Des 062018
 


F-16 Angkatan Udara Rumania (foto : Common Wikipedia)

Ada yang unik pada hari Parade Nasional Militer Rumania pada 1 Desember kemarin, yakni tidak adanya pertunjukan udara pesawat tempur F-16 kebanggaan Rumania.

Pesawat F-16 sebenarnya sudah disiapkan dan diperiksa dengan sangat hati- hati dan teliti oleh teknisi. Para pilot beberapa waktu sebelumnya juga sudah berlatih dan melakukan manuver-manuver yang akan dipertontonkan saat Parade Nasional, bahkan melakukan latihan terakhir dengan sukses.

Tapi kabar buruk akhirnya datang, petugas keselamatan bandara melarang penerbangan F-16 karena landasan yang tertutup es salju.

Salju tersebut sangat kuat melekat di aspal landasan, ada beberapa bagian salju yang tidak bisa dipecahkan meski sudah dilakukan pembersihan.

Badan meteorologi setempat bahkan memprakirakan baru 11 jam kemudian lapisan es bisa mencair oleh sinar matahari. Fenomena salju sangat langka turun di awal bulan Desember di Rumania.

Komandan skuadron akhirnya harus membuat keputusan pahit, meski ingin terbang dan memeriahkan hari parade Nasional, tapi F-16 adalah aset yang sangat mahal dan berharga bagi Rumania. Sangat langka karena hanya 12 yang dimiliki Rumania, selain itu sangat sulit dan lama untuk bisa membeli dan mendatangkan dari AS. Akhirnya F-16 batal diterbangkan di Parade Nasional Rumania.

Lapisan es di landasan sangat berbahaya, selain itu serpihan es bisa masuk ke dalam intake udara dan merusakkan kompresor mesin f-16. Kerusakan mesin bisa menimbulkan resiko yang sangat tinggi bagi aset berharga Angkatan Udara Rumania.

Meski semua menyesalinya, tapi Rumania tidak bisa mengambil resiko kehilangan F-16 karena kecelakaan yang mungkin bisa terjadi.

Hanya berjumlah 12 unit, F-16 sangat mahal dan berharga, dan Rumania harus merawat F-16 dengan tanggung jawab besar.

Antena 3

Bagikan:

  4 Responses to “Aset Sangat Berharga, Rumania Batal Terbangkan F-16 Karena Salju”

  1.  

    Bakal babak belur tuh Rumania klu mendapat serangan pd musim dingin.

  2.  

    Pakai Mig 21 saja .. kan bisa dioperasikan di Air strip yang rusak Atau bermasalah karena salju juga ..?? Apa Mig nya sudah di pensiun kan ..?

 Leave a Reply