Australia dan NASA Ciptakan Mesin Jet Hipersonik

Departemen pertahanan Australia dan NASA dilaporkan berhasil melakukan uji coba mesin jet jenis terbaru yang mampu menembus kecepatan hipersonik atau sekitar lima kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Uji coba mesin jet ini dilakukan menggunakan sebuah roket bernama HIFiRE atau Hypersonic International Flight Research Experimentation Program.

Menurut Popular Science, NASA dan departemen pertahanan Australia berhasil meluncurkan roket HIFiRE hingga ketinggian 276 kilometer dengan kecepatan maksimal Mach 7,5 atau 7,5 kali lebih cepat dari kecepatan suara.

Departemen pertahanan Australia mengatakan kesuksesan uji coba ini membuktikan penerbangan hipersonik sangat mungkin dilakukan. Mesin jet ini juga dikatakan akan merevolusi penerbangan di masa depan.

Roket HIFiRE (Hypersonic International Flight Research Experimentation Program)

Ini bukanlah uji coba mesin jet hipersonik pertama yang pernah dilakukan. Sebelumnya, banyak pihak termasuk NASA telah menguji berbagai mesin jet hipersonic, namun selalu gagal. Mesin tersebut sebelumnya selalu meledak di udara dengan alasan yang tidak jelas.

Tujuan dari eksperimen ini untuk menghasilkan pesawat dengan kecepatan tinggi sehingga memungkinkan perjalanan antar negara semakin cepat dan menambah nilai ekonomi dunia penerbangan.

Sumber : Metrotvnews.com

Tinggalkan komentar