JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 152017
 

NASAMS 2 berbasis truk Sisu E13TP 8×8, sistem pertahanan udara buatan Kongsberg Gruppen, Norwegia. © MKFI via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Raytheon Australia telah terpilih memasok sistem pertahanan udara (SAM) Norwegia Advanced Surface to Air Missile System (NASAMS) ke Angkatan Bersenjata Australia dengan memberi Persetujuan Tahap Awal untuk  proyek Land 19 Fase 7B, seperti dilansir dari Australian Defence.

Tender tersebut akan dirilis untuk Raytheon Australia pada semester pertama tahun 2017 untuk mengembangkan sistem pertahanan udara NASAMS 2 untuk Angkatan Bersenjata Australia. Raytheon akan menjadi System Integrator Utama (PSI) bagi kemampuan Sistem Pertahanan Berbasis Darad (GBAD) masa depan Angkatan Bersenjata Australia.

Menteri Pertahanan Australia, Senator Marise Payne mengatakan proyek ini adalah langkah pertama dalam pengembangan kontribusi Angkatan Darat Australia pada program Pertahanan Udara dan Rudal Terpadu (IAMD) yang diumumkan tahun 2016.

Pemerintah akan berinvestasi hingga AU $ 2 miliar dalam sistem yang akan memberikan lapisan paling dalam dari kemampuan pertahanan udara dan rudal terintegrasi yang telah ditingkatkan untuk Australia.

Pertimbangan untuk meluluskan usulan Raytheon oleh Pemerintah akan didasarkan pada kemampuan NASAMS 2 hasil kerjasama Raytheon dan Kongsberg yang telah digunakan di tujuh negara, termasuk Amerika Serikat dan Norwegia. Sistem ini memiliki kemampuan untuk memanfaatkan berbagai peluncur, teknologi radar dan berbagai jenis rudal dengan jangkauan berbeda.

Bekerjasama dengan perusahaan Defence and CEA Technologies, Raytheon Australia juga akan memeriksa pilihan sistem Medusa yang akan menggabungkan teknologi sensor AESA buatan Australia ke dalam sistem NASAMS 2.

NASAMS (Norwegia atau National Advanced Surface to Air Missile System) adalah sistem pertahanan udara jarak jauh yang terdistribusi kedalam jaringan. NASAMS adalah aplikasi berbasis rudal permukaan pertama yang menggunakan rudal AIM-120 AMRAAM.

Sistem pertahanan udara NASAMS telah diekspor ke Amerika Serikat, sementara versi upgrade yaitu NASAMS 2 telah diekspor ke Finlandia, Belanda, Spanyol, Oman dan Chile.

 

Bagikan:

  65 Responses to “Australia Membeli NASAMS Senilai 2 Milyar Dolar”

  1.  

    Disini masih wacana..negara tetangga dah beli duluan dan tanpa embel2 menjaga keseimbangan kawasan..dah bungkus S 400 buat PSU Sedang kita..

  2.  

    Keduluan terus..

    •  

      Gpp keduluan, walaupun telat tapi dapat yg terbaru dan teknologi terkini. Dari pada dapan duluan tp beberapa tahun kemudian sdh kadaluwarsa teknologinya, terpaksa upgrade lg. Contohnya saja F-16 Upil, beberapa kali upgrade gara2 kita beli F-16 block 52i yg katanya rongsok itu, tp berdampak pd teknologinya.

    •  

      Moto kita khan sekali dayung 2,3 pulau terlewati, ……………..

  3.  

    dari thn 2014,, sampai skrg masih wacana.. mulai su 35, NASAMS, KILO, pesawat amfiby be 200,

    ada yg tau ga dana dari thn 2014 s/d thn 2017 utk beli apa aja… ??? selain utk pelengkap alkom leopard, radar utk T50i, BTR4,

    setau saya kemenhan lumayan dpt bnyk di banding thn sebelum nya..

  4.  

    Yaa ngak mungkin di publik laaa… Thu bedanya negara kita dengan negara lain. Yang suka gembar gembor… Yakinlah…. Tni kita sekarang lebih kuat.tiba2 nonggol. Hehehe….

  5.  

    Indonesia itu kebanyakan birokrasi ini itu..Ujung2 nya anggarannya raib entah kemana..Uang habis barang ne ora ono …Udah jgn mimpi punya rudal jarak jauh atau sedang karena gak niat..Ada cuman proposal doang..Mending Pake bambu runcing saja

  6.  

    HEBAT AN NKRI..AKAN beli rudal jarak jauh dan sedang 1000UNIT,kapal selam 1000 unit,Su 35 1000 unit,destroyer 1000 unit..AAAKKKAAAAAANNNN…..AUOOOO…

  7.  

    NKRI HARUS SABAR TINGKAT DEWA

  8.  

    Kita sdh merasa cukup dan puas dengan rudal merk’ teri.”

  9.  

    Australi beliny pake kertas ,,ga pake mani

  10.  

    Akan di beli bro,sabarrr f

  11.  

    Jangkauan pendek, bukan ancaman bagi su27/30.

    •  

      Siapa bilang bukan ancaman SU 27/30 atau SU 35 (kalau jadi beli)…AIM-120 AMRAAM masuk kategori beyond-visual-range air-to-air missile (BVRAAM). Dengan kecepatan 4 Mach, AIM-120 bisa melesat antara 70 – 125 km. Sebagai rudal andalan AS, NATO dan neraga-negara sekutunya

      •  

        Jgn samakan Jangkauan AMRAAM versi AAM dan AMRAAM versi SAM, beda jangkauan bung, karna harus melawan gravitasi, jangkauan maksimal pake AIM120D paling cuma 60-70km.

        Adapun NASAM yg pake varian terbaru, AMRAAM-ER, itupun jangkauannya masih dibawah 100km.

        .
        Nah sekarang saya mau jelaskan kenapa NASAM bukanlah ancaman SU27/30.
        Itu karna Su27/30 mampu gotong paling sedikit 2 unit Kh59, Jangkauannya tembus 285km, itu artinya su27 dapat menembakan Rudal kearah NASAM, namun NASAM tdk bisa membalas atau menembak Su27/30, karna jangkauan NASAM cuma dibawah 100km. Sedangkan Su27/30 menembakan Kh59 dari jarak 285km.

      •  

        Apalagi Su35 bung, Su35 itu mampu gotong hingga 5 unit Kh59 loh.

      •  

        Bung Naufal… Jangkauan AMRAAM SAM Dan AAM itu Berbeda Kenapa Kok Berbeda… Karena Daya Gravitasi Di Darat Sama Di Udara Itu Berbeda … Semakin Tinggi Semakin Kecil Gaya Gravitasinya… Dan Max Range Nasams-2 Itu 60KM

  12.  

    Kalo disini kita cukup berdoa aja semoga nggak ada rudal yg nyasar atau perbanyak sekolah tinggi ilmu perdukunan agar bisa ditangkal rudalnya

  13.  

    Duite ora ono, utange wes kakehan

  14.  

    namanya jg tetangga,. past ada potensi konplik.
    selatan ada rasa takutnya jg..

  15.  

    kalo rezim ini byk ngomong ngak ada yg dibeli, sampe tahun 2019 cuma nunggu brng yg dibeli jaman Pak BY, rezim omong besar, bikin gaduh, yg penting infrastruktur ya kan ? perang di Bom ngak ada senjata strategis Abis Bray………… pejabatnya pergi keluar negeri……..

  16.  

    Walaupun masuk kategori medium,. Sistem NASAMS ini menawarkan keunggulan dari fleksibilitas platform misil yg bisa d bawa,. Dari AIM 120 sampe ESSM Missile dpt d integrasikan dlm 1 platform luncur. Bahkan AIM 9X jg bisa d gabungkan. Mungkin ini lh yg membuat TNI “kesengsem’ utk membelinya.

  17.  

    T Nikung..
    Cintya kali mas namanya.. yg sdh mengklaim sbg DUTA RUDAL NASIONAL, hehehe

  18.  

    Daripada Ini Mending Produk Saya… NASAMS-2 per Unit harganya 165 Jt USD dan Hanya Mendapatkan 1-3 Peluncur dan 18 Rudal… Dan Jika Di Belikan S-300 Yg Harganya per Unit 160-200Jt USD Tergantung Varian… Anda Bisa Mendapatkan 6 Peluncur dan 48 Rudal Berbagai Jenis…

  19.  

    Kemahalan, nasams jelek, batalin aja beli nasams II…udah mahal ga terkenal lg….mending s300 atau s400 lbh gahar dan sangar…itupun jika petinggi2 tni kita kita suka barang rusia, tp jika ga ya pasti nasams lah yg dibeli banyak2 biar sekalian bangkrut negara ini…pilihan yg aneh..!!, terlau keliatan pro baratnya….ktnya non blok, tp produkk barat yg mahal lebih banyak dibeli ketimbang produk rusia…

  20.  

    Apakah indonesia sudah bisa membuat Radar sejenis AESA….????

  21.  

    indonesia darurat 1000 Yakhont & RBS-15 mk 3

  22.  

    Nasams bisa cegat tomahawk ga?

  23.  

    sy cuma tau badan bau ASAM

  24.  

    Tetangga memperkuat militer besar2 tanpa embel2 memicu perlombaan senjata kawasan, dikita alasan menjaga perasaan tetangga dan hanya sebatas wacana klu diserang musuh baru kelimpungan ujungnya2 rakyat harus ikut derilya. Duitnya buat bancaan pr pejabat aja biar tambah makmur sejahtera mereka!

  25.  

    Ini Australia kenapa cuma pake NASAMS-2 ya? Apa karena lawannya cuma Indonesia?

  26.  

    Nassam msh kelas medium sam jgn samakan dg s300/s400 yg long range sam. Utk medium tni mkn akan ambil nassam sbg unsur sam jarak menengah,dan menurutku cocok ditempatkan di utara nkri atau tepatnya natuna,sdg bagian selatan lebih baik sam s300/s400. Cuma saja moga nassam yg misal dibeli tni tidak versi ekspor yang didowngrade ulang lagi kemampuannya ketimbang punya tetangga sebelah krn faktor bukan sekutu.

  27.  

    Hemmm… Terlalu lama (32thn) terkontaminasi bhw produk rusia (uni sovyet doeloe) itu jelek,padahal alutsista sovyet (rusia ) dulu berjasa merebut irian barat,sdg yg sekarang kita kehilangan sipadan ligitan + timor timur. Apa hubungannya kalee ya??? Hehehehe….

    •  

      Jreng Jreng Jreng
      Jangan Menangis Kumohon Jangan Menangis
      Menangis nyokot ngerikiti watu watune yo udu berlian
      kangen aku ma kamu mah
      Oh iya
      ea warga ramai ini mana mungkin segala sesuatu tindakan reaksi kok begitu cepat tanpa ada surat resmi, tinggal menelpon saja. Apa ada hubungan kerjasama, saudara, dengan aparat pemerintah
      Konfirmasi dari kenalan Jalan kayon embong kali asin sore tadi di butuhkan waktu 15 tahun sampai 20 tahun
      sebelum beli pulsa internet sore tadi

      Begitu pula on line dari dunia lain sporter sepak bola jam 03.00 wib tadi

      untuk nas ul 28: 15 ~46 masih kujaga mah

      Penyakit Demam masih sayang ama aku, mah
      mohon maaf dan terima kasih

 Leave a Reply