Oct 192017
 

Tank M1A2 Abrams AS.(Master Sgt. Erick Ritterby / US DoD)

Jakartagreater.com. Departemen Luar Negeri AS telah membuat keputusan untuk menyetujui potensi penjualan tank M1A1 Abrams ke Kuwait, ujar Badan Kerjasama Pertahanan Keamanan (DSCA) Amerika Serikat (AS), dirilis dsca.mil, 16 Oktober 2017.

Dalam sebuah paket senilai sampai $ 29 juta, Kuwait telah memesan 218 hull tank M1A1 Abrams dengan meriam 120mm, dan 218 mesin AGT-1500 (M1 Tank Series) untuk mendukung program upgrade tank M1A2 Kuwait. Dukungan transportasi dan logistik juga termasuk dalam permintaan.

Jika penjualan terlaksana maka tank ini akan berasal dari inventaris Angkatan Darat AS yang ada.

Tank M1A2 Abrams AS. (US DoD)

Potensi penjualan ini telah diberitahukan kepada Kongres pada tanggal 12 Desember 2016 terkait perubahan struktur 218 tank M1A2 Kuwait. Kuwait memesan 218 hull tank M1A1 dari inventori A.S. yang akan digunakan untuk upgrade dan mengganti armada tank Kuwait saat ini, demi menjaga kesiapan operasional.

Menurut Janes.com, pesanan ini berarti Kuwait tidak lagi menggunakan hull yang ada “karena kepentingannya dalam menjaga kesiapan operasional”.

Diperkirakan akan bernilai USD 1,7 miliar, paket upgrade yang diuraikan oleh DSCA pada bulan Desember mencakup : upgrade perlindungan ‘Special Armor’, 120mm gun tubes, stasiun senjata (CROWS) II / Common Remotely Operated Weapons Station II – Low Profile Stabilized Weapon Stations, dan Counter Sniper Anti-Materiel Mount (CSAMM) untuk melengkapi senapan mesin kaliber .50 di atas laras senapan utama; spare and repair parts; support equipment; tools and test equipment; dan lain sebagainya.

Tank M1A2 Abrams AS.(Gertrud Zach / US DoD)

Optik pada tank Kuwait akan diganti dengan pengintai petembak (gunner) yang baru dan menggunakan thermal sights generasi kedua / 2nd generation Forward Looking Infrared (FLIR) sights dan paket tersebut mencakup 1.085 set AN/PVS-7B night vision googles.

Aspek lain dari upgrade ini mencakup 240 radio AN/VRC-92E, embedded diagnostics, upgrade mesin dan transmisi tank, sistem manajemen thermal yang lebih baik, dan laras senapan cadangan.

Tank M1A2 Kuwait dikirim dari tahun 1994 dan dioperasikan bersamaan dengan armada tank M-84AB Yugoslavia, yang pertama tiba sesaat sebelum Irak menyerang negara tersebut pada tahun 1990.

  23 Responses to “AS Upgrade 218 Tank M1A2 Abrams Kuwait”

  1. SIJIIIIIIIIIIII….

  2. Kali ini kuwait yg upgrade tank Abrams setelah AS. Lanjutnya negara mana.?

  3. Horang kaya masak upgrade….hehehe beli dong 500 unit sekaligus…raja minyak gengsi ah klo cuma upgrade…jgn ikutin negara yg di asia tenggara itu, klo mau beli apa2 itu sellau yg bekas pakai dan ketengan …hahahha….

  4. Semua berawal dari benci, akhirnya tumbuhlah cinta…….. begitulah yg namanya cinta, memang kadang sangat aneh……. 😆

  5. Versi ekspor Abrams ini sedikit mengecewakan… karena tidak menggunakan depleted uranium armor.. yang di Irak dan di Yaman pada rontok kena tembak ATGM… dan Turbin engine sering meledak ketika tertembus rudal anti tank…

  6. Padahal di trendingnya menunjukan artikel ini nomer 1…

 Leave a Reply