Australia Tambah 2 Pesawat Tanker KC-30A

RAAF KC-30A Multirole Tanker Transport aircraft

Australia Tambah 2 Pesawat Tanker KC-30A 1

Pemerintah Australia membeli dua tambahan Pesawat Airbus A330 Multi-Role Tanker Transport, KC-30A untuk Royal Australian Air Force (RAAF). Dua tambahan pesawat KC-30A akan dikirimkan pada tahun 2018.

Pesawat tanker ini memberikan peningkatan yang substansial bagi kemampuan pengisian bahan bakar udara-ke-udara dari pesawat RAAF.

Departemen Pertahanan Australia telah menandatangani pembaruan kontrak akuisisi dengan Airbus Defence and Space untuk dua pesawat dengan biaya sekitar AUD $ 408 juta (US $ 528 juta).

Lima pesawat KC-30As saat ini dalam layanan RAAF dengan fitur-fitur canggih: military communications and navigation, an electronic warfare self-protection system untuk perlindungan terhadap ancaman rudal permukaan ke udara.

Setiap KC-30A memiliki kapasitas bahan bakar lebih dari 100 ton, dan dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara, baik melalui Aerial Refuelling Boom System atau dua selang pengisian bahan bakar.

Pesawat ini mampu mengisi bahan bakar F/A-18A/B Hornet, F/A-18F Super Hornets, E-7A Wedgetail, C-17A Globemasters dan pesawat KC-30A lainnya.

Di masa depan pesawat ini akan mengisi bahan bakar: EA-18G Growler, P-8A Poseidon dan F-35A (Joint Strike Fighter) sehingga memberikan kekuatan-multiplier bagi pesawat untuk tetap terbang dan memperluas jangkauan.

KC-30A terus memainkan peran penting di kawasan Timur Tengah sebagai bagian dari Operasi Okra, yang mengisi bahan bakar pesawat tempur Australia dan Koalisi.

Sejak September 2014, KC-30A telah memberikan lebih dari 10.800 ton bahan bakar, dalam Operasi Okra.

Tambahan dua pesawat akan berbasis di RAAF Basis Amberley, sehingga pangkalan itu memiliki armada tujuh unit KC-30A tanker.

Airrecognition.com

Leave a Reply