May 182017
 

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Manila, Filipina

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin Delegasi Indonesia pada Forum ke-14 ACDFIM (Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting), yang berlangsung tanggal 17 – 19 Mei 2017 di Sofitel Philippine Plaza, Manila Filipina.

Pada Forum The 14th Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting ACDFIM tersebut, Panglima TNI didampingi Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Kabais TNI Mayjen TNI Hartomo, Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto, Waasops Panglima TNI Laksma TNI Nurhidayat dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono.

Forum ke-14 ACDFIM merupakan pertemuan informal para Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) di kawasan Asean yang bertujuan sebagai sarana untuk bertukar informasi, pemikiran, pengalaman dan keahlian serta penyampaian pendapat dalam menghadapi tantangan dan ancaman bersama di kawasan Asean.

Pada tahun 2017 ini, selaku Ketua Sidang Forum ke-14 ACDFIM yaitu Panglima Angkatan Bersenjata Filipina Jenderal Eduardo M. Ano, dengan mengangkat tema “Partnering For Change, EngagingThe World / Kemitraan untuk perubahan dengan pelibatan dunia”.

Tujuan Forum ke-14 ACDFIM tahun 2017 sebagai sarana untuk tukar-menukar pemikiran, pengalaman, keahlian dan juga sebagai sarana penyampaian pendapat dalam menghadapi tantangan dan ancaman bersama negara-negara di kawasan Asean. Sedangkan sasaran yang ingin dicapai yaitu diperolehnya persamaan persepsi dalam menciptakan stabilitas keamanan kawasan serta terjalinnya hubungan kerja sama yang baik, sehingga mempermudah koordinasi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi di kawasan Asean.

Pada Forum ke-14 ACDFIM tahun 2017, agenda pertemuan yang akan dilaksanakan diawali dengan laporan hasil Asean Military Intelligence Informal Meeting (AMIIM) dan Asean Military Operations Informal Meeting (AMOIM), dilanjutkan dengan presentasi masing-masing Ketua Delegasi, kemudian diskusi rencana kerja kegiatan tahunan militer Asean dan diakhiri dengan penandatanganan keputusan bersama seluruh Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Asean.

Dalam rangkaian Forum ke-14 ACDFIM tahun 2017, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo akan melaksanakan bilateral meeting dengan beberapa Panglima Angkatan Bersenjata. Pertemuan ini sebagai perkenalan antar sesama Panglima kawasan Asean sekaligus membahas peningkatan hubungan kerja sama antar kedua negara, khususnya kedua Angkatan Bersenjata.

Bilateral meeting yang dilaksanakan diantaranya dengan Pangab Filipina Jenderal Eduardo M. Ano, Pangab Singapura Letnan Jenderal Lim Cheng Yeow dan Pangab Myanmar Senior General Min Aung Hlaing.

Puspen TNI

  22 Responses to “Asean Chiefs of Defense Forces Informal Meeting”

  1. Indonesia jg bs ikut nato klo gt

  2. Tes

  3. “Indonesia sudah membangun keamanan nuklir dan akan segera dioperasionalkan. Pertahanan yang berlapis juga tengah dibangun sebagai kesiapan Indonesia jika ada bom atom negara lain menyasar ke Tanah Air”.
    itu salah satu isi konten yang dikirim bung PKB…apa maksudnya ya ? apakah tameng senjata nuklir atau apa ?

    • Ada lg kalimat.. Sbb.. “Kalo nuklir jatoh di negara tetangga..

      …. Kita harus siap siagakan nuklir”

      Ntah narasumber salah ngomong, ntah pewarta salah denger atau salah ngetik..
      Atau memang sdh benar.. Hihihi..

  4. Jangan lupa bahas Tiongkok di Lcs..eh..udh sampaimana tadii??

  5. 123…

  6. INDONESIA direncanakan akan membangun PLTN sebagai energi terbarukan dan ramah lingkungan . bagaimana menurut anda semua?

  7. Bukan gabung ASEAN, lebih memungkinkan “Kelompok Negara Mitra ASEAN” yang berada di luar ring ASEAN tapi bekerjasama erat dengan ASEAN

  8. makanya segera akuisisi aster class mbda buat jaga2. kalau hanya doa tanpa ikhtiar namanya putus asa.

  9. Keren jg panglima TNI pesawatnya seperti pesawat RI 1. Pesawat tsb sudah py sistem pengamanan seperti pesawat kepresidenan gak ya?

 Leave a Reply