Nov 122015
 
Pasukan Khusus Angkatan Udara Tiongkok

Pasukan Khusus Angkatan Udara Tiongkok

Angkatan udara Tiongkok akan menggelar latihan gabungan dengan Thailand untuk kali pertama dalam sejarah. Ini merupakan indikasi lain dari peningkatan hubungan Beijing dengan Bangkok.

Menurut Kementerian Pertahanan Tiongkok, latihan “Falcon Strike 2015” akan digelar di Pangkalan Udara Korat Royal pada 12 hingga 30 November.

“Tujuan latihan gabungan ini adalah meningkatkan kesepahaman antara angkatan udara kedua negara, memperdalam kerja sama Sino-Thai dan memperkuat kepercayaan dan persahabatan,” tulis pernyataan Kemenhan Tiongkok.

Sejak kudeta tahun lalu, Thailand bertekad meningkatkan hubungan dengan sejumlah negara tetangga. Salah satu yang ditingkatkan adalah hubungan dengan Tiongkok, seiring meluasnya pengaruh Negeri Tirai Bambu di kawasan Asia.

Tiongkok membuat sejumlah negara di Asia Tenggara geram atas klaim sepihak di Laut Tiongkok Selatan. Negara-negara itu adalah Vietnam, Filipina, Malaysia, Taiwan dan Brunei Darussalam.

Pertemuan Menhan ASEAN pekan lalu, yang juga dihadiri Amerika Serikat dan Tiongkok, gagal menghasilkan pernyataan terakhir, karena delegasi tidak sepakat untuk menentukan apakah masalah Laut China Selatan perlu diangkat atau tidak.

 Posted by on November 12, 2015