Mar 202019
 

Lokasi Lombrum Naval Base, PNG (google maps)

Papua Nugini (PNG) dan Australia telah menandatangani nota kesepahaman tentang rencana bersama mereka untuk mengembangkan pangkalan angkatan laut di Pulau Manus, PNG.

Inisiatif Bersama Lombrum ditandatangani di Canberra oleh pejabat pertahanan Australia dan Papua Nugini, dan kepala pasukan pertahanan masing-masing.

Penandatanganan ini meresmikan pengumuman bersama oleh perdana menteri kedua negara Peter O’Neill dan Scott Morrison pada November tahun lalu.

Pada KTT Pemimpin APEC di PNG November lalu, Amerika Serikat juga mengindikasikan akan bergabung dengan inisiatif tersebut.

Namun, setelah penandatanganan, Menteri Pertahanan PNG Trevor Meauri mengatakan MoU akan membantu memandu kolaborasi antara PNG dan Australia untuk membangun kembali fasilitas di pangkalan angkatan laut Lombrum Manus.

Dia mengatakan inisiatif itu akan meningkatkan interoperabilitas antara kedua pasukan pertahanan dan memberikan peluang lebih besar untuk pelatihan dan kegiatan bersama.

Meauri mengatakan akan meningkatkan kemampuan Angkatan Pertahanan PNG untuk melindungi perbatasan PNG dan sumber daya maritim melalui program pendampingan yang luas, pelatihan khusus, dan pengembangan infrastruktur.

“Kami baru-baru ini membeli kapal patroli kelas Guardian Pasifik untuk angkatan laut kami,” kata Meauri.

“Kita harus meningkatkan fasilitas kita untuk mengakomodasi kapal-kapal modern yang lebih besar ini. Itulah yang akan kita lakukan di bawah MoU ini di Lombrum.”

Menurutnya, inisiatif tersebut mewakili “peningkatan” dari Program Kerjasama Pertahanan yang ada antara kedua negara.

Selanjutnya, Meauri dan Menteri Pertahanan Solan Mirisim bulan lalu bertemu dengan Gubernur Manus Charlie Benjamin dan anggota parlemen Manus lainnya, Ketua Parlemen Job Pomat, untuk mengklarifikasi makna dari Inisiatif tersebut.

Sekretaris mengatakan dia tersedia untuk membahas inisiatif dengan para pemimpin masyarakat lainnya dari Manus.

Sumber: Radio New Zealand

  10 Responses to “Australia dan PNG Tandatangani Perjanjian Pangkalan Angkatan Laut Lombrum”

  1.  

    Wilayah PapuaNewGinee Lama lama Bisa Dicaplok Oleh USA dan Australia….Jangan jangan ada SDA yg ditemukan oleh USA dan Australia…..Timor Timur juga sama …Setelah ditemukan Minyak Bumi Di Celah Timur…Australia Getol menggembar gemborkan agar Timor Timur Lepas…

  2.  

    Semakin dekat ke wilayah NKRI alasan nya utk menangkal china (jauh bgt) pola yang sama saat ikut campur urusan timor timor, Menhan yg sekarang ttp saja dengan pandangan tdk ada ancaman perang. Andai pemerintah sekarang gerak cepat mengakuisisi fregat & korvet sekelas gepard/molniya lengkap dengan rudal kalibr nya kemudian jika kita punya hanud sekelas S300/S400, pasti akan berpikir 2x sebagaimana dulu belanda berpikir 2x utk konfrontasi dengan indonesia saat operasi mandala. Liat singapura & vietnam yang adem ayem karena punya armada laut yg kuat, hanud yg mumpuni serta skadron tempur yang bisa di andalkan baik dari sisi kuantitas, kualitas dan persenjataan nya

  3.  

    Jangan lupakan sejarah, Australia sempat merencanakan utk membom jakarta dengan F111 Advark nya meski tidak jadi tapi itu bentuk ancaman nyata, kemudian mereka show off force dengan jet tempur nya di atas langit kupang dan pasukan kita hanya bisa melihat dari bawah intimidasi mereka karena kita tidak bisa apa apa di sebabkan embargo oleh AS. Terlebih saat ini Ausie sdh membeli pespur baru nya F35 pasti mereka gatal utk mencoba. Kapan TNI AU bisa sekuat AURI dulu dan kapan TNI AL kita bisa sekuat ALRI dulu. Semoga….

  4.  

    akhirnya ketauan juga dalangnya OPM , mn mungkin ga ada dalang dibalik senjata2 dan pelatihan2 mereka …usul saya buat tembok ( perimeter ) disepanjang perbatasan trus dialiri listrik tegangan tinggi

  5.  

    Sekadar usulan perketat perbatasan Papua Nugini kalao perlu seluruh perbatasan pagar kawat supaya mencegah pengiriman senjata dan perbesaran tapal batas .kalao perlu kembalikan
    statusnya menjadii.

  6.  

    Walaupun Australia ada byk pesawat pembom bahkan f35 kita punya rudal yg mengalahkan s300 dan $400 bro liat aja Di Suriah $300 aja terbukti membuat jet tempur asing takut masuk wilayah udara Suriah, kita pernah di tawari s300 dan $400 tp kita TDK berminat membelinya,. Setau saya kita byk membeli rudal staratrek jd kalao Australia melanggar wilayah udara kita dgn f35 nya tinggal kita lumpuhkan dgn rudal stratrek.