Oct 162014
 
F-35B

F-35B

Australia mempertimbangkan untuk membeli jet tempur siluman F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) varian lepas landas pendek dan mendarat vertikal (STOVL), selain varian take-off dan landing (CTOL) konvensional yang sudah dipesan, ujar juru bicara Menteri Pertahanan Australia, David Johnston.

Juru bicara itu mengatakan kepada IHS Jane bahwa akuisisi F-35B “akan masuk dalam Buku Putih Pertahanan”, yang dijadwalkan dikeluarkan pada kuartal kedua tahun 2015.

Keterangan ini untuk menanggapi laporan media bahwa Perdana Menteri Tony Abbott telah menginstruksikan Kementerian Pertahanan untuk memeriksa kemungkinan membeli F-35B untuk beroperasi di dua kapal amfibi pendaratan helikopter (LHD) Canberra Class, yang dioperasikan Royal Australian Navy (RAN).

Satu dari dua LHD berbobot 27,800 ton itu, kini sedang menjalani uji coba. Yang kedua akan ditugaskan pada tahun 2016.

Pemerintah mengumumkan pada 23 April keputusannya untuk membeli 58 jet tempur F-35A dengan komitmen pembelian hingga 72 unit. Dua yang pertama akan dikirimkan pada akhir tahun ini, meskipun unit itu dan pengiriman berikutnya tidak akan tiba di Australia sampai akhir tahun 2018.

Tidak jelas apakah akuisisi F-35B akan di samping 72 varian CTOL atau dikurangkan dari angka tersebut.

Disain HMAS Adelaide Class Australia

Disain HMAS Adelaide Class Australia

Komentar
Sumber telah mengkonfirmasi ketertarikan Perdana Menteri Tony Abbott terhadap pesawat F-35B STOVL, tapi untuk itu diperlukan upgrade yang signifikan untuk LHD Canberra Class, agar bisa mengoperasikan F-35B.

Upgrade diperlukan untuk memasukkan lapisan dek tahan panas agar operasi LHD Canberra Class bisa panjang, bahan bakar tambahan dan bunker senjata, dan perangkat tambahan untuk fasilitas komando dan pengawasan, yang mana LHD sekarang masih fokus pada operasi amfibi yang melibatkan helikopter dan kapal/boat. (Janes.com).

Bagikan:

  98 Responses to “Australia Incar F-35B untuk LHD Canberra Class”

  1.  

    wowww

    •  

      tumben gak ada yg ngomong. KITA HARUS BELI SU 35. wkwk su 35 sama aj dgn ef tpoon. rafale. gripen yg ngebdainya cum su 35 md in russia. hadoooohh

      •  

        ha ha ha yang ngomongin raptors jg mana nee? F22 sama aj dgn T 50 GE. mig 29, yang ngebedain cum F22 md in ASU. hadooohh

        ke inginan USER itu yang bakal di dukung oleh rakyat bung.
        karna mereka yang lebih mengerti.
        SU 35 = gripen = (mikir).
        Eagle = Collibri = (mikir)

        Memperingati hari pake otak.

      •  

        Kelas nya saja sudah beda … Su-35 heavy fighter, rafale/grypen fighter. Daya jelajah dan muatannya sdh beda jauh.

      •  

        Mending adopsi LHD FNS mistral class siapa tahu meningkatkan kekuatan pasukan pendarat kita 😀

    •  

      Wah..F-35 memang lawannya su-35 tug… karna radar sukhoi yg baru bisa detect siluman mode f-35.. daya jelajah f-35 memang kecil makanya mereka combine dgn LHD.. range su-35 jauh lebih di atas f-35. dan kemampuan monufer bisa di adu tuh…….

  2.  

    wow…

  3.  

    btw LHD ini dipersenjatai rudal anti kasel gak yah?

  4.  

    waahhh

  5.  

    Selamat pagi….!!!

  6.  

    ABSEN PAGI

  7.  

    pagi

  8.  

    ntu si ausi udah nentuin sikap pa blom bahwa Garuda itu dianggap kawan apa musuh ? klo musuh ya justru bagus buat semangat kita utk ngadepinnya karna dia merupakan ancaman yg jelas dan nyata.. negara2 yg punya ancaman nyata rata2 militernya besar dan kuat.

  9.  

    test

  10.  

    buktinya mana bung, klo AUS berani beli ya Indonesia paling tidak ngimbangi dengan beli yg sepada, jangan dilawan dengan HOAX buat nakut2in AUS atau buat ngadem2in WNI

  11.  

    Ada linknya kah kalau kita lagi ngembangin lhd sm jet berbasis kapal induk?

  12.  

    Rupanya Indonesia sudah menjadi ancaman berarti bagi mereka.

  13.  

    Nkri suatu saat.pazti juga punya..
    Pesawat gen 5..tak perlu kapal induk pulau kecil” ckup jd kan base camp rahasia aj..

  14.  

    Australia begitu takutnya sama sukhoi mutan Indonesia.. hahaha…

  15.  

    ciee yg baru punya 1 LHD dah begaya,tuh yg udah punya 4 LPD biasa ajah :mrgreen:

  16.  

    JANGAN TAKUT.

    F-35B itu :
    1. Tidak punya internal gun, hanya mengandalkan gun pod (dicantel), yg berarti fitur silumannya hilang, akurasi tembakannya turun, tambahan drag, kepusingan logistik.
    2. Sustained turns-nya turun dari 5.0g ke hanya 4.5g. Akselerasinya membutuhkan waktu 16 detik lebih lama dari F-16.
    3. LHD paling bisa angkut 2 flight (8) F-35.
    4. Internal weapons load-nya hanya 2 AAM, bisa angkut tambahan tapi dicantelin, merusak fitur silumannya.

    Skenario 1: Menyerang Makassar
    Dengan aksi radiusnya hanya 800 km, maka saat peluncuran pasti akan berada di perairan Indonesia, rawan terhadap serangan maritime strike fighter dan ks kita. Menghadapinya dengan taktik formasi tembok, seperti pernah saya babarkan disini.

    Skenario 2: Menyerang Iswahyudi/ Jakarta
    Dengan aksi radiusnya hanya 800 km, maka saat peluncuran pasti akan berada di perairan Lautan Hindia, juga rawan terhadap serangan maritime strike fighter dan ks kita. Menghadapinya dengan taktik formasi tembok yang sama.

    •  

      Welcome back mr antonov@…btw dimana yh link_nya formasi tembok,saya nyari susah nemu.Ditunggu babaran artikelnya bung antonov,salam.

      •  

        Bung Lek U-mar , link wall formation ada 2, di salah satu forum (tentang Typhoon), dan di Air Power Australia (tentang SU-35). Tapi mohon maaf dicari belum ketemu.

        Isinya tidak terlalu detil, selanjutnya saya hanya deduksi saja berdasarkan kinerja pesawat.

        Imho.

    •  

      Nyerangnya pulau demi pulau. Pakai keroyokan. Pertama Liberation of Papua berangkat dari Darwin dan Filipina atau Guam. Kedua Liberation of NTT and NTB, menggunakan pangkalan aju Timor Leste. Ketiga Liberation of Maluku dengan basis serangan dari Papua dan Timor Leste or NTT-NTB. Baru invasi Makasar. waktu dan biaya yang dibutuhkan 10 tahun anggaran.

      Serangan balasan TNI berupa umpan lambung jauh menusuk ke jantung Australia di Canberra dengan serbuan One Way Ticket lontong sekilo ditambah semur.

      •  

        Strategi musuh menghancurkan dulu kekuatan TNI AU dan TNI AL (dengan menyerang pangkalan, memaksa kita bertempur di udara dan laut), setelah hancur kekuatan kita, baru nyerang pulau demi pulau, atau blokade udara + laut pulau2.

        •  

          kalau menhancurkan pangkalan2 kita, kan bisa pakai tomahawk untuk bombardir pertahanan kita, jadi LHD + f35 lebih leluasa menyerang,karena dengan anggapan pertahanan kita sudah hancur
          tapi kalo langsung keliatannya terlalu riskan buat ausi

          •  

            kalo US ga ikutan, tomahawk gak bisa ditembakin wong ozy ga di ijinin punya ama US. cmiww…ah.

          •  

            benar juga.. tapi namanya Ausi kalua sudah menyerang pasti dah direstui US dan pastinya US ikutan 🙂
            tidak mungkin nyerang sendiri

          •  

            tomahawk…adalah rudal yang lamban, serta tidak punya kemampuan stealth…begitu ditembakkan dari jarak jauh secara masif pasti ketahuan oleh radar2 kita.

            sehingga cukup waktu utk mengosongkan pankalan2 kita dari alutsista yang bersifat defensif dan ofensif.

            kecuali ditembakkan dari kapal selam dan ditembakkan sudah dekat dg daratan kita sehingga sangat sempit sekali waktu kita utk persiapan penyelamatan.

            tetapi apa iya kemampuan deteksi kapal selam kita sudah mandul…. lhah wong kasel2 aussie, usa, malaysia sering kena kerjain oleh kasel2 kita. yang berarti kemampuan cegah tangkal dan deteksi TNI AL cukup memuaskan.

    •  

      SeLamat datang kembaLi bung Antonov , SaLam kenaL yang Dari makassar 🙂

    •  

      nyerangnya hanya di eltari saja untuk mendapatkan batu pijakan buat langkah selanjutnya. selanjutnya ??? tergantung siapa yang ambil inisiatif. jika jadi oz akan diserang tuh armatim, palu dan makasar secara bersamaan. satu sorti berisi kombinasi hornet+growler+f35a.

    •  

      Sesuai prediksi trit beberapa bulan kemarin, LHD melenggang kangkung karena gak ada Kilo & Club-S, nasibmu braaayy dapet cangbogo…….

  17.  

    biarkanlah dia mau beli f35abcde…..
    ga usah d ambil pusing
    TNI khususnya AU pasti punya anti dot nya
    baru juga rencana kan ?
    lain halnya kalo sdh punya dan mengusik teritori NKRI
    apapun itu hajar …

  18.  

    Saya kira bung ALugoro pernah ngoboL di threat sebeLumnya dengan bung Naraya soaL ini , untuk pengembangan jet basis J10B itu kan awaL muLanya Panda ma Zionis mo ngembangin berbasis untuk kapaL induk tapi akhirnya PLA meLihat untuk Jet yg berkapasitas agresor mereka harus menggunakan Jet DoubLe engine , waLaupun sebenarnya awaL muLanya Jet mereka dari Basis J10B http://jakartagreater.com/progress-pengembangan-alutsista-buatan-dalam-negeri/

  19.  

    gua paling eneg lihat koment yang didepanya pake kata2 “tenang aja kita sudah bla.bla.bala”.
    kalo komen seperti ini ditujukan pada anak TK si wajar, lah ini warung isinya kan sudah “berambut ” semua.

  20.  

    di sundul KS TNI aja mungkin sudah njomplang LHD australia … 😀

  21.  

    dalam rangka apa aushit mau nyerang kita? emang berani? :mrgreen:

    nasib indonesia bertetangga dengan negara usil yang makin kesini kok semakin gak berani usil kek dulu :mrgreen:

    •  

      Sumber daya alam dan jalur lalu lintas laut, minyak bumi Timor leste yg kuasai siapa Sekarang?

    •  

      dalam rangka apa?

      sudah jelas untuk menduduki pulau jawa…..pusat pemerintahan, ekonomi, kebudayaan dan teknologi ndonesia. serta kekayaan iptek dan harta karun kuno yg terpendam di pulau jawa yang bikin ngiler bangsa2 sedunia.

      ada yang menduga PD III adalah perang dunia bangsa2 asing di palagan pulau jawa utk merebut jawa. itu kata john titor juga lhoh.

  22.  

    absen

  23.  

    nyimak d pojokan aja lah….. oya @bung gili meno udh daftar sma bung diego blm untuk buka biroo mataram….

  24.  

    Si Sonotan sebenarnya sudah terang*an ingin menginvasi suatu daerah NKRI apakah TNI sudah siap untuk antidotnya F-35B untuk LHD Canberra Class atau Man behind the gun with boneknya….?ragam class dan barnag goibnyapun tak kan cukup…?

  25.  

    Yang lebih lupa lagi, SDMnya belum sempet direkrut, yang dah direkrut juga mo resign gara-gara gaji gak cukup 🙂

  26.  

    Nanti F-35B ini cocok untuk bahu membahu dengan F-15 SE atau F-18 SH yg akan dibeli Indonesia dlam usaha untuk mengebiri kekuatan si Komunis karatan Cina….

  27.  

    Bung ALugoro untuk basic navaL base itu J10C Lingnya disini : http://www.pakistanaffairs.pk/threads/62860-J10C-completed-maiden-flight-test-at-today

    •  

      maaf saya lupa kalau pernah ngobrol masalah tersebut terutama j10b. menurut hemat saya lebih baik kita tegas di urusan c705 dibanding diulur2 terus (buying time). lebih baik keluar duit lebih dalam tetapi pasti dibanding gak jelas. ada hal2 yang tidak mengenakan di masa depan terkait scs dengan china.

      kira2 yang mirip j10b dan ada riset untuk mendarat di cv apa hayo….?

  28.  

    Hmmmm , kaLau perkiraan saya dari petunjuk sesepuh dan teman2 JKGR Lainnya sy rasa kita ga’ mengikuti J10B maupun Lavi yg berbentuk sayap Canard atau DeLta , meLainkan mirip2 F16 , kaLau saya sih pasti GOLDEN EAGLE karna basicnya merujuk ke Soko GhaLeb kita , dan kaLau wujudnya kayak GoLden eagLe agar tidak menjadi perhatian tetangga kita , kayak sky Hawk , F16 hibah, & SU30 yang sudah Mutan , TampiLan sama yang membedakan jeroan , betuL ga’ bung ALugoro he he 🙂

  29.  

    Tpi kalau di lihat ukuran LHD nya yg bobotnya 27,800 ton..tidak sebanding dgn LPD Makasar class…dan mesti lah persenjataan yg d bwanya akan banyak…sebagai negara daratan sonotan mempunyai LHD..maka sangat besar kemungkinan di gunakan sebagai tindakan agrisor…jdi kita harus lebih was pada dan tidak memandang remeh musuh ataupun calon musuh kita…CMIIW
    #Edisi harap2 cemas#

  30.  

    Aya semangat PT PAL …

  31.  

    Bung@soto l..
    Tpi sepertinya kasel tni al tidak semudah menyundul kapal patroli sonotan ,karena menurut saya kalau sekelas LHD ini biasanya melautnya berupa group seperti armadanya asu..lengkap dengan heli AKSnya sehingga sulit untuk di dekati oleh ks kita…kita harus siapkan antidotnya dan strategi yg matang untuk menghadapi LHD+f35 & group armadanya…CMIIW..

    •  

      g perlu deket kok bung ? dr jauhan aja pencilnya bung PS uda bisa nyundul tuh lhd :mrgreen:

      •  

        Bung@rais a..
        Apakah yg bung maksud pincelnya bung ps adalah yakhont atau ada pencil lainnya..dan memang bisa ya ks kilo meluncurkan yakhont kan panjangnya hampir 9 meter..diameter atau tinggi ks kilo apa muat untuk yakhont..? Dan apakah yakhont tidak bisa di jatuhkan pakai CIWS (palank atau yg lainnya)..

        •  

          Shkval

          •  

            sangat memungkinkan seluruh lontong punya kita pasti ada bawaan belut ini dan kri-kri yg sepuh pasti juga ada. gak tau yang mana bisa yang edisi 1 atau yang ke 2. s300-s400 itu lebih dibutuhkan u penangkal f15/18/22/35/j20 dll selain ciws plus dengan sewaco nya

        •  

          bung @mahyu ? bisa banget malahan kilo meluncurkan yakhon… kalo penempatanya yakon arahnya sejajar kok ama body kaselnya tepatnya di depan moncongya? jd tingginya kasel g pengaruh sma sekali :mrgreen:

  32.  

    Indonesia sepertinya memang ancaman bgi sonotan tpi kalau di tanya mungkin dia mengatakan untuk menghadapi ancaman dari utara(china).jdi mereka tidak merasa sebagai perlombaan senjata…mungkin karena itu mempublis tentang alutsistanya dan sebagai efek gentar di negara kawasan..trutama untuk kita…kita harus lebih waspada lagi…CMIIW..
    Salam nkri

  33.  

    dcns mistral dikalahkan oleh navantia ?

  34.  

    Lucu!!! Ausi bilang dalam ramalan atau prediksinya kedepan ancaman untuk negaranya akan datang dari utara, secara dia itu kan negara yang paling selatan sendiri yah sudah otomatis lah jika perang dengan negara utara.

  35.  

    Baru saja saya lihat TU-22 akan mendarat di Halim. Ada yang punya infonya gak ya?
    Maaf tadi gak sempat ambil fotonya.

  36.  

    LHD Canberra beratnya ‘hanya’ 27.000 Ton..?? Super Tangker buatan PT. Pal yg di ekspor ke Jerman beratnya 50.000 Ton atau 2x lebih berat ukurannya..kalau di rubah ke kapal perang bisa jd Mini Kapal Induk..:)

    •  

      kenapa kok dulu belajar bikin lpd ke SK ? jika sudah dari dulu bisa bikin tanker dengan bobot 50K DWT.

      •  

        Kira2 designnya jelas berbeda. Untuk suatu kapal perang lebih sulit daripada kapal tangker atw niaga. Hullnya saja sudah beda. Tapi saya sudah sangat bersyukur atas keberhasilan pembangunan LHD makasar. Ini sudah memulai batu loncatan jauh untuk mendekati klw kita bisa membangun yg lebih Gede lagi”kalau mau”,Sekarang serahkan semuanya pada Uang yg bertindak.:D.

  37.  

    Bangga juga rasanya sekaligus campur senang lihat aushit beli segitu banyaknya F 35 , tandanya sedikit banyak mereka khawatir (takut) dengan otot TNI sekarang hehhee ditambah lagi TNI adem ayem aja menanggapi berita ini karena selain urusan strategis ini juga menandakan TNI tak pernah takut lagi karena antidot dan semangat juang rakyatnya sudah siap. Entahlah hanya Tuhan yg tahu..

  38.  

    ngudud karo ngopi enteni artikel yg baru :mrgreen:

  39.  

    apakah saya harus bilang woww gitu

  40.  

    F-35B ? terus gw harus bilang wow gitu…

  41.  

    abang ane kan dines d’halim bung, masa ga dngr klw TU 22 mendarat..

  42.  

    YONHAP KOWE SOPO ?

  43.  

    Pesawat pembom strategis TU -22M3 BACKFIRE, salah satu KARTU AS TNI AU

    Kapal Selam Akula class salah satu KARTU AS TNI AL

  44.  

    Antidotnya adalah pengadaan rudal balistik anti kapal induk spt dongfeng. Satu LHD terkena maka seluruh isinya akan terkena imbasnya jg. Rudal hipersonic ini msh terbilang sulit utk dikejar oleh rudal penangkis.

    Mudah-mudahan oleh2 kunjungan satu LHD kita dulu dari cina adalah dongfeng . Krn saya yakin TNI dan pak sby, sdh lama mengantisipasinya dgn dongfeng dan akula.

  45.  

    Sudah saatnya NKRI membangun “Kapal induk yg tidak bisa tenggelam”…. ini penting!!!

  46.  

    Media China Sebut Indonesia Pesaing
    Baru di Laut China Selatan
    16/10/2014

    Dengan mengerahkan helikopter AH-64 ke Kepulauan
    Natuna, sekitar 200 kilometer jauhnya dari kepulauan
    Spratly yang disengketakan sejumlah negara, Indonesia
    disebut telah menjadi saingan potensial baru untuk
    China di Laut China Selatan. Demikian diungkapkan
    media yang dikelola pemerintah Global Times seperti
    dikutip Want China Times Rabu 15 Oktober 2014.
    Spratly adalah bagian paling disengketakan di Laut
    Cina Selatan, antara China, Taiwan, Vietnam, Filipina,
    Brunei dan Malaysia yang semuanya mengklaim
    kepulauan secara keseluruhan atau sebagian. Vietnam
    dan Filipina adalah dua yang telah mengambil sikap
    lebih keras terhadap China di wilayah tersebut, namun,
    dengan mantan pengajuan petisi dengan pengadilan
    internasional di Den Haag dan yang terakhir masuk ke
    kebuntuan berkepanjangan dengan Cina di Cina Selatan
    Sea Mei.
    Setelah parade militer diluncurkan untuk merayakan
    ulang tahun ke-69 TNI Presiden Susilo Bambang
    Yudhoyono telah jelas memutuskan untuk bergerak
    sebelum ia meninggalkan jabatannya pada akhir bulan
    ini.
    Yudhoyono memangku jabatan pada Oktober 2004.
    Selama 10 tahun sebagai presiden Indonesia, ia telah
    mengabdikan sumber daya utama untuk modernisasi
    militer negara itu, membeli sistem senjata canggih
    termasuk Tipe 209 kapal selam serangan diesel-listrik
    dan T-50 pelatih dari Korea Selatan, Leopard 2 utama
    tank tempur dari Jerman dan AH-64E Apache
    helikopter serang dari Amerika Serikat.
    Indonesia tidak mengklaim pulau-pulau Spratly sendiri,
    tetapi menganggap Kepulauan Natuna potensi hot spot
    karena kedekatannya dengan pulau-pulau yang
    disengketakan dan fakta bahwa peta China yang
    diterbitkan pada tahun 1993 mengklaim Kepulauan
    Natuna sebagai wilayah Cina.
    Sumber: Want China Time

  47.  

    TU-22 mendarat di halim? jam berapa bung, tadi siang sekitar jam 12 siang saya melintas di depan pangkalan arah pintu masuk bandara halim, jadi ndak bisa masuk.

  48.  

    F35 mo diangkut pke LHD bt apa?nyerang NKRI, doktrin kita aja pre-emptive strike blm msk ZEE dah tenggelam ntu kapal.. mau direct flight plus tanker air refueling?ente pikir layangan kita pke benang biasa?haha… taring laut n udara kita blm dktahui kkuatanya kan,ya slhkan aja msk pling kena guyur esteh ma esteh pait,.plus bonus kena guyuran pensil di markas mrk… ga prcaya? We’ll see if they dare.

  49.  

    Doktrin TNI sekarang adalah PRE-EMPTIVE STRIKE ,yaitu :
    1.Terima data intelejen dari satelit mata-mata milik NEGARA SAHABAT
    2. Semua data, info intelejen yang masuk dikaji, ditelaah
    3.Ambil keputusan
    4. Kerahkan submarine Akula class, Amur class, Kilo improve class
    5.Kerahkan pembom strategis TU-22M3 BACKFIRE, SU-27SKM, SU-30MK2
    6. Radar Vostok E
    7. Siapkan rudal pertahanan udara strategis S-300 PVM, Buk-2M2, Pantsyr

  50.  

    Oh ya , kapal penjelajah Slava class dengan rudal-rudal jelajah untuk sasaran darat!!!

  51.  

    KIta berharap moga R1jokowi lanjutkan program MEF yg sudah di letakkan SBY sebagai pondasi pemutakhiran alutsista kita .. Musuh kita terlalu banyak dan sikap kita selama ini pun terkadang alon_alon asal klakon menyikapinya cukup lah sipadatan jadi cambuk untuk kita … Cukup lah insiden bawean jadi sayatan kecil dalam noktah sejarah perjalanan kita …cukuplah insiden ambalat jadi penyeru kita agar kita sadar dan segera bangkit dari macan jinak di dalam sangkar yg bertaring tapi tumpul .. Salam NKRI

 Leave a Reply