Dec 092015
 
Pesawat pemburu kapal selam P-8 Poseidon

Pesawat mata mata P-8 Poseidon

Jakarta, – Amerika Serikat akan menempatkan pesawat mata-mata P8 Poseidon di Singapura pada bulan ini. Tindakan ini dilakukan AS menyusul ketegangan di kawasan terkait langkah militer China di Laut China Selatan.

Dalam pernyataan bersama antara Menteri Pertahanan AS Ash Carter dan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Washington, P8 Poseidon akan diturunkan ke Singapura mulai 7 hingga 14 Desember 2015.

Penurunan pesawat mata-mata ke Singapura diprediksi akan membuat berang China yang sebelumnya marah karena kapal perang AS mendekati wilayah yang mereka klaim.

Selain China ada empat negara lain yang mengklaim perairan Laut China Selatan yang kaya minyak serta jalur perdagangan senilai US$5 triliun per tahun.

Anti-submarine warfare and anti-surface warfare, Boeing P-8 Poseidon (Photo: photo by Greg L. Davis)

Anti-submarine warfare and anti-surface warfare, Boeing P-8 Poseidon (Photo: photo by Greg L. Davis)

AS telah mengoperasikan P8 dari Jepang dan Filipina serta melakukan penerbangan pengintaian dari Malaysia.

Dalam pernyataannya, AS mengatakan P8 di Singapura akan “mempromosikan kemampuan antar-operasi dengan militer regional melalui latihan bilateral dan multilateral, sekaligus memberikan dukungan bagi HADR regional dan upaya keamanan maritim.”

HADR adalah operasi pemulihan bencana dan kemanusiaan.

Presiden AS Barack Obama sebelumnya mengkritik China yang membangun pulau buatan dan pangkalan militer di laut sengketa tersebut. China menjawab kritikan dengan menegaskan tetap akan membangun fasilitas militer dan sipil di perairan tersebut.

Pemerintah AS memperkuat kerja sama pertahanan dengan negara-negara pengklaim Laut China Selatan, seperti Brunei, Taiwan, Filipina, Vietnam dan Malaysia.

CNN Indonesia

Bagikan :

  34 Responses to “AS Tempatkan Pesawat P8 Poseidon di Singapura”

  1.  

    pertmax

  2.  

    Paramex

  3.  

    Waduuuuh itu terbang lewat mana ? Si upil enak aja kasih ijin, FIR harus secepatnya di ambil krna penempatan pesawat P8 salah satu upaya upil buat persulit pengambil alihan FIR ke NKRI dgn nongkrongnya ASU

  4.  

    Woooow…..

  5.  

    Hmmmmm…. ada apakah

  6.  

    Makin songong aja si upil …beriv mana beriv

  7.  

    Kalo msk wilayah kita paksa mendarat dgn mengirim shukoi.
    Mereka jelas ingin memata matAi kasel kita.

  8.  

    Kalau itu pesawat masuk wilayah NKRI jangan biarkan cegat, turunkan pakai Su 30

  9.  

    Kirim asap lagi yo ke singa,biar minggat tu pesawatnya

  10.  

    Ini PESAWAT dalam PENGGUNAANNYA ga cuma buat LCS..hati2 bisa buat memata2i kita..datanyanya pemetaanya bisa digunakan ASU & UPIL..@upil ISRAELnya Asia Tenggara..

  11.  

    indonesia perlu punya pesawat kiamat dari rusia.

  12.  

    indonesia harus punya pesawat kiamat dari rusia antidot us cs.

  13.  

    Semoga berhasil masuk

  14.  

    Hahahaha….
    Modus p8 poseidon di taro di singapura….
    Jelas bukan buat dunungan FIR tetep di pulau kecamatan singapura
    Tp lebih dari itu…ingat…su 35 akan datang juni2016….kapal selem baru maret2016….apache Chinook Blackhawk…beriev200..tahun depan…baik di expose maupun tdk…frigate baru juga tahun depan…batalyon baru tahun depan…pearl Harbour ala Natuna tahun depan…gimana us ga pusing..us lg kejebak perang panjang di suriah…indonesia asik asik bangun pangkalan ama isinya….negara tetangga yg sentimen ma indonesia kan manyun…makanya mreka yg sentimen minta us kirim pesawat mata mata…bomber…ama armada vii di sekitar zee indonesia…
    So…itu smua bukan buat us mantau LCS ato tiongkok…tp mantau indonesia kira kira mau nambah propinsi apa lagi….wkwkwk…ama yg pasti ngambil saham FI dr skr 11% menjadi 55%….
    Imho doang
    Hehe

  15.  

    sekalian mata matain pembangunan kompleks militer di natuna kayaknya neh…

  16.  

    Perlu diawasi kegiatan p8 ini.. selain untuk memata-matai Tiongkok, mungkin sambil ngintip apa aja yg dipunya TNI di Natuna.

  17.  

    tembak sja pke rudal qw3 milik paskas

  18.  

    Harus’x Indonesia Kita patut
    mem’per’tanya’kan & menentang Spore atas ijin penempatan pswt P8 poseidon
    soale efek domino’x bukan hanya dgn China tp Rusia pasti akan ikut siaga juga….
    Ujung”x moncong” rudal balistik ter’msk moncong nuklir semakin bnyk meng’arah yg serempet” Indonesia Kita….

    Akhir’x akan membuat kawasan Asean jd semacam lapangan perang/tembak baru yg sengaja di’cipta’kan amrik…
    Spt hal’x kawasan Timur Tengah yg sdh jd api membara..

    Yg rugi besar Indonesia Kita….

    Indonesia Kita Harus berani ber’teriak lantang utk menyuara’kan kawasan Asean yg lepas dr kepentingan politik” negara lain, khusus’x amrik…
    Soale Indonesia Kita tdk ada kepentingan apa” tp ikut kecipratan mslh….

    •  

      Setuju bung. Jauh-jauh hari para pakar militer/hankam telah mengisyaratkan bahwa kedepannya perang akan berpindah ke pasifik. Jangan sampai Indonesia dijadikan salah satu arenanya.
      PREEMTIVE STRIKE ternyata taktik yang memang sesuai untuk Indonesia kedepannya. Salut untuk para pemikir militer/hankam kita.

  19.  

    Mbah bowo dah makan sayur kecap kah?

  20.  

    Akhirnya amerika memainkan peran di LCS,
    Secara tidak langsung diplomasi militer atas FIR yg akan menguntungkan Kucingpur dan Freeport menguntungkan Asem.

    Yah wajar saja RI gerah, kapal perang RI dah siaga jg tuh..

 Leave a Reply