Jan 092014
 
Manusia Perahu yang bertolak dari Laut Indonesia menuju Australia (photo:abc.net.au)

Manusia Perahu yang bertolak dari Laut Indonesia menuju Australia (photo:abc.net.au)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dinilai tidak mampu mencegah pelanggaran perairan oleh tiga kapal perang Australia pada 19 Desember 2013. Pelanggaran perairan Indonesia oleh kapal perang Australia terjadi lagi pada 6 Januari 2013. Itu pun tidak dicegah aparat keamanan Indonesia. Kapal perang Australia masuk ke perairan Indonesia hingga 7 mil dari pesisir Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, untuk mengiring kembali perahu pengangkut imigran yang berlayar ke negara itu.

Penilaian pihak Australia itu disampaikan salah satu imigran, Rabu (8/1). “Tentara Australia bilang tentara Indonesia itu kecil. Tidak mampu berbuat apa-apa,” kata Mohamed  Abdirashid, 18, imigran asal Somalia. Ia mengisahkan, selama pelayaran melintasi perairan Indonesia menuju Australia, lampu kapal perang tersebut dipadamkan termasuk pada malam hari. Pemadaman lampu tersebut bertujuan mengelabui aparat keamanan Indonesia.

“Kami berlayar hampir dekat ke Pulau Rote kemudian melihat perahu di kejauhan. Kami mengira itu kapal perang Indonesia, ternyata bukan,” ujarnya. Oleh kapal yang ternyata milik Australia, Abdirashid diminta untuk terus jalan karena Pulau Rote sudah dekat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Timor Barat Ferdi Tanoni mendesak Pemerintah Indonesia khususnya TNI agar tegas kepada Australia. Pasalnya, keberadaan kapal perang Australia di perairan Indonesia yang tanpa izin merupakan pelecehan.

“Tindakan Australia menghalau para imigran sampai perairan Indonesia merupakan pelecehan yang harus diambil tindakan tegas oleh Jakarta,” katanya.

Imigran Timur Tengah yang dihalau kapal perang Australia kembali ke Indonesia sebanyak dua kali. Pertama pada 19 Desember 2013 sebanyak 47 orang. Kedua pada 6 Januari 2014 sebanyak 45 orang sehingga total imigran yang ditampung di sebuah hotel di Kota Kupang sebanyak 93 orang.

Kepala Imigrasi Kupang Silvester Sililaba mengatakan imigran ditampung di hotel karena Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang saat ini penuh. (Metrotvnews.com/Palce Amalo).

Kisruh Manusia Perahu
Panglima TNI Jenderal Moeldoko mendapat telepon dari Panglima militer Australia, beberapa waktu lalu. Dalam komunikasi itu, Panglima militer negeri Kanguru itu menegaskan, negaranya akan mengusir imigran gelap yang kerap disebut ‘manusia perahu’ yang datang dari Indonesia.

“Baik itu kru (kapal) orang Indonesia. Mereka akan usir dan dorong perahu itu balik lagi ke Indonesia,” kata Moeldoko di Cilangkap, Rabu 8 Januari 2014. Australia juga menyampaikan sikap tegas mereka atas maraknya penyelundupan imigran gelap yang masuk ke wilayah mereka setelah Indonesia membekukan kerjasama militer, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Indonesia membekukan sejumlah kerjasama dengan Australia, November 2013. Salah satunya, patroli bersama mencegah imigran gelap di perairan. Pembekuan kerjasama ini buntut dari skandal penyadapan yang dilancarkan Australia ke Presiden SBY dan istri, serta sejumlah tokoh RI tahun 2009.

Jenderal Moeldoko mengungkapkan, sikap tegas militer Australia itu berdasarkan keputusan Pemerintahan Tony Abbott paska pembekuan kerjasama militer kedua negara bertetangga tersebut. “Kita sudah tidak ada hubungan patroli bersama,” katanya.

Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya. (Vivanews.com/ Prita Daneswari).

  211 Responses to “Australia Terobos Perairan Indonesia”

  1. semakin memanas konflik dg Ozt ,
    radar kita msh ngeblankspot . Buktinya kapal” Ozt bisa sedekat itu, bagaiamana dg 4 radar yd dipesan dan akan di pasang di timur,
    kenapa hiu kencana tak menyundul salah satu dari kapal Ozt,
    BnV yg di miliki indonesia belum menammpakan tajinya dan hidungnyya sehingga ozt kembali mencari ulah,dulu bawean sekarang pulau rote.

    Ausie ternyata terobsesi ingin menjajal lautan indonesia supaya BNV keluar..

  2. TNI bukan tidak lihat, namun melakukan pembiaran untuk manusia perahu yang menuju ke AUS, konsekuensianya “mungkin” TNI juga membiarkan kapal perang AUS yang mencoba menghalau kapal manusia perahu tsb.

    Kalau di katakan TNI tidak tahu kalau ada kapal perang AUS masuk perairan Indonesia sepertinya tidak, karena hiu kencana yang nongkrong disitu he he he…jangan tanya tipe ya.

    • maksudnya TNI membiar kan kedaulatan di langgar tetangga? kenapa begitu apa maksudnya mas??

      • ya juga sih mas…mustinya di dorong ke perairan internasional…..:((.
        bukan kapal perangnya ikut masuk….
        sabar mas ..sabar

        • Karena perahunya menggunakan perahu Indonesia dan atau didalamnya terdapat warga negara Indonesia.

        • di dalam perahu ada yang lupa minum obat cacing, jadi disuruh balik lagi beli obat cacingnya di mari…
          bang ruski sama neng okelah tumben akur…

          sorry om diego..

        • gampang itu ngebalesnya.

          perintahkan kopasus menjalankan Misi “Mawar II”.

          Suruh nyamar jadi pengungsi,
          pas diinterogasi AL OSSY BANCI/ATHEIS/HOMBRE*G/LES*I itu, culik aja mereka bawa ke indonesia, atau sabotase aja kapal mereka biar mesinnya mati ditengah laut, atau tinggalkan bom waktu di kapal perang mereka, jadi 20 menit selesai ngantar “pengungsi siluman” itu balik lagi ke perairan NTT, meledaklah kapal perang mereka.

          osy harus diberi segala macam cara pembalasan dan pelajaran…
          kalo ga, ya si osy kumat kumat lagi…

    • Kalau sudah tau berarti TNI nggak ada nyalinya, saya jadi ingat waktu kejadian di Lebanon TNI NGIPRIT PAKAI TAXI.

      • tentara kita itu cuma berani di kandang doank tapi klw dah di luar kandang busset deeeech langsung ciut nyalinya,faktakan bukan ngina apa ada yg marah silakan monggo di kritik,twh lihat kasus di lebanon beda dengan waktu zman dulu pada waktu rezim ORBA berkuasa tentara kita itu terkenal mentalnya yg sadis dan berani baik di kandang maupun di luar kandang tak ada rasa takut makanya negara2 luar aja mencap tentara kita ABRI adalah prajurit salah satu yg paling kejam di dunia karena keberaniannya dan penggmblengan menjadikan ABRI kita di segani pada waktu itu cuma salah tempat bertindak tapi sekarang walah malah berubah 80 derajat celcius setelah peralihan dari ORBA ke REFOTNASI malah nambah ciuttttttttttt nyalinya

        • kebanyakan makan tahu – tempe x sampai gak da nyali hmmmm

        • Bisa jadi bos, karena makanan juga termasuk salah satu faktor yang menentukan kualiias seseorang, pasti beda kulitas orang yang makannya bergizi dengan orang yang cuma makan tempe + sambel trasi, contohnya orang Amerika dan Jepang, mereka sangat memperhatikan kualitas makanan yang akan di konsumsi dan kenyataannya mereka omemang lebih berkualitas dari segala sisi termasuk mental fisik DLL 🙂 😀

        • kejadian lebanon bukan bicara nyali gan….tapi itu mengacu ke standar operasi pertempuran sebagai peace keeper….bukan peace making. di situ ada aturan yang harus di jalani sebagai prajurit profesional. diantaranya ya tadi ,,yang harus meninggalkan TKP bila sudah terjadi pertempuran antara kedua belah pihak yaitu di sini pihak lebanon dan israel. sementara tni berjuang mencegah pertempuran pasukan kawan ,,,prancis , italy, spanyol sudah mendahului meninggalkan tkp, bahkan mereka sudah mengemas camp mereka untuk meninggalkan lebanon. memang sudah menjadi aturan demikian,,bila perseteruan mereka terjadi dalam skala kecil ( senjata senapan / kaliber kecil ) aturan unifil harus memasuki selter yang telah di persiapkan oleh pbb. dan kalo sudah melibatkan senjata berat atau lintas maka harus meninggalkan lebanon dgn jalur evakuasi yang sudah di persiapkan oleh pemerintah indo dan setempat. maaf gan sekedar info dan kalo ada salah mohon di benarkan gan. salam

      • Asal njeplak, nek gak ngerti SOP dr Peace Keeping UN ojok asal mangap ae cuk. Googling atw tanya dl ttg SOP-nya, br ngomong. Kalo asal dar der dor tanpa ada aturan, apa bedanya dgn PERAMPOK…!!
        TNI yg di Leb itu Peace Keeping yg punya aturan jelas.

      • @nyi (p*ki) maxxkau anda keturuan mal*n yang jelas jelas otak keledai

    • Klw pak prabowo yg jdi presiden. Bru disegani negara lain. danny s ratmo

  3. Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya.

    Tapi saya sebagai warga negara Indonesia tersinggung pak Panglima…

  4. TNI AL bukannya tidak tahu ada kapal ausie masuk namun sengaja ada pembiaran biar Ausie tetep kehabisan nafas ngejar2 “manusia perahu” lha buktinya aja Bos tentara Ausie nelpon Bos TNI cuma dengan gaya rendah hati Bos TNI menyampaikan biar tidak tersinggung

  5. Harusnya panglima jawab di telepon dengan tegas “Just make sure it’s Indonesian boat before sending it back to Indonesian waters. I’m sure you’ll stay out of our EEZ “

  6. Diduga ada hubungannya dengn statement Wamenhan tempoh hari. Nggak ada BBM u operasional, adanya u rencana latihan mulai dari Multilateral Naval Exercise Komodo April s.d. LatGab dan Angkasa Yudha akhir 2014 he he he…..
    Bagaimana kabar Lantamal VII di Kupang? Dan Lanud Eltari (ELI), Kupang? Bensin ada bos?
    Situasi yg mirip ada di pesisir Selatan p. Jawa ………
    Mampu beli alutsista trilyunan tapi nggak mampu jaga pantai waduuh

  7. tni kan dah dikasih tau,tp emang kesannya tni sebodo banget sama penyelundupan imigran, biar capek tuh ossie. nyari kapal imigran,intersep dianter balik,eh besok tuh imigran nyoba lagi,intersep,anter lagi, bolak-balik.hehe apa enggak capek mereka…makin mantep kalo dikasih pelatihan dan strategi tuh para pemilik perahunya,biar makin repot sekaligus ngasih pendapatan valuta..

    • sekalian saja bikin usaha pengiriman imigrant menggunakan ks, tiap penumpang dikenakan usd 100k. jika sekali angkut pakai kilo 30 orang kan lumayan. sekali jalan dapat usd 3jt. jika sebulan bisa melaut 3x jadi usd 9jt. jika kumpul setahun bisa buat retrofit kilo bekas punya oom ruskie.

      • Nah yg ini gue cocok nih..angkut pake KS…..buat beli KS.Transport massive nanti..
        gkgkgkgk….

      • Jika punya usd 100k per orang mereka bukan imigran gelap, namanya jadi rombongan turis dan investor 😀 Menurut berita kebanyakan imigran dari timur tengah dan afrika utara yg masuk australia adalah imigran dgn motif ekonomi, bukan politik. Lagipula negara2 seperti NZ, Portugal dan Spanyol menawarkan property dgn iming2 kewarganegaraan, sedangkan US selain green card juga punya jalur kewarganegaraan via investasi

        Ada uang, kewarganegaraan bisa ‘dibeli’, justru Indonesia yang termasuk sangat susah mengeluarkan kewarganegaraan (umum), malah jadi penduduk gelap sepertinya lebih gampang. banyak imigran gagal berangkat ke australia nyangkut di berbagai kota di Indonesia dan menetap

        • @nowyoudont

          met pagi…..
          waduh…..kalau bawa duit seperti di atas …boleh juga tuh…
          tetapi kebanyakan imigran dari timur tengah hanya cekak alias bokek,malahan mereka membawa MASALAH untuk indonesia
          contohnya ..
          imigran dari iran….mereka membawa oleh2 aliran SHIAH
          imigran dari irak …mereka membawa oleh2 aliran SUNNY
          JUGA
          TKI dan mahasiswa indonesia yang belajar di iran,..mereka bila pulang ke tanah air juga bawa oleh2 ajaran SHIAH,sedangkan TKI dan mahasiswa yang belajar di arab saudi cs,mereka juga bawa oleh2 aliran SUNNY
          coba bayangkan 2 aliran itu bila mereka berperang di indonesia..??
          bisa kiamat ini negara …
          makanya pemahaman PANCASILA harus diamalkan dan di sosialisasikan .

          • Namanya jg imigran gelap, modusnya mencari kemakmuran di negeri orang, karena kebanyakan mereka tak lebih seorang pemalas yg bermimpi hidup dinegeri orang yg makmur dng harapan mendapatkan tunjangan sosial dari negara yg dituju tanpa harus bekerja keras. Itu modus mereka.
            Jadi bukan karena negara mereka dalam keadaan perang atau pemerintahnya yg otoriter.
            Jangan anda bawa2 ke unsur aliran agama, bisa menimbulkan SARA nantiinya. Sebaikanya tetap pada topik diatas. Atau tetap menekuni profesi anda sebagai sales obat cacing sesuai keahlian anda Neng OKE LAH…Salam SUKHOI…. 🙂 😀

          • saya lebih suka menjadi silent reader tapi kali ini saya tidak nyaman dengan koment bung @ oke lah

            ma’af anda NGAWUR BESAR masalah sunni

            Indonesia itu SUNNI mas udah dari dulu zaman kerajaan.. islam berdiri..

            mungkin anda perlu belajar definisi sunni dulu ya.. 90% umat islam di dunia itu sunni..

            dan dari dulu zaman kita nenteng keris ampe nenteng smartphone indonesia itu SUNNI dengan fiqh imam safi,i (termasuk NU dan Muhammadiyah)..

            namun sekarang memang mulai berkembang ajaran dari mahdzab imam yang lain (Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam Hanbali)..

            bung @ oke lah
            jika anda seorang muslim belajar dulu mengenai islam..

            jika anda bukan muslim jangan menimbulkan SARA.. ya…

    • Ini kebijakan sebodo banget kebijakan pemerintah atau TNI. Kalau benar runyam mengorbankan bawahan sipil dan militer di daerah, menghancurkan moril, dicaci rakyat. Siapa berani caci jenderal? Kalau kebijakan militer, sipil kan di atas militer. Diduga keras pemerintah tidak punya kebijakan apa2 selepas gegeran soal penyadapan Aussie, menghadapi Pemilu, lepas tangan serahkan ke Pemerintah dan DPR baru. Di sipil ada ungkapan “Time is money”, di strategi perang ada “Time is battles lost or won”.

  8. memang NKRI luas dan masih banyak bug belum ter cover .. sementara KS cuma 2 , misal satu lagi di rawat 1 lagi patroli seluas Indonesia ?? kok gak masuk akal ya

    sementara kapal Patroli kurang .. , ya itu artinya pertahanan kita masih lemah perlu di akui masih bisa atau bisa banget di terobosss.

    Tinggal nunggu pencerahan sesepuh Warjag ..

  9. sungguh di sayangkan, orang kuat TNI membenarkan hal ini .
    nampaknya kita perlu membutakan MATA dan menTULIkan telinga , bila semua tetangga2 kita menerobos perairan kita seenaknya saja.?
    di mana harga diri bangsa ini? di mana semangat AREK2 SUROBOYO yg tlah melegenda?
    yg ada hanya itu “wajar-wajar saja”.
    jendral opo iki?

  10. Asyik ada mainan baru di selatan… Hehe:-P

  11. Sederhana z sebetulnya…

    kalo selevel DIADU, kalo ciut nyali DIEM, kalo lebih KUAT itu 3 kapal ditarik sekalian ke Surabaya…awaknya suruh naik perahu yg buat selundupan suruh lapor ke Panglima OZ nya …habis dibully TNI AL.

    hayooo yg mana..??? wkwkkwk

    • Hmm… gimana kalo rombongan perahu ini dimanajemen secara undergorund. diberangkatkan dari beberapa titik yang tersebar dalam jangka waktu tertentu.
      Kapal patroli Anustralia yang 3 itukan pasti rombongan… ada yang ketangkep.. dan pasti ada yang lepas… kita ga usah ikut2an, (karena ngabis ngabisin bbm), cuman mantau aja….
      Ini dilakukan untuk menguras fikiran, tenaga, bbm, dan perhatian mereka…..

  12. kayak gak tau aja sista radar gym, pokoke bobrok tenan….3 kapal perang asing masuk tanpa ada pengawalan adalah keliru besar, petugasnya wajib dipertanyakan bahkan diberi hukuman biar tidak bersikap sebodo,,gak mau tau

  13. saya pahami situasi hati pak moel, pasti sangat marah & panas dengan aust, tapi disabar-sabarkan karena 3 pilar pemukul aust belum dateng (kilo,su35,buk-m2), jadilah jawabannya seperti itu, tapi tunggu saja taon depan, pasti beda jawabannya.

  14. @andri cahyadi

    bos….yang terbaik adalah di giring ke perairan internasional…..titik..!

  15. @Bung Noah,
    link yg anda berikan adalah hanya pernyataan bp. Hikmawanto. Anda tulis “masuknya 3 kapal perang ausie ke perairan indonesia memang sebnnarnya sudah di ketahui pihak tni al,dan atas izin panglima tni pihak angkatan laut ausie boleh memasuki perairan indonesia dengan mengusir manusia perahu makanya tidak ada tindakan apapun dari pihak TNI AL “. Tolong berikan bukti/link-nya dong.
    Dari berita media cetak, cerita yg terlibat tidak ada yg menyebutkan TNI AL. Aussie bahkan disebutkan masuk lewat batas 12 mil. Apa kabar dengan ZEE? Kapal/pesawat TNI AL mana yang mengawal mereka? Kalau memang kecolongan ya akui saja, semoga next time better. Kalau benar berita anda ya alhamdulillah.

    • berita panglima atas pemberian izin kepada angkatan laut ausie yg memasuki perairan indonesia dengan menggiring manusia perahu kembali ke indonesia memang di bantah panglima tni beliau menyampaikan di TVRI bahwa beliau tidak pernah memberikan izin kepada pihak ausie utk memasuki wilayah tori-torial RI ataupun menerima manusia perahu kembali ke indonesia ……….. bla22222 ini hanya pernyataan ngeles saja panglima karena banyakanya yg media dan para pejabat terkait yg menyudutkannya,tak mungkinlah TNI AL kita kecolongan toh perairan yg di lewati kapal perang ausie trsbt cukup ketat penjagaannya oleh tentara kita makanya tak masuk sampai kecolongan yg ke2 x linya bla222222

  16. Smoga bisa di ambil hikmahnya…ini menjadi titik balik buat kebangkitan AL…
    Jika tak ada masalah maka tak akan tau kelemahan…
    Wkwkwkwk

  17. TNI sudah di kasih hibah hercules sama aus, makanya TNI ga mood berhadapan sama militer aus.

  18. terbukti skg kalo pertahanan kita di selatan sangat lemah,bahkan ga ada sama sekali.kemana lantamal kupang?bukankah disana ujung tombak pertahanan kita utk wilayah selatan???kemana radar kita?apa kita ga pux radar?australia saja punya radar yg bisa mengamati sampai wilayah kita.masak kita ga punya??

  19. @ andri cahyadi

    *Moeldoko mengatakan dia hanya menjalankan kebijakan perbatasan dan tidak mencampuri politik luar negeri kedua negara.*

    kalau benar muldoko berkata begitu…?
    sangat di sayangkan….:((.

  20. Selatan : “Eghh….gue kirim anak buah gue tuh..ke Perairan loe..males gue terima orang2 aneh..!! ngerti loe..?? ”
    (sambil nyeruput Jack D ..dan ngisep cerutu, dgn gaya congkak)

    Utara : “Oghhh….gitu ya…yyaaa yaaa…ya gpp seh..”

  21. Mana nih yang suka ngomong katanya ALUTNISTA TNI mutakhir sambil mulutnya MONYONG lagi, katanya MUUU-TAAA-KHIIIRRRRRR, PREEEEEEEETTT… (fantat ane aja ngga percaya).

    • sesepuh disini kayaknya lg males nanggapin abg labil..mau ngasih pencerahan segimana pun juga sm orang yang lg emosional gak bakal masuk.”masalah ini ibarat judul film maju kena mundur kena”.komplek deh pokoknya.
      mudah2an aja ada sesepuh disini yg bisa meredam kemarahan yang lain.saya sih orang awam ngertinya cuma segitu saja.maaf ya mr.pecocot jangan tersinggung takutnya saya ntar di bom lagi sama situ.hihi
      tapi yang pasti kalau tujuan mereka mau menduduki aset indonesia pasti saya akan marah.

  22. Ternyata selama ini kita beli sukhoi su27 su30 yakhont super tukino leopret dll CUMA BUAT NGERAMEIN WARJAG.

  23. Sekali dua kali bisa terjadi spt ini tapi bisa saja ini berkembang menjadi konflik terbuka. Inilah komentar pengunjung warung sebelah menanggapi kemungkinan perang antar kedua negara hehehe…
    ———————–
    Little Boy
    WE ARE ALL GOING TO DIE, MAN! I
    MEAN FOR REAL! BECAUSE THOSE
    INDONESIAN ARMY IS LIKE….FAR
    OUT, MAN! THEY ARE THAT
    AWESOME! THEY GO ALL PEW PEW
    AND ZAP ZAP AND THEY CAN MAKE
    IT SEEMS LIKE WE CAN’T SEE THEM!
    I MEAN THEY GOT FISHING BOAT,
    MAN! FISHING BOAT! THEY LOOK SO
    HARMLESS THEN SUDDENLY BANG!
    THEY ARE ALL OVER OUR NAVY,
    MAN! DO YOU HEAR ME!? DO YOU
    HEAR ME, MAN!? THEY ARE ALL
    OVER OUR NAVY! THEY ALSO HAVE
    GREAT AWESOME ESPIONAGE
    CAPABILITY, MAN! YOU SEE THAT
    INDONESIAN OVERSEA STUDENT
    WALKING OVER THERE, MAN!? THAT
    STUDENT MIGHT BE A SPY ALL
    ALONG! THEY ARE STEALING OUR
    INTELLIGENCE AND FIGHT US AT
    THE SAME TIME! HOW POWERFUL IS
    THAT, MAN!?
    I DON’T KNOW ABOUT YOU, MAN!
    BUT IF YOU WANT TO STAY AND
    FIGHT THIS POWERFUL ARMY, MORE
    POWER TO YOU, MAN! MORE POWER
    TO YOU! I WILL BE PREPARING MY
    RED CARPET FOR THE FIRST
    INDONESIAN SOLDIER AND
    WELCOME INDONESIA AS MY NEW
    OVERLORD!
    SPARE ME, INDONESIAN OVERLORD
    FOR YOUR NEW LOYAL SUBJECT IS
    HERE!

  24. Ngemeng2 soal bbm, jadi ingat kilang minyak utama Indonesia letaknya di Cilacap, hanya sekitar 500 km dari Christmas Island

  25. Gimana Kalo Jawaban Panglima begini (saat ditelpon Panglima oz) :

    Manusia Perahu bukan urusan kita, mau nya mereka kan ke Australi jadi itu urusan Australi.
    Jika 1 meter Kapal Perang sampean Masuk Teritorial NKRI, jangan salahkan kami bila ga bisa Pulang lagi.
    Pembicaraan selesai.klik.

    • wah cakaeup twh harusnya seorang panglima seperti itu bicaranya sambil lantang tapi sayang seribu sayang,yg ngomong sampean bukan panglima tentara kita jadi kagak ngaruh dech

    • Gimana Kalo Jawaban Panglima begini (saat ditelpon Panglima OZ) :

      Terima kasih sudah membantu kami untuk ikut menyampaikan pesan kepada Pemerintah kami agar mempercepat pembelian KILO + Armur + S350 dan SU3.
      Selamat menunaikan tugas dan sampai jumpa pada Trik kerja sama berikutnya.
      Pembicaraan selesai. Klik

      • Potensi konflik dengan Malaysia membagunkan pemerintah akan perlunya kekuatan militer mumpuni, potensi konflik dengan Australia ini harusnya semakin membuat pemerintah melek dan bangun sepenuhnya. Kita dikelilingi musuh potensial, tanpa hal2 sepert ini pemerintah bisa terlena dalam rasa aman palsu, sedangkan tantangan konstan akan membuat TNI terus siaga. Tamparan memalukan bagi pemerintah dan TNI ini hendaknya membawa hikmah, what doesn’t kill you makes you stronger

        • Ya ..gue kira sipadan-ligitan lebih murni, berbeda dgn ambalat dan Oz ini, termasuk sadap menyadap lebih cenderung MAIN MATA,

          maksud gue meskipun ada implikasi positif….ga mesti MEMPERMALUKAN diri sendiri lah…sama2 nyaman gitu…ada action salvo walau tidak kena atau peluru hampa..akan lebih bermartabat daripada seperti DIACAK ACAK begitu…
          lebih rapih kenapa..?

  26. Berarti sudah saatnya penandatanganan kontrak KILO + Amur + 6 Destroyer !! 😀

  27. hehe, kemarin ‘teater kacang polong’ mementaskan dagelan 1 babak (yang sama sekali gak lucu),
    “Naik Turun Harga LPG”….

    jadi, hindari nama aktor2 teater ini yang merasa bisa ngurus 250 juta jiwa ketika tiba saat mencoblos nanti…

  28. keseringan omong gede jd nya ya bgni,mo bli ini lah itulah..sgala su35/pak-fa lah,s300/400 lak,kilo/amurlah dll,akhirnya di test negara lain rupanya indonesia omongnya doang yg gde!

    • @ frans

      tidak semudah pikiran anda… indonesia omong doang..? egak juga tuh…buktinya militer indonesia masuk rangking 14

      World Militery Strength Rangking
      Indonesia Di Posisi 14 Kekuatan Militer Dunia
      http://www.indonesianvoices.com/index.php/component/content/article/61-perkembangan-militer/162-indonesia-di-posisi-14-kekuatan-militer-dunia

      juga indonesia termasuk anggota G 20…
      mudah2 an anda mengerti…! yah
      dan ingat…! bayar pajak yang jujur yah mas….
      agar TNI bisa cepat beli alutsista yang lebih canggih..

    • lah kan baru msh nego
      klo sekarang d tes ya blm ada lah barangnya
      kata tentara australi, mumpung blm ada si kilo qt masuk2 aja dulu dr pada ntar kaya dulu tau2 KS indonesia nongol d samping kapal perang australi tanpa ketahuan
      coba ntar mas frans klo alutsita udah datang msh berani ndak ausie masuk
      dulu indo blm punya sukhoi, hornet ausie berani masuk wilayah, bgitu dah datang langsung mengkeret, pa lg pas pitc black kmaren, semua super hornet ausie nyerah ma 4 sukhoi TNI AU
      so ausie cm berani karena tau barangnya blm ada
      klo dah ada msh berani ndak ya ??

  29. Sesepuh kalau berita ginian mah ngumpet, tapi kalau soal sukro su35 n kilo nggak perlu bakar kemenyan udah nongol duluan.

    • Lah pada gak baca ulasan dithread sebelumnya
      Jadi ngomong ngalor ngidul njelekan bangsa sendiri persis sampah.
      Gak malu apa komentnya dibaca seluruh dunia
      INI KAH MASYARAKAT INDONESIA SESUNGGUHNYA ?
      Njelekin pemimpinnya sendiri,TNI nya sendiri

      Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
      dan teriak teriak ..
      Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
      Tulis namanya yang gede yaaa,,

      Marah itu ya berpikir ,giama solusinya ,,kalau ngebacot gak jelas njelekan njelekan gini,
      Yaa kami patut curiga bahwa kalian malah antek antek asing yang dibayar untuk cyber warfare
      untuk MENJELEKAN BANGSA SENDIRI
      Tahu Komprador tidak ?
      Kalau gak tau gogling dulu baru ngomong yaa

      • @ satrio…

        SABAR YAH MAS….SABAR
        yah gitu deh

        istana dan gedung putih saja di demo….itulah arti demokrasi
        jujur bila anda ***
        sangat salah anda bicara sama rakyat seperti ini..
        ——————————————————————————————————————————-
        #Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
        dan teriak teriak ..
        Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
        Tulis namanya yang gede yaaa,, #
        ——————————————————————————————————————————
        kesannya anda sok jagoan dan arogansi….cilangkap adalah punya rakyat..! dan jangan di jadikan rumah hantu seperti dahulu…jaman sudah berbeda pak..
        dan bila bawahan saya ada yang berani omong seperti itu..apa lagi di media maka saya akan pecat ..!
        ingat indonesia adalah negara hukum…dan berlandaskan pancasila
        emosi boleh saja emosi..tetapi harus kepala dingin…thx

        • Kayaknya bu “oke lah” ini patut diduga “nyonya rumah” salah satu dari warjagger sini juga.

          Penasaran pas bikin kopi bwt abangnya yang lebih mentingin warjag ini dari pada ngelus2 “ibu oke lah”, dan akhirnya tertarik ikutan juga karena ngeliat lakiknya yang tak henti hentinya siang malam ngadepin leptop nulis komen di warjag yang kita cintai ini,,, eee… akhirnya jadi ikutan lakiknya juga siang malam tongkrongin warjag ini ….

          bangun jam 1 malam ===> ngetik komen..
          bangun jam 2 malam ===> liyat laptop, udah dibales belum ya komen ane..
          bangun jam 3 malam ===> ngetik komen lagi…

          akhirnya sang istri dinomorduakan, karena yang dinomorsatukan adalah warjag…
          hahahaa…
          sebelumnya ane minta maaf yang sebenar2nya kalau ada yang tidak berkenan… hanya intermezzo doank…. pisss yah…

        • bila bawahan saya ada yang berani omong seperti itu.. apa lagi di media maka saya akan pecat

          neng@ okelah memang nya anda petinggi apa ?

          jadi penasaran

          • Salon kali? he he he, saya sih curiga dia masih bocah bung

            Niatnya mungkin baik, tapi isi komentarnya menunjukan kekurangan wawasan, cara penyampaian-nya hampir selalu kekanak kanakan 🙂

          • @ BORNEO
            maybe yes ,maybe no…

            hmmm

            @ nowyoudont

            thx you……yang lebih parah lagi sesepuh yang sudah mau mati ,kelakuan seperti bocah TK ..seperti loe..!

            bisa habis ini negara gw..

            @desperado

            ha ha ha ha….jadi ketawa deh saya…..THX

        • …istana dan gedung putih saja di demo….itulah arti demokrasi
          sangat salah anda bicara sama rakyat seperti ini..

          astaga…,sekarang bilang gini, di atas katanya:

          …baik dan buruk itulah negaramu….indonesia
          makanya bayar pajak yang benar …jangan protes melulu…

          140 KARAKTER / MINGGU !

        • kayaknya si @okelah seperti bunglon,cepet hinggap dan cepet pula berubah sll plin plan kata”nya.
          Dilihat dr awal sampai akhir kog tiap hari bu @okelah kommen” yg kadang lucu,fantastik dan kuraang nyambung,di kasih tau sesepuh warjag masih ngeyel..

          Semmoga cpet sadar dalam ketidak sadaranya.

          • bung @ patech ,
            biasalah bung….Neng OKE LAH inikan berpikir sedang ngerumpi dengan para ibu2 tetangganya, seperti yg biasa dia kerjakan kalo suaminya sudah pergi ke kantor.. jd harap maklumlah kalo isi komentarnya hanya dapat dimengerti dan dipahami oleh ibu2 rumah tangga. Sekalian jualan obat cacingan mungkin…hehehe

          • Namanya juga bung oke,jadi ngmg baik oke,ngmg apapun selalu oke,ini nih orang yg pantas di bilang anak labil,kadang komennya bener,tp lebih banyak gs benernya.kadang masuk akal kadang ngawur setengah gila,artikelnya apa tp komennya apa,ga sinkron.kayanya sinkronisasi otaknya blom otomatis,jadi ya gini hasilnya,..piiiss bro okelah,jgn marah ya,,,,wkwkwkwkwkw

        • Kamu jangan sotoy yaa
          dan jangan menggiring pandangan orang dan nebak apa profesi saya.
          Saya sudah jelaskan saya fans boy saja,, disebelah saya dikenal tukang warnet.
          kalau kamu patriot yaa jelaskan dan luruskan sebisamu ‘
          Agar rakyat yang di GOSOK oleh para komprador (antek asing) tidak mengtangap TNI ,Presiden,Panglima itu banci,takut dan lain lain

          TNI Anak kandung rakyat
          Saya Sebaga rakyat tidak rela anak kandungnya dihujat didepan umum (internasional) oleh KELUARGANYA SENDIRI,
          kenapa??? karena kita sebagai rakyat belum bisa memberikan alutsista dan kesejahteraan yang IDEAL untuk anaknya (TNI) untuk menjaga luas rumah warisan keluarga yang besar ini..

          Musuh didepan mata lebih gampang untuk menghadapinya
          Tetapi musuh bangsa sendiri yang dibayar untuk MENGHUJAT lambang lambang KEDAULATAN negeri ini yang susah untuk diberantas.

          Pesimis itu boleh tetapi pesimis masal dan itu ada yang menggerakkannya adalah BENCANA bagi NKRI yang berbhineka ini,
          Kalau diteruskan gak ada yang berani nyemprit mungkin artikel ini nanti menjadi artikel HASUTAN dan CACIAN pada lambang lambang negara

          • @ bung Satrio….sepertinya alay alay topix sudah mulai pindah kemari…
            Pencerahan dari para suhu yang tiada henti akan membenamkan suara- suara sumbang tentang TNI yang kita cintai.
            Saya sangat percaya dengan kemampuan dan nyali TNI dalam menjaga martabat bangsa.
            Intrik yang terjadi saat ini (contohnya analisa bung Satrio ttg deploy) biarlah menjadi rahasia para petinggi kita.
            Janganlah terbawa suasana, hati boleh panas tapi kepala tetap dingin.

      • Aussie sdh tahu bahwa imigran gelap sdh menjadi bisnis di Indonesia…gw pernah info ada wanita yg cerai dgn suaminya gara2 digoda ama warga Timteng dan menjadi pacar gelapnya dgn iming2 duit yg bejibun…bininya itu menjadi agen lapangan penyelundupan imigran gelap…yg harus instropeksi yah kita2 juga… seandainya ada tetangga kita mau memasukkan orang kerumah kita lewat rumah dia, yg kita tak mau terima pasti kita nolak mentah2…lagi pula penyelundupan ini sdh jadi bisnis dgn biaya 50 rebu USD perorang…jadi gurih sekali…dan tak lupa oknum keamanan jg ada ampaunya kok….G logika mereka bisa ke P Rote tanpa ketahuan…kulit ama perawakannya beda…banget dgn warga setempat yg keriting2…

  30. Beginilah jadinya presidennya jenderal sama panglimanya jenderal tapi tidak pernah perang. Karbitan tidak seperti Jenderal Sudirman. Sedangkan pak Karno saja dari sipil bisa tegas. tidak seperti yg ini aaaalay. kalau mau nambah bintang entar kami beri tutup botol bir bintang. Mau berapa banyak pak..!!

    • Untuk itu di pemilu 2014 jangan sampai pilih Presiden dari kalangan militer, terserah mau pilih siapa itu hak anda yang penting jangan dari kalangan militer.

  31. Heran juga melihat langkah TNI, kok segan banget dengan Australia. Giliran diminta PBB untuk jaga perairan Lebanon, cepet banget ngirim korvet Sigma. Lha perkarangan rumah sendiri dibiarkan dimasuki pihak asing.

    Masak kapal negara Australia masuk menerobos perairan Indonesia untuk memburu manusia perahu, lalu ditelepon Panglima Australia, dibilang niat baik ?.

    Inilah potret nyata, kekuatan Indonesia yang sesungguhnya ?.

    Pasukan di lapangan bergerak berdasarkan komando. Disuruh nembak ya mereka nembak, Disuruh mundur ya mundur. Berarti ? #tepok jidad

    • Aus kan dulu mau bayar/beli kapal yang buat ngangkut imigran ke aus, dan mereka juga mau membiayai masyarakat yang ngasih tau informasi imigran gelap yang akan ke australia….

      jadi dollar australia pun bisa saja beredar di individu2 TNI

      bukan memfitnah tapi mencoba untuk menghubung2 kan saja, kalau salah mohon dimaafkan dan dikoreksi

    • Yang lebih mengherankan, panglima TNI menanggapinya bak politikus, baru kemarin saya baru ber-yel yel Pak Moeldoko for president 2019, klu begini ga jadi deh!

      Kemarin bicara Anomali di republik ini seakan-akan memahami betul karakter, dinamika dan polemik bangsa ini, tetapi kok bisa kepleset kaya gini sehingga mengabaikan potensi amarah rakyat. Sungguh tak masuk akal.

  32. Alllaammmmaaakkkk …..kok rumah dimasuki tetangga, malah itu tanda niat baik ?. Piye tho …?.

  33. Jenderal Moeldoko mengungkapkan, sikap tegas militer Australia itu berdasarkan keputusan Pemerintahan Tony Abbott paska pembekuan kerjasama militer kedua negara bertetangga tersebut. “Kita sudah tidak ada hubungan patroli bersama,” katanya.Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya.

    ……..INI JADI NIAT BAIK KARENA ………

    “Tentara Australia bilang tentara Indonesia itu kecil. Tidak mampu berbuat apa-apa,” kata Mohamed  Abdirashid, 18, imigran asal Somalia.

    • emang kamu kenal siapa si mohamed
      Dia ngomong gitu kan biar dia gak disalahkan karena menjadi pengungsi ilegal

      Kalau pencuri ketemu yaa ngomongnya ngalor ngidul MEMBENARKAN DIRINYA SENDIRI
      Kallau dia mau bener harusnya LEGAL mendaftar keperwakilan PBB yang ngurusi masalh pengungsi
      malah dibiayai dan difasilitasi untuk mencapai dream line mereka

      • Betul bung Satrio, apa yg dikatakan oleh M Abdirashid sudah bisa diduga. Ini sangat2 “klasik”… kalau sering memperhatikan berita2 ttg pengungsi (baca: imigran ilegal) pasti segera tahu bahwa itu lagu lama…mungkin memang begitu yg tercantum dalam salah satu butir SOPnya (mengadu domba). Jika masih tidak percaya, silakan coba berurusan langsung dgn mereka, pasti dalam waktu singkat anda akan berpikir ttg (maaf) pemukulan, penganiyaan berat atau yg lebih buruk daripada itu.

      • sabar bung satrio…sabaaarrrr…hehehehe…
        Menurut saya gak ada salahnya tuh kapal perang OZ,.. wong masuknya ke wilayah perairan Indonesia karena mengantarkan perahu imigran kembali masuk ke perairan Indonesia, karena perahunya milik Indonesia.
        Yg jadi masalah kalau tuh Kapal perang OZ masuk ke perairan indonesia tanpa mengawal apapun dan sekedar iseng, barulah TNI kita bereaksi.
        Lagian negara kita kan bukan negara bar bar, yg main tembak, main hajar rudal aja, semuanya ada aturan hukum internationalnya.
        Negara sebesar Rusia atau Amerika sekalipun jika terjadi penyusupan di wilayah mereka akan diperingatkan, bukannya mereka langsung menghajar dng Rudal Yakhont, Rudal Harpon, AMRAAM atau membom bardir kapal atau pesawat asing tersebut…
        Mungkin pencerahan2 seperti ini yg perlu bung Satrio jelaskan kepada warjag yg lain, atau mungkin di bahas pada topik yg akan datang, sehingga dapat dihindarkan komentar2 yg asal njeplak.
        Kita juga harus memahami komentar2 mereka yg mungkin jiwa Nasionalismenya sangat tinggi. ..
        Demikian…mohon maaf jika keliru…

      • @satrio: cool-lah bung, ..sy sih gk kenal ma si mohammed. Emang bener sih gk ada pencuri ngomong bener he he he … jd maklum ja krn pernyataanya yg emg gk bner, yaa ngapain nanggapin serius ?. @Loai : sudahlah Bung …pernyataan si M tu pernyataan kanak-kanak .
        @Bang RUSKYE : Benar kata bung itu, ….sy jg gk masalah dgn masuknya kpl navy oz tu, krn dia ngawal perahu punya warga Indonesia, artinya mrk ngawal warga kita kembali ke negerinya kan?. Jgnkan cuma 1 atau 2, sekarung jg gk masalah. Apalagi …SEBELUMNYA MEREKA SUDAH MENGHUBUNGI PIMPINAN TNI, berarti mereka masuk secara LEGAL ….bukan …..MENEROBOS ….seperti JUDUL.

  34. Waduh, koq pada gini reaksinya? kritik itu wajar dan bahkan harus, tapi gw miris denger WNI peminat militer memaki-maki TNI

    Kejadian ini memang mengejutkan dan mengecewakan, sepertinya banyak yang terlena dengan berita alutsista yang bertubi tubi hingga kaget dengan kejadian ini. Bahkan seperti banyak yang lupa bahwa alutista yang disebut-sebut itu belum baru akan datang dan kalaupun datang kebanyakan bukan merupakan autsista yang diposisikan untuk mengatasi ancaman laut. Saya kira diluar alasan Panglima, ini adalah pesan mendesak bahwa pertahanan kita masih bolong di selatan. Saat ini yang layak disebut dalam kaitan peristiwa ini adalah Su30MK2, Sigma 9113, PKR 60/40 dan Yakhont. Tapi itu semua baru potongan2 puzzle yang belum selesai karena potongan puzzle pelengkap hingga potensi maksimalnya bisa digunakan belum tersedia. Sedang alutsista lain macam MBT, MLRS dll itu tidak relevan.

    Hubungan buruk dengan Australia baru saja terjadi, ada kesan pemerintah juga sebelumnya terlena dengan menganggap tidak akan ada ancaman dari selatan. Setelah terbongkarnya penyadapan dan kejadian ini mudah2an akan ada perhatian lebih dari pemerintah dan TNI, bukankah pemerintah sudah mengatakan akan mengoperasikan Kilo di Selatan? itu salah satu indikasi Australia mulai dilirik sebagai ancaman.

    Pada peristiwa gesekan Ambalat dengan Malaysia yg merembet hingga penyebaran tank di perbatasan, pemerintah bereaksi dgn beli MBT,MLRS, Heli serbu dan rudal Yakhont (yang masih meraba2 untuk platform pembawanya). Hasilnya bisa kita lihat ketegangan dengan Malaysia mereda dan tidak ada lagi terjadi provokasi. IMHO, seperti itu juga nantinya hikmah dari kejadian ini. Bisa jadi bentuknya adalah pembangunan pangkalan TNI AL/AU baru di selatan, coastal radar, coastal defence, peningkatan kuantitas/kualitas KRI dan PKR, peningkatan frekuensi patroli, penambahan biaya operasional dan lain2 yang berhubungan penangkalan ancaman yg datang dari selatan.

    Saat ini kita belum cukup kuat untuk bisa tegas, untuk bisa tegas TNI harus punya kekuatan compelling, sementara saat ini masih ngejar deterrent. Kekuatan minimal 40%-pun kan baru akan diperoleh setahun lagi di akhir 2014 ini. Sementara ini bersabarlah lagi dan tunjukkan sedikit dukungan bagi TNI

  35. SAYA Copas lagi tulisan saya biar PADA MEMBACA dan nggak ngomong tok dan mencela
    Paling gampang memang sesepuh dan fans boy bagian MENCELA itu karena TANPA ILMU

    Satrio says:
    January 9, 2014 at 6:30 am

    COBA MENJELASKAN
    Biar gak ada pemikiran keliru dan komentar miring.
    Insiden kapal RAN masuk diwilayah teritorial sampai mendekati pulau roti kemarin,
    Sejujurnya itu karena canggihnya radarl Jindale yang dimiliki oleh ausy bisa mendeteksi sejauh lintasian laut yang akan di lalui kapal perang mereka ..apakah ada kapal KRI atau tidak setelah tahu tidak ada kapal KRI mereka berani masuk,,gak mungkin RAN berani slonoong boy saja dan mereka pun masuk dengan mematikan semua lampu kapal (tetep takut ketahuan)
    makanya ane juga nyidam radar sejenis Jindale tsb,

    Apakah kita tidak tahu ada kapal asing masuk ?
    Bisa jadi tau dan terdeteksi tetepi dibiarkan saja karena akan serba salah dalam menangani manusia perahu tersebut,karena kerjasama patroli bersama dan kerjasama lainnya masih DIHENTIKAN,,
    Kalau dicegat di ZEE maka dengan enaknya RAN akan menyerahkan pengungsi itu untuk dikawal oleh KRI kita.
    Selain itu ausy pingin tahu respons time kita dan pola deploymen kapal permukaan dan kapal bawah laut kita,,KONON armada bawah laut kita sudah mendeteksi dan mengawal secara tertutup iring iringan kapal RAN itu bahkan sudah masuk finder target dan ngelock.,
    Aturannya KS itu akan muncul dan memperingatkan mereka melanggar batas teritory tetapi kan jadi KETAHUAN apa jenis dan pola deploymennya
    Ausy pernah juga masuk secara sembunyi dan kita tindak dengan sedikit kasar (gitu aja infonya)
    dan sekarang mereka mencoba lagi memanfaatkan ,manusia perahu tersebut,

    KALAU kita menghalangi pencari suaka untuk berlayar ke Australia maka Indonesia akan kena HAM.karena mengungsi itu adalah Hak Azazi Manusia ( HAM ),
    dengan membiarkan Ausi mendorong memaksa bahkan menyiksa pengungsi untuk balik ke wilayah Indonesia…itu artinya ausie skr melanggar HAM,apa lagi sampai ada aksi penyiksaan!apa lagii klo hal ini terus berlanjut maka suatu saat akan ada korban dipihak pengungsi sehingga kasusnya meledak jadi kasus internasional yang memaksa PBB turun tangan !tercoreng bin malu lagi muka Australia secara internasional

    Perlu diketahui bahwa Indonesia sudah BERPENGALAMAN menghadapi masalah pengungsi,,,
    dulu jaman Orba pengungsi Vietnam itu lebih sadis lagi,pihak singapura dan malaysia sengaja mendorong perahunya agar tidak masuk wilayah mereka dan masuk terdampar ke wilayah Indonesia,akhirnya PBB turun tangan.itulah asal mula Pulau Galang yg dijadikan tempat pengusian di propinsi Kepri digunakan selama bertahun-tahun jadi kamp pengungsi Vietnam dengan biaya PBB.
    Jadi BIARKAN negara menjalankan POLITIKNYA dan TNI sudah pengalaman menghadapi liciknya negara tetangga.

    dan insiden ini bisa dibuat ALASAN kita perlu kapal REAL FREGATE untuk menjaga dan berpatroli dizona ZEE maka saatnya butuh bekas biar cepet dan memunculkan fregate fregate tersembunyi mungkin seperti bremen class dan tiger class atau sekalia kirov class 😀

    TAMBAHAN
    Saat kerja sama masih aktif dan belum dihentikan
    KESEPAKATANNYA bila ada manusia perahu yang diangkut dengan kapal dan awak kapal dari Indonesia pihak ausy akan mengembalikan ke Indonesia..
    Kalau saja kerjasama tidak dihentikan yaa para KRI kita yang akan menggiring untuk masuk kelautan Indonesia dan mengantarkan sampai kedarat dan akan diproses lebih lanjut.,

    Dengan berhentinya kerjasama ini kita sebenarnya diuntungkan tapi resikonya yaa seperti ini,,

    • Mantap, suruh pada minum Comb@ntrin bung :mrgreen:

      Jika kita lemah secara militer maka kita akan disepelekan dan mendapat tekanan politik/ekonomi, sementara banyak yang diatas malah justru mengejek upaya2 peningkatan kekuatan.

      Buat @rekan2 warjag, jangan hanya asal komen tanpa dipikir terlebih dahulu. War is the continuation of politics by other means, perang adalah ujung dari politik yang macet. Jika kita kuat dan siap perang hingga superior dalam kekuatan militer maka efeknya besar bagi kepentingan ekonomi dan politik. Lawan lemah secara militer lemah pula dari segi daya tawar politik karena ga bisa ngotot. Mereka sadar jika ga selesai dalam jalur politik ujungnya adalah perang dimana yang lemah yang akan hancur.

      Contohnya jika kita punya perselisihan dengan negara asing seperti misal dgn Australia seperti saat ini, maka ketika jalur politik macet ujungnya adalah perang. Sementara jika perang terjadi saat ini keunggulan kekuatan militer masih dipegang Australia. Itu sebabnya pemerintah kita terkesan lebay.

      Itu artinya kita harus mendukung terus modernisasi alutsista, bukan malah mengejek dan menyepelekan upaya penguatan militer ini. Kita ini setengah jalan menuju kekuatan minimal saja belum. Tetap jaga semangat

      • YUP bener bung now
        Perlu obat cacing untuk menghancurkan cacing cacing yang merongrong rasa cinta tanah airnya

        Sebenarnya kemarin nunggu satu moment saja yaitu nunggu salah satu kapal kapal RAN itu mendarat dipulau rote ,,Tinggal disalvo saja karena itu sudah termasuk Invansi.
        Kalau kemarin mereka masih bisa beralasan mengembalikan pengungsi ILEGAL yang difasilitasi oleh perahu milik WNI dan diawaki oleh Warga negara inonesia dengan cara ILEGAL.

        Dan Panglima mereka tau bahwa itu tindakan sembrono makanya mereka cepat menelfon ke pak Moel agar TNI tidak tersinggung,karena mereka tau insiden itu akan memperlemah posisi mereka,
        Mereka takut Indonesia makin ngambek dan memperpanjang pembekuan kerjasama penanganan manusia perahu,,,dan merak makin repot.

        sekarang kartu ada dikita
        Tinggal kita yang MEMAINKANNYA apakah insiden itu akan dibuat alasan tetap menghentikan kerjasama itu (yg merepotkan kita sebenarnya)
        Atau sekalian dibuat alasan untuk membeli alutsista yang gahar (sam jarak jauh ,fregat,destroyer dan pengebom TU) dengan alasan potensi ancaman dari selatan sehingga kawasan gak berani protes

        Itu namanya Langkah TAKTIS untuk mendapatkan keuntungan STRATEGIS
        Bukan nurutin kemauan anak alay yang pinginnya langsung ditembak ditindakl,mulai perang etc,emang mau setelah nembak akan jadi insiden intenasional dan dibuat alasan untuk menggambang Indonesia rame rame melalui PBB seperti di irak, dan libya,,
        emang kalau sudah perang gitu yang mati duluan siapa ?
        Ya TNI sebagai penjaga kedaulatan negeri ini ..
        anak anak alay nggak tau pada lari kemana

        Think smart boy

        • Keputusan mengambil tindakan terakhir (last resort) yaitu konfrontasi langsung memang tidak bisa dengan serta-merta. Saat ini bukan lagi jamannya perang terbuka langsung karena konflik sekecil apapun bisa menimbulkan eskalasi konflik besar yang berujung kepada ketidakstabilan kawasan.

          Sebuah negara yang siap berperang bukan hanya ditilik dari kemampuan militer dan kepentingan jangka pendeknya (harga diri / ekonomi / wilayah dstnya) namun harus dilihat pula tujuan dan efek jangka panjang. Jikalau tindakan konfrontasi ternyata berakibat konflik jangka menengah hingga panjang apalagi sampai menyeret pihak-pihak lain maka tingkat kerugian akan sangat tinggi sekali.

          Konfrontasi fisik (yang bisa berujung perang) mungkin jadi tidak terelakkan, tapi harus sebisa mungkin dihindari dan penguasaan “medan perang” saat ini bukan hanya di alutsista namun di bidang ekonomi, teknologi informasi, energi.

          Dalam perang tidak ada pihak yang menang, yang ada hanya pihak yang kalah banyak dan pihak yang kalah lebih sedikit.

        • Mudah2an kasus ini menjadi tambahan tenaga bagi momentum modernisasi TNI melewati pergantian pemerintahan tahun ini.

          Saya juga kecewa kapal Australia masuk sedekat itu (walau konfirmasi), pantasnya hanya sampai ZEE atau batas wilayah laut. Di satu sisi mereka punya hak tapi bertindak terlalu jauh, dan kita punya kewajiban namun gagal untuk bereaksi pantas.Sekitar 2-3 tahun yang lalu Indonesia juga “diejek” Australia karena kemampuan SAR di laut sepanjang perbatasan yang rendah dan hampir selalu dilakukan petugas Australia walau kecelakaan terjadi di wilayah laut Indonesia.

          Karena Abbot keukeuh dgn sikapnya saya kira hubungan akan tetap dingin dan cenderung memanas, terutama tergantung pengganti SBY nanti, selama ini SBY dipandang Presiden RI yg paling friendly bagi Australia, siapapun penggantinya (walau dari sipil) kemugkinan akan lebih galak. Namun jangan sampai habis manis sepah dibuang, dgn segala kekurangan SBY jangan dilupakan juga jasanya bagi negara. Keinginan saya bagi pemerintah dan TNI ke depan adalah perhatian lebih ke Selatan. Seperti Ambalat dan LCS, wilayah selatan juga adalah halaman muka yang berhadapan dengan kekuatan asing.

          Hendaknya ada KS dan KRI yg secara permanen patroli di sana, perhatikan juga biaya operasional dan logistik jangan sampai masalah kurangnya BBM meghambat tugas patroli dan penjagaan, segera perbaiki mata untuk pengawasan. Dgn semakin lengkap potongan puzzle MEF maka akan semakin sopan juga tetangga asing terhadap kita. Indonesia kembali menjadi kekuatan regional tidak bisa dihindari, yang harus dilakukan hanyalah terus menjaga momentum modernisasi TNI. Bagi saya warga negara sipil di negeri ini yang bisa saya lakukan setidaknya kritik membangun dan dukungan moral bagi TNI

      • @ satrio
        @ nowyounow

        obat cacing itu iklan gw……sembarangan aja kalian pakai…bayar yah..:)).

        • diajeng kan memang pinter akibat sering minum obat cacing waktu kecil ya….
          ——–
          peristiwa itu sebagai peringatan bagi pemimpin yang akan datang bahwa pr masih banyak (terkait mef). jadi jangan terlena dengan alutsista yang telah datang. pemerintah yang akan datang harus konsisten dengan rencana perkuatan tni yang telah dicanangkan. selama ini sudah bermain cantik, tinggal menunggu komitmen selanjutnya. gunakan metode “on top” buat alutsista strategis biar tidak mudah ditebak.

          • Cacing “si okelah” udah bermetamorfosis menjadi belut..
            Jadi bukan “cacingan” lagi, tapi si okelah sekarang sudah “belutan…”

            Obat cacing udah engga mempan lagi buat si okelah…. hahaha….

    • Pernyataan2 KEKECEWAAN para warjager sebetulnya menunjukan Nasionalisme mereka yg militan, ini Bagus, walau dgn Omong doanx sudah menunjukan KEBERANIAN ambil Resiko, Mungkin saja Petinggi kita lagi memainkan trik juga, hanya sekilas memang tampak trik yg ANEH, menunjukan TIDAK ADA WIBAWA nya. disini para warjager bukan bertujuan JUST mencaci maki, lebih bertujuan saling GOSOK naikin ADRENALIN buat para Leader Bangsa ini, Kapan dunx waktunya tidak ada acara MEMBUNGKUK lagi kepada ASING…gue yakin begitu.

      Jadi Inilah Kita…Militansinya kuat…walau ceroboh, tapi kita paham KEDAULATAN dilanggar itu CRIME kepada kita.
      Muaranya “Tolong diperkuat z apa2 yg diperlukan supaya Rakyat pun ikut Bangga dan merasa yakin, baik Pemerintah, alat negara nya, juga rakyatnya ada dlm satu barisan.salam.

    • Jujur saja dalam hal ini inisiatif telah diserahkan/ diambil ke/oleh Ausie. Berbahaya!
      Untuk Pemerintah: Pemerintah tidak punya kebijakan jelas ttg hubungan dgn Aussie pasca penyadapan soal imigran gelap dll.
      Untuk TNI: urusan alutsista bukan hanya beli, ToT, tapi pengelolaan alutsista yg sdh dimiliki : penyebaran, pemeliharaan dan logistic.

  36. @ nasionalis sejati

    maksud loe apa …?
    kalau kepemimpinannya lemah …sudah dari dulu indonesia di hajar tetangga…

    @ danu

    baik dan buruk itulah negaramu….indonesia
    makanya bayar pajak yang benar …jangan protes melulu…

    • @oke lah, sepertinya yang bisa anda share ke forum ini hanyalah ketidakcerdasan anda -hanya itu (plus bahasa ‘terminal’).

      ada yang baik dan buruk di negara ini (semua tahu)

      mayoritas ingin yang terbaik (segelintir menangguk keuntungan dan bergelimang dengan keburukan itu, tentu saja ingin keburukan langgeng)

      jika ingin kebaikan mencuat dan menutup keburukan, pertanyaannya:

      apakah hanya karena membayar pajak dengan benar otomatis keburukan hilang ?
      (ini bukan anjuran untuk tidak membayar pajak)

      apakah dengan tidak ada protes otomatis keburukan hilang ?

      keburukan sudah begitu busuk hingga tidak menyisakan wilayah sakral lagi, Qur’an dan KemenAg pun dijadikan ajang korupsi, resep anda hanya bayar pajak dan jangan protes ?

      lebih baik batasi mengetik hingga 140 karakter per minggu, tapi berbobot…

  37. masalahnya kenapa ya kita tidak memperketat masuknya calon imigran gelap di bandara, biasanya orang asing itu kan ditanyai apa tujuan masuk indonesia dsb, dari situ kan bisa diperketat. sebab setahu ane dari negara asal mereka naik pesawat terus ke oz naik perahu.. ini hanya pendapat awam loh, gimana pendaat para suhu?

  38. Jika terjadi Insiden dgn pihak Ausie oleh TNI AL :

    Justru ini akan menaikan Add-On Anggaran buat TNI AL ….liat z reaksi DPR dan Rakyat Indonesia, ga akan ada yg nolak untuk menaikan sampe 2-3 x lipat dari 86 triliyun ini.

    Hayoo siapa yg Loose a moment..?? 😀

    • Itu juga pandangan saya bung @donnie, hikmah kejadian ini mungkin akan bagus untuk program modernisasi TNI. Rakyat Indonesia tersinggung dan kecewa, hal ini tidak memandang partai politik dan golongan. Program MEF2 dan beyond bisa jadi semakin mulus

      MEF juga kan sebenernya luas, yang namanya maximum dan minimum itu subjective. Apa yang dianggap kekuatan minimum pra kasus vs Australia mungkin beda dengan minimum pasca kejadian2 yang membuat Australia diposisikan sebagai ancaman.

      Mungkin dulu target minimum adalah adanya beberapa real fregate, pasca tambahan ancaman dari Australia “minimum” bisa jadi tambahan jumlah atau malah punya destroyer. Atau 8 squadron jadi 10 sqn, atau anggaran yang melonjak dll

      • Yups…sebelum masuk ke Kriteria POSTUR IDEAL PERTAHANAN (Connie Rahakundinie), keadaan yg ada tetaplah termasuk dlm program MEF (subjective-Dinamis), kriteria Ideal tentu z berdasarkan rumusan saling keterkaitan.paling tidak sbb :
        1. Luas wilayah dan Geostrategisnya
        2. Jumlah Penduduk
        3. Potensi Ekonomi dan kekayaan yg dikandungnya.

        Tidak semua tetangga senang NKRI menuju fitrahnya sebagai Negara Besar seluas Eropa (ruang udara). Malah akan semakin banyak rintangan2 yg ada,

        # Diem2 gue pengagum Pemikiran Bung Now, Satrio,Diego ..terutama Bung Surya dgn A1-nya..hehe.salam.

  39. segera tempatkan SAM di sana

  40. Pimpinan Indonesia kebanyakan nonton film Rambo dan The Avanger, jadi gak punya nyali sama bule…

    kalau mau ngangkat Panglima TNI itu harus se ijin US dan AUS…. kalau calon yg diusulkan tidak sesuai dengan selera mereka ya gak bakalan jadi…

    jadi ingat sama Jend. Ryamizard…

  41. maaf nih buat yang komen merendahkan TNI saya sedikit panas denger komen berbau merendahkan tni,,
    tolong dipikir kalo mau ngejeplak..
    analisis saya yg pertama ,ga mungkin TNI kita sekecil yang diberitakan di media tentang aksi pelecehan kapal peragng oz,,saya masih percaya jiwa nasionalisme mereka masi terjaga ko,,bos yang namanya prajurit itu nunggu perintah ga kya preman yg sekarep dewek,,artinya mungkin ga ada perintah dari atasan ato putusnya koordinasi,,klo gitu berarti bisa disebabkan emang TNI ga tau ada kapal dateng ke perairan kita (RADAR GA DETEKSI/ RADAR RUSAK/RADAR GA DA BBM/EMANG GA ADA RADAR)
    yang kedua,saya masih amat yakin masalah operasional untuk patroli masih jadi kendala disamping radar dan alusista yang masih kurang,,coba pikirin MEF belum kelar aja alusista kita yg ada udh ga bisa patroli,,apalagi ntar pas MEF kelar..ini masalah serius,dan klo ga salah udah pernah dibahas juga di forum ini..
    yang terakhir,dan jadi tanda tanya besar buat saya, ya pernyataan panglima TNI yang katanya mengizinkan kapal oz masuk perairan indonesia??aneh klo kata gua,apa panglima salah ngomong ato gimana? yang jelas harusnya dia tau kebijakan pemerintah yang tidak setuju tentang kebijakan oz untuk menghalau manusia perahu ke perairan mereka dengan mengembalikannya ke perairan indonesia..
    ANEH…

    jadi tolong ya kalo mau komen jangan asal jeplak,,semua udh pada tau ko reputasi prajurit TNI kaya gimana,,memang kesel denger berita kaya gini,tapi tolong sedikit bijak buat bersikap..forum kaya gini buat menganalisa dan nambah wawasan bukan buat ajang saling melecehkan..
    ati2 mas media kaya pedang bermata dua,,disitu bisa terukur tingkat kecerdasan dalam berbangsa…

    • TNI sudah tau..bahkan Panglima nya telpon ke Panglima TNI sebelumnya. Dipastikan SUDAH TAU.
      hanya melahirkan bbrpa persepsi.

      – Menurut Panglima : itu adalah Niat baik (sungkem dulu).
      – Menurut ABK via Imigran (adalah karena kekerdilan TNI (psy war..?)
      – Menurut Media adalah berita yg HOT.
      – Menurut Hikmahanto DISAYANGKAN kejadiannya begitu (ada Kapal Perang Asing Masuk ke Teritorial)..cukup mengantar sampe batas koordinat ZEE.
      – Menurut Para Alay Military Fanboy (termasuk gue) ..itu sih NGELUNJAK .si OZ nya (idealnya seperti yg disampaikan Hikmahanto.
      – Menurut Kajian lain…itu langkah trik strategis
      – Menurut gue Pribadi..(idealnya) …memang kejadian itu harus didramatisir secara cetar, tapi jangan lupa jangan seperti di obok2 begitu…(gengsi juga xixixi) yg lebih terhormat dan rapih apa… sekalipun ini main mata (kalo memang demikian adanya).

      sebagai anak bangsa, tentu gue yakin TNI apalagi skrg…cukup powerfull, so mewakili yg koment2 alay..ini bukan untuk merendahkan TNI…tidak sama sekali….saling gosok adrenalin akan melahirkan semangat Nasionalisme yg lebih menyala2. Apalagi TNI nya….dgn adanya berbagai koment yg nyeleneh (menyayangkan bablasnya Kapal Perang Asing ke teritorial) sekalipun ..is OK..skrg para petinggi kita paham rakyat NKRI, menolak dikerdilkan bangsa lain. dan ini preseden yg bagus tentunya.
      Betul pula insiden ini kita mesti berbesar hati z demi mulusnya kepentingan yg lebih besar.

      # Bravo TNI..

  42. ma af bung @ satrio sedikit mau tanya,bukan maksud ngremehin TNi ATAUPUN SEJENISNYA,
    BAGAIMANA dgn kasus penembakan 8TNI di papua,kayaknya emmg gk ada kelanjutanya dan perammpasan senapan Ak di mmarkas brimmob, TNI /polisi juga masih blm dpt menangkap mmereka,apa terlalu sulit medan di papua, apakah medan di papua beda jauh dg di kalimantan atau bahkan opM sudah tau bahkan sangat hafal dg medan shg dia bisaluasa. Bgaimana skenarionya bung @satrio.
    Dan spt kata bung diego. Dinegeri sendiri OPM masih gentayangan,tp kenapa kalao TNI ke libanon bgt antusias lgsg krim pasukan,,
    apakah karena akut HAM jg spt di timmor leste.
    Mohon pencerahanya ..

    • bukan karena takut sama HAM…. tapi takut sama induknya OPM. (tidak termasuk rakyat jelata + TNI pangkat paling rendah sampai perwira menengah + anggota TNI yang tidak pernah ikut pendidikan di US)

    • saya pernah menjelaskan dengan gamblang dan memberikan cluenya di warjag
      Coba bung pateck cari diartikel mengenai penembakan 8 anggota TNI dipapua
      Kalau kurang jelas quote aja diartikel itu biar muncul nanti ane jelasin l

      • udah jelas bung @satrio. Oke terima kasih,
        ane sempetin tadi maen ke cimahi,sdikit tnya” ttg kekuatan RI saat ini kususnya Armed, dan kasus cebongan , opM(krn HAM), dan trakhir,gk begitu banyak waktu tapi sedikit lega,,
        setelah denger jawabannya dari salah satu anggotanya(sensor)
        bahkan kemaren hampir ada selisih paham antara TNI & polisi di alun” cimahi, (hammpir sama spt di lampung)
        intinya udah rebes semua.. 😀 jiwa korsa TNI patutt di jempolin

  43. saat ini yang ada di pikiran pemerintah adalah memperkuat ekonomi
    melanjutkan MEF
    memperkuat pertahanan/logistik
    membangun kilang khusus buat TNI yang berada di luar jangkauan radar musuh/tetangga
    menunggu alutsista pesanan datang semua
    memesan sista yang strategis/belum dimiliki

    dengan kejadian ini justru akan membuat WARNING untuk ausie rencana tidak ada pembelian sista di 2014 bisa2 akan berubah sebaliknya
    pemerintah tidak akan menutup mata terkait harga diri sebuah bangsa yang berdaulat

    terimakasih tetangga selatan sering sering lah monitor radar cari celah yang bolong silah kan masuki biar macan yang melek jadi berdiri dan bertaring

    • sudah selayaknya bung @borneo, untuk mmenyikapi ausi indonesia,dg sifat arogan nya,laiyaknya mmenambahkan ApBn untuk blanja alutsista yg lebih dan power combat,

      rencana yg di 2024 bisa jadi lebih cepat sampai 2019 saja,bahkan akan ada beberapa dana yg mmungkin akan di alihkan untuk mempercepat mef slanjutnya.

  44. Hapus segera subsidi BBM yang 300 triliun dan alihkan untuk militer, duit segitu sudah cukup untuk membuat Indonesia menjadi negara SUPER POWER di asia.

    • Di kawasan Asia tenggara paling bung. Di Asia ada China dgn anggaran usd 100bn dan Jepang usd 45bn.

      Subsidi BBM Rp 300t nilainya setara usd 25bn. anggaran pertahanan Indonesia tahun ini sekitar usd 7.5bn, sebagai perbandingan anggaran Australia sekitar usd 27 bn. Jika subsidi bbm dihapuskan baiknya sebagian besar untuk infrastruktur dasar yg masih kurang pendanaan, jika infrastruktur baik ekonomi meningkat ujung2nya adalah kemampuan meningkatkan anggaran pertahanan juga.Alutsista biar dari persentasi CAGR saja yang jika stabil dalam beberapa tahun ke depan kita akan punya anggaran terbesar di Asia tenggara

  45. AGAN AGAN SEMUA MOHON TENANG, KALEM, JANGAN SAMPAI TERPROVOKASI SAMA AUSIE.
    KEPADA BAPAK-BAPAK TNI JENGAN DENGERIN APA KATA PENGAMAT JANGAN DENGERIN APA KATA MILITERY FAN BOY, WALAU DIBILANG PENGECUT SEKALIPUN AMA MUSUH.

    KITA SEDANG MEMBANGUN KEKUATAN MILITER TERTANGGUH DAN CANGGIH DI KAWASAN INI.
    SAMPAI HAL ITU TERCAPAI JANGAN ADA KONFLIK TAK PERLU, INSIDEN TAK PENTING. KARENA BISA MERUSAK SEMUANYA.

    KITA BARU BOLEH BERANI ATAU DIIJINKAN BERTINDAK ATAU MEMBUSUNGKAN DADA JIKA KITA SANGAT YAKIN “JIKA KITA BERTINDAK HANYA DALAM HITUNGAN JAM SEPEREMPAT DUNIA BISA KITA HACURKAN.”

    CONTOH LAH CHINA, SELAMA INI MEREKA DIAM DAN TAK MAU BERKONFLIK DGN SIAPA PUN.
    DAN SETELAH MEREKA KUAT, LIHATLAH BEDANYA.

    MAAAAFFF BANGET AND THANKS.

    • Tapi China tidak pernah sekalipun mengijinkan kedaulatan negaranya di injak-injak oleh bangsa lain. Sabar ada batasnya. Menyangkut kedaulatan NKRI tidak ada kata sabar! Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memposisikan dirinya dengan benar dihadapkan musuh….

      • China dulu jajahan Jepang, sengketa LCT dgn Senkaku itu salah satu warisan masa lalu. Demikian juga dgn Russia, China masih menganggap ada wilayahnya yang dicaplok Russia, sedangkan dengan India masih ada sengketa perbatasan di beberapa wilayah. Beberapa dekade yang lalu China terang2an menganggap Mongolia adalah wilayah negaranya.

        Dulu China diam karena lemah secara ekonomi dan militer. Saat ini mereka mulai berani mengambil sikap. Bahkan mencaplok kepulauan di LCS yang selama ini diclaim berbagai negara. Pilipina yang paling lemah dari kekuatan militer hanya bisa mengadu sana sini tanpa mampu membela kedaulatan wilayahnya, padahal wilayah yang dicaplok China diperkirakan kaya dengan sumber daya alam. Itu adalah contoh jelas bagaimana politik luar negeri dan kedaulatan erat hubungannya dengan kekuatan ekonomi dan militer.

        Jika Indonesia lemah maka jangankan negara2 macam China dan Australia, bahkan negara seperti Singapura dan Malaysia berani mencoba-coba dan memanfaatkan kelemahan kita. Saat ini benchmark kekuatan TNI harusnya minimal Autralia

  46. Hidup Indonesia….!!

  47. oke lah@berita/cerita militer indonesia ranking 15 terkuat didunia itu salah besar,secara alutsista aja kita sangat2 tertinggal di asia,di asia aja yg gudangnya alutsista ada china,korsel,korut,japan,taiwan,adalg arab saudi,mesir,iran,israel,rusia dan pecahannya,eropa dan amerika..
    Dasarnya apa menetapkan militer indonesia ada di peringkat dunia,di usik australia aja gak berani,sipadan ligitan diambil diem,wilayah udara dikuasai singapore dan malaysia jg ga brni protes..hmm dgn opm aja babak belur dgn tiktak gerilya,pdhl gembar gembor indonesia paling hebat sedunia klo soal gerilya hahaha

    • Ini ada pernyataan dari perwira TNI kita saat bertugas diluar negeri membawa nama harum negara.dan bangsa ,

      Well, we may not the best equipped soldier in our region, but we are the most experienced warrior through history in the region, since we fought the Dutch, Great Britain, Japan, Portuguese, and all the local rebellions inside the country. Through history, We`ve learned that our most lethal weapon is our bond with our own people.”
      Kalau gak ngerti artinya ini terjemahannya
      (Kami mungkin bukan prajurit yang memperoleh perlengkapan TERBAIK di kawasan ini, tetapi kami adalah PEJUANG yang paling berpengalaman di kawasan, karena kami pernah bertempur melawan, Belanda, Inggris, Jepang, Portugis dan pemberontakan-pemberontakan yang ada di negara ini. Dari sejarah kami BELAJAR kekuatan kita terbesar terletak pada ikatan yang kuat/kemanunggalan antara TNI dan RAKYAT)

    • frans silahkan mengejek TNI kita…… tapi dengan ejekan2 seperti dan arogansi australia malah akan menaikkan moral prajurit TNI dan rakyat Indonesia………..
      Tunggu aja nanti MEF 2&3 malah akan dipercepat dan berapa tahun lagi, kawasan ini akan melihat kekuatan militer Indonesia pada khususnya dan bangsa serta rakyat Indonesia pd umumnya.
      Kita anggota warjag bolehlah mengkritik tapi membangun dan cari solusi cerdas untuk bangsa dan negara NKRI yg kita cintai…….. jgn menkritik dengan nada sangat melecehkan bangsa dan negara Indonesia, kecuali memang bukan wni……………

  48. setuju sama bung surya. jangan sampai kepala panas terus membabi buta. setelah ujian dari jiran utara berhasil dilewati dengan sukses. sekarang ujian dari jiran selatan, di saat2 yang paling menentukan pula. kuncinya jangan “Ejakulasi Dini”. jangan sampai kita2 terpancing provokasi, terus dijadikan pintu masuk buat penjarah2 berkulit putih. bagi pemuda-pemuda yang berdarah panas, persiapkan diri anda setiap hari minimal push up 100x, belajar berenang dan jangan lupa berlatihlah bela diri. jika saatnya tiba jangan jadi ayam sayur yang cacingan.

  49. Seharusnya kita bersyukur, kita hidup di negara demokrasi yg menghargai perbedaan. Untuk yg militan hendaknya kalau marah bicaranya santun tapi tetap tegas serta tepat sasaran sebagai pengimbang dan tolong jangan sampai menguliti sampai habis. Sebaliknya TNI serta Pemerintah walaupun tidak dapat memuaskan semua lapisan masyarakat namun hendaknya sebagian BESAR masyarakat dapat menerima apa yang dilakukan oleh mereka,ini sangat penting karena kepentingan Nasional kita diatas segalanya. Dan untuk propokator + antek asing inilah musuh kita bersama dan nyata.

  50. Mending damai aja adek-adek sekalian, ajukan proposal perdamaian dan konsesus-konsesus yang menguntungkan australia dan kita. Kasian pak bila TNI berperang, kalau anggota TNI mati siapa yang ngurus anak istrinya.

  51. wah rame bgt ada apa ya.ane males marah-marah + berpraduga yg tidak2 (bkn brarti tdk cinta NKRI).mungkin aussie sangking prustasinya lupa diri trs masuk pekarangan tetangganya.kita tegur aja jgn terlalu jauh masuknya.lagian barang blm semua terkirim jadi sabar aja dl.kan sayang kalau ditunda pengirimannya.
    ane jd inget temen yang ngakalin lift gara2 perusahaannya pelit sm lembur,padahal lift nya ga rusak.
    kayaknya bakal muncul berita soal renstra laut apa ya kedepan…?

  52. Byuuuuh…ramai nian, hahaha. Agan dan aganwati, kalau mau bilang TNI lemah atau gak, harusnya liat peristiwanya dgn lebih komprehensif. Sebenarnya, peristiwa Panglima Aus telp Jend Moeldoko itu bs dikatakan Aus “minta izin” ke kita. Artinya kita tahu tp didiemin aja, coz lg penghentian kerjasama di bidang people smuglling. Cm, kok ada peristiwa “printilan” soal kapal Aus yg mematikan lampu (kayaknya ini blm bs dipertanggungjawabkan). So, posisi TNI dlm hal ini serbasalah gan. Mengingat SBY msh gondok ama Aus. Jd, jgn terlalu dikhawatirkan lah soal kemampuan dan integritas TNI. Walaupun memang harus diakui TNI kita msh “kecil” jk diliat dr inventory alutsistanya. Semoga Warjagers bs lebih calm lg menanggapi setiap isu. Salam

  53. Sama2 salah kok, pemerintahnya yg salah. Yang nyalahin TNI tolong belajar struktur pemerintahan, TNI itu letaknya dimana trus yg diatas TNI itu siapa. Mengeluarkan kebijakan pembiaran trhadap rombongan pencari suaka padahal WNI ikut terlibat ya salah juga. Sedangkan Kapal perang Ostrali masuk jauh ke perairan kita ya juga salah, tapi gimana lagi wong nggak ada Kapal TNI yg njemput itu kapal imigran kok. Klo ngusirnya cuman sampe diluar ZEE ya balik lagi itu kapal imigran. Kenapa kok nggak ditampung di disono, ya ribet juga emoh, lha wong kapalnya kapal WNI kok. Imigran itu dah bayar ongkos buat naik kapal ke oknum disini. Ostrali taunya itu kapal orang sini ya udah dibalikin kesini, ditembak/ditenggelemin nanti salah lagi. Panglima berkata seperti itu karena menyadari nggak bisa menyalahkan pihak Ostrali sepenuhnya, nyalahin pemerintah sendiri juga nggak mungkin.

    Mau nggak mau, suka nggak suka kita harus terlibat nggak bisa cuci tangan. Mulai pengawasan bea cukai, imigrasi dari bandara dan pelabuhan. Pendatang mencurigakan dan tujuan nggak jelas harus dikarantina. Ketika terindikasi imigran yg mau ke Ostrali ya sita itu hartanya, trus beliin tiket buat pulang ke negara semula. Itu oknum2 sini yg penyedia jasa nyebrangin imigran harus ditindak keras sampai ada efek jera, klo nggak ya ga bakalan selesai itu masalah. Jangan biasakan buruk muka cermin dibelah. Jangan biasakan nyalahin orang lain klo sini juga punya permasalahan yg harus diselesaikan.

    Yang nggak setuju boleh protes…

    • yg ini ane setuju gan…
      yg ane kurang setuju cuma cara panglima menyampaikannya…
      menimbulkan kesan posisi kita tidak setara dengan australia, lebih ke pihak yg nrimo tanpa bisa apa2…

  54. Suatu kejadian pasti ada sebab dan akibat, dan pasti ada insyaallah pasti ada hikmahnya………….
    Pemerintah RI untuk menjaga wibawa dihadapan rakyatnya, khususnya mulai dikoordinatori dari menko polkam beserta anggota : Panglima TNI, Menlu , menhan dan kapolri beserta jajarannya…. harusnya duduk bersama dulu membahas permasalahan ini.
    Jadi semua yg keluar dari hasil keputusan rapat tsb mengenai kejadian tsb sudah menjadi keputusan resmi pemerintah RI yg kemudian disampaikan kepada media .
    Jgn sampai komentar antara Panglima TNI dengan Menlu RI berbeda / tdk sama……….
    Ingat kita (NKRI) lg dicoba oleh Australia dan negara lainnya soal Harga Diri suatu Bangsa dan Kedaulatan NKRI………
    Kita pun di warjag ini mempunyai banyak pendangan berbeda memandang permasalahan ini, tapi memang perbedaan suatu hal akan mjd rohmat dan barokah bagi bangsa dan negara RI asalkan perbedaan ini muaranya demi kecintaaan kita demi keutuhan dan kedaulatan NKRI yg kita cintai.
    Solusi cerdas dari anggota forum WARJAG ditunggu, dan siap tau para pemimpin kita membaca JKGR ini dan solusi dari warjag bisa dipakai untuk demi kebaikan NKRI…………..

    • SETUJU memberikan solusi agar Indonesia makin jaya
      Bukan memberi sampah,,,sudah banyak forum sampah soalnya.

      dan kita sebagai rakyat harusnya memikirkan Perasaan para pahlawan TNI yang telah gugur membela kedaulatan ini dan perasaan para TNI yang masih aktif dan keluarganya
      Bila mereka membaca tulisan dihujat oleh rakyatnya sendiri yang terprovokasi.
      gimana perasaan mereka

      Bagian provokasi dan ngomporin itu paling mudah
      Bagian menumbuhkan rasa nasionalisme itu yang paling susah karena tidak banyak yang peduli

      Maka dari itu saya sebagai rakyat masih menyempatkan waktu yang tidak panjang ini untuk berbakti kepada Tuhan ,Negara dan bangsa ini
      dengan menulis diblok blok militer (walaupun mampu nya cuma didua forum saja) agar rakyatnya semakin CERDAS menuju Indonesia Jaya
      dan saya lakukan tanpa pamrih dan bayaran karena itu amanah sebagai WNI yang PEDULI

      Kalau kemarin para patriot yang muda muda bisa mencounter komen koment yang merongrong NKRI saya hanya tinggal yang memberikan gambaran dan pencerahan saja
      Gak repot repot ikut menyemprit
      Makasih warjager maaf kalau semalam sedikit kecewa.

      • @ SATRIO

        KAMU BERBAHAYA SEKALI..!
        =================================================================
        satrio suroboyo wrote:
        @Bung punk masih bisa gitu lho koment di warjag
        bung okelah ngakunya user lho..kalau ngomongin layang layang jadi ingat clue dari bung van,,,kalau beneran itu yang dimaksut bung okelah
        hehehehe
        OKE LAH
        emangnya ada dia ngaku USER…?
        sepertinya tidak deh… bisa saja loe bro SS
        he he he
        ===============================================================
        #Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
        dan teriak teriak ..
        Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
        Tulis namanya yang gede yaaa,, #
        ——————————————————————————————————————————-

        dengan kata2 ini….ANDA DIDUGA/SEPERTINYA BERUSAHA MEMBENTURKAN TNI DAN RAKYAT…..?.

        lalu dengan tampa merasa bersalah anda buat coment seperti ini…??
        ohhh tuhan….

        SETUJU memberikan solusi agar Indonesia makin jaya
        Bukan memberi sampah,,,sudah banyak forum sampah soalnya.

        dan kita sebagai rakyat harusnya memikirkan Perasaan para pahlawan TNI yang telah gugur membela kedaulatan ini dan perasaan para TNI yang masih aktif dan keluarganya
        Bila mereka membaca tulisan dihujat oleh rakyatnya sendiri yang terprovokasi.
        gimana perasaan mereka

        Bagian provokasi dan ngomporin itu paling mudah
        Bagian menumbuhkan rasa nasionalisme itu yang paling susah karena tidak banyak yang peduli

        Maka dari itu saya sebagai rakyat masih menyempatkan waktu yang tidak panjang ini untuk berbakti kepada Tuhan ,Negara dan bangsa ini
        dengan menulis diblok blok militer (walaupun mampu nya cuma didua forum saja) agar rakyatnya semakin CERDAS menuju Indonesia Jaya
        dan saya lakukan tanpa pamrih dan bayaran karena itu amanah sebagai WNI yang PEDULI

        Kalau kemarin para patriot yang muda muda bisa mencounter komen koment yang merongrong NKRI saya hanya tinggal yang memberikan gambaran dan pencerahan saja
        Gak repot repot ikut menyemprit
        Makasih warjager maaf kalau semalam sedikit kecewa.
        ================================================================
        mulut dan ketikanmu adalah harimaumu… ..yang sampah itu anda… bukan patriot muda..
        kalau anda sudah tua diatas 50thn….sadarlah ini bukan zamanmu lagi
        sy lg ngak bercada nih…!

        • Sebenarnya MALES Nanggapi anda
          Mulat sariro hangroso wani (berani Intropeksi diri sendiri)
          Orang dipandang karena bicara dan kelakuannya.
          Kalau orang tanya saya user saya jawab dengan tegas bukan hanya fans boy saja karena memang BUKAN..

          MasAc says:
          January 5, 2014 at 3:51 pm

          Dan komentar paling cerdas ,,dengan semboyan pokoknya gen 5
          Dan gak perlu ulasan macem macem,sederhana,lugu
          Dan para sesepuh sudah gak diperlukan bahasan ilmunya

          Cocok lah saatnya merombeng semua sukhoi kita seperti saran bung okelah
          Warjag akan ketularan makin populer
          Reply

          nowyoudont says:
          January 5, 2014 at 6:45 pm

          “Pokoknya Hond@ karena irit” generalisasi semacam ini hasil denger2 sepintas tanpa mau repot2 ngecek data teknis dibandingkan kompetitor memang masih umum di negeri ini.Biasanya akan menghilang seiring dengan meningkatnya pendidikan dan pergaulan
          Reply
          oke lah says:
          January 6, 2014 at 2:29 am

          lugu…?? kepala lu bau menyan….!..
          gw ..lihat,memegang,belajar langsung ,bukan lihat di buku,atw baca di buku…
          sesepuh..? HARUS DAN WAJIB KITA HORMATI..,tetapi sesepuh juga harus mawas diri.,bahwa berbangga diri itu salah..!apa lagi sok tau…,mendingan sesepuh bawel di kasih main PS saja biar ngak bawel dan ngaco..!
          INGAT..FORUMER ….PANGKALAN ASING SUDAH MENGEPUNG KITA…!
          maaf kalau ngawur….:)).
          Reply
          Satrio says:
          January 6, 2014 at 2:47 am

          Bung Oke anda sebagai user yaa? Anggota,,?
          Silahkan bung Oke ikut menularkan ilmunya disini supaya kita bisa belajar bersama,

          Dan juga bisa mengkoreksi bila sesepuh disini sok tau agar tidak terjadi salah informasi ‘
          Saya juga lagi belajar disini,,monggo bung okelah

          @bung Masac
          menurut saya bahasan ilmu sesepuh disini masih diperlukan lah dan bisa ditambahi dengan informasi dari bung okelah yang lihat,memegang,belajar langsung ,bukan lihat di buku,atw baca di buku…
          Dan saya kira akan menjadikan bahasan yang sempurna

          @Bung Diego
          nanti Jangan dibuat artikel berjudul nouwyoudown VS Okelah
          pakai judul lain aja
          Reply
          oke lah says:
          January 6, 2014 at 3:08 am

          ha ha ha…..ilmu kudu kali yah mas….
          mendingan anda kasih judul..
          APAKAH MUNGKIN SEBUAH NEGARA YANG MAYORITAS PENDUDUKNYA MUSLIM BISA ..”AMAN,ADIL DAN MAKMUR..
          (diluar negara konco2si itu tuh)
          atau tulisan saya mengenai JANGKAR,LAYANGAN,DAN GERGAJI…agar direnungkan..TERUTAMA FORUMER MILITER .dan di ambil ilmunya.
          atau MENGHANCURKAN MALAYSIA DAN SINGAPURE DALAM WAKTU 5 MENIT (MALAY) I MENIT UNTUK SINGAPURE.
          he he he
          kan berawal dari kata kata anda yang serasa pemakai langsung alutsista.

          dengan kata2 ini….ANDA DIDUGA/SEPERTINYA BERUSAHA MEMBENTURKAN TNI DAN RAKYAT…..?.
          hanya orang orang bodoh diwarjag yang menduga seperti itu..
          Saya mengajarkan berdemokrasi yang benar demo lah atau salurkan aspirasinya atau CELAAN nya ,,jangan mencela terus sembunyi identitas pengecut itu namanya..kecuali beramal sembunyi nama baru bagus.
          saya sebagai rakyat pingin tau mukanya orang yang mencela TNI nya seprti apa sehingga bisa menambah pengalaman saya bagaimana type orang yang suka mencela lambang negaranya sendiri.

          Dan coba anda telah dan baca lagi komen komen anda
          saya juga serius ini,.
          Kalau sesepuh warjag menganggap saya berbahaya saya siap mundur kok..
          Tetapi apakah anda juga siap mundur kalau anda yang diminta?
          dan perasaan sudah banyak yang memintanya

          • tambahan koment koment anda bila anda lupa

            oke lah says:
            January 9, 2014 at 10:56 pm

            @ satrio…

            SABAR YAH MAS….SABAR
            yah gitu deh

            istana dan gedung putih saja di demo….itulah arti demokrasi
            jujur bila anda ***
            sangat salah anda bicara sama rakyat seperti ini..
            ——————————————————————————————————————————-
            #Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
            dan teriak teriak ..
            Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
            Tulis namanya yang gede yaaa,, #
            ——————————————————————————————————————————
            kesannya anda sok jagoan dan arogansi….cilangkap adalah punya rakyat..! dan jangan di jadikan rumah hantu seperti dahulu…jaman sudah berbeda pak..
            dan bila bawahan saya ada yang berani omong seperti itu..apa lagi di media maka saya akan pecat ..!
            ingat indonesia adalah negara hukum…dan berlandaskan pancasila
            emosi boleh saja emosi..tetapi harus kepala dingin…thx

          • hehehehe………. @NENG OOKLAH belajar yang rajin lo sudah pinter baru nongol lagi di warjag ini
            ALLAHUMA FIRLAHUM WARHAMHUM

        • @oke lah

          orang gak cerdas seperti anda tidak berarti boleh takabur…

          belum tentu SISA usia anda lebih panjang dari @Satrio…

        • Kali ini saya setuju dengan anda bung oke lah walaupun kadang anda agak ngawur dan komen disana dan disini kurang sinkron :mrgreen: dari awal saya sudah kurang cocok dengan logika dan cara berpikirnya satrio, sepertinya beliau memang sudah tua diatas 50 tahunan :mrgreen: mungkin sudah waktunya untuk pensiun kali yah :mrgreen:

          • Apakah kalau orang yang sudah diatas 50thn dan orang yang sudah pensiun tidak boleh mengabdi kepada negaranya ???

            Itulah pesan anda ?
            Biar anakmuda tidak dibimbing oleh para sesepuh bangsanya yang sudah berpengalaman untuk menuju Indonesia Jaya.
            hanyan tau Indonesia yang sekarang dan agar dilupakan kejayaan leluhurnya

          • Dunia Social Media gak ada hubungannya dengan umur.
            Ngomongin umur, kalau mau masuk sekolah

        • okelah……
          Waduoooocccchhh
          kata” anda sepperti plg benar dan seakan anda plg jago dlm setiap bidang,saya bangga dengan kt”mu tapi tidak bangga dg kemampuan mu.seandainya perang terjadi,anda plg juga bersemmbunyi dlm lubang semutt,,
          kata”mu mencerminkan kerendahanya IQ mu yg di bawah minus rata”.hanya bisaa gebar gembor tapi tidak ada bukti samma sekali..
          Buktikan dulu kata” anda yg sll merendahkan dg koment yg org alaay katakan.

          @silent rider…
          Apakah seorang org tua yg miskin dan takpunya apa” untuk di makan di suruh pensiun???
          Anda jgan berfikir sll kmpul dg sikaya,coba cermati org iskin di kampung anda..

          Apakah perjuangan Abdul H nasution tidak berguna setelah tua.?? Buktinya sammpai sekarang ide nya spt taktik gerilya masih di gunakan..
          Anda dan okelah hanya segelintir org yg lahir tanpa ari” yg di tanam di dalam bumi NKRI.krn terbukti jiwa nasionalisme anda cekakkk ..

          Buat bung satrio@.. Sabar saja bung, menghadapi manusia yg tak punya dosa spt sodara” kita yg lahir tanpa ari”.

      • Bung @Satrio di dunia maya tidak ada bedanya umur nyata forumer, semua mempunyai kesempatan setara. Dan dari isi komen dan cara penyampaian saya rasa semua bisa melihat kedewasaan dan wawasan seseorang, bahkan ketika sedang berbeda pendapat. Jangan kecewa dan kecil hati karena kehadiran bocah alay yang cuman nyampah, toh kebanyakan bisa membedakan antara wejangan dan kumur-kumur :mrgreen: termasuk silent readers

        Tetap semangat bung, kami masih banyak perlu mendengar dan mendapat masukan dari orang2 seperti anda. Walau belum tentu selalu setuju tapi saya pribadi sangat menghargai informasi dan masukan anda dan para suhu lainnya

        • Terimakasih bung Now
          Saya masih semangat kok ,,,
          Dan saya senang diskusi disini dengan anda anda seperti bung now,bung danu,bung melecteck ,bung wh,bung antonov,bung roger dan bung bung yang lainnya disini
          Yang penuh semangat dan cerdas memberikan ulasannya dengan basic masing masing..

          Harapan saya cuma satu agar warjag bukan seperti warung sebelah
          Disediakan forum untuk cyberwar memecah belah Indonesia dengan SARA dan dengan negara negara kawasan..

          Kita sudah mulai bangkit dari keterpurukan dan menuju Indonesia Jaya
          maka akan banyak tangan asing yang tidak ingin Indonesia Jaya terwujut
          maka kita harus memper erat Persatuan dan Kesatuan kita dimulai di warjag ini .

          • Bung Nowyoudont, saya melihat (hingga saat ini), dunia social media adalah Genre baru dalam diskursus. Pesertanya bisa sangat cair, dari kalangan mana pun, usia berapa pun, hingga cara berpikir pesertanya pun sangat lebar.

            Tentu dunia social media yang baru ini berbeda dengan kelompok diskusi yang reguler. Dunia social media ini tidak bisa kita lawan. Jadi saya melihat sebuah dunia social media dengan cara yang santai saja. Yang setuju saya serap dan yang aneh…ya saya lewatkan saja.

          • Bung @Diego, kalo mengenai ID bagaimana? apa memungkinkan dari segi keamanan?

            Memang hanya di dunia maya ibaratnya level pengangguran putus sekolah bisa berdebat dengan praktisi dgn gelar panjang 🙂 .Kekhawatiran saya, para suhu narasumber jadi males masuk jika lingkungan komunikasinya tidak kondusif

          • Saya coba konsultasikan dulu dengan orang IT tentang keamanan dari penggunaan ID ini. Karena dalam sehari ada puluhan yang registrasi dan terdaftar di Warjag, namun rata-rata dari luar negeri dengan nama-nama asing yang tidak jelas. Dalam sepuluh hari akan ada ratusan yang subsciber dan umumnya adalah spam. Nah saya bingung, bagaimana nantinya memisahkan yang spam dan yang member asli. Takutnya fasilitas member itu menjadi ladang spam, umumnya promosi produk-produk luar negeri.

            Dalam seminggu saja, ada seratus lebih “spam” yang melakukan registrasi. Mungkin ada yang paham tentang sisi keamanannya ?.

            Saya juga inginnya member di sini lebih ter-sortir seperti yang disampaikan Bung Nowyoudont. Nah masalahnya, siapa yang berhak bahwa si A harus dibanned dan di B boleh jadi member. Kalau saya yang memutuskan, akan sangat subyektif. Berarti harus ada beberapa Admin. Namun, bagaimana menjamin bahwa komputer Admin tersebut bersih, sehingga tidak menjadi sasaran dari virus dan malware. Warjag ini sudah lebih dari 10 kali disabotase virus dan malware.

            Ada Pendapat ?
            Salam

          • bung diego. Sepertinya saran bung nOwyou boleh dijdikan masukan, untuk bisa masuk di warjag hrs ada keammanan..
            Kalao tidak begini suhu” di warjag akan hangus.krn malas mau keluar lihat warjag seperti sekarang..seperti cyberwars saja….
            Kalao boleh usul. Suhu” di warjag harus ada yg dijadikan admin seperti bung satrio,melektech,dexter,WH,danu,
            th 2013 warjag masih enak di baca. Tp th 2014 br 10 hari banyak yg makjlebb,bahkan suhu saja di lawan,,

            dan tambahan sepertinya kata” “INDO” dihilangkan juga.. krn kt NKRI
            maaf sebelumnya..

          • Saya nggak usah dilibatkan jadi admint dll,,Gaptek IT
            Dan tidak selalu bisa nongkrong diwarung ini..biar bung danu dan bung nouw itu yg lebih menguasai IT
            Saya penggembira saja

            Kalau ada IDE/tulisan saya sodorin aja ke bung diego kalau layak dimuat alhamdulillah

            Semoga Warjag makin Jaya

          • @ bung diego coba bung dengan cara pengenalan IP addressnya…

            misal yang di banned ID + IP kompinya…

            secara teknis mungkin temen2 IT jenengan lebih tau

            (lama nggak buka warjag kok banyak koment2 yang provokatif dan SARA)

          • Bung @Diego, usul saya ga usah daftar, orang cenderung males komen jika daftar.

            Jika memungkinkan cukup ada pengenal automatis dari JGKR, bentuknya bisa nomor atau avatar untuk email dan/atau IP yang sama. Tujuannya sekedar mencegah ganti2 nama hingga merasa aman ngomong vulgar, supaya lebih bertanggung jawab dan menyaring ucapan saja 🙂 bukan untuk dibanned atau lain2. Mengenai cekal bisa dilakukan manual.

          • saya juga gak cocok ikutan jadi admin, ada yang macem2 saya malah cenderung terpancing untuk menanggapi hingga ke manapun dengan sarkastis -malah tidak menengahi 😀

  55. Jika menggunakan lensa yang tepat, terlihat gamblang bahwa tindakan Oz KURANG AJAR dan saya bisa memahami jika banyak yang emosi.

    Lensa yang tepat misalnya buatan Unclos, laut teritorial sesuai definisi Unclos 1982 adalah lajur selebar 12 mil laut (22.2 km) dari garis surut laut di pantai. Laut teritorial dianggap sebagai daerah kedaulatan
    negara, termasuk udara di atasnya dan dasar laut di bawahnya. Hukum negara ybs berlaku di laut ini.
    Antara 12 dan 24 mil laut Oz menetapkan ‘contiguous zone’ dimana berlaku kewenangan terbatas di bidang imigrasi dan bea cukai.
    ZEE sesuai Unclos adalah zona laut dimana sebuah negara memiliki hak khusus terkait eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati termasuk pembangkitan listrik memanfaatkan gelombang laut dan angin. Batas ZEE adalah 200 mil laut dari garis surut laut di pantai.

    Menurut prof Donald Rothwell dari College of Law, Australian National University, these zones are principally areas of environmental jurisdiction and resource sovereignty where rights can be exercised with respect to natural resources such as fisheries, oil and gas.

    Garis batas ZEE RI dan Oz sebetulnya saling overlap karena lebar L Timor kurang dari 400 mil, sehingga ditentukan garis median ZEE . Dengan sendirinya tidak ada perairan internasional (high sea) di L. Timor.
    http://www.atns.net.au/objects/Timor.JPG

    Menurut hukum laut internasional kapal kayu asal manapun boleh muter2 di ZEE suatu negara, AL negara ybs hanya bisa mengawasi dan menindak jika kapal tsb melanggar hukum dengan melakukan eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati (illegal fishing). Sesuai pernyataan prof Rothwell, yang berlaku adalah “environmental jurisdiction and resource sovereignty”. Jadi gak ada hak mereka menggiring2 kapal yang tidak melanggar “environmental jurisdiction and resource sovereignty”, apalagi hingga MEMASUKI ZEE RI apalagi hingga memasuki LAUT TERITORIAL RI sejauh 5 mil laut.

    Dengan kerangka di atas kita bisa nilai lagi kalimat2 ini:

    1] Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Timor Barat Ferdi Tanoni mendesak Pemerintah Indonesia khususnya TNI agar tegas kepada Australia. Pasalnya, keberadaan kapal perang Australia di perairan Indonesia yang tanpa izin merupakan pelecehan (TEPAT).

    2] Australia juga menyampaikan sikap tegas mereka atas maraknya penyelundupan imigran gelap yang masuk ke wilayah mereka setelah Indonesia membekukan kerjasama militer, beberapa waktu lalu. (gak ada urusan membekukan atau membubarkan kerjasama, KITA JUGA HARUS TEGAS MERUMUSKAN TINDAKAN2 MEREKA YANG DAPAT KITA TERIMA, tanpa ini mereka nginjek kepala)

    3] Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya.
    (wajar atau niat baik atau menghargai itu jika cocok dengan RUMUSAN KITA terkait ZEE RI dan LAUT TERITORIAL RI, rumusan tidak jelas kepala diinjak)

    4] “Yang dibicarakan adalah kalau kapal dari Indonesia, kru (kapten) dari Indonesia,” kata Moeldoko di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Kamis (9/1).
    (kalaupun AL Oz ingin melanggar ketentuan yurisdiksi ZEE dan menggiring kapal kayu RI, mereka harus berhenti di garis median ZEE, lewat berarti cari gara2)

    5] “Jawaban saya apa, bukan menyetujui. Bukan. Saya memahami langkah-langkah taktis itu. Dasar saya apa, karena ada dalam UN Declaration mengatakan setiap negara berhak melindungi atas kedaulatan wilayahnya,” lanjut dia. (kedaulatan Oz adalah pada laut teritorial mereka -12 mil, tidak mencakup laut teritorial RI)

    6] “Nah, saya berproyeksi kalau tugas itu diberikan pada saya, saya juga akan melakukan hal yang sama. Jadi itu konteksnya,” kata Moeldoko. (ya salah kalau berbuat seperti Oz)

    • Pemerintah RI jangan mau disetir Oz soal asylum seekers di kapal kayu ini:

      THE ABC has banned its journalists from using the term “illegal arrivals”, while acknowledging Scott Morrison’s preferred term for asylum-seekers who arrive by boat is factually correct.

      In an email to all staff yesterday, the ABC’s head of editorial policy Alan Sunderland said the Immigration Minister’s decision to use the term raised the question of whether the ABC would change its own language. “The short answer is no,” he said.

      Mr Morrison recently ordered his department to use the term “illegal arrival” when referring to asylum-seekers who arrived by boat. But Mr Sunderland said the term “asylum-seeker” would continue to be used by the taxpayer-funded broadcaster, as it is by The Australian.

      He referred staff to the ABC’s style guide, which notes that “under international law ANYONE can apply for asylum”.
      The guide also bans the term “boatpeople”, “unlawful asylum seeker” and “illegal refugees”.
      ( BEN PACKHAM THE AUSTRALIAN OCTOBER 25, 2013 12:00AM )

      What is a bogus asylum seeker?
      There is no such thing as a bogus asylum seeker or an illegal asylum seeker. Everybody HAS A RIGHTt to seek asylum in another country. People who don’t qualify for protection as refugees will not receive refugee status and may be deported, but just because someone doesn’t receive refugee status doesn’t mean they are a bogus asylum seeker.
      Let us remember that a bogus asylum-seeker IS NOT equivalent to a criminal; and that an unsuccessful asylum application is not equivalent to a bogus one – Kofi Annan / UNHCR

    • Di blog hukum ini jelas bahwa ‘asylum seeker’ bukan pelaku tindak pidana di laut yang perlu dicegat TNI AL, jadi Oz silakan meniru apa yang kita pernah lakukan di P. Galang seperti disinggung mas Satrio. Dan kita gak perlulah jadi asisten Oz nguber2 kapal kayu…

      http://lawforjustice.wordpress.com/tag/peran-tni-al-dalam-penegakan-hukum/

  56. kirim aja si lontong jalan2 ke sydney…..

  57. assalamu alaikum,. mohon ijin gabung di warjag..

    menurut ane nubie.com situasinya tidak memungkinkan untuk di ambil tindakan cepat..

    1. karena bisa saja kapal imigran tersebut beriringan dengan kapal aussie, resikonya terlalu besar,
    2. ada WNI di dalam kapal itu.
    3. bisa jadi respon balik dari TNI yang kurang cepat(tecnical issue)

    keselamatan nyawa manusia biar bagaimanapun harus di utamakan..

  58. Sudah waktunya anggota warjag didaftar dan dikasih I D anggota….gmn bung Diego…. Semua untuk kebaikan bersama, dan ada rasa tanggung jawab, Terima kasih .

    • setuju

    • Bung Diego bisa menata ulang aturan main di warjag ini, forum warjag selama ini terjaga dgn penasehat para sesepuh kita, dan semoga bisa tetap terjaga mutunya mjd tetap forum diskusi yg sehat dan bung diego sebagai wasit sekaligus moderator dari warjag yg kita cintai.
      Insyallah sy udah usul setahun yg lalu , krn byk forum2 sejenis hancur gara2 serbuan alay2 yg hanya berniat menjelekkan bangsa dan negara indonesia yg kita cintai.
      Mengkritik boleh tp ads aturan main yg harus tetap dijaga…., hal ini tidak mengurangi kdbebasan berpendapat tapi juga harus punya rasa tsnggung jawab sebagsi insan pancasillais . Terima kasih

    • Setuju bung, demi meningkatkan kualitas Warjag tercinta ini melalui koment2 yang bertanggungjawab. Tambahan usul untuk Bung Diego, mungkin bisa diterbitkan Code of Conduct. Nanti jika ada yang melanggar, Bung Diego tidak perlu meminta saran warjagers apa yang harus dilakukan untuk mereka yang melanggar CoC, tapi langsung saja diumumkan bahwa ybs telah dibanned karena melanggar Coc nomor sekian bla bla bla..

      Salam.

  59. wah gara-gara berita ini forum warjag jadi panas,cukup disayangkan.saya sebagai fans boys hanya ingin pencerahan+pembelajaran disini.bagusnya yang lbh unggul beri pencerahan bagi yang baru mengenal dunia alutsista,dan semua siap dikritik,tapi yg namanya dunia maya mungkin rada susah.
    mending kita ngebahas kedepannya harus bagaimana biar kejadian ini tidak terulang lagi.maaf bukan maksd menggurui soalnya saya mah orang biasa yang cm pengen belajar.

    “satu pertanyaan saya setiap kebijakan TNI harus ijin atau tidak,,?dan kesiapa ijinnya..?”

    mundur dl ah…takutnya komentar saya tidak berbobot..cukup membaca saja,,hehehe.

  60. Iya..duel bung OKE sama bung Satrio ..lebih bersifat PRIBADI, sudahi dunx..Menggangu..jujur z.
    Kasian yg lain ..yg pengen paham informasi …jadi baca DEBAT EGO…
    weleh…bakal ada MEJA HITAM versi Dumay..:D 😀 😀

    • Saya hargai dan respek dengan semua rekan rekan di sini.

      • Waduh semalam okelah ngisruh diwarung sebelah
        Kelihatan aslinya
        Dihujat rame rame ama penghuninya
        Okelah gak pantas debat quality disini ,forumer sampah

        • Kalau debat2an gw kagak ikutan2.. ahh.. kalau sebatas sharing info dan diskusi baru gw mau. makanya semalem gw nyimak jd SR kagak mau ikut2 ngeramein nyampah.. hehehe..

    • Tuhan menganjurkan manusia untk menjauhi perdebatan, akan datang masa dmn manusia gemar untuk berdebat dan berpecah belahlah mereka. Karna sesungguhnya dalam perdebatan trdapat keegoisan,arogansi dan rasa untuk saling menjatuhkan..STOP PENDIKTEAN TERHADAP MANUSIA MUDA INDONESIA UNTUK BERKARAKTER EGOIS DAN KERAS!! Bukankah hari ini hampir terlihat jika musyawarah hampir lenyap di negeri ini!

      kyanya lebih wise deh klo di forum ini setiap orng mampu memaknai spirit pejuang lewat semangat PERSATUAN, jadi laskar2 yg mampu melakukan perubahan,bermanfaat(lwat ilmu),bkan memprovokasi kearoganan, lewat perbedaan pendapat yang kurang sehat penyampaiannya..pada akhirnya anda hanya akan menjadi motor untuk menciptakan generasi dgn golongan dan identitasnya masing2..bkan masyarakat madani yg menjunjung tinggi perbedaan..
      DEMOKRASI dgn perbedaan itu indah namun dgn proses musyawarah bukan perselisihan dan perdebatan..

      tolong kasihan bagi saya yg ingin mendapat sedikit ilmu disini bukan melihat seni saling menjatuhkan(perang) lewat kata2,,udh telalu bnyak infotaiment jd ga ush ditambah donk..
      namun nampaknya ekspektasi saya terlalu besar menilai anda2 yg berilmu ini..

  61. Kemampuan AL RI memang belum mampu mengcover terhadap seluruh wilayah laut. Keadaan armada laut jg tdk terlampau bagus, dari keseluruhan kapal kita, baik kapal perang, kapal patroli & kapal selam yg dalam kondisi siap tidak banyak. Apalagi saat ini kita jg tdk memiliki radar2 MARITIM yg tangguh sgb mata & telinga.

  62. Rapim TNI mengakui personil kurang tersebar merata. Secepatnya pindahin dan tambah personil tuh TNI AL ke perbatasan laut kayak daerah Indonesia tengah dan timur….. sipil ntar nyusul sendiri !! Ntar ramai dah !! Contoh itu kapal perang udah sedikit ngumpul saja kerjaannya di Perak sama Priok…semoga alasan kurang bbm dijawab yg berwenang dan dugaan kencing dilaut lepas berkurang !!!! Jadi kesimpulannya buat negara kepulauan kita kekurangan kapal penumpang antar pulau buat TNI kapal patroli, corvette, fregat plus destroyer. GEREGETAN EMANG !!!

  63. Sekalian dibikinin bandara tuh dekat LANAL2…. tambah lagi pesawat amphibi !!

  64. Sebaiknya kita tidak perlu bereaksi terlalu berlebihan terhadap TNI kita. Kalo kita berpikir secara cerdas sesungguhnya peristiwa2 seperti itu juga diperlukan TNI sebagai sarana menyampaikan pesan kepada pemerintah dan DPR, bahwa menjaga kedaulatan NKRI bukan harga yg murah.
    Kita tidak boleh terlena dengan semangat patriotisme pahlawan2 kita yg ingin memperjuangkan kemerdekaannya dengan bermodalkan bambu runcing dan semangat juang semata. Jaman telah berubah, teknologi berkembang begitu pesatnya.
    Tidak mungkin menjaga keutuhan wilayah NKRI dengan mengandalkan alutsista yg telah lama dan semangat militan rakyatnya.
    Sebagaimana kita ingat peristiwa tabrakan KRI dengan Kapal perang Malon diperairan Ambalat. Momentum itu kemudian dijadikan awal kebangkitan untuk memodernisasi alutsista TNI yg sering disebut MEF. Untuk membuka mata para wakil rakyat di DPR agar memuluskan anggaran tersebut.
    Seperti kita ketahui bersama kalau untuk urusan anggaran, DPR kita terkesan sangat alot, contoh kongkritnya pengadaan MBT Leopard dan pespur SUKHOI. Berbagai argumentasi dilontarkan dng mengatas namakan rakyat dan indikasi mark up, yg berbanding terbalik dengan suara rakyatr yg mendukung pengadaan tersebut
    Nah..momentum penerobosan kapal perang OZ ke perairan Indonesia inipun diharapkan sebagai pesan kepada Pemerintah yg akan datang serta DPR yg akan datang untuk tetap komitmen menjalankan program peremajaan alutsista TNI pada MEF yg ke 2.
    Pemerintah bukannya tidak punya uang ( untuk menalangi BLBI 700 triliun aja sanggup kok…), namun utk memuluskan itu semua tentulah ada di tangan DPR kita yg terhormat.
    Demikian sedikit pengetahuan dari saya…mohon diralat jika keliru….

  65. * Ini artinya apa ya…membuat perjanjian tersendiri diluar urusan Politic *

    The head of Indonesia’s military says he reached a private agreement with the Chief of the Australian Defence Force to accept boat turn-backs as a way to defuse the diplomatic row over the policy.

    General Moeldoko said late on Tuesday that boat turn-backs by Australia were ”justifiable” as he had spoken to Australia’s military commander on the issue – apparently referring to Chief of the Defence Force General David Hurley.

    ”He told me that Indonesia should understand if Australia drove back undocumented migrants attempting to enter the country using Indonesian boats or if any Indonesians were found aboard,” General Moeldoko said. ”I have agreed. Therefore, we don’t need to feel offended.”

    http://www.smh.com.au/federal-politics/political-news/indonesian-military-head-says-boats-turned-back-will-be-accepted-20140108-30hmj.html
    ———————————————————————————

    – Betul adalah kewajiban Organic untuk tidak terlibat dlm masalah politik ..btw yg dimaksud adalah urusan politik dalam negeri tentunya, bagaimana politic cara pandang terhadap dunia luar ya semestinya searah sejalan dgn kebijakan Goverment.
    – Masalahnya Imigran jadi tertahan di wilayah NKRI, tujuan mereka tentu z memperoleh Kehidupan di Australia, tertahan di wilayah NKRI….dapet job sebagai Bomber pun akan mereka jalani sekedar bertahan hidup (Imigran), pastinya lebih nekad dibanding penduduk NKRI sendiri, jelas ini MASALAH.
    so gue sendiri ga mengerti dgn kebijakan Panglima ini (yg juga bertentangan dgn kebijakan Pemerintah)…jelas NKRI dlm posisi merugi disini.

    Kebijakan Panglima haruskah berulang…?? mengingat upaya manusia Perahu pun akan berulang.
    atau kembali ke barisan satu suara dgn pemerintah apapun resikonya..? (Mohon para sesepuh memberi pencerahan, karena ini bersifat kebijakan nation to nation)

    • Saya newbie, bukan sesepuh. Tapi ingin berbagi pandangan mengenai issue ini

      Urusan politik maksudnya adalah ketegangan Indonesia-Australia akibat peristiwa terbongkarnya penyadapan. Sampai saat ini Australia tidak minta maaf, dan Abbot dgn tegas menyatakan tidak akan minta maaf. Efeknya adalah pemutusan berbagai kerjasama, termasuk kerjasama penanggulangan pengungsi ilegal yang masuk Australia lewat Indonesia dengan kapal dan awak kapal WNI.

      Sedangkan pengembalian pengungsi kembali masuk ke wilayah Indonesia adalah urusan hukum. Australia berhak mengusir setiap kapal asing yang masuk wilayahnya tanpa ijin. Itu sebabnya ada kontak telepon pihak Australia dgn panglima untuk megklarifikasi agar tidak terjadi ketegangan lanjutan akibat terputusnya kerjasama penanggulangan pengungsi dan berlangsungnya upaya2 Australia mengatasi hal ini tanpa pihak Indonesia.

      Masalahnya – minimal menurut pandangan saya- adalah masuknya kapal perang Australia sampai beberapa kilometer dari pantai, atau sudah masuk ke wilayah yang secara hukum adalah termasuk kedaulatan wilayah Indonesia tanpa adanya pengawalan dari pihak militer Indonesia sendiri.

      Australia memang berhak mengusir keluar kapal dan pengungsi ilegal, namun mengawalnya sampai masuk wilayah kedaulatan Indonesia adalah pelanggaran. Di lain pihak Indonesia menghargai hak Australia menjaga wilayahnya, namun membiarkan kapal perang australia masuk wilayah sedalam itu bisa dipandang sebagai kelemahan. Pantasnya TNI menyambut penyerahan kapal dan awak di perbatasan terluar (ZEE).

      Tapi pertimbangkan juga jika skenario yg terjadi adalah, pemerintah RI sengaja “menghukum” pemerintah australia dgn pemutusan kerjasama penanggulangan pengungsi ini, menyambut kapal perang australia di perbatasan bisa berarti beban kerja tambahan. Membiarkan australia sibuk sendirian mengejar ngejar kapal ilegal dan membuat mereka mengantarkan balik ke wilayah Indonesia (untuk kemudian nanti kapal plus pengungsi tersebut berusaha masuk lagi ke australia) akan menjadi hukuman yang lebih efektif bagi australia daripada jika ada kapal TNI yg menjemput di perbatasan. Jika ada kapal TNI menymabut itu sama saja pemutusan kerjasama tidak efektif dan Indonesia masih “kerja”. Biar saja AL australia banting tulang menghabiskan energi dan sumber daya ngejar ngejar kapal kayu. Jika ini skenarionya maka Panglima memang tidak akan bisa secara eksplisit mengungkapkannya di media, karena beliau sendiri menjalankan perintah dari pemimpin tertinggi yaitu Presiden 🙂 Tapi walau bagaimanapun skenario ini adalah memang tanda bahwa ospsi pilihan Indonesia dalam “perang dingin” dgn Australia ini terbatas, saya rasa jika cukup kuat maka opsi lain yang mungkin akan diambil

      Itu sebabnya kritik dan kecaman terhadap TNI hendaknya dilakukan dengan lebih proporsional dan tidak berlebihan, karena sebagai rakyat awam kita tidak tau pastinya apa yang sebenarnya sedang terjadi.

    • Disingkat, IMHO urusan politik = pemutusan kerjasama penanggulangan pengungsi.

      Perjanjian diluar politik = pelaksanaan penanggulangan pengungsi ilegal oleh australia dgn cara mengembalikan kapal dan crew Indonesia (dan semua pengungsi di dalamnya)

    • ternyata di link anda sudah ada berita lain tentang “Asylum seeker boat push-backs may breach international laws, UN warns”.

      Sesuai ulasan saya di atas; menurut hukum laut internasional kapal kayu asal manapun boleh muter2 di ZEE suatu negara, AL negara ybs hanya bisa mengawasi dan menindak jika kapal tsb melanggar hukum dengan melakukan eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati (illegal fishing). Jadi gak ada hak mereka menggiring2 kapal yang tidak melanggar “environmental jurisdiction and resource sovereignty”, apalagi hingga MEMASUKI ZEE RI apalagi hingga memasuki LAUT TERITORIAL RI sejauh 5 mil laut.

      Untuk masalah2 teknis seperti ini harusnya Panglima membentuk tim ahli pakar hukum laut internasional, jangan jalan sendiri…

  66. banyak tingkah nieh Australia.. tanya kenapa? Apa maunya?

  67. Kata2 dari mulut @muhammed abdurasyhid imigran asal somalia itu kok, sediktpun saya tdk terkejut ya? ada apa dgn diri saya? ehh.. TNI.. knp selalu ada pemberitaan dlm mslh pelanggaran kedaulatan negara yg melibatkan pertahanan keamanan saya sdh menganggap mnjd hal yg biasa? sama halnya sprt berita2 para elit parpol yg tersangkut korupsi. semoga penyakit sprt ini cukup saya saja.. jgn mewabah.. akibatnya fatal bagi keutuhan NKRI kedepannya.

  68. alahhhhh….emang pemimpin kita lemah….mas kemana CALON MACAN ASIA,,,!!!!!….ORANG2 KITA CUMAN DOYAN NGOMONG……..

  69. EMANG TNI LEMAH. KALAU GAK TERIMA…BUKA MATA DAN LIHAT PUAS2….RUDAL PERTAHANAN UDARA INDONESIA SAAT INI…….KALAU UDAH PAKAI S 3OO…..EH MALAH YG DI GUNAKAN PRODUK TAHUN 60-AN…….PESAWAT TEMPUR TNI,CUMAN MENGANDALKAN SUKHOI 16 PESAWAT..APAKAH SUDAH CUKUP…..LALU PERSENJATAAN KAPAL PERANG INDONESIA,CUMAN YAKHON YG AMAT SEDIKIT JUMLAHNYA…….DATANGKAN DULU JANGAN CUMA TAU BILANG BANGGA DOANG..DASAR KATAK DALAM TEMPURUNG SEMUA.PATUTNYA NGACA AMA KEKUATAN NEGARA TETANGGA…

  70. * Istana: Tidak Ada Toleransi untuk Aksi Militer Australia di Indonesia *

    Jakarta (MI) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa segala bentuk kerjasama militer antara Australia dan Indonesia masih dihentikan sampai saat ini. Termasuk kerjasama bidang keamanan, dalam hal patroli perbatasan bersama dalam penanggulangan imigran ilegal.
    ———————-

    – Patroli dlm Perairan NKRI oleh TNI AL untuk menjegal (screening) manusia perahu dihentikan/distop atau bermakna dibiarkan saja (paling banter dipantau) bukan dihalangi/dicegah dan Tidak berarti dihentikannya Patroli Reguler dalam Menjaga Kedaulatan Negara.Sekali lagi PATROLI KEDAULATAN NEGARA TIDAK ADA KATA BERHENTI.
    – Jika terjadi aksi kekerasan diluar zee oleh pihak oz diluar TNI AL, maka TNI AL akan bersifat Pasif, tidak memberikan bantuan apapun kecuali hanya Observer.
    – Jika Terjadi aksi kekerasan didalam Teritorial NKRI maka Hukum Kedaulatan NKRI berlaku dan TNI AL berkewajiban Menegakan Hukum yg dimaksud, Ber Hak mengambil tindakan yg diperlukan dgn azas menegakan Kedaulatan.

    gue sendiri berharap ini adalah CUMA kekeliruan,

    “Nak.. Jaga Ibumu dgn baik…”

  71. jaman jend.wiranto….sebenarnya dia punya peluang gantikan soeharto waktu mau lengser keprabon .cuma sungkan…eh bawahan punya inisiatif..prabowo ..wiranto gosip sana sini ke habibi sama cendana….karena wiranto jenderal staf bukan tentara lapangan…….bgm jend.moeldoko…ini jendral udah lama parkir di lemhannas…jadi segala tindakannya harus buat makalah….jd jgn kaget..klo ada hal2 urgent…jend udah tidak seperti komandan di lapangan…..harus bicara sama staf dulu……..maaf pak moel…..kami butuh jendral infantri…cepat..tepat tegas…

  72. di bakar ajah tsnya profokator

 Leave a Reply