Mar 222017
 

Latihan Kopassus bersama Special Operations Command (SOCOMD) Australia (istimewa)

Jakarta – Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson menilai Indonesia dan Australia perlu melanjutkan kerja sama di bidang pertahanan untuk menghadapi tantangan yang mengancam stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

Menurut Grigson di Jakarta, 21/3/2017 pertemuan bilateral antar-menteri pertahanan kedua negara seperti yang dilaksanakan di Fleet Base East Garden Island, Sydney, Australia, pada 16 Maret perlu lebih sering diselenggarakan.

“Saya rasa kedua negara sama-sama mendapat manfaat dari kerja sama pertahanan,” ujarnya.

Pertemuan reguler yang diselenggarakan untuk membicarakan kepentingan bersama kedua negara, juga dianggap sebagai kesempatan berbagi ilmu dan pengalaman untuk menghadapi berbagai tantangan global di bidang pertahanan.

“Maka penting bagi kedua negara untuk terus bekerja sama, itulah yang menjadi poin penting pertemuan kedua menteri pertahanan,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Australia Marise Payne membahas kerja sama bilateral dan dinamika keamanan global.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan RI, pembahasan kerja sama bilateral meliputi kerja sama di bidang maritim, industri pertahanan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada pembahasan dinamika keamaman regional, kedua Menhan saling bertukar pandangan mengenai keamanan di wilayah Pasifik Selatan, rencana kerja RI dan Australia dalam kerangka ASEAN Defence Ministerial Meeting Plus (ADMM Plus) bidang operasi perdamaian, serta isu-isu mengenai keberadaan Amerika Serikat di wilayah Australia.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan RI mengapresiasi penyelesaian pihak Australia terkait insiden di sekolah bahasa Australia pada November 2016 yang berakibat terhentinya kerja sama militer antara TNI dan Angkatan Bersenjata Australia selama kurang lebih dua bulan. Secara khusus, Menhan Ryamizard menyampaikan rasa bahagia atas dibukanya kembali kerja sama militer kedua negara.

Pada agenda mengenai kerja sama keamanan maritim, Menhan RI menyampaikan kebijakan maritim Indonesia yang terkait dengan poros maritim dunia, peran Indonesia dalam IORA serta memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan kerja sama trilateral di kawasan Laut Sulu.

Dalam bidang industri pertahanan, Menteri Syamizard menyampaikan peran Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) dalam bidang pengadaan dari luar negeri dan kemajuan atas pelaksanaan hibah maupun pembelian pesawat C- 130 Hercules dari pemerintah Australia.

Di bidang kerja sama ilmu pengetahuan dan teknologi, menhan menyampaikan beberapa upaya Indonesia terkait dengan keamanan siber di lingkungan pertahanan.

Indonesia telah mempererat hubungan pertahanan dengan Republik Fiji untuk meredam dinamika keamanan di Pasifik Selatan, selain meminta dukungan Australia untuk mendorong negara-negara di kawasan tersebut dalam mendukung kedaulatan RI.

Menhan RI juga mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Australia dalam keketuaan bersama Kelompok Kerja Operasi Pemeliharaan Perdamaian untuk periode 2017-2020.

Menanggapi tentang kehadiran marinir dan Angkatan Udara Amerika Serikat di wilayah utara Australia, Menhan Ryamizard berharap keberadaan mereka dapat memberi kontribusi positif terhadap upaya menjaga kawasan Asia Pasifik yang stabil dan damai.

Antara

Bagikan Artikel:

  30 Responses to “Australia Dorong Kerjasama Pertahanan dengan Indonesia”

  1. kemana nih para jawara pertamax

  2. ,

  3. tentaranya Australia hebat2 latihan ga pake helm.
    kayaknya sudah anti peluru tuh kepala?

  4. Babak baru telah di buka….ronde ke 2 lalu Indonesia di bikin upper cut dari belakang…hingga keluar dari lintasan…saatnya untuk membalas….bikin ausi gila bener jadi gila….bikin mereka jadi pecundang alias a loooseeer….saya yakin….Kopassus bisa lebih tangguh dari mereka…jauhhh di atas mereka dan ini membuat mereka ingin tahu lebih jauh tentang pasukan elit ini….

  5. Mereka hanya senang belajar tehnik, taktis, intel aja yg senang sama kita…lainya waspadalah.

  6. Pasang surut hubungan.indonesia australia

  7. Kok kehadiran AS di Darwin dianggap angin lalu pak RR? Pasang surut hubungan karena si kangguru aja yg selalu berulah!

  8. Tadi baca berita, Israel akn melanjutkan serangan ke suriah, dan tdk memperdulikan putin.

    Israel memang badass yah. Putin pun dianggap angin lalu šŸ˜†

  9. dari statemen terdahulu dari panglima,kehadiran armada US di darwin,dan sekitar RI adalah nyata wujud ancaman…aussie dalam buku putihnya masih anggap RI adlh ancaman potensial mereka,maka bagaimana bisa satu sisi anggap kita sbg teman tp sisi lain masih anggap musuh disaat bersamaan??
    pertanyaanya,kenapa sekarang kekuatan2 yg mengelilingi sekitar kita sdh gak berani lagi usik dan jahil lagi…
    wkwkwkwkkwk

  10. austr tau bahwa NKRI kdepan akan smakin kuat melebihi negaranya, jet tempur, kasel dan alutsista lainnya akan di kuasai tegnologinya..
    siaustr sudah kelihatan paranoidnya, bila toh tidak bersikap baik dgn NKRI niscaya tidak akan pernah aman negaranya..
    perairan selatan akan banyak yg mengendap endap, ruang udaranya bergemuruh di penuhi burung besi yg kekenyangan ingin membuang teleknya.. negrinya tidak akan pernah tidur nyenyak makanpun tak enak karna inget sama emakk..

    šŸ˜€

  11. Maaf hanya skedar mengingatkan Untuk Negara ku INDONESIA Tercinta, harap Hati2 klu mau kerja sama militer dgn australia, jgn sampe kecolongan lg…lihat Timor2, lihat Pelecehan Lambang Negara, Lihat yg sering australia sllu ikut campur urusan dlm negeri kita Indonesia, Lihat bantuan Stunami Aceh di ungkit2, Lihatlah para pengungsi di balikin lg ke indonesia, padahal mereka para pengungsi tujuan nya ke negara laun…JADI LEBIH BANYAK HATI HATI AJA…Smoga NKRI SMAKIN JAYA SELAMA LAMANYA…

  12. ojo gelem pak dhe dibujuki thok karo kanguru

  13. lagi jadi posisi cewek matre

    selain Tot Mrap Bushmaster enaknya Tot apalagi nih?
    ya mumpung yg disana disuruh mama rika pacaran ama kita

  14. sering bikin usil, sering ngajak temenan…

  15. F P D A lagi.

    Pegen bgt gw indonesia “menikung” hubungan antara USA sama aussie.

    Ya bisa. Asal jago lobi2. Alasannya indonesia membangun DEMOKRASIi dan ham dari darah. reformasi 98 buktinya sampai menelan korban jiwa.

    • tujuan menikung untuk apa bung

      toh pemerintahan aussie ama usa dianggap saudaraan

      • menikung biar kebagian ilmu cara membuat alutsista dgn mereka seperti sekutu mereka misalnya taiwan, korsel dsb.

        australia pernah diultimatum sama amrik tentang loyalitasnya terhadap sekutu. pilih sekutu atau china krn aussie mengakui prinsip satu china. jadi aussie dianggap bisa jadi sekutu china.

        • prinsip satu china sudah diakui amrik sejak zamannya nixon mumpung trump lagi sensitif ttg dominasi ekonomi china sangat besar kemungkinan kebijakan berubah.

          australia diultimatum lantaran kerjasama ekonominya dgn china terlalu besar di mata amrik di tambah lagi china berpropaganda subversif di media2 kiri australi dan migrasi besar2an penduduk RRC ke australia dgn dalih investasi properti.

          kalo soal kebagian ilmu saya sependapat dgn bung
          udah keliatan kan hasilnya dgn tot mrap bushmaster
          makanya ayo dipikir enaknya apalagi dari inhan2 australia?

  16. Hati2 ini negara Kalo orang…Orangnya berwatak Sengkuni..Gak dapat dipercaya…Dia akan terus mengusik Indonesia..Itu armada US Disana..Kalo marinir berarti sebagai pembuka jalan jika terjadi WAR,dan sebagai tameng diplomasi..Jika kita akan serang duluan,wajar di berkata begitu,dia sebagai jubir negara perserikatan antara Malaysia dan Singapore,yg mengelilingi kita..Mereka mengulur2..Berlunak lagi sampai F35 Aussie+Singapore datang semua..Coba Kalo besok sudah datang semua..Dan air defensenya sudah mumpuni,pasti “pecicilan” lagi…

  17. nih ausie suka banget ya main dorong..klo jatuh sakit bro…

  18. saya bingung dgn menhan RR caranya berpikir tidak menganggap kehadiran usa sbg ancaman, itu didepan hidung jelas2 dekat dgn papua….udah jelas itu utk mengertak kita bila freeport digoyang apakah pura2 tidak tahu atau bgmn pak menhan, siapkan strategi utk membendung itu pak dari plan A ampe Z klo terjadi konflik dgn aus n usa

 Leave a Reply