Apr 102018
 

Jet tempur siluman F-35A Lightning II Angkatan Udara Australia (RAAF) Β© USAF via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Australia telah menerima batch lebih lanjut dari Lockheed Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighters (JSF), dan yang pertama yang dilengkapi dengan perangkat lunak dengan kemampuan ‘tempur penuh’ terbaru, seperti dilansir dari laman IHS Jane.

“3 jet tempur F-35A berkemampuan lepas landas dan mendarat secara konvensional (CTOL) telah dikirim untuk bergabung dengan 2 pesawat yang terlebih dulu telah dikirim kepada Angkatan Udara Australia (RAAF)”, kata menteri pertahanan Australia, Christopher Pyne.

Sementara kedua jet tempur F-35 yang disampaikan pertama masih dilengkapi dengan perangkat lunak Blok 3i (kemampuan tempur awal), tiga jet tempur F-35 terbaru sudah dilegkapi perangkat lunak Block 3F (kemampuan penuh).

Diketahui bahwa Australia sebagai mitra internasional pertama yang menerima pesawat tempur siluman dengan standar ini, dimana sebelumnya Israel sebagai pelanggan F-35 yang bukan mitra, telah menggunakan standar Block 3F.

Kelima F-35A Australia saat ini berada dengan Skuadron Tempur Angkatan Udara AS (USAF) di Pangkalan Angkatan Udara AS (AFB) di Arizona, di mana mereka melayani sebagai bagian dari armada pelatihan internasional. Dengan 5 pesawat F-35A lainnya ditetapkan untuk bergabung sebelum akhir tahun. Jet tempur F-35A pertama Australia akan tiba di RAAF Williamtown di New South Wales tak lama setelah itu.

F-35A ini direncanakan bergabung dengan Angkatan Udara Australia mulai akhir 2018, menggantikan F/A-18A/B warisan RAAF yang menua dan menjadi pelengkap Boeing F/A-18F Super Hornet dan EA-18G Growler. Kemampuan operasional penuh untuk F-35A Angkatan Udara Australia ini dijadwalkan pada tahun 2023.

Bagikan:

  136 Responses to “Australia Terima F-35A Kemampuan Tempur Penuh”

  1.  

    kaya bakar sate aja, trus dikipas-kipas, supaya asapnya dicium tetangga……………tetangga cuma dapet asepnya doang…….

  2.  

    Siluman Bongsor Keok Dg Siluman Kekar

  3.  

    Jgn sampe selonong boy di Indonesia timur terutama, kapal induk pembawanya jg harus diwaspadai jgn mendekati bahkan memasuki ZEE RI tanpa izin!he3.Paranoid dipagi hari.

  4.  

    TNI duduk santai sambil nonton and minum kopi

  5.  

    awas aja berani srudak-sruduk ke utara…

  6.  

    Tni hrs min punya radar anti pesawat siluman

  7.  

    Amrik buka pangkalan didarwin,china diam2 mw buka pangkalan di vanuatu

  8.  

    tapi tetap F-16V tetap nomor 1…….
    ada lokal konten lagi…..
    Nmax lebih laris daripd Pcx,,,,krn nmax lebih dulu melokalisasi ketimbang pcx yg masih import dari luar….

    so pasti F-16V yg ada unsur local content lebih diminati & harganya masuk akal jika diproduksi di indonesia.

  9.  

    Block 3F ini yang bisa sowan silahturami ke Indonesia…ndak bilang2

  10.  

    Sebuah F-35 rata2 memiliki jangkauan tempur sejauh 1.100 km PP dengan muatan penuh. Jika sebuah LHD Canberra class membawa F-35 B memasuki ZEE area Sumbawa Besar maka mereka akan mampu menjangkau Makassar sebagai markas Su-30 dari jarak sekitar 650 km serangan dengan rudal jelajah Siluman AGM 158 JASSM dan diluncurkan dari jarak 300 km dari target maka waktu serangan kemungkinan sekitar 30 menit.

    Jarak antara Madiun sebagai lanud dan markas untuk F-16 serta Su-35 hingga ZEE selatan Ponorogo sekitar 300 km. Jika serangan dilakukan dari HMAS Adelaide yg memasuki ZEE Ponorogo maka perkiraan waktu serangan menggunakan F-35 adalah sekitar 14 menit 30 detik. Waktu selama itu sangat bisa diatasi bila TNI memiliki radar dan hanud mumpuni seperti PAC 3 atau S-300/400. Masalahnya kita belum memiliki hanud yg memadai dan apabila terjadi serangan dadakan bisa dipastikan hampir 60% kekuatan udara kita baik di Makassar, Madiun, Malang, Jogja, hingga Atang Sendjaja dan Halim akan tersapu bersih tanpa ada alarm sebelumnya. Jika sudah begitu, Pulau Jawa sebagai basis utama Armabar, Armatim bahkan TNI AD dan Ibukota Jakarta akan bisa dengan mudah diserang. Puluhan ribu orang akan mati seketika begitu serangan udara pertama dimulai. Apalagi radar di Bali dan Congot tidak dilengkapi dengan hanud yang kuat. Selain harus memiliki hanud untuk melindungi 22 Satrad kita juga harus memiliki hanud untuk melindungi pangkalan angkatan laut utama di Surabaya, Jakarta, serta daerah strategis lainnya di Indonesia. 48 Baterai hanud sedang, jauh, pendek dibutuhkan untuk mengkover seluruh Indonesia.

    •  

      Yakin RI tdk mempunyai persiapan?

    •  

      Tdk Semudah Itu Bung Soalx Byk KCR Yakhont Lalu Lalang Plus Kasel Yg Akan Menghantam LHD Canberak Class

    •  

      trus, kalo pangkalan2 udah hancur, tentara asutrali mau mendarat gitu???? mang yakin tuh bule jaman now berani mendarat??? MIKIRRRRR

      •  

        Makanya pake proxy war. Buat antar warga saling memusuhi, Kristen dengan Islam, Jawa vs Non Jawa. Belanda sebetulnya udah hampir berhasil. Sayangnya mereka terburu nafsu jadinya lepas. Coba kalo sabar dulu pasti RI hanya terdiri dari DIY, Setengah Jateng, Seperempat Jatim dan 2/3 Sumatera. Sisanya punya Belanda. Buktinya Indonesia belum bisa mengatasi RMS dan OPM sampai bersih.

    •  

      Ostrali melanggar HAM dong

    •  

      Mimpi basah di siang bolong, terlalu berkhayal kelon sama Elly Sugigi, makannya pikirannya ngelantur mengalahkan makhluk astral wkwkwkwkwk

    •  

      Emangnya ausie berani merudal wilayah Indonesia? Jika itu terjadi orang Indonesia bakal semua menyerbu ke ausie, kalau perlu akan berenang menyeberangi lautan, semua itu loh kecuali ente aja yang tidak punya nasionalis, bakalan diem atau pindah warga negara

      😎

      •  

        Mereka berani, bahkan saat referendum Tim-tim, Aussie berencana menyerang Jakarta dengan Pembom F-111 Aardvark kalo Indonesia berusaha menggagalkan referendum. F-111 jelas Pembom jarak jauh yg punya kemampuan terbang rendah dalam waktu yg lama untuk menerobos hanud musuh seperti Uni Soviet kala itu. Terlalu konyol kalo kita menyerbu Aussie karena kita tak punya kemampuan untuk menguasai seluruh pulau. Wilayah Utara selain Darwin itu tandus semua hingga bagian selatan. Hanya ada ular paling beracun di dunia dan binatang mematikan lainnya. Makanya basis industri dan pangkalan utama mereka adanya di selatan Australia.

        •  

          itu cerita lalu beza kak ros y zamanya….dulu dominasi sekutu mutlak tanpa ada bisa kontra keputusan apalagi sikap berlawanan…tapi saat ini….ah sudalah saya malu menerangkanya nanti malah diangap pro rusian atau malah dituduh kominis…walau mata saya tidak sipit dan anu saya tidak kecil..Xaxaxaxaxa…..

          •  

            haiyaaa kuminis masih bahaya raten…..kari blantas masih siap menampung pala kuminis ragi haiyaaa…sipit bukan belalti kuminis bisa jadi kalena begadang semaram suntuk jahit dastel haiyyaaa…

            xaxaxa

          •  

            xaxaxa….paham komunis masih bahaya…???
            bahaya karna ateis atau karna peristiwa masa lalu…???
            makanya di upgrate tu soft ware…biar ngak ketingalan zaman….!!!

          •  

            haiyaa itu masih doktlin Tni bukan doktlin we

            kalo we mikil kuminis macam abg labil haiyaa gampang telgoda cinta mikil kalna perasaan namun kenyataan gak jauh2 dali anunya haiyaaa semoga terlsadal sebelum belakhil sama om-om tak di kenal haiyyaa…

            xaxaxa

          •  

            xaxaxa….mana yang doktrin seperti itu…??? bahwa paham komonis ancaman…tidak menyasar pada paham tertentu…tapi pada paham radikalisme dan paham yang membuat perpecahan bangsa pada umumnya….!!!
            wong negara komunis saja tidak ngurus lagi tu padam….dah ketingalan zaman…laa kita ribut…orang dah sampai mars kita masih ngutak atik padam jadul…lihat pontensi ancaman dan konflik era lepas perang dingin baru bisa memetakan ancaman seaunguhnya….termasuk pengalaman kita hampir tingal nama ….!!!

          •  

            haiyaa jika negala kiminis tidak ngulus sehalusnya palatainya dibubalkan ato paling tidak ngasih izin pltai yg belpendapat lain atao hanya palanoid akibat keladikalan paham tersebut sendili khawtil kekuasaan mutlak atas rakyat china telancam?

          •  

            xaxaxa…yayayaya…ternyata bukan hanya jadul tapi juga tidak paham….
            itu sama seperti dinasti kesultanan DLLN…begitu juga partai kominis…hanya mempertahankan kekuasaan semata tapi ideologinya dan cara berjalan siatem pemerintahan berbeda….saya contohkan UK…dan ingrisnya …sistem pemerintahan dan kerajaanya….ngapa tu kerajaan engak dibubarkan…padahal engak guna…xaxaxayayaya…

          •  

            Haiyaaa cincau lah cocoklogi sma Uk tidak valid
            kuminis tak mengenal sistem parlementer pelwakilan lakyat melainkan Politburo bersistem asal loyal dan asl bapak senang.
            mleka juga akn alergi sma ini.
            https://en.wikipedia.org/wiki/Bill_of_Rights_1689
            https://en.wikipedia.org/wiki/Petition_of_Right

            xaxaxa belbeda pendpat boleh asl raga dan nyawa tidak hilang

          •  

            yaa jelas beda kalo sistemnya…haduh …anak kecil tau….yang dimaksud ngapa masih ada kerajaan padahal engkak penting….!!!

          •  

            haiyya sma dgn yg dimaksud ngapa paltainya masih belkomunis sja padahal engkak penting….!!!

            haiyaa jelas ad pentingnya….sifat alami otoriterisme yg ada di ideologi kuminis sendiri dan ekonomi kolektivitas misalnya

            lupa gak xaxaxaxa

          •  

            xaxaxa…laa situ sapa mau dikte cina tentang otoriter segala…wong dulu kita pernah diancam mau dibom atom gara gara campur tangan dalam negri mereka…yaa amerika diem aja…padahal dia yang hasut…..!!!
            kamu kalo engak mau orang ngurusin domestik dalam negri sendiri….yaa jangan ngurusin domestik orang lain dong ….jan gitu….!!!

          •  

            haiyya sama dek sama domestik dalam negeri nepal,kamboja, laos dan beberapa negara di afrika dn dukungan mereka terhadap pemberontak maois kuminis di India,nepal dan filipina

            haiyaa malah ngopi strateginya Asu
            xaxaxa

            kambing pun takkan jatuh ke lubang yg sama dua kali dek begitupun politik bebas aktif kita dan selat malaka.

            xaxaxa

          •  

            kalo setali tiga uang ,,,lalu napa harus jauhi cina dekati amerika ….???

          •  

            bebas aktif dek bebas aktif As tidak bisa percaya sepenuhnya begitupun kita (demokrasi harus sinonim dgn liberalisme)
            itu sebabnya pasokan alutsista kita dari beberapa negara

          •  

            xaxaxa…laa engak usah situ ngomong panjang lebar…karna itu sudah kita lakukan bukan lagi omdo tok….!!!

    •  

      Analisa bung agato mungkin ada benarnya jangan remehkan kemampuan negara lain kalau kita lebih waspada lebih baik daripada kita merasa sudah kuat tapi lengah dan masih banyak kelemahan

    •  

      Sayangnya yg d miliki sutrali F-35 A bukan F-35 B… jd tdk mungkin LHD sutrali ngangkut F-35…

  11.  

    Kenapa aku kalau dengar f35 kok jadi ngakak… Kwokwokwok

    😎

  12.  

    radar tni au saat ini hanya bisa mengkover 70% teritori indonesia,dan pling bnyak di gunakan di pulau” besar seperti sumatra,kalimantan,jawa dan sulawesi,bagian timur sangat minim radar militer,cukup riskan apabila terjadi serangan mendadak seperti yang di paparkan agato,kalau boleh berpendapat seharusnya indonesia harus punya radar sekelas voronez,setidaknya 2 unit,1 ,di kalimantan dan sisanya di jawa,pada siang hari gunakan radar sekelas wheybel tak masalah,dan malam hari gunakan voronez(karna voronez boros listrik)

  13.  

    Masalahnya F-35 itu terlalu mahal di segalanya… perawatanya mahal, pesawatnya mahal, apalagi ketika upgrade… bahkan beberapa kali dikemukakan upgrade satu tingkat saja sangat mahal, bahkan mungkin lebih murah membuat pesawat baru…

  14.  

    setidaknya buat early warning bung,bukan merujuk atas gentarnya kita terhadap f 35 atau karna masalah f 35 yang belum terpecahkan,,istilahnya kita sedia payung sebelum hujan bung

  15.  

    dan ada baiknya indonesia tidak usah berperang dengan australia, karena jika meletusnya perang saya yakin malaysia, new zealand, singapura, Inggris dan AS tidak mungkin hanya menjadi penonton

  16.  

    yaelah pada keblinger yak masak nalar bukan X berarti Y masih terus berlanjut

    kenapa tidak ada yg nangkep kenapa pakde ngotot ingin Asutrali ikut Asean?
    jngan2 Pakde presiden spionase asing juga yah

    •  

      jadi maksud bung Anu klo ASEAN itu adalah Australian and South East Asia Nations ya? πŸ˜€

      •  

        Asean adlah organisasi ekspansif bung anggotanya tidak akan mencakup Asia tenggra sja pelopornya adalah Indonesia sendiri lewat diplomat senior2 nya,ini sebabnya timtim didorong masuk asean oleh indonesia sendiri tanpa memperdulikan keengganan malaysia dan singapura.
        kenapa demikian, karena supaya asean punya daya tawar yg tinggi terutama di bidang ekonomi terhadap tindakan ekspansif merkantilis dan kebijakan luar negeri china sendiri yg cenderung memakai sharp power.
        soft power yg digunakn oleh diplomat2 kita klau menurut kearifan lokal adalh diplomasi Mitreka Satata(mitra yg berkedudukan sejajar) warisan Majapahit.
        contoh lain adalh kasus rohingiya ketika melakukan pendektan persuasif terhadap myanmar tanpa harus menyumbu pendek seperti negara tetangga atau tersumbu pendek sebagian rakyat sendiri.
        dan sekarang pakde sedang mencoba meluaskan lagi ke negara2 kepulauan pasifik dan papua nugini.

        rasional demikian sya temukan mensikapi dan mencermati faktor historis dan kebijakan luar negeri sendiri dan negar2 tetangga.

        •  

          asean adalah organisasi kawasaan memang bisa masuk timor leste karna masih satu kawasaan…tapi auatralia atau negara pasifik saya ragu…apalagi asean selalu mengunakan diplomatik kultural yang selama ini tetap dijaga…jadi saya ragu apa mungkin austaralia mampu untuk mengikuti tata cara dan kebiasaan yang selama ini dijaga…..!!!

          •  

            masalah dukungan atau lainya dari berbagai kepala negara termasuk pak jokowi…bisa jadi hanya bahasa simbolis atau bahaasa diplomatik semata…karna semua persetujuan harus disepakati semua angota ….jadi masih jauh kata bergabung untuk australia apalagi negara pasifik lainya….!!!

          •  

            tidak ada simbolisme dlm politik semua punya pesan tersendiri
            makna yg tersurat bukan makna yg tersirat.

          •  

            Xaxaxa…tidak menjamin banyak angota membuat suatu organisasi kuat dan diperhitungkan….itu pemikiran ketinglalan zaman om…..
            kekompakan solit dalam keputusan itu lebih utama…apalagi dengan perkembangan ekonomi kawasaan akan menjadi motifasi bagi angota asean kian mengambil peran….angota asean saat ini walau punya perbedaan pola pandang politik dan ekonomi tapi masih menghargai sikap santun dalam kebersamaan…beda dengan diplomasi ala koboi yang dianut australia saat ini….!!!

          •  

            aduh aduh kuwalik dek kuwalik asean sikap santun dalam kebersamaan terlalu romantisme utopia,
            pragmatisnya malah semua sembah sujud demi keamanan investasi.
            gimana mau kompak

            duh mending baca link komen sya yg jauh dibawah

          •  

            xaxaxa jadi maksudnya kita harus sembah sujud sama usa dan sekutu demi mempertahankan dpminasi dunia…gitu…yaa…???

          •  

            itu pemikran bangsa yg terjajah dek alias inferiority complex
            hubungan ekonomi tidak bisa dinalar seperti hubungan tuan dan hamba di era negara bangsa

          •  

            xaxaxa….laa situ yang ngomong sembah sujud …hadouw….laa situ juga yang menyangkal…!!!

          •  

            itu namanya pragmatis dan realistis dek
            sembah sujud antara tuan dan hamba lantaran faktor ekonomi adah pemikiran penjajahan yg masih menghantui.
            kan sudah ada aturan hak2 dan kewajiban yg harus dipersetujui bersama.

          •  

            xixixixaxax…bolak lagi dak konsisten situ nu….!!!
            jadi yang mana ni pake sembah sujud kagak…???

        •  

          *makna yg tersurat bukanlah makna tersirat

          •  

            xaxaxa…bula asean hanya takut dominasi satu negara cina ….napa engak sekalian amerika atau rusia diajak gabung..xaxayayay….setidaknya japang yang ngebet…walau cina lebih kebelet masuk asean….xaxaxaxa…kalou semua masuk asean kan lebih diperhitungkan dan bebas ancaman….seperti selama ini negara tetangga dan sesama asean lebih menjaga dan lebih menghargai kedaulalatan kita…yang selama ini terjadi…..XaxaxaxayYayay…

          •  

            baca artikel2 mengenai ekonomi merkantilis,sistem westphalia,Tianxia, konsep negara bangsa(Nation states)
            soft power dan hard power dan yg lebih baru lagi sharp power.

          •  

            xaxaxa….laa situ yang ngomong sembah sujud …hadouw….laa situ juga yang menyangkal…!!!

          •  

            masalah itu engak kita bahas om…temanya lain….jangan diaduk malah makin ruet…fokus pada asean dan kawasan serta keangotaan australia ….!!!

          •  

            bukan ruwet dek malah itu yg ngasih pencerah
            atas kerisauan hati adek

            xaxaxa

          •  

            laa ngapain kita curhatan kalo situ suruh saya belajar baca dulu…???
            apalagi dalil dan tema jauh beza…nanti semua orang ikutin cara kamu pas curhat ngasih dalil yang nyimpang dari tema dan payah dicerna karna tu buku langka…xacaxaxa….

          •  

            idih geer amat langsung ke curhat2an
            ini forum apa yah?

            xaxaxaxa

            itu artikel dek klo mau dapet susuk2 pengetahuan geopolitik tersebut harus sowan dulu ke mbah gugel dan nyiapin sesajen kuota internet.

            xaxaxa

          •  

            laa kalo gicu untuk apa diskusi…dimari…..baca aja sendiri,,,kan beres urusanya…ngak perlu saya sampai keluarin paket data segala…yaa engak…?!?!?

          •  

            ya kalo tak muat disini gak muat dek
            tempatnya kesempitan klo tak paksa nanti sakit….dibanned sebulan

            xaxaxa

          •  

            Xaxaxaxayayaya…jadi salah yang punya warung…bukan situ yang kabooooor tak kunjung ….ah sudah lah …malah nanti ribet…..
            tapi saran saya kalo mau koereksi komen saat dalam tema….jangan nanti sebulan kemudian baru komplen….ngawar ngiwir lah apalah….karna yang sudah saya sering lupa apa yang saya komenkan….!!!

    •  

      Jawaban untuk no 13 kok dijawab utk no 1, ya jadi gini deh

      😎

    •  

      Woi bubar woii…. Jangan berantem disini. Malah ada yg curhat lagi.

  17.  

    perang indo vs aus kemungkinan besar tidak terjadi,sekarang lgi tren proxy war,fpda sudah tidak segarang dulu lgi

  18.  

    Bung kita membutuhkan siapa saja yang bisa memberi masukan di mana kelemahan kita supaya kita bisa perbaiki dan lebih waspada

  19.  

    BELI F-16 PALING DI AMBIL DARI KUBURAN BONEYARD. KAN SDH GA DI PRODUKSI NIH BARANG.

  20.  

    semoga nanti ketemu SU35 ..

 Leave a Reply