Home » Headlines » AS Umumkan Penarikan dari Perjanjian Rudal INF

AS Umumkan Penarikan dari Perjanjian Rudal INF

Amerika Serikat (AS) telah mulai menarik diri dari Perjanjian INF dengan Rusia. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa Berlin akan terus berbicara dengan Moskow tentang dugaan pelanggarannya sampai proses penarikan selesai.

Gedung Putih mengumumkan pada hari Jumat bahwa pihaknya menarik diri dari perjanjian rudal era Perang Dingin dengan Rusia yang efektif pada hari Sabtu, meningkatkan momok perlombaan senjata berbahaya dan mahal di Eropa.

Penarikan “akan selesai dalam 6 bulan, kecuali Rusia kembali mematuhi dengan menghancurkan semua rudal, peluncur, dan peralatan terkait yang melanggar,” Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan.

AS akan mengembangkan “opsi respons militer” dan bekerja dengan sekutu-sekutunya dalam aliansi militer NATO “untuk menyangkal Rusia dari setiap keuntungan militer dalam perilaku yang melanggar hukum.

Traktat Nuklir Jangka Menengah (INF) melarang rudal berkemampuan nuklir dengan jangkauan 500 hingga 5.500 kilometer (310 hingga 3.420 mil).

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa dalam aliansi militer NATO, termasuk Jerman, mengatakan rudal jelajah 9M729 Rusia melebihi batas 500 kilometer. Namun, Rusia mengatakan jangkauannya terbatas hingga 480 kilometer.

Angela Merkel mengatakan pemerintahnya akan terus bekerja dengan Rusia selama periode pemberitahuan 6 bulan. “Jelas bagi kami bahwa Rusia telah melanggar perjanjian ini,” katanya. “Yang penting adalah menjaga agar dialog terbuka.”

Meskipun ada langkah itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa pihaknya masih bersedia melibatkan Rusia dalam pengawasan senjata.

Sumber: dw.com

Tinggalkan Balasan