Jan 102015
 
CANADIAN AIR & SPACE MUSEUM -100th Anniversary of Powered Flight

Avro Canada CF-105 Arrow adalah pesawat tempur buru sergap dengan sayap delta yang diciptakan oleh perusahaan Avro Aircraft Limited di Malton, Ontario Kanada pada tahun 1953-1959.

Avro Canada CF-105 Arrow adalah pesawat pencegat bersayap delta, yang dirancang dan dibangun oleh Avro Canada sebagai puncak dari studi desain yang dimulai pada tahun 1953. Arrow dianggap telah menjadi prestasi teknis dan aerodinamis canggih untuk industri penerbangan Kanada.

CF-105 MK 2 mampu melesat dengan kecepatan hamper Mach 2 pada ketinggian 50.000 kaki (15.000 m) dan dimaksudkan sebagai pesawat buru sergap utama Angkatan Udara Royal Kanada pada tahun 1960 dan seterusnya.

Tahun 1958 tidak lama setelah program awal uji penerbangannya, pengembangan Arrow (termasuk mesin jet Orenda Iroquois nya) tiba-tiba dihentikan, memicu perdebatan politik yang panjang dan pahit. Kontroversi yang ditimbulkan oleh pembatalan dan penghancuran dari produksi pesawat tetap menjadi topik perdebatan di kalangan sejarawan, pengamat politik dan pakar industri.

Jan Zurakowski kelahiran Polandia adalah pilot pertama yang menerbangkan Arrow pada 25 Maret 1958.

Jan Zurakowski kelahiran Polandia adalah pilot pertama yang menerbangkan Arrow pada 25 Maret 1958.

Belakangan ada gambar gambar desain pesawat Avrow Arrow yang beredar di internet, uniknya pesawat tersebut muncul dengan bentuk yang benar benar “baru” dan dengan teknologi yang terkini. Arrow baru juga memiliki penyimpanan senjata internal dilambung pesawat sama seperti F-35 seolah menegaskan bahwa pesawat Avrow Arrow bisa bersaing dengan pesawat siluman tersebut.

Kanada berniat membeli pesawat F-35 namun karena terjadi pembengkakan biaya dan masalah teknis yang terus mendera F-35, kabarnya Kanada menunda pembeliannya.

Berikut adalah tampilan pesawat Avrow Arrow yang baru, gambar-gambar ini diambil dari FB nya Bourdeau Industries (official)

image005
Dengan tambahan 2 sayap vertikal baru untuk stabilisator pada kecepatan hipersonik.

image006
CF105 MK4 menggunakan mesin utama untuk penerbangannya. Ramjet yang dipasangkan di bawah sayap hanya “menyala” untuk menanjak ke ketinggian atau mauver yang ekstrem, Pesawat juga memiliki fungsi pengawasan, pengintaian dan misi peperangan elektronik.

image007
Pesawat tempur CF105 MK4 direncanakan memiliki kemampuan dan teknologi pesawat generasi 5. Ada perdebatan apakah Kanada jadi membeli pesawat F-35 yang mahal dan masih “bermasalah” ataukah membangun pesawat ini kembali tapi dengan fitur-fitur terbaru.

image008
Pesawat tempur CF105 MK4 multiperan dengan knalpot trust vectoring 3D, ruang senjata internal mampu menampung 6 rudal Python5 , 4 rudal MBDA Meteor disayap, QWIP / IRST / radar AESA, data link, kecepatan maksimal 3,5 mach, kecepatan daya jelajah 2,5 mach, kursi tandem, kanopi clear, gatling gun 30mm.

image009
Konfigurasi untuk serangan darat.dengan probe pengisian bahan bakar, kanon otomatis 30mm, pod IR penargetan, 4 rudal “smart” JDAMS di lambung internal, 2 tangki bahan bakar eksternal (atau 2 bom @500 kg), 2 rudal BVRAAM MBDA Meteor atau 2 rudal BVR / WVRAAM Python5.

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

.

  39 Responses to “Avro Arrow Pesawat yang Dipaksa Mati, Akankah Bangkit Kembali ?”

  1.  

    boleh tahan juga

  2.  

    pertamaxx

  3.  

    Nyimak wess

  4.  

    wih lebih keren dari f-16

  5.  

    pasti mamarika keberatan kalau avrow dilanjutkan oleh kanada

  6.  

    mending indonesia kerjasama ma kanada tuk kembangin nih pesawat….drpada ama korsel tak tentu nasib ifx nya….

  7.  

    syukur kalau bisa terbang lagi.syukur syukur kalau bisa jadi kejutan buat USA.arrow adalah pesawat terbang yang mendahuhului jamannya,karena itulah amerika melancarkan subversi sehinga program ini gagal&arrow terakhir dipotong/cutting sebagai syarat kanada menerima sabre amerika.sesuatu yang diratapi publik kanada sampai sekarang.tragis memang.pelajaran untuk indonesia.

  8.  

    Dulu ada film seri nya ya. Kalau gak salah judulnya “The Arrow”.

  9.  

    Kayaknya dulu ada miniseri tentang ini layangan, di sctv kayak kalo gak salah. Judulnya the arrow kalo gk salah ingat

  10.  

    Saya selalu suka interceptor: MiG -25, MiG-31 dan terutama non compromise heavy interceptor Tu-128
    Untuk kelas ringan saya suka Mirage series dan tentu saja MiG-21

  11.  

    si anak hilang yg telah kembali, well come back arrow. semoga indonesia bisa melobi canada untuk joint production pesawat ini.

  12.  

    Gila, mamarika memang raja, gak ada yg berani menentang keinginannya….pswt bgs begini di ganti sabre…hehe

  13.  

    Ini hampir mirip nasibnya ama pabrik pesawat CN250 bandung. IBARAT BUNGA LAYU SEBELUM BERKEMBANG nasib nasib!.sedih amat
    (menyedihkan)

  14.  

    Mirip juga dengan singa muda Israel yaitu perpur Lavi yang terpaksa di mati mudakan atas desakan Asu .Tapi Israel cepat banting stir move on jadi pemodif pesawat karena telah mempunyai pengalaman dalam mengembangkan Lavi.Semogo juga langkah ini kita bisa tiru karena belajar sama korea.

  15.  

    Kisah ni pesawat sama kayak punya Israel dan INDONESIA….kalo Israel ms mending diganti ma alutsista yg bagus…..nah pas kita…..boro boro diganti alutsista,diganti pinjeman tp duitnya ga boleh diambil…trus skrang mo jadi keledai pula dgn berkiblat kembali kesana…stupid no play..

  16.  

    selamat malam

  17.  

    Wah Malton cuma 30 km dari tempat tinggal ane, kapan2 bisa ane kunjungin buat foto2 :mrgreen:

  18.  

    He he he
    Arow keluar makin banyak produk
    Makin banyak pilihan
    Makin ketat persaingan
    Makin akan di bandingkan
    Makin dekat perselisian
    Makin dekat pula peperangan
    He he he

  19.  

    Proyek IFX/KFX akankah bernasib sama?

  20.  

    Seperti yang kita sampaikan sebelumnya bahwa Indonesia dengan atau tanpa Korea harus dapat mewujudkan PEPSPUR sendiri seperti halnya Perancis dengam Rafale nya. Apabila kita tergantung dengan kemauan Korea sampai kapanpun kita tetap nda bakalan maju maju … Indonesia harus bisa membuat lompatan kedepan dengan menggandeng Negara produsen Pembuat Pespur yang mau kasih tot guna membangun IFX seperti Negara Barat macam Swedia dgn Gripen, Inggris demgan Euro Typoon, Amerika atau bahkan perusahaan STAVATTI dgn F26 Stalma …jika tdk bisa maka kita kerjasama dengam India dengan HAL yg sudah teruji membuat ILF, China dengan Seri J, Pakistan dgn Tejasnya, Iran dgn pespurnya yg mampu membuat mesin F14 Tomcat dll ..

    JAYALAH INDONESIAKU #

  21.  

    Memang setiap lompatan yg dilakukan ada harga yg harus dibayar seperti melakukan pembelian minimal 1 atau 2 skadron tempur namun utk visi kedepan Indonesia dpt mandiri d tengah komunitas negara Asia atau bahkan dunia .. PT DI kita yakin bisa ..

  22.  

    Kalo lihat film nya dulu, ini pesawat mantaf banget …
    Sayang setelah ada ‘pembatalan’ teknisi nya pada pergi … Ada yang ke prancis mengembangkan Concord yang menjadi pesawat komersil tercepat di jamannya. Sisanya bekerja di perusahaan raksasa penerbangan …
    Ceritanya ‘agak’ mirip dengan kasus N 250 kita …
    Semoga menjadi pelajaran buat kita, bahwa kemandirian merupakan jalan terjal yang HARUS dilewati oleh bangsa dan negara kita …
    Amin …

  23.  

    N250 Gatot Kaca dan N2130 bersinar di IA 1996 kemudian redup ditahun 1997 akibat krismon dan upaya IMF menjegal Kemandirian bangsa .. sampai sekarang belum bisa bangkit bangkit … kalopum bangkit harus menunggu sertifilasi FAA … sedih nian .. IFX tak boleh gaga seperti pendahulunya … ajang pembuktian Kemandirian Republik ini ..

  24.  

    Mnd liat dari model spnya mirip2 mig 31 tapi yang paling beda dg.pespur.saat ini penempatan ramjet , mungkin bisa d bahas lebih detail kelebihan ramjet ini saat manuver? . & sayap delta tapi ga pakai carnard kelihatanya masuk juga ke heavy fitgher apa berat saat tak off (butuh landasan yag pj) & kemampuananuver nya apa berlurang juga?

  25.  

    rasanya sulit lepas dari pengaruh asing trutama USA,
    Lihat saja banyak pejabat tinggi d exekutif,legislatif,yudikatif bahkan prajurit militer kita sekolah d USA,,
    Liat konglomerat kita lebih cinta dolar,artis,org kaya suka produk impor.
    Blum lagi org yg ngaku miskin,skarang bnyak kok yg suka fashion,asesoris produk sekutu.
    Mungkin juga yg ngaku anti USA bisa jadi laptop,ipod,buatan sekutu usa,ato malah punya tabungan dalam bentuk dollar,,?
    Soalnya mau pergi k suriah gabung isis naik pesawat pake dollar kan?

  26.  

    Udah… Indonesia mending beli aja gak usah produksi… Katanya gak mau jadi “TUKANG JAHIT”… Kita kan memang negara KONSUMEN

  27.  

    Saya jarang mendengar industri penerbangan kanada….. Kebanyakan yg saya dengar AS, Rusia, China, Uni Eropa, Brazil, Swedia, dll yg cukup sering dibicarakan….. Cukup luar biasa membuat fighter seperti itu pada saat itu. Mungkin setara atau malah melebihi Mig-21

    •  

      ada bung.
      bombardier.. (gabungannya canadair dan de havilland), bell heli itu kalo ga salah kanada juga, demikian juga dengan pratt & whitney yg spesialis bikin mesin2 pesawat

  28.  

    Saya suka baca bukunya dulu…enny arrow..sedapss

  29.  

    sangat luar biasa ini baru pesawat tempur, salesnya mana nih.. tolong lekas dilobi kami Indonesia.

  30.  

    Desainnya perlu yg lebih manis lagi

  31.  

    hmm…suatu pilihan baru untuk nkri memilih pesawat tempur gen 5 yg pasti su 35 lah insya allah…

    nkri harga mati

  32.  

    Klo ada teotenya gak masalah buat diakuisisi drpd ambil barang amrik.

  33.  

    saya yakin, tak semua urusan bisa di kendalikan amerika!

 Leave a Reply