Feb 042014
 
Sekitar 60 pencari suaka dilaporkan telah menghilang ke dalam hutan Indonesia ketika kapal mereka mendarat di pantai Indonesia, akibat dipulangkan Australia (photo: Karen Michelmore / AAP)

Sekitar 60 pencari suaka dilaporkan telah menghilang ke dalam hutan Indonesia ketika kapal mereka mendarat di pantai Indonesia, akibat dipulangkan Australia (photo: Karen Michelmore / AAP)

Sebuah sekoci yang digunakan oleh pihak berwenang Australia untuk mengirim pencari suaka ke Indonesia telah terdampar di pantai Jawa. Kapal orange canggih ini ditemukan oleh pihak berwenang Indonesia di pantai barat Jawa dan diyakini membawa sekitar 60 pencari suaka, menurut laporan dari News Limited .

Laporan itu mengatakan para pencari suaka tersebar ke dalam hutan Indonesia ketika sekoci/ lifeboat sampai ke darat. Lifeboat “yang tidak bisa tenggelam” merupakan salah satu dari 11 yang dibeli oleh pemerintah federal Australia dalam upaya untuk menghentikan pencari suaka mencapai Australia.

Perdana Menteri Tony Abbott menjelaskan gambar sekoci yang kandas di Indonesia bisa menahan/ mencegah para pencari suaka ke Indonesia, tetapi dia tidak mengakui jika kapal itu digunakan oleh pihak berwenang Australia untuk mengirim kembali para pencari suaka.

Ketika ditanya tentang laporan itu, Abbott mengatakan bahwa kebijakan perlindungan perbatasan Australia, telah membantu menghentikan aliran pencari suaka manusia perahu. Dia memberi keterangan kepada pencari calon pencari suaka, bahwa suaka ke Australia sekarang telah ditutup.

“Yah, terima kasih Pak , jalan mencari suaka telah ditutup … dan sejauh ini pemerintah tidak akan pernah membukanya kembali,” ujarnya kepada wartawan di Brisbane, Sabtu, 1 Februari 2014.

Kapal lifeboat tertutup penuh yang ditemukan pihak berwenang Indonesia adalah salah satu dari 11 yang dibeli oleh pemerintah Abbott dalam upaya untuk menghentikan pencari suaka mencapai Australia, ujar laporan itu .

Perahu dapat membawa hingga 90 penumpang dan ber-AC, dilengkapi dengan keamanan dan peralatan navigasi dan diisi dengan makanan dan air.

Kapal Patroli Perbatasan Australia menarik Sekoci berisi pencari suaka untuk dikembalikan ke laut Indonesia

Kapal Patroli Perbatasan Australia menarik Sekoci berisi pencari suaka untuk dikembalikan ke laut Indonesia

Seorang juru bicara Kementerian Imigrasi, Scott Morrison, menolak berkomentar tentang sekoci, dan mengatakan pemerintah tidak akan memberikan rincian tentang hal-hal operasional terkait dengan keamanan perbatasan.

Morrison sebelumnya telah menolak untuk mengkonfirmasi laporan pemerintah yang berencana untuk membeli sekoci (hard hull) untuk memerangi praktek pencari suaka yang menyabot kapal nelayan tua di laut.

Namun pada pertengahan Januari, Komandan Operation Sovereign Borders Angus Campbell telah mengkonfirmasi pembelian sekoci, namun menolak untuk mengatakan bagaimana sekoci itu akan digunakan.

Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa khawatir Australia bisa melangkah lebih jauh daripada sekedar memutar kapal kembali kapal dan berpotensi memfasilitasi pergerakan pencari suaka. (theguardian.com 1/2/2014).

  61 Responses to “Australia Beli Sekoci untuk Pencari Suaka”

  1. Mulai dah kurang sopan tu….

  2. klo terus menerus beli sekoci…untuk kirim ke nkri ..biarin aja sampe dia abis anggaran….abot sudah kalang kabut ..tni cuma liatin aja ..cacing abot lg kepanasan….dia menari gendang yg di tabuh marty…

    • lumayan dapat sekoci gratisan, pak SBY tulis surat ke abbot supaya lebih banyak lagi sekoci yang dikirim ke indonesia, kalau bisa yang lebih mahal lagi…

      • Tangan kanan menolong pencari suaka, tangan kiri menampar oz
        Lumayan dapet kapal, para pencari suaka kita tampung trus kita serahkan ke UNHCR dan IOM(ini bukti kita menlindungi hak para pencari suaka, skaligus membuktikan pada dunia bahwa oz secara terang2an melanggar HAM) sekoci bwat latihan penembakan R-HAN, menghemat anggaran bwat pelatihan, biarkan ªjª oz sekoci, kita tampung terus asal AL oz tidak memasuki daerah perairan laut kita, kalau ngelanggar tinggal di tenggelamin ªjª

    • asikkkkk….itu sekoci jual ke ane aja yah bro………ane sanggup beli sebanyak2nya….
      mannntapppp…. ini lah bisnis terbaik kedua negara…..ha ha ha ha

  3. mantap bro, bila terkumpul banyak sekocinya bisa diberikan kepada nelayan, krn saat cuaca buruk, pasti nelayan tidak takut tenggelam saat melaut seperti yang banyak terjadi saat ini… 🙂

  4. aushit bikin ulah lagi,anehnya kapal patroli kita tdk tahu…apa pura2 tdk tahu???

  5. Mbah bangga dengan TNI AL, khususnya ponakan Mbah yang jadi angkatan yang gagah dan berwibawa karena tidak ikut-ikutan panas mengenai isu ini. Mohon Australia jangan diingat buruknya saja, ingat juga baiknya yaitu saat TNI dan Tentara Australia bertemu penuh keakraban dan persahabatan. Lihat saja di lautan, meskipun situasai panas tapi kedua belah pihak santai-santai saja.

    • mbah…terima kasih….
      tolong kasih tau ponakan mbah,..agar kirim sekoci sebanyak2 nya…ha ha ha ha
      ini baru bisnis…..
      antar imigran….ongkos wni yang dapa duit….bila ketangkap dapat sekoci full ac …jual ke ane.
      muah…ha ha ha

    • Mbahhhh udah waktunya ente kembali ke habitatmu…kbs pa ragunan.ngaku” guru,pny ponakan TNI….ngayal jangan jauh” mbah….

      Tiada guru yg suka memprovokasi muridnya.terkecuali guru yg skolahnya bayar pake daun ubi,salah satunya anda mbah,

      Apakah ada dalil “ belajarlah ilmu ke negeri australia“ aushit musuh masa depan krn sbgai sekutu yg bermuka 2 yg wajib tidak d percaya spt abnda mbah….
      Saya mohon silahkan kembali ke penangkaran mu mbah….

  6. gambar kedua “kapal patroli aushit menarik sekoci”ngambil gambar dari kri kita apa dari aushit…klo dari kri kita berarti memang ada pembiaran sbg modal bukti yg digunakan untuk protes ke pbb.

  7. Ini kan sekoci milik ausi…sebagai tetangga yg baik kita harus kembalikan…tp jgn lupa diisi penuh para imigran dulu… sekedar oleh oleh buat mr abot…

  8. sepertinya bahannya dari fiber, mungkin sama dengan bahan yang dipakai KRI klewang, brarti kemungkinan tidak terdeteksi radar TNI, bener gak yah…..

  9. imigran yang masuk kembali ke Indonesia ga usah dikejar-kejar, biar nanti mencoba masuk Australia kembali. Betul, lumayan juga tuh boat jika dikumpulin bisa dapet banyak 🙂

  10. Lumayan klo ada 10 kapal lg buat angkut pengusian banjir

  11. Ini lifeboat yg biasanya terdapat di kapal2 komersial berukuran besar i.e kapal kontainer, kapal pesiar. Harganya pun cukup mahal, karena berkaitan dengan instrumen safety di kapal.
    Bisa jadi kapal TNI tidak mendeteksi kehadiran kapal ini, lha wong kapal patroli Australia aja jg tidak mendeteksi kapal nelayan yg masuk perairan mereka beberapa bulan lalu.

    Dipersilahkan pak Marty N dilanjutkan isu ini ke forum internasional, sementara TNI memperkuat perbatasan juga.

  12. Layak di gotong ke Jakarta nih…
    Cara abbott bersimpati ke Indonesia untuk menanggulangi banjir. 😀

    Kapal kayu..?? jalan terus z

  13. yang perlu diwaspadai adalah penumpangnya :

    Pasukan Khusus untuk sabotage atau beneran Imigran….
    mesti di sisir tuh…!
    masalahnya bukan hal mustahil Oz merekrut special forces dari orang Asia sendiri yg mirip dgn penduduk Jawa.

    # Perburuan dimulai…!!

  14. Bung, ada yang tau ga kisaran harga nih sekoci? itu foto kapal ausi lg narik sekoci dikeluarin pihak TNI ya?

  15. Bikin neekk aja comen mu..mbah..

  16. ini adalah TEMPSC ( totaly enclosed motor survival craft ) jadi mestinya mudah di deteksi radar karena di desain buat cepat di tolong dan dilihat oleh radar IMHO. kl dapat banyak lumayan buat latian awak tanker dan rig lepas pantai hehehe

  17. Mbah mohon pada adek adk warjag sebaiknya adek-adek semua berhenti membenci dan memusuhi Australia. Ingat dek daging yang kita makan kebanyakan di import dari sana. Bisa sepi pariwisata di Bali bila terjadi ribut2 indonesia dan australia. Trus gmn nasib mahasiswa indonesia yang belajar di australia ?

    Contohnya ponakan Mbah yang jadi TNI orangnya santun dan penyabar, ramah. Mbah sering Ngobrol dengan ponakan Mbah, dan dia sangat menentang perang apapun.

    Mbah ingin semua yang ada disini tertib dan nurut dengan kebijakan Coling down TNI, jadi tidak usah panas-panas, yang damai-damai saja, ayem dan tentrem gemah ripah loh jinawe seperti zaman Bapak yang Terhormat Jendral Besar Alm Soeharto

  18. waaahh sekocinya baguss bangett.. bolehlah kirim lagi yg banyak.. mau aq nampung. buat mancing mania juga lumayan tuuh..:D.

  19. cek dulu,mungkin ada kapal niaga yg sekocinya jatuh………karena waktu2 ini laut pantai selatan lg 4-5 Meter ombak nya………

  20. Oz betul-betul baik hati dan ambil bagian dalam penyelundupan manusia. Sekoci “anti tenggelam” yang diperuntukkan mengangkut 60 orang ini akan bisa dipakai lagi untuk “kembali” ke Australia. Dengan sedikit improvisasi, ditanggung nanti bakal dimuati 100 orang atau lebih krn aman dan menyenangkan dalam perjalanan menuju tanah Australia. Benda ini desainnya memang lebih safe dibanding yg dipakai dari nelayan selama ini.

    Tinggal dicek sekoci ini dan dipreteli siapa tahu dipasangi pemancar GPS. Untuk menyulitkan deteksi AL Oz saat dipakai mengangkut balik ke Australia.

    Thanks to Abbott …

  21. Si mba cari damai karena udah tuwir mau nikmati hidup,perang jangan dicari tapi dipaksa untuk perang.

  22. wah ini bisa menjadi kartu as buat neken oz di kancah pbb,klo cuma gituan kirim aja sini yg banyak,ane lg butuh nih maklum lg kebanjiran.dapet kapal gratis trs bisa buat senjata diplomasi.
    Btw itu gambar kapal oz lg narik di ambil kamera apa ya ??? Apa mungkin dr KRI??,,mohon barangkali ada yg bisa menganalisa…

  23. sepengatahuan ane menurut SOLAS,
    standart safety boat kayak gitu untuk kapal2 besar niaga atau fasilitas offshore.

    menariknya ketika kapal itu jatuh kelaut, ane yakin itu kapal type yang dijatuhin, pasti mengaktifkan sinyal yang bisa ditangkap oleh kapal-kapal comercial disekitarnya. pasti ada itu.

    coba di cek di track, dan itu pasti ada no lambung, no registrasi, vendor yang nyupllay siapa, kapan trakhir diinspeksi, semuanya bisa di trace.

    slamat mencoba

  24. mbah obatnya sudah di minum belom?….ntar epilepsinya kumat lg

    • jangan begitu bang mamet….buruk atw jelek di sepuh juga dan orang tua yang wajib kita hargai dan hormati…,lagian ada benarnya juga kok analisa si mbah bowo…
      he he he
      santai aja bang

  25. mbah ojo dumeh..

  26. tawarkan jadi WNI saja

  27. para warjager semuanya, si mbah bowo itu ga usah dikomentari, diemin aja, dia cuma pengen ngejunk aja… jadi diemin aja daripada capek, bacanya aja males… kasiana juga para silent rider yang laen trit panjang cape2 dibaca tapi jadi ngga ada bobotnya gara2 mbah bowo…cape deeeh

  28. Mengkhawatirkan..
    Tak apa jika ”si penumpang” boleh kena tangkap pihak berwenang, kalau tak??
    ..bisa menjadi masalah dikemudian hari.

    • ada yang bertahun tahun berbaur dan bekerja di sektor non formal di berbagai kota di Indonesia sambil nunggu kesempatan lain untuk nyebrang ke Australia. P.Jawa sangat padat dan plural, wajah Timur tengah biasa. Jarang ada razia imigrasi kecuali di kota2 besar, kondisinya mirip TKI gelap di Malaysia

  29. ..sudah jelas..PM Abott timbul ide setelah nonton Captain Philips…tinggal tunggu foto selfienya..

  30. lumayan bung buat SAR atau lifeboat kapal ferry di kepulauan Indonesia selatan

  31. Jgn2 Sekoci digunakan jg sbgai radar pengintai kapal perang ri

  32. Saya selalu terpikir kejadian-kejadian seperti ini adalah bagian dari perebutan pengaruh antara blok timur dan blok barat. Fokus mereka saat ini adalah asia pasifik dgn indonesia sebagai idolanya. Setelah perang intelejen dengan mengungkap kegiatan spionase lima mata, mungkin kejadian ini adalah rangkain selanjutnya. Blok timur sekali lagi menang dalam perebutan simpati indonesia. Sepertinya blok timur tahu bahwa ada potensi gesekan antara indonesia dan oz (sbg anggoga blok barat), terkait para pencari suaka, sehingga mungkin saja blok timur mengipasi para pencari suaka supaya lebih deras lagi membanjiri oz.

  33. Lumayan… bisa dikirim ke Jakarta tuhh… kan lg banjir..

  34. “Yah, terima kasih Pak , jalan mencari suaka telah ditutup … dan sejauh ini pemerintah tidak akan pernah membukanya kembali,” ujar Abbott kepada wartawan di Brisbane, Sabtu, 1 Februari 2014.

    Kalau konsisten mungkin kita masih hargai, tapi nyatanya Oz membuka pintu lebar2 bagi imigran tajir seperti dari China, sementara yang kere ditarik ke perairan kita, DNA bromocorah yang culas, tegaan dan bermuka dua terungkap;

    http://www.afr.com/p/lifestyle/afrmagazine/meet_the_chinese_billionaires_with_lu0nMufEkENCzyMWv0DVSL

  35. bukannya bahaya tuh, lama2 hutan indonesia dipenuhi manusia perahu , jumlahnya bisa ribuan klo dibiarkan….

  36. Disini pemerintah seharusnya tdk tinggal diam krn australia dgn sengaja menyusupkan sesuatu tanpa seijin indonesia yg bisa membahayakan indonesia dan pasti sdh melanggar kedaulatan indonesia. Anehnya bagi saya kenapa penyusupan sekoci ini tdk bisa dideteksi oleh TNI yg menjaga kedaulatan wilayah indonesia ini, saya bayangkan kalau yg ada di sekoci itu adalah tentara australia yg mau menyusup ke indonesia. Bukan main…

  37. New Neo NAZI thats all by New Neo Apartheid .

 Leave a Reply