Okt 032018
 

Jet tempur F/A-18F Super Hornet sedang take-off © Slaunger via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Amerika Serikat, Swedia dan Italia telah mengajukan penawaran untuk memasok 8 unit pengganti jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Bulgaria yang ada dalam layanan sejak era Soviet, dalam tender yang diperkirakan mencapai US $ 1 miliar dolar, menurut Kementerian Pertahanan Bulgaria pada hari Senin.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Amerika Serikat memberikan dua pilihan jet tempur baru, F-16V buatan Lockheed Martin dan F-18 Super Hornet buatan Boeing. Swedia pun menawarkan jet tempur Gripen baru produksi Saab, sementara Italia telah mengusulkan untuk memasok jet tempur EuroFighter bekas.

“Penawaran yang masuk akan dinilai dan kemudian keputusan politik akan diambil”, kata Deputi Menteri Pertahanan Bulgaria Atanas Zaprianov pada wartawan setelah penawaran tawaran.

Akan tetapi Deputi Menteri Pertahanan Bulgaria menolak untuk berkomentar berapa lama proses itu akan berlangsung, termasuk negosiasi langsung dengan penawar yang terpilih.

Jet tempur F-16D Angkatan Udara AS lepas landas dari Pangkalan Udara Bulgaria © USAF Wikimedia Commons

Kesepakatan itu akan membantu Bulgaria, yang bergabung dengan aliansi NATO sejak tahun 2004, untuk meningkatkan kepatuhannya terhadap standar aliansi.

Jet tempur JAS-39 Gripen Angkatan Udara Afrika Selatan © Bob Adams via Wikimedia Commons

Ini adalah kesepakatan militer terbesar bagi Bulgaria, dan tender itu harus diluncurkan kembali tahun ini setelah sebuah komisi di parlemen tahun lalu memutuskan perlunya diluncurkan tender ulang. Dalam tender sebelumnya, jet tempur Gripen lebih disukai.

Jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Inggris. (photo : Rodw via Wikimedia Commons)

Aliansi NATO telah mendorong para anggotanya yang berasal dari Eropa timur untuk mengembangkan, membeli dan mengoperasikan peralatan militer baru yang dibuat oleh negara-negara dalam aliansi.

Bagikan:

  One Response to “AS, Swedia dan Italia Ikut Tender Jet Tempur Bulgaria”

 Leave a Reply