Mar 202019
 

Lokasi Lombrum Naval Base, PNG (google maps)

Papua Nugini (PNG) dan Australia telah menandatangani nota kesepahaman tentang rencana bersama mereka untuk mengembangkan pangkalan angkatan laut di Pulau Manus, PNG.

Inisiatif Bersama Lombrum ditandatangani di Canberra oleh pejabat pertahanan Australia dan Papua Nugini, dan kepala pasukan pertahanan masing-masing.

Penandatanganan ini meresmikan pengumuman bersama oleh perdana menteri kedua negara Peter O’Neill dan Scott Morrison pada November tahun lalu.

Pada KTT Pemimpin APEC di PNG November lalu, Amerika Serikat juga mengindikasikan akan bergabung dengan inisiatif tersebut.

Namun, setelah penandatanganan, Menteri Pertahanan PNG Trevor Meauri mengatakan MoU akan membantu memandu kolaborasi antara PNG dan Australia untuk membangun kembali fasilitas di pangkalan angkatan laut Lombrum Manus.

Dia mengatakan inisiatif itu akan meningkatkan interoperabilitas antara kedua pasukan pertahanan dan memberikan peluang lebih besar untuk pelatihan dan kegiatan bersama.

Meauri mengatakan akan meningkatkan kemampuan Angkatan Pertahanan PNG untuk melindungi perbatasan PNG dan sumber daya maritim melalui program pendampingan yang luas, pelatihan khusus, dan pengembangan infrastruktur.

“Kami baru-baru ini membeli kapal patroli kelas Guardian Pasifik untuk angkatan laut kami,” kata Meauri.

“Kita harus meningkatkan fasilitas kita untuk mengakomodasi kapal-kapal modern yang lebih besar ini. Itulah yang akan kita lakukan di bawah MoU ini di Lombrum.”

Menurutnya, inisiatif tersebut mewakili “peningkatan” dari Program Kerjasama Pertahanan yang ada antara kedua negara.

Selanjutnya, Meauri dan Menteri Pertahanan Solan Mirisim bulan lalu bertemu dengan Gubernur Manus Charlie Benjamin dan anggota parlemen Manus lainnya, Ketua Parlemen Job Pomat, untuk mengklarifikasi makna dari Inisiatif tersebut.

Sekretaris mengatakan dia tersedia untuk membahas inisiatif dengan para pemimpin masyarakat lainnya dari Manus.

Sumber: Radio New Zealand

 Posted by on Maret 20, 2019