AS Siap Gelar Sistem Rudal THAAD di Korea Selatan

Sistem Rudal THAAD (American Scientists)

AS Siap Gelar Sistem Rudal THAAD di Korea Selatan 1

Seoul – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jim Mattis mengatakan akan membahas bersama Korea Selatan upaya mengekang program nuklir dan rudal Korea Utara setibanya di Seoul, termasuk rencana penempatan sistem rudal THAAD.

Kunjungan Mattis dilakukan di tengah laporan bahwa Korea Utara kemungkinan menyiapkan uji coba rudal balistik baru yang dipandang sebagai tantangan awal bagi pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

“Saya akan berbicara dengan mereka tentang THAAD,” ujar Mattis kepada wartawam, merujuk pada penggunaan sistem pertahanan anti roket (THAAD) tersebut.

Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan penempatan THAAD dirancang untuk melindung diri dari kemampuan nuklir dan balistik Korea Utara yang terus berkembang.

Korea Utara kelihatannya telah memulai lagi operasional reaktor di fasilitas nuklir utama Yongbyon yang memproduksi plutonium agar bisa digunakan dalam program senjata nuklirnya, sebagaimana yang disampaikan kelompok pengamat “38 North”.

Penggunaan THAAD mendapat penolakan dari China, dengan mengatakan hal tersebut akan mengganggu keseimbangan keamanan regional, yang berujung pada seruan dari sejumlah pihak oposisi di Korea Selatan untuk menunda atau membatalkan rencana tersebut.

(CNN/ Lockheed Martin)

AS Siap Gelar Sistem Rudal THAAD di Korea Selatan 2

Perjalanan purnawirawan Jenderal Marinir itu ke Asia Timur, termasuk berkunjung ke Jepang, merupakan perjalanan pertamanya sejak memimpin Pentagon dan menjadi perjalanan luar negeri pertama dari menteri di kabinet Trump.

Mattis dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Korea Selatan Hwang Kyo-ahn pada Kamis, yang menjabat sebagai pejabat presiden setelah Presiden Park Geun-hye dimakzulkan karena skandal korupsi.

Pejabat Amerika mengatakan perjalanan tersebut bertujuan untuk menguatkan kembali hubungan dengan Korea Selatan dan Jepang dan kepentingan Amerika Serikat di kawasan tersebut.

Penegasan sikap Amerika Serikat itu menjadi penting usai Trump mempertanyakan biaya untuk kerja sama itu di masa kampanye. Dia juga mengagetkan negara-negara di kawasan dengan menarik Amerika Serikat dari forum Kemitraan TransPasifik atau TPP.

Antara/Reuters

Leave a Reply