Mar 282018
 

Gedung Putih, Washington DC, AS (pixabay.com)

Pemerintah Amerika Serikat (AS), pada Senin 26-3-2018 memerintahkan 60 diplomat Rusia yang dituduh mata-mata agar meninggalkan negara ini dalam waktu satu pekan, dirilis VOA Indonesia, 27-3-2018.

Sejumlah sekutu Amerika, termasuk Prancis, Jerman, Polandia dan yang terbaru, Australia pada Selasa, 27-3-2018 juga mengambil langkah serupa sebagai tanggapan terpadu atas serangan senjata kimia pada 4 Maret 2018 lalu terhadap mantan agen ganda Rusia dan putrinya di Salisbury, Inggris.

Serangan terhadap Sergei Skripal dan putrinya, Yulia, dengan gas saraf yang biasa digunakan militer Rusia, telah menimbulkan tanggapan internasional yang kuat. Amerika mengusir 60 diplomat Rusia dan memerintahkan penutupan konsulat Rusia di Seattle.

Gedung Putih menyatakan Presiden Donald Trump masih menghendaki kerjasama dengan Rusia, namun menyatakan bahwa tindakan-tindakan Rusia tidak memungkinkan kerjasama itu terjadi.

“Peracunan di Inggris yang menjurus pada pengumuman hari ini merupakan suatu tindakan yang sangat lancang. Tindakan yang sembrono. Ini membahayakan bukan hanya dua orang yang diracun tetapi banyak warga sipil, banyak warga sipil tak berdosa,” ujar Raj Shah, juru bicara Gedung Putih.

Duta Besar Amerika untuk Rusia Jon Huntsman menjelaskan langkah pembalasan tersebut. “Amerika Serikat mengambil langkah ini bersama-sama dengan sekutu-sekutu NATO dan mitra-mitra kami di seluruh dunia, sebagai respons atas serangan senjata kimia yang berkualitas militer di wilayah Inggris oleh Rusia.”

Duta Besar Rusia untuk Amerika, Anatoly Antonov, mengatakan Moskow terkejut oleh pengusiran tersebut, seraya menyatakan tindakan itu bertentangan dengan percakapan yang “konstruktif” melalui telepon antara Trump dan Presiden Vladimir Putin pekan lalu.

Sebagian analis mengatakan tindakan keras Amerika itu tidak terduga dan dapat menandai titik balik menentukan bagi pemerintahan Trump. “Ini menunjukkan bahwa kita tidak akan membiarkan perilaku Rusia semacam ini lagi, bahwa bersembunyi di balik tabir ambiguitas dan penyangkalan dengan berkilah tidak berguna.

Jejak Rusia jelas sekali dalam serangan ini, dan tanggapan keras diperlukan. Saya pribadi berpikir tanggapan yang bahkan lebih keras masih dapat dibenarkan, termasuk sanksi-sanksi dengan target oligarki-oligarki besar,” jelas Alexander Vershbow, mantan duta besar Amerika untuk Rusia, melalui Skype.

Sejumlah analis lain menyatakan langkah ini merupakan unjuk solidaritas signifikan Amerika dengan Inggris dan mengirim sinyal kepada Putin. “Setidaknya dalam solidaritas Amerika-Inggris, ini seharusnya membantu mempertahankan hubungan baik itu dan kemungkinan akan mencegah Rusia melakukan aksi-aksi serupa, mengingat eratnya hubungan ini,” kata Richard Weitz dari lembaga kajian Hudson Institute.

Para pakar menyatakan Putin kemungkinan besar akan menanggapi dengan cara yang sama, dengan mengusir sedikitnya 60 staf diplomatik Amerika dari Rusia. September 2018 lalu, Rusia juga mengusir 755 diplomat Amerika.

Kantor berita pemerintah Rusia RIA menyatakan Putin akan menanggapi dengan memerintahkan sedikitnya 60 staf dari misi-misi diplomatik Amerika Serikat di Rusia untuk meninggalkan negara Rusia.

  66 Responses to “AS Usir 60 Diplomat Rusia Terkait Kasus Sergei Skripal”

  1.  

    Yg penting gk diusir istri aja gpp tuh diplomat rusia..

  2.  

    baru juga menjabat lagi jadi pemimpin rusia, udah kena masalah intelijen gagal…apesss

  3.  

    Goood Job. Mr. Trump. Make USA Great Again !!!

  4.  

    American idiot,negara lain yg bermasalah dgn rusia,amerika ikut campur

  5.  

    Yg pinter israel ga mw usir diplomat rusia

    •  

      kamuflase sj bung.

      •  

        Kok bisa menumpuk banget diplomat rusia diamerika, sampai 60 diplomat, mmng baiknya siiih itu diplomat dipulangkan saja.
        Kemudian perlu dirancang kembli utusan tetap russia dibrbagai negara yg lbh langsing

        & untk amerika? usir lg diplomat amerika & diplomat2 lainnya yg ikut trkait ulah inggris.
        Tapi mungkin sikap trump sprti itu kerusia dikarnakan kencan trump kurang baik ke melanie, yg diberitakan ada beberapa wanita yg disport trump, bkn dikarnakan brpartisipasi utk inggris

        Hahhaahaaaa

  6.  

    Operasi False Flag yg sukses, klu secara logika gak mgkn operasi intelegent sesebrono begitu, lbh kental konspirasi politik tingkat tingginya guna untuk lbh menjepit Rusia! Satu negara mengembik yg lain ikut2an mengembik jd semakin terlihat kelucuan dagelan politiknya!he3.just Imho.

    •  

      semua pake operasi falseflag bung jadinya pake standar gadis bukan standar janda
      bahkan disini juga apalagi masa2 panas reformasi dan menjelang pilpres

      •  

        mungkin si anu mau ambil judul, indonesia bubar sebagai false flag.

        tpi untung org indonesia pintar2 kgk kemakan isu kgk bertanggung jawab yg dijadikan false flag.

        •  

          eh yg bubar2 cerita fiktif
          ratusan kali nonton episode wiro sableng kok masih aja ra ngerti2
          tapi buku ghost fleet bagus kok isinya kan hipotesis teknologi2 alutsistayg digunakan di peperangan masa depan beserta strateginya.
          masak masih aja bermental Wibu berfantasi dgn anime dan manganya sebagai pelarian dari kegagalan di dunia nyata.

          xaxaxa

    •  

      false flag bagaimana ?
      lha operasi intelijen memang sering mulus bang ?

      ga usah jauh2 deh, itu kemarin diperbatasan malaysia kenapa ?

      coba bang jelaskan, klo ga bisa mending mojok aja dipojokan.

    •  

      udah ga usah jauh2 juga, kita omongin kpk aja,,,,sekarang kpk jaman now sama jaman kemarin beda,,,beda sekali…

      kpk jaman now tidak bisa sembarangan menangkap orang/koruptor, setidaknya harus ada barang buktinya, maka dari itu para pengejar koruptor dibekali alat sadap menyadap.

      tapi tetap harus sesuai dgn prosedur, walau sudah dilengkapi alat sadap menyadap, tetap harus ada bukti atau uang, atau hal yg diterima oleh koruptor.

      dinas intelijen, kgk jauh beda, dibekali sadap menyadap, dan harus ada buktinya….klo ga da bukti ya kelaut aja sono…

      nih argumen gw…..mana argumen mu bo bo boy…….xixixixi

      •  

        gw kasih 1 minggu dah supaya fanasboy membantah argumen gw……klo ga berarti punya fanasboy cuma segini ini….se upil….xixixi

        •  

          Gua suka gaya loe ,,,ptantang petentengan….matap bak prajurit kehilangan priwit….xixixizzzzZ….

          •  

            haa petantang petenteng…..tinggal disentil doang kek upil kgk pake banyak tenaga,,,,hihi

        •  

          Tapi diminta bukti jelasnya oleh Rusia kok Inggris ngeles ya setali tiga uang dgn AS yg ikut ngompori, toh cara2 barat menerapkan lempar batu sembunyi tangan, maling teriak maling pernah dirasakan oleh RI. Gak perlu dijelaskan satu persatu cari aja sendiri referensinya jgn hy mengharabkan link lank lunk = Hoax.

          •  

            lha ini biasanya fanasboy kan paling dekat dengan ilmu ghoibiyah….kok minta link lank link lunk. nyang namanya laporan pasti ada bukti kuatnya, klo kgk mana bisa diterusin sampai ke atasan.
            nanti bahas perang lagi eh konflik,,,eh kgk tahu yg mana pasal berapa itu ada peraturannya di lembaga dunia. eh klo kgk tahu mending kgk usah ngomong ya,,,udah ah kgk usah dilanjutin.

  7.  

    masa negara maju percaya begitu aja tanpa jelas mengindentifikasi pelakunya itu sama saja melecehkan hadeeh asu2

  8.  

    semoga saja RI tidak ikut – ikutan spti mereka

  9.  

    Tuduhan hanya berdasarkan sebagai negara pengembang dan pembuat… misal untuk versi Indonesia dibunuh dengan keris, dimana keris itu senjata kas jawa tengah, jadi pasti Indonesia dan jawa tengah bertanggung jawab…
    Bahkan tidak menunggu hasil investigasi dan tidak menunggu adanya bukti yang cukup untuk menuduh salah satu pihak…Terjadi ketika Suriah mulai memenangkan perang dan menemukan lab senjata kimia teroris di Ghouta, dan terjadi ketika menjelang pemilu presiden di Russia, dan semakin keras reaksinya ketika Putin memenangkan pemilu… Putin sendiri pernah bilang sedih karena tidak dimasukan dalam daftar orang yang kena sangsi… tetapi semua telunjuk selalu mengarah kepada Putin…

    •  

      Mana ada keris khas Jawa Tengah, dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Lombok, hingga Sulawesi juga kenal Keris Bung.

      •  

        https://en.wikipedia.org/wiki/Kris
        Kris have been produced in many regions of Indonesia for centuries, but nowhere—although the island of Bali comes close—is the kris so embedded in a mutually-connected whole of ritual prescriptions and acts, ceremonies, mythical backgrounds and epic poetry as in Central Java.[4] As a result, in Indonesia the kris is commonly associated with Javanese culture, although other ethnicities are familiar with the weapon as part of their culture, such as the Balinese, Malays, Sundanese, Madurese, Banjar, Thais, Bugis, Makassar, and Filipinos.

        “Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao). Keris Mindanao dikenal sebagai kalis. Keris di setiap daerah memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam penampilan, fungsi, teknik garapan, serta peristilahan.”

        •  

          Jgn lupa Hang Tuah yg dibanggakan masyarakat melayu jg memakai keris yg direbut dr panglima Majapahit yg berhasil dibunuhnya dlm pertempuran yg dinamai dgn nama panglima tsb, dan fakta yg paling banyak pakem2nya dlm pembuatan keris dijawalah bermula, baik pamor dan luk pd keris dibedakan antara kawula dan golongan raja dan bangsawan, antara petani dan pedagang dll.

      •  

        Sori, karena gak pake titik jadi ente gak paham.

        ” Mana ada keris (hanya) khas Jawa tengah (saja), (tetapi juga) dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Lombok hingga Sulawesi juga kenal keris Bung.”

        Dan jelas link yg Ente share kan mematahkan perumpamaan yg mau ente sampaikan. Dan lagi, tak ada bukti negara2 Barat bisa membuat Novichok no-5.

        •  

          Yang jelas pengaruh dari Majapahit, dan kedua karena sampai saat ini Keris adalah bagian upacara kebudayaan di jawa tengah sehingga Keris lebih dikenal sebagai bagian dari budaya Jawa…
          Orang kalau ditanya keris pasti tahunya dari jawa tengah… karena memang asal mulanya karena Majapahit

          •  

            lebih jauh bung dari era majapahit
            majapahit juga berkontribusi menyebarkan penggunaaan ke seluruh nusantara .
            lagipula majapahit bukan di jawa tengah kok

          •  

            Jogja gak dianggap ya, lagian Majapahit kan dari Jawa timur, bukan Jawa tengah.

          •  

            Karena setelah majapahit kemudian kerajaan yang masih bertahan sampai sekarang adalah mataram….

          •  

            mataram atau yg namanya medang kamulan juga jaaaaaauh bung sebelum majapahit
            yg ada sekarang sisa2 keturunannya yg dulu dipecah kompeni.

          •  

            Ngomongin keris….aja jenis keris yang bahan bakunya dari pecahan meteorit, anti karat, ringan dan masih tajam, kandungan unsur % Carbonnya pas , sekarang tersimpan di musium mpu tamtular Sidoarjo. Kok bisa bikin? itulah kehebatan nenek moyang Indonesia, ilmu logampun mereka pada tahu.

          •  

            @bung Fajr, kalau orang2 dahulu saat hendak membuat sesuatu seperti keris misalnya… sang empu akan bertapa, berpuasa dan berpantang dulu sebelum memulai sebuah pekerjaan, sehingga saat membikin barang tersebut memiliki kualitas yang bahkan saat ini kalau diteliti pun bikin geleng2…. yg paling vital adalah penempaan, sehingga benar2 padat dan strukturnya sangat kuat, memakan waktu lama, butuh ektstra kesabaran…
            Orang yang ahli dalam per kerisan tidak akan sembarangan memperlakukan keris, mesti dimandikan, diberi sesaji, dan juga tidak sembarangan di cabut dari tempatnya…
            Bapak saya dulu punya, kemudian karena saran dan atas dasar agama akirnya semuanya diserahkan untuk di kelola yang lebih berkompeten… Keris bapak saya pernah berantem sama punya pak de, akirnya dipisahkan karena tidak cocok…

    •  

      Lagian gak ada bukti bahwa negara2 Barat mengembangkan Novichok. Coba kasih link atau bukti apakah ada negara2 Barat yg bisa buat Novichok???

      •  

        Nah, kembali ke alat bukti… bahkan Russia tidak diberikan akses untuk mendapatkan samplenya… ataukan memang bukan Novichok???
        Bagaimana mungkin menuduh tetapi tidak memberikan bukti kepada tertuduh untuk membuktikan atau melakukan penelitian untuk sekedar memastikan kalau benar itu zat yang digunakan…
        Bahkan tidak ada pelaku, tidak jelas seperti apa proses dilakukan… dan bahkan sampai saat ini seperti apa kondisi Skripal tidak ada kejelasan…

        •  

          Siapa yg bisa mempercayai Rusia yg sudah pernah membunuh mantan agennya di UK juga?? Apakah iya Rusia takkan memanipulasi data yg ada?? Kan Rusia Sendiri yg punya kepentingan.

          •  

            Hla kan UK punya data, tinggal di komparasi dengan melibatka OPWC sebagai badan independent… jelas beda kalau niatnya memang ingin menuduh…

          •  

            Ngomongin agen rahasia, bikin berputar-putar jawaban dan pertanyaan….mending ngomongin agen pijat urat….jelas dan pasti jawabannya.

        •  

          Apakah saat pembunuhan Alexander Litvinenko, Rusia berani menyerahkan nama yg disebut oleh Litvinenko sebagai pembunuhan dalam persidangan di UK?? Kenyataannya enggak kan??? Rusia sama aja dg Korut yg membunuh Kim Jong Nam saat di Malaysia dulu. Serapi itu aja bocor apalagi ini.

          •  

            Justru mengapa semua pengkianat Russia berdomisiinya di UK???

          •  

            Lah kan karena mereka lebih dekat dg MI6 dulu. Lagian juga mereka mengikuti pertukaran tahanan.

          •  

            Nah… kalau begitu mengapa UK jadi sewot kalau agen2 itu di incar oleh pihak lain??? Skripal adalah agen ganda, bisa dianggap pengkianat oleh Russia maupun UK, bisa saja pelakunya bukanlah pemerintah Russia tetapi sesama agen yang dikianati oleh Skripal, bisa agen Russia bisa agen Inggris atau mana saja karena begitu sensitifnya urusan agen atau mata-mata seperti Skripal…

          •  

            Lucu sekali, kalo Skripal mau desersi tentu sebelum dilakukan perekrutan harus dilakukan penyelidikan menyeluruh dan lama oleh intelijen Barat apakah ada kemungkinan dia hanya menipu pihak Barat/UK atau tidak. Kalo asal menerima orang yg mengaku mau desersi ya lucu itu namanya, apalagi dia adalah perwira intelijen Rusia.

  10.  

    udah dek AGATO cepat lobi petinggi US sebelum ICBM papa putin bersarang di PENTAGON,NEW YORK DAN,WASHINGTON DST

  11.  

    Wuih rame ngomongi agen single, double, tripel sampai berlapis2.he3. mending ngomongi aduhai (agen dunia dan akhirat) apa lu minta dia ada yg penting komisi minimal 2,5%!he3.

  12.  

    Ka Yulihantoro lagi mabok RUSIA.

    Tuh baca komen ka yuli di jejak tapak :

    USA terlalu malu untuk membiarkan Afganistan berhubungan langsung dengan Russia untuk melakukan perawatan dan pengadaan suku cadang bagi heli buatan Russia… India dirasa cukup netral dan menjadi jalan keluar ketika USA bermain mata dengan memblokir hubungan dengan Russia… bagi Russia sendiri jelas mereka tidak akan terlalu ambil pikir, karena yang paling penting adalah produk mereka tetap digunakan dan memberikan peluang di jangka panjang ketika situasi politik terutama dengan USA sudah berbeda…
    Afganistan tahu persis untuk operasi militer Heli buatan Russia lebih mumpuni dibanding Blackhawk… bisa dilihat di perang Suriah ketika Heli Mi-24 turun perang disiang bolong dalam hujan serangan dari persenjataan berat dari ISIS, dan tidak ada yang jatuh karena serangan itu.

    Emang ada ya ka yuli heli Mi-24 ??? hahaha

  13.  

    bisa dilihat di perang Suriah ketika (Heli Mi-24) turun perang disiang (bolong) dalam hujan serangan dari persenjataan berat dari ISIS, dan tidak ada yang jatuh karena serangan itu.

    hahaha… Heli Mi-24 disiang bolong turun berperang. wkwkwk

    di siang bolong.

    •  

      klo di udara heli tempur mungkin bisa menang, isis aja kelabakan, apalagi wagner paramiliter dari ukraina di babat habis..
      tapi klo di darat mungkin bisa menang,,,buktinya keok lawan tow.