Dec 102016
 

Asisten Operasional (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, didampingi Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Achmad Marzuki dan pejabat TNI lainnya, memimpin gelar persiapan perlengkapan Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Yonmek Kontingen Garuda (Konga) XXIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) dalam sebuah upacara di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/12/2016).

Dalam amanatnya Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto menekankan agar setiap prajurit TNI selalu mempedomani prinsip-prinsip dasar United Nations Peacekeeping, Conduct and Discipline dan menghindari terjadinya pelanggaran yang sekarang menjadi perhatian dari PBB yaitu tentang SEA (Sexual Exploitation and Abuse).

Lebih lanjut Asops Panglima TNI menyampaikan bahwa, Indonesia merupakan salah satu pengirim Kontingen perdamaian PBB di Lebanon yang selalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat Lebanon.

Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung Risdhianto, saat melaksanakan inspeksi gelar kesiapan Pasukan Kontingen Garuda (Konga), yang terdiri dari  terdiri dari Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-C/Minusca dan Konga XXVIII-I/Unifil di Pusat Misi Pemeriharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul Bogor, Rabu (24/8/2016) (foto: puspentni)

“Pasukan Garuda selalu mendapatkan hati dari masyarakat Lebanon dan juga masyarakat sekitarnya, baik disetiap tempat bertugas maupun menjalankan misi di seluruh dunia. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kesadaran setiap prajurit TNI,” ujar Mayjen TNI Agung Risdhianto.

Usai pelaksanaan upacara Asops Panglima TNI meninjau dan memeriksa setiap peralatan serta perlengkapan serta personel yang akan melaksanakan misi ke Lebanon.

Diselsa-sela meninjau dan memeriksa setiap peralatan serta perlengkapan, Asops Panglima TNI, mengatakan bahwa reputasi dan prestasi TNI pada operasi pemeliharaan perdamaian dunia telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi yang tinggi. “Indonesia saat ini telah mengirimkan peacekeepers, baik dalam bentuk Kontingen, Military Staff dan Military Observer ke-9 daerah misi berbeda dari 16 misi perdamaian yang tergelar di bawah bendera PBB,” katanya.

Adapun Satuan Tugas yang dipersiapkan meliputi : Milstaff, FGHSU, MCOU, CIMIC, SEMPU, FPC, Hospital, Indonesian Battalion, berjumlah 1.169 personel dengan Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Surya Wibawa S., yang merupakan pasukan PBB sebagai misi perdamaian di wilayah Lebanon Selatan.

Sumber : Puspen TNI

  3 Responses to “Asops Panglima TNI Pimpin Gelar Persiapan Satgas Indobatt Konga XXIII-K/ Unifil”

  1. tukang es

  2. Maju terus TNI

 Leave a Reply