Jul 092019
 

Dong Diao class information collection ship (854) (@ mod.go.jp)

Queensland, Jakartagreater.com  –  Kapal yang disebut sebagai kapal pengintai elektronik Tiongkok, diperkirakan akan mengawasi latihan di lepas pantai Queensland, Australia Timur.

Militer Australia percaya bahwa kapal pengintai Tiongkok akan memantau latihan perang Talisman Sabre 2 tahunan dengan Amerika Serikat dari luar perairan teritorial Australia, dirilis Sputniknews.com pada Minggu 7-7-2019.

Kapal Tiongkok Tipe 815G Dongdiao-class Auxiliary General Intelligence diyakini berada di Utara Papua Nugini pada Sabtu malam 6-7-2019 dan sekarang berlayar ke Australia untuk mengamati latihan itu, lapor stasiun televisi ABC, mengutip sumber-sumber militer.

“Kami sedang melacaknya,” Letnan Jenderal Greg Bilton, Kepala Operasi Gabungan Pertahanan, mengatakan pada peluncuran Talisman Saber pada hari Sabtu 6-7-2019. “Kami belum tahu apa tujuannya, tetapi kami berasumsi bahwa itu akan turun ke pantai Timur Queensland, dan kami akan mengambil langkah-langkah yang tepat sehubungan dengan itu.”

Komandan itu tidak merinci apa tanggapan Australia, dan menambahkan bahwa kapal menikmati kebebasan bergerak di perairan internasional. Dua kapal perang Jepang – kapal induk JS Ise dan kapal dok transportasi amfibi JS Kunisaki – akan mengambil bagian dalam latihan, dan Tiongkok dipahami tertarik pada bagaimana mereka beroperasi dengan pasukan Australia dan AS.

Mereka akan bergabung dengan Amphibious Rapid Deployment Brigade, yang diaktifkan tahun lalu menjadi unit laut pertama Jepang sejak negara itu membubarkan tentaranya pada tahun 1945. Departemen Pertahanan Australia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pergerakan kapal Tiongkok “diperhitungkan selama perencanaan dan pelaksanaan latihan”.

Beijing belum mengomentari masalah ini. Dilaporkan pada bulan Mei 2019 bahwa militer Tiongkok telah secara dekat mengikuti kapal perang Australia yang transit melalui Laut Cina Selatan yang disengketakan dalam apa yang oleh pejabat pertahanan Australia digambarkan sebagai interaksi “profesional” dan “ramah”.

Dalam kasus terpisah, seorang pilot Helikopter Royal Australian Navy dilaporkan menjadi sasaran laser selama operasi Indo-Pasifik Endeavour di laut yang sama, tetapi tidak jelas siapa yang berada di balik serangan yang dituduhkan itu.

  4 Responses to “Australia Lacak ‘Kapal Pengintai Tiongkok” yang Pantau Latihan Talisman Sabre”

  1.  

    Ayo cari dan Tenggelam Kan!!!

  2.  

    Rumponkan saja tuman

  3.  

    Sabar Mbah….gak liatkah klo Australia sdh keringat dingin ketakutan itu Mbah.

  4.  

    Saya belum pernah lihat Australia ketakutan, cuman galau, iya….wkwkwkwkwk