Aug 192018
 

Bomber siluman B-2 Spirit Amerika Serikat © US Air Force via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Kepala Staf Angkatan Udara AS Heather Wilson telah membuat pernyataan kepada Senat bahwa sistem pertahanan udara S-500 Rusia dapat dengan mudah menghancurkan bomber B-2 Spirit AS, seperti dilansir dari Bao Dat Viet.

“Sistem rudal permukaan-ke-udara Rusia, terutama S-500, mempunyai jangkauan sangat-sangat jauh, dan pesawat kita dapat ditembak jatuh di siang hari saat konflik pertama”, katanya.

Sementara itu, sistem S-500 juga dapat mengancam pesawat AWACS dan tanker udara Angkatan Bersenjata AS. Dimana keduanya memainkan peran penting dalam operasi udara dan tanpa mereka, kelangsungan hidup pesawat tempur akan sangat berkurang.

Pembom strategis jarak jauh Amerika Serikat seperti B-2 Spirit dan B-52 Stratofortress juga akan sangat rentan, dan efektivitasnya sangat berkurang karena armada pesawat modern yang sudah terkenal akan sulit melawan sistem rudal seperti S-500 Rusia.

Sistem S-500 Rusia © Russian MoD.

Selain itu, dalam laporan yang dirilis oleh badan intelijen AS, CIA mengindikasikan bahwa sistem rudal S-500 Rusia akan menyebabkan superioritas Angkatan Udara AS di seluruh dunia akan terganggu.

Menurut laporan CIA itu, S-500 berhasil menguji target udara pada jarak 299 mil atau sekitar 481 km, dan membuat rekor dunia terbaru dibandingkan dengan sistem rudal sebelumnya. Namun, jangkauan ini masih relatif sederhana bila dibandingkan degan spesifikasi S-500 yang direncanakan sebelumnya.

Seandainya Rusia mengerahkan S-500 ke wilayah Kaliningrad, Rusia dapat memblokir sasaran-sasaran musuh di Polandia dan sebagian besar Jerman, termasuk Berlin. Jika dikerahkan ke Timur Jauh, maka S-500 dapat berdampak serius terhadap operasi militer AS dari pangkalan yang ada di Jepang dan Korea Selatan.

Sistem rudal pertahanan uadara jarak jauh S-400 Triumf (SA-21) © Goodvint via Wikimedia Commons

Sistem rudal S-500 bila digunakan bersama dengan rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37M pada jet tempur generasi baru dapat secara eksklusif menjadi misi pemburu AWACS, dan menjadi elemen kunci bagi pensiun dini pesawat pendukung Angkatan Udara AS.

Dalam hal kompetisi, sistem S-500 Rusia memiliki kekuatan dan teknologi dunia. S-500 Prometey juga dikenal sebagai Triumfator-M 55R6M adalah sistem pertahanan rudal anti-pesawat dan anti rudal balistik. Ini adalah penerus berikutnya untuk sistem S-400 Rusia yang sukses.

S-500 Prometey yang dirancang oleh perusahaan Almaz Antey dan diyakini mampu menembak jatuh objek yang terbang dengan radius 600 km. S-500 dapat mencegat hingga 10 rudal balistik dan rudal supersonik dengan kecepatan 7 km/detik.

Sistem S-500 Prometey dapat mencapai target di ketinggian hingga 200 km. Ia juga memiliki kemampuan untuk mencegat pesawat udara dan drone serta menghancurkan satelit orbit rendah, menghancurkan peralatan dan senjata di ruang angkasa.

  23 Responses to “B-2 Spirit AS Rentan Terhadap S-500 Rusia”

  1.  

    Kalo saja Kepala Staf Angkatan Udara AS Heather Wilson sdh berpikiran logis, lalu bagaimana tanggapan sang fanatisme garis keras mereka si Gatol dan sang sales gagal segalanya utamanya dlm hitung2an si Ntung Phd.? Masihkah tdk menerima kenyataan ini dng membuat cerita fiksi perang ala koboi cengeng mereka.? Atau terpaksa menerima kenyataan dng meraung, merintih, menangis pilu sambil guling2 bersiap gantung diri.?

    Memang sejatinya pernyataan itu sebagai warning kpd senat bahwa teknologi mereka sdh usang dan perlu modernisasi, artinya diperlukan dana besar utk trobosan penemuan alutsista canggih yg lebih unggul dr lawan. Sehingga cap sebagai polisi dunia tetap terus melekat pada mereka. Begitu mungkin………ngomong opooo toh iki…..xixixixi

    •  

      1 nama lg jgn lupa dgn hayalan cimengnya, NARAYANA

      •  

        wah kamu bisa dibilang anti ghoibah,padahal 17agustusan kemaren pada nungol semua tu sista baik yang goib dan yang siluman loh.
        tapi berhubung mereka kasat mata(beda alam)jadi sulit dibuktikan.

        •  

          gw percaya sama yg gw liat, gakperlu gede bacot mabok ganja halusinasi punya ini itu beli senjata ini itu tp buktinya ga ada, tepisanya cm 1 ilmunya itu rahasia negara, alah alasan yg lagu lama kaset kusut.

          •  

            laa memang mata loe sampe mana emangnya bisa mandang semua apa…???
            sebelum loe kritik atau mencela orang baiknya loe perbaiki diri sendiri diri sendiri terutama pengunaan bahasa santun…!!!
            kaloe eloe sering mabok jangan eloe samain semua orang kayak loe…lagian emang loe napa juga esmosi dengan komen tar si nara…apa loe dulu percaya dan sekarang merasa tertipu gitu yaa…???
            xaxaxa…makanya kalo orang lain komen disaring pake otak…dek..
            sama kaya mulut sebelum bicara sebaiknya disaring pake otak dulu…baru cuap cuap…kalo dak ada otak yaa disaring pake saringan teh napa…xaxaxa…

      •  

        Freddy Suwindi = pemakan cimeng

    •  

      Mungkin bukan teknologinya yang ketinggalan jaman, tapi jenderal2nya yang gak bisa menentukan teknologi yang diperlukan atau bahasa jermannya TEPAT GUNA…

      Dulu masih teringat jelas konsep Starwars ameriki yang menggunakan rudal dan laser di antariksa, sementara waktu itu, teknologi yang ada belum sanggup menyediakan perangkatnya.

      Begitu juga, penciptaan pesawat siluman, tapi tanpa memikirkan antidot yang akan dihadapi, sehingga jadilah siluman kalkun.

      Di pihak lain, russia dan china malah mengembangkan hypersonic tools untuk militer mereka, juga russia masih setia dengan doktrin manuver dan kelincahan adalah unsur utama perang udara. stealth hanyalah bonus.

  2.  

    Tekhnologi semakin ketinggalan..dan hutang pun semakin ,menggunung..sementara gengsi juga tambah gede,..oh baby bagaimana ini.apakah mesti bikin new worldwar supaya bisa hapus pesaing dan hutang2..ohohoho…tiddaaaaaakkkkkkk….

  3.  

    Pejabat amerika aja sudah mengakui tp fansboy amerika disini kok gagal move on

    😎

  4.  

    semua pesawat amer cm menang di tampilan sj.
    dan menang jg krn main keroyokan.

  5.  

    Memang tdk bisa dipungkiri bahwa Putin akan membawa Rusia kembali ke Kejayaan Militer Uni soviet..Hanya sanksi ekonomi yg bisa menghambat kemajuan pesat technology militer Rusia

    •  

      Idem sama kalimat pertama, tapi kalimat kedua gak tepat, dampaknya bisa seperti yg anda sebut bila itu diterapkan ke Indonesia, seperti yg pernah dialami dulu .. tapi cara itu gak jalan saat diterapkan pada Rusia, Iran dan Korut

  6.  

    penampakannya aja belum nampak……….wkwkkk
    kok sudah bilang seeerrraaammmm……

  7.  

    Ane sependapat dgn Mr.Heather Wilson.

 Leave a Reply