Oct 212018
 

doc. Rimpac 2016. (Petty Officer 1st Class Jason Noble – US DoD via commons.wikimedia.org)

Singapura, Jakartagreater.com – Negara-negara di ASEAN berencana menggelar latihan maritim bersama dengan Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun depan, dirilis Antara pada Jumat 19-10-2018

Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen saat konferensi pers usai pertemuan para menteri pertahanan ASEAN atau “ASEAN Defense Ministers Meeting” (ADMM) Ke-12, pada Jumat 19-10-2018 di Singapura, mengatakan, para menteri pertahanan telah setuju untuk melakukan latihan maritim ASEAN-AS tahun depan.

Latihan pertama yang melibatkan Amerika Serikat dan 10 negara ASEAN itu tertuang dalam deklarasi bersama yang dikeluarkan oleh para menteri pertahanan ASEAN usai pelaksanaan ADMM 2018.

Para menteri pertahanan yang melakukan penandatanganan deklarasi bersama, yakni :

  1. Menhan Singapura Ng Eng Hen.
  2. Menhan RI Ryamizard Ryacudu.
  3. Menhan Brunei Darussalam Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Hadji Yussof.
  4. Menhan Kamboja Samdech Pichey Sena Tea Banh.
  5. Menhan Laos Chansamone Chanyalath.
  6. Menhan Malaysia Mohamad Sabu.
  7. Menhan Myanmar Sein Win.
  8. Menhan Filipina Delfin N Lorenzana.
  9. Menhan Thailand Prawit Wongsuwon.
  10. Menhan Vietnam Ngo Xuan Lich.

Negara ASEAN sendiri akan melakukan latihan maritim dengan China dari 22 hingga 27 Oktober 2018, di lepas pantai selatan China, Zhanjiang, yang difokuskan pada latihan keamanan maritim, termasuk keselamatan maritim, pencarian, penyelamatan, dan evakuasi medis.

Saat ini, kata Menhan Singapura, angkatan laut ASEAN sedang dalam perjalanan ke Zhanjiang di China untuk latihan maritim ASEAN-China. “Latihan ini akan meningkatkan persahabatan dan kepercayaan antara negara-negara anggota ASEAN, Angkatan Laut China dan Angkatan Laut AS,” tuturnya.

Para pimpinan pertahanan itu belum memutuskan lokasi dan sejauh mana latihan antara ASEAN-AS dilaksanakan. Pada Sabtu 20-10-2018, para menteri pertahanan ASEAN akan bertemu dengan para pemimpin pertahanan dari Amerika Serikat, China, Rusia, India, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru.

  3 Responses to “ASEAN Berencana Latihan Maritim dengan Militer AS”

  1.  

    Semakin kuat militer nya suatu negara ..
    Semakin percaya diri kalau datang ke suatu pertemuan Atau latihan militer.
    Yang pasti kita lebih percaya diri dibandingkan sebelum nya..
    Dulu itu Tidak Ada RenStra Dan MEF Dan sebagai nya .

  2.  

    Yakin? Ntar klo AS kalah latihan maka itu akan disebut milisi AS dan bukan militer AS lho…

  3.  

    latihan militer ini bisa di jadikan ajang evaluasi kemampuan angkatan laut masing masing negara diasean, semoga AL RI semakin kuat.

 Leave a Reply