Jan 092014
 
Manusia Perahu yang bertolak dari Laut Indonesia menuju Australia (photo:abc.net.au)

Manusia Perahu yang bertolak dari Laut Indonesia menuju Australia (photo:abc.net.au)

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dinilai tidak mampu mencegah pelanggaran perairan oleh tiga kapal perang Australia pada 19 Desember 2013. Pelanggaran perairan Indonesia oleh kapal perang Australia terjadi lagi pada 6 Januari 2013. Itu pun tidak dicegah aparat keamanan Indonesia. Kapal perang Australia masuk ke perairan Indonesia hingga 7 mil dari pesisir Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, untuk mengiring kembali perahu pengangkut imigran yang berlayar ke negara itu.

Penilaian pihak Australia itu disampaikan salah satu imigran, Rabu (8/1). “Tentara Australia bilang tentara Indonesia itu kecil. Tidak mampu berbuat apa-apa,” kata Mohamed  Abdirashid, 18, imigran asal Somalia. Ia mengisahkan, selama pelayaran melintasi perairan Indonesia menuju Australia, lampu kapal perang tersebut dipadamkan termasuk pada malam hari. Pemadaman lampu tersebut bertujuan mengelabui aparat keamanan Indonesia.

“Kami berlayar hampir dekat ke Pulau Rote kemudian melihat perahu di kejauhan. Kami mengira itu kapal perang Indonesia, ternyata bukan,” ujarnya. Oleh kapal yang ternyata milik Australia, Abdirashid diminta untuk terus jalan karena Pulau Rote sudah dekat.

Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Timor Barat Ferdi Tanoni mendesak Pemerintah Indonesia khususnya TNI agar tegas kepada Australia. Pasalnya, keberadaan kapal perang Australia di perairan Indonesia yang tanpa izin merupakan pelecehan.

“Tindakan Australia menghalau para imigran sampai perairan Indonesia merupakan pelecehan yang harus diambil tindakan tegas oleh Jakarta,” katanya.

Imigran Timur Tengah yang dihalau kapal perang Australia kembali ke Indonesia sebanyak dua kali. Pertama pada 19 Desember 2013 sebanyak 47 orang. Kedua pada 6 Januari 2014 sebanyak 45 orang sehingga total imigran yang ditampung di sebuah hotel di Kota Kupang sebanyak 93 orang.

Kepala Imigrasi Kupang Silvester Sililaba mengatakan imigran ditampung di hotel karena Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kupang saat ini penuh. (Metrotvnews.com/Palce Amalo).

Kisruh Manusia Perahu
Panglima TNI Jenderal Moeldoko mendapat telepon dari Panglima militer Australia, beberapa waktu lalu. Dalam komunikasi itu, Panglima militer negeri Kanguru itu menegaskan, negaranya akan mengusir imigran gelap yang kerap disebut ‘manusia perahu’ yang datang dari Indonesia.

“Baik itu kru (kapal) orang Indonesia. Mereka akan usir dan dorong perahu itu balik lagi ke Indonesia,” kata Moeldoko di Cilangkap, Rabu 8 Januari 2014. Australia juga menyampaikan sikap tegas mereka atas maraknya penyelundupan imigran gelap yang masuk ke wilayah mereka setelah Indonesia membekukan kerjasama militer, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Indonesia membekukan sejumlah kerjasama dengan Australia, November 2013. Salah satunya, patroli bersama mencegah imigran gelap di perairan. Pembekuan kerjasama ini buntut dari skandal penyadapan yang dilancarkan Australia ke Presiden SBY dan istri, serta sejumlah tokoh RI tahun 2009.

Jenderal Moeldoko mengungkapkan, sikap tegas militer Australia itu berdasarkan keputusan Pemerintahan Tony Abbott paska pembekuan kerjasama militer kedua negara bertetangga tersebut. “Kita sudah tidak ada hubungan patroli bersama,” katanya.

Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya. (Vivanews.com/ Prita Daneswari).

  209 Responses to “Australia Terobos Perairan Indonesia”

  1.  

    Hidup Indonesia….!!

  2.  

    oke lah@berita/cerita militer indonesia ranking 15 terkuat didunia itu salah besar,secara alutsista aja kita sangat2 tertinggal di asia,di asia aja yg gudangnya alutsista ada china,korsel,korut,japan,taiwan,adalg arab saudi,mesir,iran,israel,rusia dan pecahannya,eropa dan amerika..
    Dasarnya apa menetapkan militer indonesia ada di peringkat dunia,di usik australia aja gak berani,sipadan ligitan diambil diem,wilayah udara dikuasai singapore dan malaysia jg ga brni protes..hmm dgn opm aja babak belur dgn tiktak gerilya,pdhl gembar gembor indonesia paling hebat sedunia klo soal gerilya hahaha

    •  

      @ frans

      thx …mas frans..
      .
      mengenai rangking mas frans silahkan tanya di..

      http://www.militer-review.web.id/2013/02/kekuatan-militer-indonesia-ranking-15.html#.Us-m1PRdV7s
      ATAU
      http://globalfirepower.com/

    •  

      Ini ada pernyataan dari perwira TNI kita saat bertugas diluar negeri membawa nama harum negara.dan bangsa ,

      Well, we may not the best equipped soldier in our region, but we are the most experienced warrior through history in the region, since we fought the Dutch, Great Britain, Japan, Portuguese, and all the local rebellions inside the country. Through history, We`ve learned that our most lethal weapon is our bond with our own people.”
      Kalau gak ngerti artinya ini terjemahannya
      (Kami mungkin bukan prajurit yang memperoleh perlengkapan TERBAIK di kawasan ini, tetapi kami adalah PEJUANG yang paling berpengalaman di kawasan, karena kami pernah bertempur melawan, Belanda, Inggris, Jepang, Portugis dan pemberontakan-pemberontakan yang ada di negara ini. Dari sejarah kami BELAJAR kekuatan kita terbesar terletak pada ikatan yang kuat/kemanunggalan antara TNI dan RAKYAT)

    •  

      frans silahkan mengejek TNI kita…… tapi dengan ejekan2 seperti dan arogansi australia malah akan menaikkan moral prajurit TNI dan rakyat Indonesia………..
      Tunggu aja nanti MEF 2&3 malah akan dipercepat dan berapa tahun lagi, kawasan ini akan melihat kekuatan militer Indonesia pada khususnya dan bangsa serta rakyat Indonesia pd umumnya.
      Kita anggota warjag bolehlah mengkritik tapi membangun dan cari solusi cerdas untuk bangsa dan negara NKRI yg kita cintai…….. jgn menkritik dengan nada sangat melecehkan bangsa dan negara Indonesia, kecuali memang bukan wni……………

  3.  

    setuju sama bung surya. jangan sampai kepala panas terus membabi buta. setelah ujian dari jiran utara berhasil dilewati dengan sukses. sekarang ujian dari jiran selatan, di saat2 yang paling menentukan pula. kuncinya jangan “Ejakulasi Dini”. jangan sampai kita2 terpancing provokasi, terus dijadikan pintu masuk buat penjarah2 berkulit putih. bagi pemuda-pemuda yang berdarah panas, persiapkan diri anda setiap hari minimal push up 100x, belajar berenang dan jangan lupa berlatihlah bela diri. jika saatnya tiba jangan jadi ayam sayur yang cacingan.

  4.  

    Seharusnya kita bersyukur, kita hidup di negara demokrasi yg menghargai perbedaan. Untuk yg militan hendaknya kalau marah bicaranya santun tapi tetap tegas serta tepat sasaran sebagai pengimbang dan tolong jangan sampai menguliti sampai habis. Sebaliknya TNI serta Pemerintah walaupun tidak dapat memuaskan semua lapisan masyarakat namun hendaknya sebagian BESAR masyarakat dapat menerima apa yang dilakukan oleh mereka,ini sangat penting karena kepentingan Nasional kita diatas segalanya. Dan untuk propokator + antek asing inilah musuh kita bersama dan nyata.

  5.  

    Mending damai aja adek-adek sekalian, ajukan proposal perdamaian dan konsesus-konsesus yang menguntungkan australia dan kita. Kasian pak bila TNI berperang, kalau anggota TNI mati siapa yang ngurus anak istrinya.

  6.  

    wah rame bgt ada apa ya.ane males marah-marah + berpraduga yg tidak2 (bkn brarti tdk cinta NKRI).mungkin aussie sangking prustasinya lupa diri trs masuk pekarangan tetangganya.kita tegur aja jgn terlalu jauh masuknya.lagian barang blm semua terkirim jadi sabar aja dl.kan sayang kalau ditunda pengirimannya.
    ane jd inget temen yang ngakalin lift gara2 perusahaannya pelit sm lembur,padahal lift nya ga rusak.
    kayaknya bakal muncul berita soal renstra laut apa ya kedepan…?

  7.  

    Byuuuuh…ramai nian, hahaha. Agan dan aganwati, kalau mau bilang TNI lemah atau gak, harusnya liat peristiwanya dgn lebih komprehensif. Sebenarnya, peristiwa Panglima Aus telp Jend Moeldoko itu bs dikatakan Aus “minta izin” ke kita. Artinya kita tahu tp didiemin aja, coz lg penghentian kerjasama di bidang people smuglling. Cm, kok ada peristiwa “printilan” soal kapal Aus yg mematikan lampu (kayaknya ini blm bs dipertanggungjawabkan). So, posisi TNI dlm hal ini serbasalah gan. Mengingat SBY msh gondok ama Aus. Jd, jgn terlalu dikhawatirkan lah soal kemampuan dan integritas TNI. Walaupun memang harus diakui TNI kita msh “kecil” jk diliat dr inventory alutsistanya. Semoga Warjagers bs lebih calm lg menanggapi setiap isu. Salam

  8.  

    Sama2 salah kok, pemerintahnya yg salah. Yang nyalahin TNI tolong belajar struktur pemerintahan, TNI itu letaknya dimana trus yg diatas TNI itu siapa. Mengeluarkan kebijakan pembiaran trhadap rombongan pencari suaka padahal WNI ikut terlibat ya salah juga. Sedangkan Kapal perang Ostrali masuk jauh ke perairan kita ya juga salah, tapi gimana lagi wong nggak ada Kapal TNI yg njemput itu kapal imigran kok. Klo ngusirnya cuman sampe diluar ZEE ya balik lagi itu kapal imigran. Kenapa kok nggak ditampung di disono, ya ribet juga emoh, lha wong kapalnya kapal WNI kok. Imigran itu dah bayar ongkos buat naik kapal ke oknum disini. Ostrali taunya itu kapal orang sini ya udah dibalikin kesini, ditembak/ditenggelemin nanti salah lagi. Panglima berkata seperti itu karena menyadari nggak bisa menyalahkan pihak Ostrali sepenuhnya, nyalahin pemerintah sendiri juga nggak mungkin.

    Mau nggak mau, suka nggak suka kita harus terlibat nggak bisa cuci tangan. Mulai pengawasan bea cukai, imigrasi dari bandara dan pelabuhan. Pendatang mencurigakan dan tujuan nggak jelas harus dikarantina. Ketika terindikasi imigran yg mau ke Ostrali ya sita itu hartanya, trus beliin tiket buat pulang ke negara semula. Itu oknum2 sini yg penyedia jasa nyebrangin imigran harus ditindak keras sampai ada efek jera, klo nggak ya ga bakalan selesai itu masalah. Jangan biasakan buruk muka cermin dibelah. Jangan biasakan nyalahin orang lain klo sini juga punya permasalahan yg harus diselesaikan.

    Yang nggak setuju boleh protes…

    •  

      yg ini ane setuju gan…
      yg ane kurang setuju cuma cara panglima menyampaikannya…
      menimbulkan kesan posisi kita tidak setara dengan australia, lebih ke pihak yg nrimo tanpa bisa apa2…

  9.  

    Suatu kejadian pasti ada sebab dan akibat, dan pasti ada insyaallah pasti ada hikmahnya………….
    Pemerintah RI untuk menjaga wibawa dihadapan rakyatnya, khususnya mulai dikoordinatori dari menko polkam beserta anggota : Panglima TNI, Menlu , menhan dan kapolri beserta jajarannya…. harusnya duduk bersama dulu membahas permasalahan ini.
    Jadi semua yg keluar dari hasil keputusan rapat tsb mengenai kejadian tsb sudah menjadi keputusan resmi pemerintah RI yg kemudian disampaikan kepada media .
    Jgn sampai komentar antara Panglima TNI dengan Menlu RI berbeda / tdk sama……….
    Ingat kita (NKRI) lg dicoba oleh Australia dan negara lainnya soal Harga Diri suatu Bangsa dan Kedaulatan NKRI………
    Kita pun di warjag ini mempunyai banyak pendangan berbeda memandang permasalahan ini, tapi memang perbedaan suatu hal akan mjd rohmat dan barokah bagi bangsa dan negara RI asalkan perbedaan ini muaranya demi kecintaaan kita demi keutuhan dan kedaulatan NKRI yg kita cintai.
    Solusi cerdas dari anggota forum WARJAG ditunggu, dan siap tau para pemimpin kita membaca JKGR ini dan solusi dari warjag bisa dipakai untuk demi kebaikan NKRI…………..

    •  

      SETUJU memberikan solusi agar Indonesia makin jaya
      Bukan memberi sampah,,,sudah banyak forum sampah soalnya.

      dan kita sebagai rakyat harusnya memikirkan Perasaan para pahlawan TNI yang telah gugur membela kedaulatan ini dan perasaan para TNI yang masih aktif dan keluarganya
      Bila mereka membaca tulisan dihujat oleh rakyatnya sendiri yang terprovokasi.
      gimana perasaan mereka

      Bagian provokasi dan ngomporin itu paling mudah
      Bagian menumbuhkan rasa nasionalisme itu yang paling susah karena tidak banyak yang peduli

      Maka dari itu saya sebagai rakyat masih menyempatkan waktu yang tidak panjang ini untuk berbakti kepada Tuhan ,Negara dan bangsa ini
      dengan menulis diblok blok militer (walaupun mampu nya cuma didua forum saja) agar rakyatnya semakin CERDAS menuju Indonesia Jaya
      dan saya lakukan tanpa pamrih dan bayaran karena itu amanah sebagai WNI yang PEDULI

      Kalau kemarin para patriot yang muda muda bisa mencounter komen koment yang merongrong NKRI saya hanya tinggal yang memberikan gambaran dan pencerahan saja
      Gak repot repot ikut menyemprit
      Makasih warjager maaf kalau semalam sedikit kecewa.

      •  

        @ SATRIO

        KAMU BERBAHAYA SEKALI..!
        =================================================================
        satrio suroboyo wrote:
        @Bung punk masih bisa gitu lho koment di warjag
        bung okelah ngakunya user lho..kalau ngomongin layang layang jadi ingat clue dari bung van,,,kalau beneran itu yang dimaksut bung okelah
        hehehehe
        OKE LAH
        emangnya ada dia ngaku USER…?
        sepertinya tidak deh… bisa saja loe bro SS
        he he he
        ===============================================================
        #Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
        dan teriak teriak ..
        Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
        Tulis namanya yang gede yaaa,, #
        ——————————————————————————————————————————-

        dengan kata2 ini….ANDA DIDUGA/SEPERTINYA BERUSAHA MEMBENTURKAN TNI DAN RAKYAT…..?.

        lalu dengan tampa merasa bersalah anda buat coment seperti ini…??
        ohhh tuhan….

        SETUJU memberikan solusi agar Indonesia makin jaya
        Bukan memberi sampah,,,sudah banyak forum sampah soalnya.

        dan kita sebagai rakyat harusnya memikirkan Perasaan para pahlawan TNI yang telah gugur membela kedaulatan ini dan perasaan para TNI yang masih aktif dan keluarganya
        Bila mereka membaca tulisan dihujat oleh rakyatnya sendiri yang terprovokasi.
        gimana perasaan mereka

        Bagian provokasi dan ngomporin itu paling mudah
        Bagian menumbuhkan rasa nasionalisme itu yang paling susah karena tidak banyak yang peduli

        Maka dari itu saya sebagai rakyat masih menyempatkan waktu yang tidak panjang ini untuk berbakti kepada Tuhan ,Negara dan bangsa ini
        dengan menulis diblok blok militer (walaupun mampu nya cuma didua forum saja) agar rakyatnya semakin CERDAS menuju Indonesia Jaya
        dan saya lakukan tanpa pamrih dan bayaran karena itu amanah sebagai WNI yang PEDULI

        Kalau kemarin para patriot yang muda muda bisa mencounter komen koment yang merongrong NKRI saya hanya tinggal yang memberikan gambaran dan pencerahan saja
        Gak repot repot ikut menyemprit
        Makasih warjager maaf kalau semalam sedikit kecewa.
        ================================================================
        mulut dan ketikanmu adalah harimaumu… ..yang sampah itu anda… bukan patriot muda..
        kalau anda sudah tua diatas 50thn….sadarlah ini bukan zamanmu lagi
        sy lg ngak bercada nih…!

        •  

          Sebenarnya MALES Nanggapi anda
          Mulat sariro hangroso wani (berani Intropeksi diri sendiri)
          Orang dipandang karena bicara dan kelakuannya.
          Kalau orang tanya saya user saya jawab dengan tegas bukan hanya fans boy saja karena memang BUKAN..

          MasAc says:
          January 5, 2014 at 3:51 pm

          Dan komentar paling cerdas ,,dengan semboyan pokoknya gen 5
          Dan gak perlu ulasan macem macem,sederhana,lugu
          Dan para sesepuh sudah gak diperlukan bahasan ilmunya

          Cocok lah saatnya merombeng semua sukhoi kita seperti saran bung okelah
          Warjag akan ketularan makin populer
          Reply

          nowyoudont says:
          January 5, 2014 at 6:45 pm

          “Pokoknya Hond@ karena irit” generalisasi semacam ini hasil denger2 sepintas tanpa mau repot2 ngecek data teknis dibandingkan kompetitor memang masih umum di negeri ini.Biasanya akan menghilang seiring dengan meningkatnya pendidikan dan pergaulan
          Reply
          oke lah says:
          January 6, 2014 at 2:29 am

          lugu…?? kepala lu bau menyan….!..
          gw ..lihat,memegang,belajar langsung ,bukan lihat di buku,atw baca di buku…
          sesepuh..? HARUS DAN WAJIB KITA HORMATI..,tetapi sesepuh juga harus mawas diri.,bahwa berbangga diri itu salah..!apa lagi sok tau…,mendingan sesepuh bawel di kasih main PS saja biar ngak bawel dan ngaco..!
          INGAT..FORUMER ….PANGKALAN ASING SUDAH MENGEPUNG KITA…!
          maaf kalau ngawur….:)).
          Reply
          Satrio says:
          January 6, 2014 at 2:47 am

          Bung Oke anda sebagai user yaa? Anggota,,?
          Silahkan bung Oke ikut menularkan ilmunya disini supaya kita bisa belajar bersama,

          Dan juga bisa mengkoreksi bila sesepuh disini sok tau agar tidak terjadi salah informasi ‘
          Saya juga lagi belajar disini,,monggo bung okelah

          @bung Masac
          menurut saya bahasan ilmu sesepuh disini masih diperlukan lah dan bisa ditambahi dengan informasi dari bung okelah yang lihat,memegang,belajar langsung ,bukan lihat di buku,atw baca di buku…
          Dan saya kira akan menjadikan bahasan yang sempurna

          @Bung Diego
          nanti Jangan dibuat artikel berjudul nouwyoudown VS Okelah
          pakai judul lain aja
          Reply
          oke lah says:
          January 6, 2014 at 3:08 am

          ha ha ha…..ilmu kudu kali yah mas….
          mendingan anda kasih judul..
          APAKAH MUNGKIN SEBUAH NEGARA YANG MAYORITAS PENDUDUKNYA MUSLIM BISA ..”AMAN,ADIL DAN MAKMUR..
          (diluar negara konco2si itu tuh)
          atau tulisan saya mengenai JANGKAR,LAYANGAN,DAN GERGAJI…agar direnungkan..TERUTAMA FORUMER MILITER .dan di ambil ilmunya.
          atau MENGHANCURKAN MALAYSIA DAN SINGAPURE DALAM WAKTU 5 MENIT (MALAY) I MENIT UNTUK SINGAPURE.
          he he he
          kan berawal dari kata kata anda yang serasa pemakai langsung alutsista.

          dengan kata2 ini….ANDA DIDUGA/SEPERTINYA BERUSAHA MEMBENTURKAN TNI DAN RAKYAT…..?.
          hanya orang orang bodoh diwarjag yang menduga seperti itu..
          Saya mengajarkan berdemokrasi yang benar demo lah atau salurkan aspirasinya atau CELAAN nya ,,jangan mencela terus sembunyi identitas pengecut itu namanya..kecuali beramal sembunyi nama baru bagus.
          saya sebagai rakyat pingin tau mukanya orang yang mencela TNI nya seprti apa sehingga bisa menambah pengalaman saya bagaimana type orang yang suka mencela lambang negaranya sendiri.

          Dan coba anda telah dan baca lagi komen komen anda
          saya juga serius ini,.
          Kalau sesepuh warjag menganggap saya berbahaya saya siap mundur kok..
          Tetapi apakah anda juga siap mundur kalau anda yang diminta?
          dan perasaan sudah banyak yang memintanya

          •  

            tambahan koment koment anda bila anda lupa

            oke lah says:
            January 9, 2014 at 10:56 pm

            @ satrio…

            SABAR YAH MAS….SABAR
            yah gitu deh

            istana dan gedung putih saja di demo….itulah arti demokrasi
            jujur bila anda ***
            sangat salah anda bicara sama rakyat seperti ini..
            ——————————————————————————————————————————-
            #Coba bersatu dan Demo dicilangkap sana bawa spanduk yang isinya tulisan sampaian disini ..
            dan teriak teriak ..
            Saya pingin tau bagaimana macam orangnya yang suka teriak teriak njelekan bangsa sendiri,
            Tulis namanya yang gede yaaa,, #
            ——————————————————————————————————————————
            kesannya anda sok jagoan dan arogansi….cilangkap adalah punya rakyat..! dan jangan di jadikan rumah hantu seperti dahulu…jaman sudah berbeda pak..
            dan bila bawahan saya ada yang berani omong seperti itu..apa lagi di media maka saya akan pecat ..!
            ingat indonesia adalah negara hukum…dan berlandaskan pancasila
            emosi boleh saja emosi..tetapi harus kepala dingin…thx

          •  

            hehehehe………. @NENG OOKLAH belajar yang rajin lo sudah pinter baru nongol lagi di warjag ini
            ALLAHUMA FIRLAHUM WARHAMHUM

        •  

          @oke lah

          orang gak cerdas seperti anda tidak berarti boleh takabur…

          belum tentu SISA usia anda lebih panjang dari @Satrio…

        •  

          Kali ini saya setuju dengan anda bung oke lah walaupun kadang anda agak ngawur dan komen disana dan disini kurang sinkron :mrgreen: dari awal saya sudah kurang cocok dengan logika dan cara berpikirnya satrio, sepertinya beliau memang sudah tua diatas 50 tahunan :mrgreen: mungkin sudah waktunya untuk pensiun kali yah :mrgreen:

          •  

            Apakah kalau orang yang sudah diatas 50thn dan orang yang sudah pensiun tidak boleh mengabdi kepada negaranya ???

            Itulah pesan anda ?
            Biar anakmuda tidak dibimbing oleh para sesepuh bangsanya yang sudah berpengalaman untuk menuju Indonesia Jaya.
            hanyan tau Indonesia yang sekarang dan agar dilupakan kejayaan leluhurnya

          •  

            Dunia Social Media gak ada hubungannya dengan umur.
            Ngomongin umur, kalau mau masuk sekolah

        •  

          okelah……
          Waduoooocccchhh
          kata” anda sepperti plg benar dan seakan anda plg jago dlm setiap bidang,saya bangga dengan kt”mu tapi tidak bangga dg kemampuan mu.seandainya perang terjadi,anda plg juga bersemmbunyi dlm lubang semutt,,
          kata”mu mencerminkan kerendahanya IQ mu yg di bawah minus rata”.hanya bisaa gebar gembor tapi tidak ada bukti samma sekali..
          Buktikan dulu kata” anda yg sll merendahkan dg koment yg org alaay katakan.

          @silent rider…
          Apakah seorang org tua yg miskin dan takpunya apa” untuk di makan di suruh pensiun???
          Anda jgan berfikir sll kmpul dg sikaya,coba cermati org iskin di kampung anda..

          Apakah perjuangan Abdul H nasution tidak berguna setelah tua.?? Buktinya sammpai sekarang ide nya spt taktik gerilya masih di gunakan..
          Anda dan okelah hanya segelintir org yg lahir tanpa ari” yg di tanam di dalam bumi NKRI.krn terbukti jiwa nasionalisme anda cekakkk ..

          Buat bung satrio@.. Sabar saja bung, menghadapi manusia yg tak punya dosa spt sodara” kita yg lahir tanpa ari”.

      •  

        Bung @Satrio di dunia maya tidak ada bedanya umur nyata forumer, semua mempunyai kesempatan setara. Dan dari isi komen dan cara penyampaian saya rasa semua bisa melihat kedewasaan dan wawasan seseorang, bahkan ketika sedang berbeda pendapat. Jangan kecewa dan kecil hati karena kehadiran bocah alay yang cuman nyampah, toh kebanyakan bisa membedakan antara wejangan dan kumur-kumur :mrgreen: termasuk silent readers

        Tetap semangat bung, kami masih banyak perlu mendengar dan mendapat masukan dari orang2 seperti anda. Walau belum tentu selalu setuju tapi saya pribadi sangat menghargai informasi dan masukan anda dan para suhu lainnya

        •  

          Terimakasih bung Now
          Saya masih semangat kok ,,,
          Dan saya senang diskusi disini dengan anda anda seperti bung now,bung danu,bung melecteck ,bung wh,bung antonov,bung roger dan bung bung yang lainnya disini
          Yang penuh semangat dan cerdas memberikan ulasannya dengan basic masing masing..

          Harapan saya cuma satu agar warjag bukan seperti warung sebelah
          Disediakan forum untuk cyberwar memecah belah Indonesia dengan SARA dan dengan negara negara kawasan..

          Kita sudah mulai bangkit dari keterpurukan dan menuju Indonesia Jaya
          maka akan banyak tangan asing yang tidak ingin Indonesia Jaya terwujut
          maka kita harus memper erat Persatuan dan Kesatuan kita dimulai di warjag ini .

          •  

            Bung Nowyoudont, saya melihat (hingga saat ini), dunia social media adalah Genre baru dalam diskursus. Pesertanya bisa sangat cair, dari kalangan mana pun, usia berapa pun, hingga cara berpikir pesertanya pun sangat lebar.

            Tentu dunia social media yang baru ini berbeda dengan kelompok diskusi yang reguler. Dunia social media ini tidak bisa kita lawan. Jadi saya melihat sebuah dunia social media dengan cara yang santai saja. Yang setuju saya serap dan yang aneh…ya saya lewatkan saja.

          •  

            Bung @Diego, kalo mengenai ID bagaimana? apa memungkinkan dari segi keamanan?

            Memang hanya di dunia maya ibaratnya level pengangguran putus sekolah bisa berdebat dengan praktisi dgn gelar panjang 🙂 .Kekhawatiran saya, para suhu narasumber jadi males masuk jika lingkungan komunikasinya tidak kondusif

          •  

            Saya coba konsultasikan dulu dengan orang IT tentang keamanan dari penggunaan ID ini. Karena dalam sehari ada puluhan yang registrasi dan terdaftar di Warjag, namun rata-rata dari luar negeri dengan nama-nama asing yang tidak jelas. Dalam sepuluh hari akan ada ratusan yang subsciber dan umumnya adalah spam. Nah saya bingung, bagaimana nantinya memisahkan yang spam dan yang member asli. Takutnya fasilitas member itu menjadi ladang spam, umumnya promosi produk-produk luar negeri.

            Dalam seminggu saja, ada seratus lebih “spam” yang melakukan registrasi. Mungkin ada yang paham tentang sisi keamanannya ?.

            Saya juga inginnya member di sini lebih ter-sortir seperti yang disampaikan Bung Nowyoudont. Nah masalahnya, siapa yang berhak bahwa si A harus dibanned dan di B boleh jadi member. Kalau saya yang memutuskan, akan sangat subyektif. Berarti harus ada beberapa Admin. Namun, bagaimana menjamin bahwa komputer Admin tersebut bersih, sehingga tidak menjadi sasaran dari virus dan malware. Warjag ini sudah lebih dari 10 kali disabotase virus dan malware.

            Ada Pendapat ?
            Salam

          •  

            bung diego. Sepertinya saran bung nOwyou boleh dijdikan masukan, untuk bisa masuk di warjag hrs ada keammanan..
            Kalao tidak begini suhu” di warjag akan hangus.krn malas mau keluar lihat warjag seperti sekarang..seperti cyberwars saja….
            Kalao boleh usul. Suhu” di warjag harus ada yg dijadikan admin seperti bung satrio,melektech,dexter,WH,danu,
            th 2013 warjag masih enak di baca. Tp th 2014 br 10 hari banyak yg makjlebb,bahkan suhu saja di lawan,,

            dan tambahan sepertinya kata” “INDO” dihilangkan juga.. krn kt NKRI
            maaf sebelumnya..

          •  

            Saya nggak usah dilibatkan jadi admint dll,,Gaptek IT
            Dan tidak selalu bisa nongkrong diwarung ini..biar bung danu dan bung nouw itu yg lebih menguasai IT
            Saya penggembira saja

            Kalau ada IDE/tulisan saya sodorin aja ke bung diego kalau layak dimuat alhamdulillah

            Semoga Warjag makin Jaya

          •  

            @ bung diego coba bung dengan cara pengenalan IP addressnya…

            misal yang di banned ID + IP kompinya…

            secara teknis mungkin temen2 IT jenengan lebih tau

            (lama nggak buka warjag kok banyak koment2 yang provokatif dan SARA)

          •  

            Bung @Diego, usul saya ga usah daftar, orang cenderung males komen jika daftar.

            Jika memungkinkan cukup ada pengenal automatis dari JGKR, bentuknya bisa nomor atau avatar untuk email dan/atau IP yang sama. Tujuannya sekedar mencegah ganti2 nama hingga merasa aman ngomong vulgar, supaya lebih bertanggung jawab dan menyaring ucapan saja 🙂 bukan untuk dibanned atau lain2. Mengenai cekal bisa dilakukan manual.

          •  

            saya juga gak cocok ikutan jadi admin, ada yang macem2 saya malah cenderung terpancing untuk menanggapi hingga ke manapun dengan sarkastis -malah tidak menengahi 😀

  10.  

    Jika menggunakan lensa yang tepat, terlihat gamblang bahwa tindakan Oz KURANG AJAR dan saya bisa memahami jika banyak yang emosi.

    Lensa yang tepat misalnya buatan Unclos, laut teritorial sesuai definisi Unclos 1982 adalah lajur selebar 12 mil laut (22.2 km) dari garis surut laut di pantai. Laut teritorial dianggap sebagai daerah kedaulatan
    negara, termasuk udara di atasnya dan dasar laut di bawahnya. Hukum negara ybs berlaku di laut ini.
    Antara 12 dan 24 mil laut Oz menetapkan ‘contiguous zone’ dimana berlaku kewenangan terbatas di bidang imigrasi dan bea cukai.
    ZEE sesuai Unclos adalah zona laut dimana sebuah negara memiliki hak khusus terkait eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati termasuk pembangkitan listrik memanfaatkan gelombang laut dan angin. Batas ZEE adalah 200 mil laut dari garis surut laut di pantai.

    Menurut prof Donald Rothwell dari College of Law, Australian National University, these zones are principally areas of environmental jurisdiction and resource sovereignty where rights can be exercised with respect to natural resources such as fisheries, oil and gas.

    Garis batas ZEE RI dan Oz sebetulnya saling overlap karena lebar L Timor kurang dari 400 mil, sehingga ditentukan garis median ZEE . Dengan sendirinya tidak ada perairan internasional (high sea) di L. Timor.
    http://www.atns.net.au/objects/Timor.JPG

    Menurut hukum laut internasional kapal kayu asal manapun boleh muter2 di ZEE suatu negara, AL negara ybs hanya bisa mengawasi dan menindak jika kapal tsb melanggar hukum dengan melakukan eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati (illegal fishing). Sesuai pernyataan prof Rothwell, yang berlaku adalah “environmental jurisdiction and resource sovereignty”. Jadi gak ada hak mereka menggiring2 kapal yang tidak melanggar “environmental jurisdiction and resource sovereignty”, apalagi hingga MEMASUKI ZEE RI apalagi hingga memasuki LAUT TERITORIAL RI sejauh 5 mil laut.

    Dengan kerangka di atas kita bisa nilai lagi kalimat2 ini:

    1] Sementara itu, Ketua Yayasan Peduli Timor Barat Ferdi Tanoni mendesak Pemerintah Indonesia khususnya TNI agar tegas kepada Australia. Pasalnya, keberadaan kapal perang Australia di perairan Indonesia yang tanpa izin merupakan pelecehan (TEPAT).

    2] Australia juga menyampaikan sikap tegas mereka atas maraknya penyelundupan imigran gelap yang masuk ke wilayah mereka setelah Indonesia membekukan kerjasama militer, beberapa waktu lalu. (gak ada urusan membekukan atau membubarkan kerjasama, KITA JUGA HARUS TEGAS MERUMUSKAN TINDAKAN2 MEREKA YANG DAPAT KITA TERIMA, tanpa ini mereka nginjek kepala)

    3] Panglima TNI menambahkan, tujuan Australia menyampaikan informasi tersebut agar Indonesia tidak tersinggung atas tindakan tegas mereka. “Menurut saya, itu wajar. Niat baiknya itu saya hargai,” katanya.
    (wajar atau niat baik atau menghargai itu jika cocok dengan RUMUSAN KITA terkait ZEE RI dan LAUT TERITORIAL RI, rumusan tidak jelas kepala diinjak)

    4] “Yang dibicarakan adalah kalau kapal dari Indonesia, kru (kapten) dari Indonesia,” kata Moeldoko di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Kamis (9/1).
    (kalaupun AL Oz ingin melanggar ketentuan yurisdiksi ZEE dan menggiring kapal kayu RI, mereka harus berhenti di garis median ZEE, lewat berarti cari gara2)

    5] “Jawaban saya apa, bukan menyetujui. Bukan. Saya memahami langkah-langkah taktis itu. Dasar saya apa, karena ada dalam UN Declaration mengatakan setiap negara berhak melindungi atas kedaulatan wilayahnya,” lanjut dia. (kedaulatan Oz adalah pada laut teritorial mereka -12 mil, tidak mencakup laut teritorial RI)

    6] “Nah, saya berproyeksi kalau tugas itu diberikan pada saya, saya juga akan melakukan hal yang sama. Jadi itu konteksnya,” kata Moeldoko. (ya salah kalau berbuat seperti Oz)

    •  

      Pemerintah RI jangan mau disetir Oz soal asylum seekers di kapal kayu ini:

      THE ABC has banned its journalists from using the term “illegal arrivals”, while acknowledging Scott Morrison’s preferred term for asylum-seekers who arrive by boat is factually correct.

      In an email to all staff yesterday, the ABC’s head of editorial policy Alan Sunderland said the Immigration Minister’s decision to use the term raised the question of whether the ABC would change its own language. “The short answer is no,” he said.

      Mr Morrison recently ordered his department to use the term “illegal arrival” when referring to asylum-seekers who arrived by boat. But Mr Sunderland said the term “asylum-seeker” would continue to be used by the taxpayer-funded broadcaster, as it is by The Australian.

      He referred staff to the ABC’s style guide, which notes that “under international law ANYONE can apply for asylum”.
      The guide also bans the term “boatpeople”, “unlawful asylum seeker” and “illegal refugees”.
      ( BEN PACKHAM THE AUSTRALIAN OCTOBER 25, 2013 12:00AM )

      What is a bogus asylum seeker?
      There is no such thing as a bogus asylum seeker or an illegal asylum seeker. Everybody HAS A RIGHTt to seek asylum in another country. People who don’t qualify for protection as refugees will not receive refugee status and may be deported, but just because someone doesn’t receive refugee status doesn’t mean they are a bogus asylum seeker.
      Let us remember that a bogus asylum-seeker IS NOT equivalent to a criminal; and that an unsuccessful asylum application is not equivalent to a bogus one – Kofi Annan / UNHCR

    •  

      Di blog hukum ini jelas bahwa ‘asylum seeker’ bukan pelaku tindak pidana di laut yang perlu dicegat TNI AL, jadi Oz silakan meniru apa yang kita pernah lakukan di P. Galang seperti disinggung mas Satrio. Dan kita gak perlulah jadi asisten Oz nguber2 kapal kayu…

      http://lawforjustice.wordpress.com/tag/peran-tni-al-dalam-penegakan-hukum/

  11.  

    kirim aja si lontong jalan2 ke sydney…..

  12.  

    assalamu alaikum,. mohon ijin gabung di warjag..

    menurut ane nubie.com situasinya tidak memungkinkan untuk di ambil tindakan cepat..

    1. karena bisa saja kapal imigran tersebut beriringan dengan kapal aussie, resikonya terlalu besar,
    2. ada WNI di dalam kapal itu.
    3. bisa jadi respon balik dari TNI yang kurang cepat(tecnical issue)

    keselamatan nyawa manusia biar bagaimanapun harus di utamakan..

  13.  

    Sudah waktunya anggota warjag didaftar dan dikasih I D anggota….gmn bung Diego…. Semua untuk kebaikan bersama, dan ada rasa tanggung jawab, Terima kasih .

    •  

      setuju

    •  

      Bung Diego bisa menata ulang aturan main di warjag ini, forum warjag selama ini terjaga dgn penasehat para sesepuh kita, dan semoga bisa tetap terjaga mutunya mjd tetap forum diskusi yg sehat dan bung diego sebagai wasit sekaligus moderator dari warjag yg kita cintai.
      Insyallah sy udah usul setahun yg lalu , krn byk forum2 sejenis hancur gara2 serbuan alay2 yg hanya berniat menjelekkan bangsa dan negara indonesia yg kita cintai.
      Mengkritik boleh tp ads aturan main yg harus tetap dijaga…., hal ini tidak mengurangi kdbebasan berpendapat tapi juga harus punya rasa tsnggung jawab sebagsi insan pancasillais . Terima kasih

    •  

      Setuju bung, demi meningkatkan kualitas Warjag tercinta ini melalui koment2 yang bertanggungjawab. Tambahan usul untuk Bung Diego, mungkin bisa diterbitkan Code of Conduct. Nanti jika ada yang melanggar, Bung Diego tidak perlu meminta saran warjagers apa yang harus dilakukan untuk mereka yang melanggar CoC, tapi langsung saja diumumkan bahwa ybs telah dibanned karena melanggar Coc nomor sekian bla bla bla..

      Salam.

  14.  

    wah gara-gara berita ini forum warjag jadi panas,cukup disayangkan.saya sebagai fans boys hanya ingin pencerahan+pembelajaran disini.bagusnya yang lbh unggul beri pencerahan bagi yang baru mengenal dunia alutsista,dan semua siap dikritik,tapi yg namanya dunia maya mungkin rada susah.
    mending kita ngebahas kedepannya harus bagaimana biar kejadian ini tidak terulang lagi.maaf bukan maksd menggurui soalnya saya mah orang biasa yang cm pengen belajar.

    “satu pertanyaan saya setiap kebijakan TNI harus ijin atau tidak,,?dan kesiapa ijinnya..?”

    mundur dl ah…takutnya komentar saya tidak berbobot..cukup membaca saja,,hehehe.

  15.  

    Iya..duel bung OKE sama bung Satrio ..lebih bersifat PRIBADI, sudahi dunx..Menggangu..jujur z.
    Kasian yg lain ..yg pengen paham informasi …jadi baca DEBAT EGO…
    weleh…bakal ada MEJA HITAM versi Dumay..:D 😀 😀

    •  

      Saya hargai dan respek dengan semua rekan rekan di sini.

      •  

        Waduh semalam okelah ngisruh diwarung sebelah
        Kelihatan aslinya
        Dihujat rame rame ama penghuninya
        Okelah gak pantas debat quality disini ,forumer sampah

        •  

          Kalau debat2an gw kagak ikutan2.. ahh.. kalau sebatas sharing info dan diskusi baru gw mau. makanya semalem gw nyimak jd SR kagak mau ikut2 ngeramein nyampah.. hehehe..

    •  

      Tuhan menganjurkan manusia untk menjauhi perdebatan, akan datang masa dmn manusia gemar untuk berdebat dan berpecah belahlah mereka. Karna sesungguhnya dalam perdebatan trdapat keegoisan,arogansi dan rasa untuk saling menjatuhkan..STOP PENDIKTEAN TERHADAP MANUSIA MUDA INDONESIA UNTUK BERKARAKTER EGOIS DAN KERAS!! Bukankah hari ini hampir terlihat jika musyawarah hampir lenyap di negeri ini!

      kyanya lebih wise deh klo di forum ini setiap orng mampu memaknai spirit pejuang lewat semangat PERSATUAN, jadi laskar2 yg mampu melakukan perubahan,bermanfaat(lwat ilmu),bkan memprovokasi kearoganan, lewat perbedaan pendapat yang kurang sehat penyampaiannya..pada akhirnya anda hanya akan menjadi motor untuk menciptakan generasi dgn golongan dan identitasnya masing2..bkan masyarakat madani yg menjunjung tinggi perbedaan..
      DEMOKRASI dgn perbedaan itu indah namun dgn proses musyawarah bukan perselisihan dan perdebatan..

      tolong kasihan bagi saya yg ingin mendapat sedikit ilmu disini bukan melihat seni saling menjatuhkan(perang) lewat kata2,,udh telalu bnyak infotaiment jd ga ush ditambah donk..
      namun nampaknya ekspektasi saya terlalu besar menilai anda2 yg berilmu ini..

  16.  

    Kemampuan AL RI memang belum mampu mengcover terhadap seluruh wilayah laut. Keadaan armada laut jg tdk terlampau bagus, dari keseluruhan kapal kita, baik kapal perang, kapal patroli & kapal selam yg dalam kondisi siap tidak banyak. Apalagi saat ini kita jg tdk memiliki radar2 MARITIM yg tangguh sgb mata & telinga.

  17.  

    Rapim TNI mengakui personil kurang tersebar merata. Secepatnya pindahin dan tambah personil tuh TNI AL ke perbatasan laut kayak daerah Indonesia tengah dan timur….. sipil ntar nyusul sendiri !! Ntar ramai dah !! Contoh itu kapal perang udah sedikit ngumpul saja kerjaannya di Perak sama Priok…semoga alasan kurang bbm dijawab yg berwenang dan dugaan kencing dilaut lepas berkurang !!!! Jadi kesimpulannya buat negara kepulauan kita kekurangan kapal penumpang antar pulau buat TNI kapal patroli, corvette, fregat plus destroyer. GEREGETAN EMANG !!!

  18.  

    Sekalian dibikinin bandara tuh dekat LANAL2…. tambah lagi pesawat amphibi !!

  19.  

    Sebaiknya kita tidak perlu bereaksi terlalu berlebihan terhadap TNI kita. Kalo kita berpikir secara cerdas sesungguhnya peristiwa2 seperti itu juga diperlukan TNI sebagai sarana menyampaikan pesan kepada pemerintah dan DPR, bahwa menjaga kedaulatan NKRI bukan harga yg murah.
    Kita tidak boleh terlena dengan semangat patriotisme pahlawan2 kita yg ingin memperjuangkan kemerdekaannya dengan bermodalkan bambu runcing dan semangat juang semata. Jaman telah berubah, teknologi berkembang begitu pesatnya.
    Tidak mungkin menjaga keutuhan wilayah NKRI dengan mengandalkan alutsista yg telah lama dan semangat militan rakyatnya.
    Sebagaimana kita ingat peristiwa tabrakan KRI dengan Kapal perang Malon diperairan Ambalat. Momentum itu kemudian dijadikan awal kebangkitan untuk memodernisasi alutsista TNI yg sering disebut MEF. Untuk membuka mata para wakil rakyat di DPR agar memuluskan anggaran tersebut.
    Seperti kita ketahui bersama kalau untuk urusan anggaran, DPR kita terkesan sangat alot, contoh kongkritnya pengadaan MBT Leopard dan pespur SUKHOI. Berbagai argumentasi dilontarkan dng mengatas namakan rakyat dan indikasi mark up, yg berbanding terbalik dengan suara rakyatr yg mendukung pengadaan tersebut
    Nah..momentum penerobosan kapal perang OZ ke perairan Indonesia inipun diharapkan sebagai pesan kepada Pemerintah yg akan datang serta DPR yg akan datang untuk tetap komitmen menjalankan program peremajaan alutsista TNI pada MEF yg ke 2.
    Pemerintah bukannya tidak punya uang ( untuk menalangi BLBI 700 triliun aja sanggup kok…), namun utk memuluskan itu semua tentulah ada di tangan DPR kita yg terhormat.
    Demikian sedikit pengetahuan dari saya…mohon diralat jika keliru….

  20.  

    * Ini artinya apa ya…membuat perjanjian tersendiri diluar urusan Politic *

    The head of Indonesia’s military says he reached a private agreement with the Chief of the Australian Defence Force to accept boat turn-backs as a way to defuse the diplomatic row over the policy.

    General Moeldoko said late on Tuesday that boat turn-backs by Australia were ”justifiable” as he had spoken to Australia’s military commander on the issue – apparently referring to Chief of the Defence Force General David Hurley.

    ”He told me that Indonesia should understand if Australia drove back undocumented migrants attempting to enter the country using Indonesian boats or if any Indonesians were found aboard,” General Moeldoko said. ”I have agreed. Therefore, we don’t need to feel offended.”

    http://www.smh.com.au/federal-politics/political-news/indonesian-military-head-says-boats-turned-back-will-be-accepted-20140108-30hmj.html
    ———————————————————————————

    – Betul adalah kewajiban Organic untuk tidak terlibat dlm masalah politik ..btw yg dimaksud adalah urusan politik dalam negeri tentunya, bagaimana politic cara pandang terhadap dunia luar ya semestinya searah sejalan dgn kebijakan Goverment.
    – Masalahnya Imigran jadi tertahan di wilayah NKRI, tujuan mereka tentu z memperoleh Kehidupan di Australia, tertahan di wilayah NKRI….dapet job sebagai Bomber pun akan mereka jalani sekedar bertahan hidup (Imigran), pastinya lebih nekad dibanding penduduk NKRI sendiri, jelas ini MASALAH.
    so gue sendiri ga mengerti dgn kebijakan Panglima ini (yg juga bertentangan dgn kebijakan Pemerintah)…jelas NKRI dlm posisi merugi disini.

    Kebijakan Panglima haruskah berulang…?? mengingat upaya manusia Perahu pun akan berulang.
    atau kembali ke barisan satu suara dgn pemerintah apapun resikonya..? (Mohon para sesepuh memberi pencerahan, karena ini bersifat kebijakan nation to nation)

    •  

      Saya newbie, bukan sesepuh. Tapi ingin berbagi pandangan mengenai issue ini

      Urusan politik maksudnya adalah ketegangan Indonesia-Australia akibat peristiwa terbongkarnya penyadapan. Sampai saat ini Australia tidak minta maaf, dan Abbot dgn tegas menyatakan tidak akan minta maaf. Efeknya adalah pemutusan berbagai kerjasama, termasuk kerjasama penanggulangan pengungsi ilegal yang masuk Australia lewat Indonesia dengan kapal dan awak kapal WNI.

      Sedangkan pengembalian pengungsi kembali masuk ke wilayah Indonesia adalah urusan hukum. Australia berhak mengusir setiap kapal asing yang masuk wilayahnya tanpa ijin. Itu sebabnya ada kontak telepon pihak Australia dgn panglima untuk megklarifikasi agar tidak terjadi ketegangan lanjutan akibat terputusnya kerjasama penanggulangan pengungsi dan berlangsungnya upaya2 Australia mengatasi hal ini tanpa pihak Indonesia.

      Masalahnya – minimal menurut pandangan saya- adalah masuknya kapal perang Australia sampai beberapa kilometer dari pantai, atau sudah masuk ke wilayah yang secara hukum adalah termasuk kedaulatan wilayah Indonesia tanpa adanya pengawalan dari pihak militer Indonesia sendiri.

      Australia memang berhak mengusir keluar kapal dan pengungsi ilegal, namun mengawalnya sampai masuk wilayah kedaulatan Indonesia adalah pelanggaran. Di lain pihak Indonesia menghargai hak Australia menjaga wilayahnya, namun membiarkan kapal perang australia masuk wilayah sedalam itu bisa dipandang sebagai kelemahan. Pantasnya TNI menyambut penyerahan kapal dan awak di perbatasan terluar (ZEE).

      Tapi pertimbangkan juga jika skenario yg terjadi adalah, pemerintah RI sengaja “menghukum” pemerintah australia dgn pemutusan kerjasama penanggulangan pengungsi ini, menyambut kapal perang australia di perbatasan bisa berarti beban kerja tambahan. Membiarkan australia sibuk sendirian mengejar ngejar kapal ilegal dan membuat mereka mengantarkan balik ke wilayah Indonesia (untuk kemudian nanti kapal plus pengungsi tersebut berusaha masuk lagi ke australia) akan menjadi hukuman yang lebih efektif bagi australia daripada jika ada kapal TNI yg menjemput di perbatasan. Jika ada kapal TNI menymabut itu sama saja pemutusan kerjasama tidak efektif dan Indonesia masih “kerja”. Biar saja AL australia banting tulang menghabiskan energi dan sumber daya ngejar ngejar kapal kayu. Jika ini skenarionya maka Panglima memang tidak akan bisa secara eksplisit mengungkapkannya di media, karena beliau sendiri menjalankan perintah dari pemimpin tertinggi yaitu Presiden 🙂 Tapi walau bagaimanapun skenario ini adalah memang tanda bahwa ospsi pilihan Indonesia dalam “perang dingin” dgn Australia ini terbatas, saya rasa jika cukup kuat maka opsi lain yang mungkin akan diambil

      Itu sebabnya kritik dan kecaman terhadap TNI hendaknya dilakukan dengan lebih proporsional dan tidak berlebihan, karena sebagai rakyat awam kita tidak tau pastinya apa yang sebenarnya sedang terjadi.

    •  

      Disingkat, IMHO urusan politik = pemutusan kerjasama penanggulangan pengungsi.

      Perjanjian diluar politik = pelaksanaan penanggulangan pengungsi ilegal oleh australia dgn cara mengembalikan kapal dan crew Indonesia (dan semua pengungsi di dalamnya)

    •  

      ternyata di link anda sudah ada berita lain tentang “Asylum seeker boat push-backs may breach international laws, UN warns”.

      Sesuai ulasan saya di atas; menurut hukum laut internasional kapal kayu asal manapun boleh muter2 di ZEE suatu negara, AL negara ybs hanya bisa mengawasi dan menindak jika kapal tsb melanggar hukum dengan melakukan eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya alam/hayati (illegal fishing). Jadi gak ada hak mereka menggiring2 kapal yang tidak melanggar “environmental jurisdiction and resource sovereignty”, apalagi hingga MEMASUKI ZEE RI apalagi hingga memasuki LAUT TERITORIAL RI sejauh 5 mil laut.

      Untuk masalah2 teknis seperti ini harusnya Panglima membentuk tim ahli pakar hukum laut internasional, jangan jalan sendiri…

  21.  

    banyak tingkah nieh Australia.. tanya kenapa? Apa maunya?

  22.  

    Kata2 dari mulut @muhammed abdurasyhid imigran asal somalia itu kok, sediktpun saya tdk terkejut ya? ada apa dgn diri saya? ehh.. TNI.. knp selalu ada pemberitaan dlm mslh pelanggaran kedaulatan negara yg melibatkan pertahanan keamanan saya sdh menganggap mnjd hal yg biasa? sama halnya sprt berita2 para elit parpol yg tersangkut korupsi. semoga penyakit sprt ini cukup saya saja.. jgn mewabah.. akibatnya fatal bagi keutuhan NKRI kedepannya.

  23.  

    alahhhhh….emang pemimpin kita lemah….mas kemana CALON MACAN ASIA,,,!!!!!….ORANG2 KITA CUMAN DOYAN NGOMONG……..

  24.  

    EMANG TNI LEMAH. KALAU GAK TERIMA…BUKA MATA DAN LIHAT PUAS2….RUDAL PERTAHANAN UDARA INDONESIA SAAT INI…….KALAU UDAH PAKAI S 3OO…..EH MALAH YG DI GUNAKAN PRODUK TAHUN 60-AN…….PESAWAT TEMPUR TNI,CUMAN MENGANDALKAN SUKHOI 16 PESAWAT..APAKAH SUDAH CUKUP…..LALU PERSENJATAAN KAPAL PERANG INDONESIA,CUMAN YAKHON YG AMAT SEDIKIT JUMLAHNYA…….DATANGKAN DULU JANGAN CUMA TAU BILANG BANGGA DOANG..DASAR KATAK DALAM TEMPURUNG SEMUA.PATUTNYA NGACA AMA KEKUATAN NEGARA TETANGGA…

  25.  

    * Istana: Tidak Ada Toleransi untuk Aksi Militer Australia di Indonesia *

    Jakarta (MI) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa segala bentuk kerjasama militer antara Australia dan Indonesia masih dihentikan sampai saat ini. Termasuk kerjasama bidang keamanan, dalam hal patroli perbatasan bersama dalam penanggulangan imigran ilegal.
    ———————-

    – Patroli dlm Perairan NKRI oleh TNI AL untuk menjegal (screening) manusia perahu dihentikan/distop atau bermakna dibiarkan saja (paling banter dipantau) bukan dihalangi/dicegah dan Tidak berarti dihentikannya Patroli Reguler dalam Menjaga Kedaulatan Negara.Sekali lagi PATROLI KEDAULATAN NEGARA TIDAK ADA KATA BERHENTI.
    – Jika terjadi aksi kekerasan diluar zee oleh pihak oz diluar TNI AL, maka TNI AL akan bersifat Pasif, tidak memberikan bantuan apapun kecuali hanya Observer.
    – Jika Terjadi aksi kekerasan didalam Teritorial NKRI maka Hukum Kedaulatan NKRI berlaku dan TNI AL berkewajiban Menegakan Hukum yg dimaksud, Ber Hak mengambil tindakan yg diperlukan dgn azas menegakan Kedaulatan.

    gue sendiri berharap ini adalah CUMA kekeliruan,

    “Nak.. Jaga Ibumu dgn baik…”

  26.  

    jaman jend.wiranto….sebenarnya dia punya peluang gantikan soeharto waktu mau lengser keprabon .cuma sungkan…eh bawahan punya inisiatif..prabowo ..wiranto gosip sana sini ke habibi sama cendana….karena wiranto jenderal staf bukan tentara lapangan…….bgm jend.moeldoko…ini jendral udah lama parkir di lemhannas…jadi segala tindakannya harus buat makalah….jd jgn kaget..klo ada hal2 urgent…jend udah tidak seperti komandan di lapangan…..harus bicara sama staf dulu……..maaf pak moel…..kami butuh jendral infantri…cepat..tepat tegas…

  27.  

    di bakar ajah tsnya profokator

 Leave a Reply