Aug 112014
 
MLRS ASTROS 2 Indonesia

MLRS ASTROS 2 Indonesia

Singosari – Modernisasi alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI AD terus dilakukan untuk penguatan pertahanan dan keamanan negara. Batalyon Arteleri Medan (Yon Armed I/105) Singosari, mendapatkan 26 unit kendaraan tempur (Ranpur) MLRS Astros II buatan Brasil dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan)/ 11/08/2014.

Rinciannya, 13 unit kendaraan taktis jenis Ran Suplai Munisi (AV-RMD), 13 unit kendaraan Ran Peluncur Roket (AV-LMU). Juga terdapat dua konteiner berisi suku cadang kendaraan dan amunisi berupa roket SS-30 dan roket SS-40.

ASTROS-rockets1.jpg

Alutsista baru itu, ditinjau langsung oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko. “Ranpur peluncur roket tersebut, bisa menjangkau Kota Surabaya bila diluncurkan dari Singosari. Karena jarak jangkau peluncur roket sangat jauh antara 40-80 KM,” ujar Mayjen TNI Eko Wiratmoko kepada Malang Post.

Dijelaskannya, Alutsista baru ini sebagai bukti moderenisasi atau peremajaan alutsista TNI AD. Hal itu seiring dengan perkembangan teknologi dalam bidang persenjataan militer yang semakin maju.
“Alutsista yang kita miliki harus terus di-upagrade mengikuti perkembangan teknologi yang terus terjadi. Tentunya kita tidak ingin terus menerus menggunakan alutsista yang sudah tua,” terangnya.

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, keberadaan alutsista yang baru diyakini bakal menambah gengsi nama Indonesia di mata luar negeri. Pasalnya, senjata yang dibeli tersebut sudah masuk kategori teknologi sangat tinggi. Sehingga membuat nama Indonesia dalam bidang militer terangkat di mata dunia internasional.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko

“Negara lainnya pasti ngeri melihat perkembangan alutsista yang dilakukan oleh Indonesia ini. Sehingga negara luar berpikir dua kali bila akan mengganggu kedaulatan Repulik Indonesia,” tegasnya.

26 alutsista yang didapat itu berasal dari Kemenhan menggunakan APBN. Selanjutnya dia berpesan kepada Yon Armed I/105 Singosari supaya merawat alutsista yang dibeli memakai uang rakyat tersebut. “Nantinya sumber daya manusia (SDM) yang ada di Yon Armed I/105 Singosari ini akan dilatih menggunakan alutsista baru ini. Sehingga, mereka benar-benar siap,”.

Selain itu, pihaknya juga berupaya akan rutin melakukan peremajaan alutsista sebagai upaya memperkuat militer. “Bisa saja kita nanti kita bakal menambah ranpur kekuatan peluncur roket sejauh 300 KM. Hal itu mungkin saja terjadi,”. (Malang-Post.com)

  102 Responses to “Astros II Yon Armed I/105 Singosari”

  1. Siji maning

    • mungkin alutsista yg sumber dana berasal dr APBN akan terpublikasi, tp yg tdk berasal dr apbn akan mikir2 dulu akan dipublikasi apa tidak krn sumber dana juga top secret kan.
      mohon koreksi, hanya analisa pendatang baru

      • Bangun mas..jangan berkhayal terus. Daripada menghayal terus lebih baik mari rencanakan apa yang mau dibeli melihat perkembangan kawasan saat ini dan kawal dengan dengan baik pembelian tersebut. Kalau menghayal terus bakalan terlena dan merasa sok jago di kawasan karena punya ranpur siluman padahal ga punya apa2. Mau bukti? Tu liat di kesatuan deh..latihan pake peluru tajam aja masih dibatasin. Tu liat flanker kita patroli aja masih dibatasin jam terbangnya..bukan karena apa tp karena hemat bbm alias ga punya duit. Tau utang TNI ke pertamina berapa? Nyesek mas bro

        Saya juga heran sama orang2 disini yg melempar isu2 hayalan. Ada yg bilang typhoon sudah di cet camo TNI lah…padahal masih rencana masuk MEF 2. Kita liat aja ntar oktober apakah typhoon ditunjukkan atau ga. Kalau ga ada, mau pake alibi apa lg? Padahal latgab TNI kemaren aja udah terbantahkan semua alibi hayalan yg dulu2.

        Stoplah pembohongan publiknya. Meskipun saya ngerti tujuannya untuk menaikkan rasa patriotisme dan nasionalisme, tp bukan pake cara beginian. Masih banyak jalan lain kok.

        Dah ah cukup. Mohon maaf apabila ada pihak yg merasa dirugikan dari statement saya

        • bung sempak kalau ane 50:50 ,selama korupsi masih menjadi budaya dan masih banyak oknum2 dipemerintahan kita yg cuma mikirin kepentingannya sendiri kayaknya ragu deh tuh barang2 ajib kita punya, daripada beli ini itu mending dikorupsikan? kalau soal uang saya yakin indonesia punya banyak cuma itu dia banyak yg masuk ke kantung2 ga jelas

        • Saya Setuju pendapat anda @Sempak ,Tp kalo dibilang menghayal saya kok kurang setuju, kalo bung merujuk kepada list A1 mungkin bisa di pahami dulu isi list tersebut (mungkin sebatas proposal pengadaan barang dimana status nya ada yang deal dan ada yang belum deal), info yang saya dapatkan memang tidak semua barang tersebut di ambil tp ada satu barang favorit saya yang fix di beli dan saya sudah minta ijin untuk foto barang itu kalo sudah datang mungkin 2 thn lagi baru datang,dan akan saya tampilkan disini.Saya yakin ancaman terhadap kedaulatan NKRI adalah nyata, krn barang segede itu bukan untuk menghadapi sesuatu yg sepele.Alutista gahar bukan hanya untuk berperang tetapi bisa mencegah terjadinya perang (menurut saya pribadi)

          Hanya uneg2 seorang kuli.

          Thx

  2. Pendatang baru no 1

  3. ketigo

  4. Kenapa malang begitu banyak basis militer ??

  5. Mari bung membhas plus minus akuisisi MLRS Astros 2 ini, ? Knpa Bukan Grad family yg sudah bertahun2 kita punya atau bahkan himars…?,

    • Kita tuh pinter liat orNg kecekek bro..kita pilih astros seri terakhir krn bisa dikembangkan, sesuai standar TNI kmrn saat cari MLRS terbaru harus bisa menjangkau 300km dan Astros masuk box krn seri terakhir yg kita beli ini bisa dikembangkan utk peluncur roket/rudal sejauh 300km yg memang sedang dikembangkan Avibras, berhubung kekurangan dana dan hampir pailit kita masuk mainkan peran sebagai dewa penolong yg biasanya diagung agungkan dan dituruti permintaannya sebagai balas jasa, dengan membeli sebanyak 48 unit dan berharap ToT Astros ( entah apa yg di ToT kan, apakah roket/rudalnya atau mgk peluncurnya beserta baterai dan elektroniknya ) kita telah menyelamatkan kelangsungan keuangan Avibras yg aman utk 5-10 tahun ke depan katanya.

    • setau saya Himars juga pernah dilirik bung, tetapi harganya mahal..lebih mahal dari Astros

  6. Semoga setelah Malang pulau Sumatra kebagian juga.

  7. Mungkin bnyak aset strategis yg memerlukan pngamanan super ketatat…

  8. lumayan

  9. karungin yg bnyk…

  10. Wah,kalo mau lihat dekat nih….!!!

  11. Mungkin malang banyak industri pertahanan nya dan jika diukur jaraknya dekat dengan sonotan kali bung satrio…

  12. Skyshield spt nya salahsatunya nangkring di ngalam …

  13. Akhirnya…sampai juga, semoga mampu menjaga nkri

  14. Astrosnya koq ditaruh di yon armed 1 yg berada di bawah Kodam V? Kenapa tidak di bawah Divif 2 Kostrad?

    • Karena Yon armed dibawah divisi 2 Kostrad tidak ada yang bermarkas dimalang,,
      Yon Armed 8/Uddata Yudha ada di Jember ,Yon Armed 11/Guntur Geni ada di Magelang,,Yon armed 12/Agicipi Yudha ada di ngawi,,
      sedangkan Pergerakan keseluruh Nusantara memelukan Herky yang standby di Lanud ABD malang,
      Mungkin Yon Armed 1 bagian dari PPRC sehingga Sekalian Mobud Astros berbarengan dengan PPRC Kostrad,,berangkat dari malang
      Maaf kalau ngawur

  15. Bung Satrio, kebetulan saya pernah tinggal di ngliyep 3 tahun dan tinggal deket divisi radar satrad dan pernah naik tuh liat radar soalnya komandannya kenal. Tp ane kok ga lihat markas nyi roro kidul ya…padahal seminggu sekali mandi di ngliyep??
    Imho

  16. kabocot…
    Hebat bisa luncurin roket antar benua
    hehe..lanjutkan

  17. jangan lupakan mpu gandring pembuat keris paling sakti di jagad nusantara juga berasal dari pasuruhan. Kebetulan saya orang pasuruan.

    • Yang sakti itu bukan kerisnya bung,…tapi jinnya. jin yg nongkrong d itu keris pangkatnya udah jendral. kalo jinnya kabur dari kerisnya, ya kerisnya cuma bagus buat gaya2 d karnaval….hehehe

  18. Maaf bung Satrio salam hangat…numpang kasih analisa nih. Saya dulu pernah kerja di dekat lapangan rampal 1,5 tahun muter2 malang raya pasuruan surabaya seperti setrika an. Kalau menurut saya di malang itu banyak pangkalan militer, selain pintu gerbang jika ada serangan dari Selatan, juga sebagai penyangga Surabaya ibu kotanya jawa timur karena biasanya yg di duduki invader biasanya kota besar dan jaraknya juga ga jauh sekitar 1 jam naik motor dari malang lewat pandaan-porong sidoarjo masuk waru udah sampai surabaya. Kedua karena di sana ada pabrik Pindad bikin amunisi hingga supplier nya dekat utk semua pangkalan militer utk kebutuhan amunisinya. Ketiga berdasarkan sejarah benar Singosari cikal bakal lahirnya majapahit di sungai berantas mojokerto mbahnya mereka kendedes dan ken arok dari malang. Tapi ada yang kurang di malang harusnya ada pangkalan angkatan laut utk di selatan, karena dulu pernah main ke pantai sendang biru kabupaten malang ga terdengar ada pangkalan angkatan laut kalau ga salah. Maaf hanya analisa awam pedagang mobil…..

  19. NKRI harga mati…

  20. Malang dan Bandung memang pusat KNIL. Cari yang dingin2 kali? 😀

    • iya sambil nyeruput kopi atau teh dikasih cengkeh dan makan sop dikasih merica, produk rempah yang digemari bule yang bikin nongkrong di sini ratusan tahun .. hehehe

  21. Iya. Markas tentara itu diitempat yang dingin dingin. Bandung, salatiga, magelang, malang

  22. “Kalau nanti radar milik Bakamla datang dari Rusia , Semua kapal dan rudal yang datang dari arah selatan akan terdeteksi.
    dan Kalau nanti radar dari China datang ,maka F 35 juga bisa terdeteksi,”

    trus tar nyang di pasang tandem cluenya kira kira nyang mana tuh bung Nara ?

  23. “….Yon Armed 11/Guntur Geni ada di Magelang,,”…… wuiiih..kesebut juga……adeem..memang tempatnya para tentara nongkrong…
    dsekitar borobudur..ada lapangan tembaknya loh….buat latihan dar der dor…dan meriam…

  24. karena malang posisinya ditengah2 jatim

  25. Amin ..amin… amin…YRA……

  26. SESKOAD lokasi dingin (cihampelas) SESKOAU lokasi dingin banget (lembang gitu loh)…..lah kalau SESKOAL…..

  27. izin urun rembug
    saya dari malang
    menurut “kepercayaan” sebagian orang malang
    pindad itu memiliki tempat rahasia yg letaknya jauh dri pusatnya di turen tetapi masih berhubungan dg yg di tuten
    menurut “kepercayaan” lagi tempat inu untk keluar e peluru yg gede gede

    maaf bila keliru

  28. menambahkan bung Falm@ Klo mnrt saya selain mengejat TOT mmg astros diperuntukan untuk AD sedang Grad RM70 untuk marinir, jadi memang beda kiblatnya, Smoga MLRS di Marinir yg 9 unit itu jga bisa ditambah.. di MEF 2.

  29. kalo inget kakek ane (pejuang slw) Belanda pilih Bdg & Malang krn geografis pegunungan cocok utk simpan alutsista & sbg HQ, saat itu tekno blm maju … bila musuh kirim intai udara, sangat sulit temukan sasaran di lingkungan pegunungan& cuaca cpt berubah dg awan pekat, pegunungan jg sbg benteng pertahanan alam utk matra darat, sulit utk meriam menentukan target di balik gunung

  30. yes filling ane bener..pusat pemerintahan..

    om satrio…tadi ane mo ngetik itu tapi ga pede, karena ga sedetil yg om satrio babarin….

    “Malang dari jaman dahulu adalah bekas Pusat Pemerintahan dari jaman Kanjuruhan pada abad ke 8 dan Singosari abad 13.
    Ingat Ken arok dan Kendedes adalah cikal bakal raja raja dipulau Jawa yang menurunkan raja raja majapahit,demak, pajang, dan mataram ,dalam babat tanah jawa,”

    thx ilmunya om

  31. Sebagai Penutup di Thread ini
    Malang memang sebagai pangkalan militer TERBAIK untuk JawaTimur karena posisinya dipegunungan dan berada di tengah tengah jawatimur..Hal itu menjadi kajian dalam kelayakan sebagai pangkalan militer untuk matra darat dan udara,,
    Surabaya sebagai pangkalan militer untuk Angkatan laut adalah sebagai ujung tombak menghadapi serangan dari luar dan sebagai benteng pertama menghadapi invasi, kenapa disebut demikian ?
    Karena sebelum Diratifikasi Unclos 1982 Laut Jawa termasuk lautan internasional yang bebas dimasuki oleh kapal niaga dan kapal perang asing. Saat trikora Kapal Induk Karel Dorman menuju Irian dari Singapura melewati Lautan Jawa dan serasa diujung hidung kita dan kita tidak bisa mengganggunya,,
    bila saat itu semua kekuatan matra menumpuk dipesisir maka akan rawan untuk dihancurkan dalam jangkauan meriam meriam kapal musuh yang berlayar di laut Jawa..hal ini berlaku juga untuk LEmbang,Magelang dan markas markas militer yang ada ditengah pulau jawa dan pegunungan …
    Hal tersebut Juga menjelaskan kenapa Industri pertahanan ada di daerah tengah jawa dan berhawa dingin dan pegunungan paham yaa,,

    Malang sebagai pusat pemerintahan dimasa lalu memang memberikan Mistis dan KEKUATAN tersendiri,, karena berhubungan dengan gunung dan laut selatan ,diyogya juga demikian mistis antara laut selatan,keraton dan gunung merapi,,
    bila mau mengelaborasi dan menjabarkan dengan detail maka bisa mempelajari sejarah bagaimana bangsa Indonesia purba dari daerah malang sudah menguasai sepertiga dunia dalam gengaman Nusantara tahap I dan dilanjutkan Nusantara tahap II dijaman Majapahit,
    Nusantara tahap I dibuktikan dengan artefak dan pahatan pahatan yang ada di candi penataran bagaimana bangsa Indonesia purba (sebelum jaman kanjuruhan) sudah menaklukan bangsa china ,suku maya (benua amerika) dan lain lain …silahkan dipelajari untuk meningkatkan ketebalan rasa nasionalisme dan bangga bernegara,,,

    Maksut Markas Nyi roro Kidul ,, hehehehe memang Malang selatan ,Blitar selatan ,lumajang sampai Banyuwangi adalah daerah kekuasaan Nyiroro kidul bagian tengah yang di perintah oleh salah satu Putrinya,, sedangkan Bali di bawah wewenang putri yang lain sedangkan Jawa Tengah dan Jawabarat bagian selatan diperintahkan oleh puteri yang lainnya,,

    Kalau Warjager mengartikan Nyi rororo kidul itu sebagai KS Siluman kita,, maka tempat singgah dan markas nya di selatan Jawa tidak akan dipublikasikan …hehehehe Yang pasti ADA dan harusnya radar Jindale sonotan tahu tempatnya karena radar tersebut bisa mendeteksi 2/3 wilayah Indonesia ,,,tetapi kenapa kok tidak Tahu ??? karena bisa bermarkas di selatan jawa yang gak bisa terpantau radar Jindale hahahahaha,, mbulet yaa,,
    Sekedar clue dan hoax ,, Andai saja Segoro anakan dipulau sempu dimodif dan dijadikan markasnya KS siluman maka tempat itu adalah tempat yang Ideal,,,
    hehehehehe

    Maaf analisa Tukang warnet sahaja,,,

 Leave a Reply