Feb 242015
 

BRDM-2 “Boyevaya Razvedyvatelnaya Dozornaya Mashina” diperkenalkan pada tahun 1962, menjadi kendaraan pengintai lapis baja utama Soviet dan sekutu mereka yaitu Pakta Warsawa.       Panser ini sebagian besar diekspor ke lebih dari 45 negara di seluruh dunia.

Panser tua BRDM-2

Panser tua BRDM-2

BRDM-2 adalah kendaraan 4×4 berbobot 7 ton berkonstruksi baja las. Kendaraan memiliki awak 4 dan mesin bensin V8 yang terletak di bagian belakang. Awak masuk dan keluar kendaraan melalui pintu di atas pengemudi dan kursi komandan terletak di bagian depan. Kendaraan ini memiliki 4 roda kecil berantai di tengah lambung yang dapat diangkat dan diturunkan untuk memungkinkan traksi yang lebih baik pada medan yang sulit. BRDM2 memiiki turret yang dipersenjatai dengan senapan mesin berat KPVT 14.5mm dan senapan mesin koaksial 7.62mm.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan memimpin upaya untuk mengupgrade varian lokal BRDM-2 yang diberi nama ZKDM.

Tata letak kendaraan benar-benar dimodifikasi dibandingkan dengan BRDM-2 tua, jendela kecil di depan dihilangkan dan bagian depan lambung dilengkapi dengan lapisan pelindung baru. Pengemudi duduk di depan di sebelah kiri sedang komandan di sebelah kanannya. Bagian atas pengemudi dan komandan dilengkapi dengan dua lubang palka di depan turret.

ZKDM memiliki dua pintu di sisi lambung dengan menghilangkan ban besi kecil cadangan. Sementara satu water jet di bagian belakang dihilangkan. Mesin bensin dari BRDM2 diganti dengan mesin diesel D-245.30E2 yang mendongkrak tenaga sampai 150 hp untuk meningkatkan kecepatan kendaraan hingga 100 km / jam.

ZKDM Azerbaijan

ZKDM Azerbaijan

ZKDM menggunakan teknologi V-hull untuk meningkatkan keamanan kendaraan dan awak bertahan hidup dengan membelokkan arah ledakan ranjau darat. Sementara lambung ZKDM memberikan tingkat perlindungan hingga level B-32 untuk menahan tembakan senapan mesin berat dan serpihan ledakan yang terdiri dari lapisan full metal jaket round dengan inti baja keras. ZKDM memiliki berat total 7.300 kg dengan tiga awak termasuk komandan, pengemudi dan penembak.

ZKDM dengan turret yang full persenjataan

ZKDM dengan turret yang full persenjataan

ZKDM dilengkapi turret baru dengan persenjataan cannon laras ganda 23 mm GSH-23, satu senapan mesin PKT 7,62mm, satu peluncur granat 30 mm AGS-17, empat peluncur roket 57 atau 80 mm. Untuk perlindungan tambahan ZKDM dilengkapi dua pelontar granat asap yang terpasang pada setiap sisi kendaraan. Turret dikendalikan jarak jauh oleh penembak dan dilengkapi dengan sistem pengendalian tembakan. Senjata memiliki ketinggian + 15º, depresi dari -30º dan turret dapat diputar penuh hingga 360º. Peralatan standar ZKDM termasuk penglihatan malam BPK-2-42, TV vision system dengan jangkauan maksimum 1.000 m dan sistem navigasi GPS GLONASS.

Sumber : WARFARE TECHNOLOGY

Pengirim : Pecinta Wanita JKGR Biro Jepara

Bagikan Artikel :

  13 Responses to “Azerbaijan Upgrade BRDM-2 Menjadi ZKDM”

  1. Sugeng enjing poro kadang….

  2. Petromax

  3. PERTAMAX

  4. hehehhe maaf pakdhe kun,, saya duluan… xixixiiii

  5. keren banget tuh

  6. Modif kendaraan thn 1962..jadi inget Indonesia..modif Tank AMX..:)

  7. ketujux

  8. Haallah. ketujuh jg gagal. Hehehe!
    Lain kali gue akan jadi yg pertamax. Insyaalloh,
    Bg yg ga suka pertamax, belum tahu sj dia, bhw klu bs jadi yg pertamax, mk akan muncul kebahagiaan tersendiri, yaitu kebahagiaan jadi yg pertamax.
    Ga percaya?
    Tanya aja ama bung LA dan bung2 yg pernah berkali jadi juaranya.
    Semangat2lah utk jadi yg pertamax! Hehehe!
    Mat pagi.

  9. cukup aneh -_-

  10. TANK TUA YANG ADA DI DEPAN PINTU MASUK GERBANG MARINIR ….!!!!

  11. keren

 Leave a Reply