Oct 212015
 
HMAS Stuart

HMAS Stuart

Mantan Menteri Luar Negeri Australia Gareth Evans menyatakan negaranya harus mengirim kapal perang ke Laut China Selatan sebagai bentuk protes atas tindakan China mengubah puluhan terumbu karang menjadi pulau-pulau buatan.

Pekan lalu pemerintah Australia dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan kerjasama Angkatan Laut, namun sejauh ini Australia menepis kemungkinan akan bergabung dengan misi kapal perang AS ke Laut China Selatan.

Gareth Evans, yang menjabat Menlu di bawah pemerintahan Partai Buruh hingga tahun 1990an, menyatakan Australia bisa mengambil tindakan sendiri.

“Keinginan AS dapat dibenarkan dalam menjaga kebebasan pelayaran di wilayah itu dengan mengerahkan kapal-kapal perangnya di dalam batas 12 mil laut, guna menunjukkan bahwa kita tidak mengakui klaim kedaulatan yang dilakukan China,” jelas Evans kepada ABC.

“Menurut saya Australia juga sama, ingin melakukan hal itu, dan tidak harus bersama-sama dengan AS,” tambahnya.

Menurut Evans, Australia perlu menunjukkan sikap menentang sejumlah aspek dalam kebijakan China mengklaim nyaris keseluruhan teritorial Lauta China Selatan berdasarkan data historis yang tidak kokoh.

“Kedua, untuk memproses pembuatan pulau-pulau di atas terumbu karang,” katanya.

Sejauh ini Menlu Julie Bishop belum mengeluarkan pernyataan terkait kemungkinan Australia bergabung dalam operasi kapal perang AS yang akan menantang klam China secara langsungh.

“AS menyatakan akan bertindakn menurut hukum internasional di Laut China Selatan,” kata Menlu Bishop.

Sumber ABC menyebutkan bahwa tiga kapal perang Australia berada di sekitar kawasan Laut China Selatan.

Kapal Perang HMAS Stuart berlabuh di Japan, sedangkan HMAS Arunta dan HMAS Sirius baru saja menyelesaikan latihan gabungan dengan AL Singapura di Laut China Selatan.

Radioaustralia.net.au

  39 Responses to “Australia akan Bergabung dengan AS, Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan”

  1. Benar2 kaki tangan Asu negara Aushit ini.

    • Padahal andai negara aushit ini bisa Netral akan lebih menguntungkan bagi negaranya sendiri di segala bidang.

      • tidak mungkin netral…
        boneka selalu begitu, siapa kepala negara di ausit… seorang gubernur jrndral inggris. demikian yang bernama budak britis tetap budak. seperti sebelah yang lain.

    • Salam bung tukang nyahut. Karekter bule Australia sulit berubah bung bawaan sejak lahir. Inggris itu moyangnya amerika anaknya. Australia keponakannya. Malasya jadi pesuruhnya.

    • Kalu mau ke LCS lewat mana? kalo lewat indonesia tp ga di ijinin muter jauh banget… Jgn kasih ijin… ntar sambil mata2in kekuatan TNI lagi.

    • ya asal muasal mereka kan sama dari negara linggis

    • Pilihan yang sangat masuk akal ditinjau dari segi apapun. Kalau jadi Australia, sy akan melakukan hal yg sama. Australia sangat luas wilayahnya tp sedikit penduduknya. Persamaan agama, etnis, dan akar budaya menjadikan persekutuan ini adalah pilihan palig tepat dari pilihan2 lainnnya.

    • A US Navy pilot has died in an F-18 jet crash in the Fens in Cambridgeshire, close to an RAF base. The Hornet crashed on farm land in Redmere, near Ely, close to the Suffolk border, with the alarm raised at 10:30 BST. Cambridgeshire Police confirmed the pilot, the only crew member, died. The aircraft had taken off from RAF Lakenheath, but was not connected to the base. It crashed four miles from RAF Mildenhall in Suffolk. Amateur aviation enthusiast Roger Smith told BBC Radio Suffolk that the F-18 was one of a group of Hornet Marine Corps planes that were heading back to the US from the Middle East. They arrived at Lakenheath over the weekend and four of them took off this morning.

  2. apa benar berani australia,saya kira hanya mencari panggung kepentingan ekonomi dan politik.

  3. Ga masalah selama masih di laut internasional. Makanya cepat2 membangun. Kerja keras. Ciptakan teknologi tinggi terbaru yg cucok buat NKRI. Jangan apa2 beli-beli. $30Trilion mau dilawan pake apa? mau blokade otak-otak di Lotte?

  4. Jgn kasih msk ALKI 1-3 klo mw pulang pergi ni kapal aushit.

  5. Aushit sok jaguh, yang begini ni yang ngomporin konflik LCS, dasar gerombolan siberat !!!

  6. tapi lebih lucu malaysia bung TN,dia kan bersengketa tapi malah ngajak latihan perang,memang tetenga satu ini bukan hanya lucu tapi juga irasional pemikiranya.

    • Sebagian warjag juga lucuuuu…caci maki2 AS dan negara2 jiran tapi Pemerintah serta Pengusaha dan TNI nya kerjasama di berbagai bidang kwkwkkwkwkw. Emang kalau gk caci maki gak nasionalis yaaaaaaaaaa ????

      • Bukan masalah nasionalis atau tidak bro bonsai, tapi sebagian warjag mulai lelah akan segala macam urusan amerika dan sekutunya yang selalu masuk ke tempat konflik, padahal tidak membahayakan negerinya secara kasat mata bro,,,,
        Maaf kalau koment saya salah, maklum member baru, salam kenal semua warga JKGR,,,, ?

      • Bukan masalah nasionalis atau tidak bro bonsai, tapi sebagian warjag mulai lelah akan segala macam urusan amerika dan sekutunya yang selalu masuk ke tempat konflik, padahal tidak membahayakan negerinya secara kasat mata bro,,,,
        Maaf kalau koment saya salah, maklum member baru, salam kenal semua warga JKGR,,,, ?

        • Ngapain cape2 ngurusin amerika bro, amrik aja nyante2 kok…lagian kalo ga ada ancaman perang org jualan senjata ga laku, termasuk pindad ya hehehe…yg parah lagi TNI ga akan dibeliin mainan yg canggih2 bro

  7. asu k neraka jg aus psti ikut

  8. Beraninya cuma ngikuuuuuuut dari dulu cuma segitu kemampuannya……!!!!!!!

    ASU KUTU nya ASU……Sok Jago……????

  9. ausie politiknya memang bgtu biar dpt perlindungan dr amrik sdri dulu..aslinya dia gak brani konflik . salam buat warga jkgr semoga exis selalu….

  10. bangsa australia sudah lama tersisih,yg menguasai daratan australia sekarang bangsa inggris,penduduk asli australia(aborigin) sebagian besar sudah dibantai bule yg sekarang mengaku sbg bangsa australia,sebagian lagi (aborigin)bermigrasi ke papua,,,begitu pula penduduk asli amerika(indian) jg dibantai inggris,yg ada sekarang bangsa amerika & bangsa australia itu sebenarnya bangsa inggris,,,harap maklum klo mereka sll kompak,jika ini terus terjadi mungkin suatu saat nanti seluruh umat manusia di bumi ini adalah bangsa inggris,,,cm bangsa asia yg bisa melawan dominasi mereka tp sayang bangsa asia tidak kompak sprti bangsa londo(inggris),,,banyak bangsa asia yg saling tikam dgn saudaranya sendiri,& itu adalah buah kesuksesan bangsa londo(inggris) selama berabad abad untuk menguasai dunia dgn politik adu dombanya,,,,moga bangsa asia segera menyadari situasi ini,,,,salam

  11. Sy memg suka membaca artikel2 Jakarta greater ni.Tpi sy pelik dgn sikp kebanykan komen daripada warga Indonesia.Kenapa ya, kebnykannya,tanpa sebab memaki hamun,memfitnah, memburukkn tetangga.Memg ckup memalukn rakyat Indonesia. Org luar,tdk akan prcaya apa yg dikatakn oleh manusia mcm ini. Tpi serta merta tahu,rupanya begini buruknya sikp kebnykan warga anda.

    • Permulaan kalimat sangat baik, sayang akhir kalimat menunjukan diri anda sebenarnya…

    • maaf bung mohd zureh….
      begitulah sesungguhnya warga kami bercanda, bung pernah mengamati anak harimau, bercanda riang melompat kesana kemari, saling aum, saling cakar, saling gigit, tapi tidak pernah saling melukai. dan ketika Ibu nya memanggil… anak harimau selalu siap, patuh, dan bersatu.
      bung mohd zureh tidak usah risau, harimau bukan hyena… juga bukan pelanduk ataupun domba.

  12. dik @mohd,masalah memburukan tetangga itu tingal dari sudut pandang dan pikiran anda,bila kira kira benar angap saja itu sebagai nasehat dari saudara,bila tidak benar angap saja angin yang tercepit.bila fitnah itu yang perlu dipertanyakan anda harus tunjuk kan bukti, karna bila tidak andalah yang memfitnah.
    anda komen seolah olah anda dan negara anda sangat suci,tak pernah melakukan hal tercela.
    jadi ironi komentar anda,sebab tiada asap kalau tidak ada yang terbakar,bukan begitu dik mohd

  13. YEAH…Girang banget rasanya, ati rasa adem dah…akhirnya sekutu kita Australia mau gabung buat ngamanin LCS, Australia datang berarti Natuna aman dari gangguan komunis karatan Cina, palagi kalo Austali ama USA diijinin bikin pangkalan di Natuna…Thank’s 4 U protection, my brother USA n Australia…

    • tak lama lagi akan datang f 16 viper dengan misil jarak jauh….untuk menghantam TIONGKOK dan malon….yang punya sukhoi ………..kalau pesawat 27/30 /35 itu pesawat kaleng krupuk….!!
      su 35 itu pesawat striptis ,cuman bisa joget…! kalau di kejar misil amram….gimana bisa ngelak..??..malah mangkin asik su 35 di hajar misile……..xixixi

      ahh..minum obat cacing dulu tuh si rusial fan club disini
      mhuahhhahahah

  14. Jangan pernah percaya pada Amerika, Australia dan sekutu-sekutunya, menggunting dalam lipatan. Lebih baik bangsa Indonesia terus membangun diri menjadi bangsa yang kuat tanpa bisa dibodohi bangsa lain. Cukup sudah kebodohan di Freeport, Timor Timur, Sipadan-Ligitan. Tegaskan kedaulatan, gapai kekuatan Maximal Essential Forces bukan minimal dan perekonomian yang kuat. Insya Allah tak perlu berperang cukup latihan perang sendiri saja tidak akan ada yang berani ganggu.

  15. Sia sia kita menolak amerika bung.

    Pemegang keputusan kn bukan kita
    Kl Pemimpin2 kita ttp manut ama amerika , kita mau apa??
    Wong baru 1 hari kepilih kemaren..
    Pak jk dn bu mega langsung bberkunjung amerika..

  16. Ente penjajah suku aborigin…..

 Leave a Reply