Jul 282017
 

Dok. Aksi 100 drone intel di Hamburg, Jerman, 2015 (intel)

Jakarta – Sebanyak 300 “drone” atau pesawat nirawak “quadcopter” akan beratraksi di langit kawasan Silang Monas Jakarta, dalam meramaikan acara Selebrasia setahun menghitung mundur perhelatan olahraga Asian Games tahun 2018.

“Ada sebuah pertunjukan yang cukup luar biasa yaitu akan ada Drone dari Intel perusahaan teknologi yang berdemo di langit Monas dengan konfigurasi sangat kreatif dan menjadi atraksi yang sangat luar biasa,” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sewaktu jumpa pers tentang persiapan acara Bulan Kemerdekaan 2017  pada Jumat 28 Juli 2017 di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta

Menurut Triawan Munaf, acara tersebut baru kedua kalinya dilakukan di dunia.

Dalam Selebrasia, juga akan dihadirkan sejumlah artis terkenal asal Asia, salah satunya Girls Generation dari Korea Selatan pada 18 Agustus 2017.

Selain itu, Raisa dan Tulus juga menjadi beberapa musisi Indonesia yang akan ikut meramaikan Selebrasia.

Pemerintah, ujar Triawan Munaf, berkmaksud agar perhelatan Asian Games tidak hanya diramaikan sewaktu acara itu dilaksanakan pada tahun 2018.

“Kegiatan-kegiatan ini akan memeriahkan Asian Games dan kita mulai setahun sebelumnya sehingga tidak akan terlambat, tidak akan mendadak di Jakarta dan juga di Palembang,” ujar Triawan Munaf, menambahkan.

Selain itu, untuk meramaikan “count down” Asian Games, Badan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Sekretariat Negara juga akan mengundang klub sepak bola ternama asal Inggris yang akan bertanding melawan tim futsal kepresidenan dan Kabinet Kerja.

Acara Selebrasia itu juga menjadi bagian rangkaian perayaan Bulan Kemerdekaan 2017 yang dilaksanakan tidak hanya di Jakarta, melainkan di Bandung Provinsi Jawa barat dan Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam merayakan Bulan Kemerdekaan 2017, kementerian dan lembaga berkoordinasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf ) menyiapkan rangkaian mulai dari pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan, dzikir kebangsaan, hingga perayaan sejumlah hari besar perayaan seperti Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Hari Pramuka dan Hari Konstitusi.

Selain itu, Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP PIP) juga akan mengadakan acara dalam rangkaian perayaan kemerdekaan yaitu penganugerahan tanda jasa dan tanda kehormatan pada 15 Agustus 2017.

Kemudian UKP PIP akan meramaikan perayaan kemerdekaan dengan pentas seni Festival Prestasi Indonesia sebagai apresiasi kepada warga yang berprestasi dan memberikan inspirasi keteladanan kepada anak bangsa pada 22 Agustus 2017.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejumlah acara itu ditujukan untuk membangkitkan partisipasi masyarakat dan meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa yang besar serta mendorong perekonomian masyarakat.

“Kami menghimbau partisipasi masyarakat untuk aktif di dalam kegiatan-kegiatan kita dan ini adalah bagian penting eksistensi kita sebagai bangsa yang besar, yang mengajak, yang harus melibatkan semua pihak untuk berpartisipasi,” ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dilansir Antara.

Bagikan:

  3 Responses to “Atraksi 300 Drone Ramaikan Asian Games”

  1.  

    hmm,, ada raisa…

  2.  

    Asyik rame nih

 Leave a Reply