrik, DIJAMIN tahun-tahun kedepan Indonesia akan mengalami krisis energi super hebat.

    Konflik laut china selatan bukan urusan Indonesia selama China tidak mengklaim wilayah Indonesia. 270 Juta rakyat Indonesia akan siap bertarung menjaga Indonesia. Jika China nyenggol ZEE Natuna, China akan berhadapan dengan Indonesia beserta 270 Juta rakyatnya.

    Kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah tujuan yang harus dicapai oleh pemerintah Indonesia. Indonesia bekerjasama dengan Amerika juga bekerja sama dengan China. Perdamaian YES, perang NO.

    Kita memang harus netral. Lagi pula China bukanlah bangsa koplax, China tentunya akan berpikir rasional, nyenggol ZEE Natuna, China akan berhadapan dengan 270 juta rakyat Indonesia yang sudah terkenal barbar dan licik (cerdik). lihat sejarah ekspedisi tentara monggol yang digulung oleh Majapahit. Sementara di selatan ada Benua daratan luas dan kaya bahan tambang yang hanya di huni 23 juta orang saja.

    Kalau dilihat dari pola modernisasi Angkatan Laut dan Angkatan Udara PLA, yang sepertinya fokus ke arsenal mobilisasi jarak jauh dan daya pukul jarak jauh. Sepertinya China menunggu waktu yang tepat untuk tujuan yang lebih jauh dari hanya sekedar Laut China selatan. Pembangunan pangkalan Militer PLA yang dibangun dari reklamasi pulau-pulau karang laut China selatan sepertinya bukan sekedar penjaga wilayah itu, tetapi lebih menjadi semacam pangkalan Aju untuk tujuan yang lebih besar dan lebih Jauh.

    1/3 uang yang beredar di Amerika mungkin adalah milik China. Dan saat ini China sedang membangun 7 kapal induk baru. China tidak membutuhkan 7 kapal Induk kalau hanya sekedar untuk laut China selatan.

  40.  

    anda kenapa masih di indonesia???? kenapa gak pindah ke amrik aja?? sungguh pernyataan yg pesimis anda tidak cocok memakai nama merdeka 1945 bung, insyaAllah masyarakat kuat dgn TNI dgn ridho tuhan kita bisa menangkal itu semua, boikot produk2 asu klo gitu beres, apa klo kita gk makan kfc kita mati??? enak juga makan tahu tempe sayur bayam dsbnya… amerika bukanlah dewa, lawan afgan irak aja tak becus, keroyokan lagi…sekali lgi bung dunia ini milik tuhan bukan negara, salam

    •  

      saya tidak pesimis bos,…cuma saya liat adanya seperti itu,…
      saya yakin anda jg pernah nonton bioskop, makan pasti pernah di mcd,…akakakakak
      sorry to say,.. but thats the reality,..

  41.  

    mbok dpikir asu yo asu..jngan harap piara asu kalo gede jadi sapi…nulung asu kecepit bar ditulung malah nguntal awake dewe..sampe kapanpun.slam kenal smua

  42.  

    yg mau jadi asu yo silahkan..tpi jangan ajak2 orang waras di jamin nggak mau…luweh baik berdiri di kaki sendiri makan jagong..le

  43.  

    intix ini hax skenario tuk di balkanisasi negara2 asean qlo sdh lemah bru dsedot dr dlam, bgi sy usa china sm sja pux tjuan membntuk 1 komando yaitu invasi asean yg kya sda nya, sdhlah jgn terpancing situasi krn mreka berdua hax sandiwara,,, yg pling fokus untuk qt buat aliansi skutu bila sewaktu2 perang bnar2 pecah dan perkuat otot 2, alutsista tni yg msi bolong. percyalh ini hax skenario dbalik layar mreka agar mnusia smakin berkurang populasix.

  44.  

    sudah saatnya indonesia banyak membeli skyshield krn senjata ini sangat ampuh untk pertahanan udara saya sudh liat cara kerjanya dan sangat mumpuni ada yg pke peluru dan yg terbaru menggunakan laser. Beli yg banyak dan TOT wajib ikut serta. Nanti klo indonesia bisa bikin skyshield sendiri pasang di setiap kabupaten di seluruh indonesia yg berjumlah sekitar 412 kabupaten. Klo belum mampu bikin sendiri beli sja skitar 100 biji dan pasang di pesisir dan perbatasan pulau terluar. Saya yakit musuh tdk akan bisa masuk apa lg mengijakan kaki di Nusantara.

  45.  

    mending deketin china aja… adakan kerjasama pada segala bidang… china mungkin berfikir berulang kali jika ia merebut natuna… mending cari aman…

    tolong respon yaaa

  46.  

    BAGUS PAK…

    kita harus belajar dari peristiwa TIMOR-TIMUR

    Indonesia diperalat AS utk menganeksasi Tim-Tim supaya tdk timbul sebuah negara komunis (Tim-Tim) di pojok Asteng.

    kita berdarah2, tetapi apa yg kita dapat ?…….setriliyun penyesalan, God Damm AS !!!

  47.  

    nah ini nih.kemaren2 ane ama temen2 kampus dah rembukan beli kacamata 3D wat nonton tuh LCS dari pojokan.ambil bakar jagung kek tahun baruan ambil ngakak liat lentera jaguh ikut di panggung LCS

  48.  

    INDONESIA TETAP NETRAL.

    AJANG INTROSPEKSI BUAT AMRIK MA NEGARA JIRAN=

    1. SIAPA YANG MEMECAH RI DENGAN KASUS TIMOR LESTE
    2. KASUS SIPADAN LIGITAN
    3. KASUS AMBALAT
    4. BAHKAN SAMPAI ISU PAPUA.

    LCS BUAT PELAJARAN AMRIK MA JIRAN= JANGAN MAIN MAIN DENGAN INDONESIA

    UNCLE SAM KENAPA ENGKAU PECAH TIMOR LESTE DARI INDONESIA

    PAK CIK KENAPA ENGKAU REBUT SIPADAN LIGITAN?

    LCS DIREBUT CHINA ITU PELAJARAN BUAT AMRIK DAN JIRAN YANG SELALU

    MENJAJAH INDONESIA.

  49.  

    Ato mungkin usa mau mbyr utang pke peluru ma rudal ya bung nn.. Kyk yg mreka lakukan ke Libya.. Ato ke pak Karno jaman dulu.. Biar utang mreka lunas tanpa perlu mbayar.. Lha wong yg ngutangi dah meninggal.. Hadeww

  50.  

    “Saran saya buat kita rakyat NKRI yg mencintai bangsa ini..
    1. Bayar Pajak anda untuk menguatkan bangsa ini biar bisa beli mercon gahar atau merakitnya sendiri melalui BUMN yg sudah ada..
    2. Gak usah galau.. Kita tunjukan bahwa rakyat dan pemerintah solid,itu juga efek detergent nya tinggi.. Inget mesir,syria,ukraina.. Gak solid ya di obok obok..!
    3. Beli bedil manuk emprit,latihan nembak.. Siapa tau pacah perang betulan dan anda anda sudah siapp sebagai sniper handal.. Disamping memutar ekonomi rakyat,karena bedil yg di beli industri lokal kita.
    4. Yg terakhir dan terpenting.. Berdoa semoga tidak pecah perang,jadi anda,saya dan semua disini masih bisa browsing.. Baca berita di JKGR.. Eyel eyelan.. Debat adu argument sambil ngopi plus makan kacang.. Salam..