Jun 202016
 

Melalui media Tiongkok, Pemerintah China telah menyampaikan protes resmi kepada pemerintah Indonesia atas insiden penembakan kapal nelayan China oleh kapal TNI Angkatan laut di perairan Natuna, Jumat (17/09) yang diklaim melukai salah-seorang anak buah kapalnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying., memprotes penembakan yang dilakukan Kapal Perang TNI AL (South China Morning Post)

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying., memprotes penembakan yang dilakukan Kapal Perang TNI AL (South China Morning Post)

Insiden tersebut, seperti yang dikutip The Guardian, Senin (20/6/2016), itu adalah insiden ketiga di lautan yang melibatkan dua negara, seiring meningkatnya ketegangan regional di kawasan Laut Cina Selatan.

Menurut Reuters, juru bicara TNI AL membenarkan adanya penembakan, namun berupa peringatan karena beberapa kapal berbendera China melanggar perbatasan di Kepulauan Natuna. Namun, pihak TNI AL memastikan tidak ada yang terluka.

TNI Angkatan Laut mengatakan pihaknya telah melepaskan tembakan peringatan kepada sejumlah kapal nelayan berbendera Cina yang dituduh mencuri ikan di perairan Indonesia di dekat kepulauan Natuna.

Namun demikian, Kepala dinas penerangan TNI AL Laksamana pertama TNI Edi Sucipto membantah tuduhan Cina bahwa pihaknya melepaskan tembakan yang melukai salah-seorang nelayannya. “Angkatan Laut (Indonesia) tidak brutal,” kata Edi Sucipto kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Senin (20/06) pagi.

Awalnya, menurutnya, pihaknya menerima laporan ada 12 kapal ikan asing yang diduga kapal nelayan Cina yang melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Natuna, Jumat (17/09) lalu.

Ketika dikejar dan didekati oleh KRI Imam Bonjol, lanjutnya, kapal-kapal tersebut melarikan diri. Sesuai prosedur, pihaknya mengeluarkan peringatan berupa himbauan sebelum akhirnya melakukan penembakan peringatan. “Ketika dilakukan penembakan peringatan ke udara, dia malah tetap lari, kita berikan tembakan peringatan juga di depannya. Tapi tidak berhenti juga, malah dia mau memutar haluannya mengancam mau menabrak,” ungkap Edi Sucipto.

Prosedur tembakan udara diberikan jika kapal asing mengabaikan peringatan yang disampaikan Kapal Perang TNI AL.

Prosedur tembakan udara diberikan jika kapal asing mengabaikan peringatan yang disampaikan Kapal Perang TNI AL.

Setelah melakukan pengejaran, salah-satu kapal nelayan itu dapat dihentikan, jelasnya. Mereka kemudian memastikan bahwa kapal dengan nomor lambung 19038 itu milik nelayan Cina dengan jumlah ABK ada tujuh orang. “Tidak ada yang tertembak, dan sekarang semuanya sudah diamankan di Lanal Ranai,” katanya.
Dirawat di Provinsi Hainan

Seperti dilaporkan Kantor berita Reuters, juru bicara Kementerian luar negeri Cina, Hua Chunying mengatakan bahwa kapal penjaga pantai Cina telah menyelamatkan seorang nelayan yang terluka. Situs resmi Kemenlu Cina menyebutkan nelayan itu kemudian dilarikan ke Provinsi Hainan untuk dirawat lebih lanjut.

Dimintai klarifikasi atas klaim pemerintah Cina tersebut, Kepala dinas penerangan TNI AL Laksamana pertama TNI Edi Sucipto mempertanyakannya.

“Kalau ingat senjata yang digunakan cuma sekedar senjata 7,62 atau 12mm, mana mungkin sampai ke sana. Mereka ‘kan sudah lari semua, kecuali satu (kapal) yang tidak bisa lari,” kata Edi Sucipto kepada BBC Indonesia.

Kemenlu Cina juga membenarkan bahwa salah-satu kapalnya beserta tujuh orang awaknya telah ditahan oleh TNI AL. Beijing telah membuat protes resmi kepada pemerintah Indonesia atas insiden penembakan dan penangkapan awak kapal Cina tersebut.

Insiden serupa pernah terjadi pada Mei 2016 lalu, di mana pemerintah Cina berkeras bahwa kedelapan ABK dan kapal mereka beroperasi secara sah. Sementara, TNI AL menyatakan nelayan Cina itu melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Natuna.

Dan pada Maret lalu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memanggil kuasa usaha Kedutaan Besar Cina di Jakarta sekaligus menyampaikan nota protes terkait aksi kapal penjaga pantai Cina di Laut Natuna. Tetapi beberapa jam kemudian, Kementerian Luar Negeri Cina membantah bahwa kapal penjaga pantainya telah memasuki wilayah perairan Indonesia.

Sementara itu, terkait protes resmi China terhadap tindakan yang dilakukan Kapal Perang TNI AL, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga merespons insiden itu dalam Twitternya. “Kami tidak akan menembak tanpa alasan jelas. Melindungi kedaulatan negara adalah keharusan,” tulis Susi.

4a82aabb97f15a5d1736774487a309fb-082912900_1466390148-Capture

“TNI AL sudah betul menjaga Kedaulatan laut kita beserta isinya. Penembakan itu pasti sudah sesuai prosedur. Jalesveva Jayamahe,” tulis Susi dalam akun Twitter selanjutnya pada Senin (20/6/2016).(marksman/ sumber : bbc.com dan liputan6.com)

  68 Responses to “Menteri Susi Respon Protes China Atas Insiden Penembakan Kapal”

  1.  

    protes kok lewat media
    gak bisa nulis surat ya

    •  

      INILAH AKIBAT GAK PUNYA KS HERDER DI TERAS KITA, DI REMEHIN NEGARA MALING IKAN.
      RASA’IN LUUUUUH…WKWKWK
      HAYOO MAU NGELES APA LAGIH…!!

    •  

      Memang harusnya pemerintah membuat pernyataan resmi melalui media,, bukan melalui media sosial yg hanya mewakili pernyataan pribadi..

      Pernyataan atas sikap indonesia, harusnya Pemerintah Indonesia mewakili seluruh rakyat indonesia mengutuk balik apa yg dilakukan nelayan china karena telah melakukan penjarahan secara besar2an di LAUT INDONESIA dan telah mengusik kedaulatan Indonesia.. pembenaran trhadap sikap china mengenai laut tradisional di Laut Natuna tidak mendasar dan tidak diakui hukum internasional.. penangkapan nelayan china yg berusaha kabur setelah mencuri ikan dilaut indonesia sudah sesuai prosedur.. Indonesia berharap pemerintah china lebih mengontrol nelayannya untuk tidak masuk kedalam Laut Indonesia di kepulauan natuna agar hal2 seperti ini tidak terjadi lg di kemudian hari, yg dapat mengganggu hubungan bilateral kedua negara.. Sikap Indonesia TIDAK AKAN BERUBAH dan tetap memproses hukum nelayan china sesuai dgn hukum indonesia. Dan pemerintah china harusnya menghargai proses hukum yg ada di indonesia..

  2.  

    Sikattt….

  3.  

    Kedaulatan NKRI harus dijaga. Bravo TNI-AL

  4.  

    wow

  5.  

    Mari kita rame2 demo kedutaan china, dan tunjukkan ketidak sukaan rakyat indonesia atas sikap china terkutuk… Kita tunjukkan bahwa seluruh rakyat siap membela dan mempertahankan seluruh wilayah kedaulatan NKRI… Kamu sbg rakyat indonesia senantiasa mendukung TNI dan KKP dlm upaya menjaga kedaulatan laut NKRI..

  6.  

    wow…..

  7.  

    Lanjut bu Suuusss…..
    Exelcior….!!!

  8.  

    bakar saja kedubes china smbl teriaki komunis dan awasi pekerja, pelajar & mahasiswa kita yg belajar komunis di china , kalau perlu di larang kembali negara kita

  9.  

    Comment:@tejo gantiaan ngapa sama temen yang lainya,kan kesian mereka!!!
    kedua pemerintahan sama sama cerdas.mengajukan wanita sebagai juru bicara untuk konfirmasi dan kelrarifikasi.!!!jadi walau suasana tegang menjadi nyaman…..apalagi enci hua bening….masih gadis atau udah janda yaaa???? ..

  10.  

    bebal amat ni si cipit untung aja kapal nelayannya gak dirudal

  11.  

    Masih tenang2 saja ga beli senjata gahar??? padahal beli sekarang datang 3 thn lagi ….

  12.  

    Hidup Bu Susi…..maju terus pantang mundur!

  13.  

    Ini baru mentri,,alhmndulilah indonesia masih punya stock manusia seperti bu susi

  14.  

    Enakan gini, dikit-dikit main tembak…
    Seperti kata pepatah: “Lu TABRAK, Gua TEMBAK”
    Maling emang harus di tangkap, kalo lari, yaa di Tembak..

  15.  

    Indonesia tegas malon apa kabar tunjukkan jaguhmu

  16.  

    Ga ada hubungan e bro negara Cina sama Cina WNI,.. Dosa apa mereka??..
    Tugas negara melalui TNI melindungi segenap rakyatnya termasuk etnis keturunan..

    •  

      Kalau perang ma yg berpotensi mata2 intel aseng ya di babat apakah itu warga keturunan atau warga negara indonesia

      •  

        Comment:@waduh.tumben pikiran ente makyos(beneran dikit)apa situ udah jadian ama sicarin jadi rada waras.

      •  

        Waspada agen2 asing yang ngomporin, tujuannya mencoreng reputasi HAM RI di mata internasional, ujung2nya bisa kembali kesulitan suku cadang alutsista, atau kesulitan membeli alutsista spt MBT dari Belanda, untung bu Merkel masih baik. Tapi kalau terus terulang kasus2 HAM, RI akan semakin kehilangan simpati negara sahabat.

        Itulah tujuan akhir para agen asing !!!

      •  

        @am, gak usah nyebut nama deh, ada beberapa.

        ini kan forum militer, harusnya bisa kasih opini yang konstruktif menyangkut segala aspek militer, bukannya ngomporin kerusuhan sosial yang pengecut dan gak ada hubungannya dengan militer, bahkan bisa merugikan reputasi TNI di dunia internasional

  17.  

    Bu susi strong … klah ma yg laki ( siapa ya ? Hahaha ) maju dong di 2019 … psti byk ug ngedukung …

  18.  

    “Beijingan”

  19.  

    sesama cilok di larang saling mendahului…??? salam bung tukang cilok

  20.  

    Comment:wah bu susi yg brani kluarin statemen yg ngedukung tembakan tni AL keatas kapal mling cina,brarti bu susilah yg lebih punya nyali,sumpah gw demen bgt dgn sikap2 yg begitu,sdh lama bgt negara ini jdi keset,dan cm jd injek2 an negara lain krn sllu dianggap remeh dan tdk berkelas dlm hal alutsista,cb kl alutsista kita berkelas???mana mungkin mrk berani????

  21.  

    weh komen nya nasar dimari….@tukang cilok

  22.  

    Koq URL ama artikelnya beda judul ya????

  23.  

    Disinah lettak kepinteran cina pihak indonesia blm protes atas inseden pelanggaran kedaulatan yg dilakukan nelayan china ehh gak taunya china udah di protes duluan jd kesannya pihak indonesia yg merugikan china padahal faktanya sebaliknya jd lainkali pihak indonesia harus protes duluan sblm diprotes negara lain

  24.  

    Disinah lettak kepinteran cina pihak indonesia blm protes atas inseden pelanggaran kedaulatan yg dilakukan nelayan china ehh gak taunya china udah protes duluan jd kesannya pihak indonesia yg merugikan china padahal faktanya sebaliknya jd lainkali pihak indonesia harus protes duluan sblm diprotes negara lain

  25.  

    Bu Susi,anda layak jadi RI 1 .

  26.  

    Di treat ini SAYA BONCENG PERNYATAAN PUNGGAWA JKGR BUNG RUSKY

  27.  

    .maling protes.??????
    .maling gendeng berarti..
    .maling kudu e di gebuk i sampek modar..

  28.  

    Kalau cina masih arogan dan makin sakit jiwa
    PAK JOKOWI TINGGAL TLPN PM JEPANG VIETNAM ASU arab saudi mesir iran israel dll hehe MAri kita bikin rame lcs dan daratan cina dgn kembang api
    dan untuk mujahidin saatnya kepruk cina si dajjal rakus dari utara

  29.  

    cina kelihatannya sedang memainkan sesuatu strategi atas nama nelayan sebagai bidak/umpan itulah sebabnya mereka sengaja berulang kali mencoba dan terus mencoba sampai kita kelelahan atau silap mengambil sikap kebijakan,
    apapun apa yg telah dilakukan TNI AL dan ibu Susi sdh sangat bagus dan teruskan berjuang, kami rakyat selalu siap mendukung untuk kebaikan NKRI

    •  

      Selama pemerintah indonesia tegas strategi china ga akan berlaku bung.. mudah2an hal kaya gini bisa langsung cepat direspon sama pemerintah biar bola tidak bergulir trlalu jauh yg nantinya malah menyudutkan posisi indonesia di mata dunia..

  30.  

    Comment: @john rambak.
    lapor pak john pesanan senjata telah terkirim semua,mohon segera di infeksi…!!!

  31.  

    Comment: @sakera. meraka tau hanya berteriak dan koar koar doang bung pandainya mengompori dan menghasut kalou beneran yaa kagak berani apalagi tanpa ada negara yang mengintruksikan,itu sipat negara boneka.

  32.  

    lah di blog sebelah…sudh ada insiden… 2 kasel PLA ditenggelamin. di natuna tahun 2016 bulan kemarin….yg ada hubungannya dg gempa bumi disana.
    juga sempat kok dibilangin kapal2 perang sudah berhadapan muka dg aramada TNI AL…bahkan sempat disinyalir kaprang PLA mau dibantu oleh armada USA.
    Tapi kaprang cina ngacir duluan karena sudah kena lock….oleh kasel2 TNI….

    kalau dilihat dari kejadian itu ketahuan kalau teknologi militer cina itu gak ada apa2nya sama teknologi TNI.

  33.  

    duh ribut melulu nih ilegal fishing, 10 th yg lalu gak pernah seheboh inih..mungkin kapal perangnya kebanyakan di kandang..

  34.  

    siapa dulu mentri pilihan joko………biar sipil tegas ky militer..

  35.  

    Kita dukung ketegasan tni menunjukkan kedaulatan negara, namun perlu dipertimbangkan pula keperluan pengusiran kapal nelayan asing sebaiknya cukup dg kapal pemgawas perikanan atau setingkat itu, tetapi KRI mendampingi dan siap memback up. Soale kayanya ga sepadan, ngusir kapal nelayan pake kapal perang

  36.  

    Ijin nyimak
    Lama gak pernah nongol , salam buat dedengkot JKGR

  37.  

    Apa hubungannya dgn WNI keturunan?
    Terus kl kita konflik dgn Arab kita mau berangus juga WNI keturunan Arab (termasuk Habib2) yg ada di Indonesia gitu?
    Berpikir lebih cerdas, bung.

  38.  

    Ada sesuatu dibalik sesuatu

  39.  

    Comment:@ubed biasa aja kali kalo masalah nama,itu jugakan bukan nama aslinya.
    lagian kita juga kagak tau siapa dia dan apa motifnya,bisa jadi memang orang bayaran dan siapapun bisa membayarnya termasuk negara cina itu sendiri yaa tooo,jadi lucu kalou berpikir kalou ada konplik didalam negri kita malah diuntungkan dan negara cina dirugikan,padahal cina ngurus rakyatnya saja pusing tujuh keliling!!!.apalagi rakyat negara lain.
    tapi memang selalu ada jurang ketidak percayaan pada rakyat negri ini mungkin karna sejarah panjang proxy yang yang diciptakan kolonialisme.

  40.  

    Bu susi sangat layak jadi RI 1…

  41.  

    JAUH-JAUH BOLAK-BALIK CUMAN NGABISIN BBM BUAT DITEMBAKIN DAN DITANGKEPIN, MASIH BELUM YAKIN CHINA TU KlO INDONESIA BAKAL “TEGA”… HAHAHA

  42.  

    lawan china?? kapan perang nya??

  43.  

    mampuuus lu chinak, negara rakus disalahin gak mau, padahal sudah mutlak salah…

    HUAN CHINYING JELEK AMAT LU.
    BU SUSI THE GREAT ONE. JALESVEVA JAYAMAHE.

  44.  

    Test

  45.  

    Saudara inilah saat yang tepat tuk kirim Santoso dan para tahanan teroris kita untuk berjihad di China daratan!!
    Dilaut Marinir, Denjaka, dan pasukan katak nyamar jadi nelayan !!
    Ada nelayan/ coast guard China masuk kita hujani mereka dengan peluru!!!
    Kapal penjaga pantai kok nyasar dilautan lepas, masuk wilayah negara orang lagi. Kita jadikan mereka obyek latihan nembak TNI kita, pasti seru!!!!!

  46.  

    China menggunakan kapal nelayanya untuk mengambil ikan di belahan LCS dan di back up oleh Kapal Coast Guardnya yg mempunyai Radar Cangggih..

  47.  

    MBAH SUDAH TUA DEK, CUMA BISA MENASEHATI. CINA ITU NEGARA BESAR, APA KITA YAKIN BISA MENGHADAPI CINA BILA TERJADI PERANG. RAKYAT SUDAH BANYAK YANG SUSAH DEK, JANGAN SAMPAI DITAMBAH SUSAH KARENA PERANG.

  48.  

    Mau negara besar ke.mau negara kwcil ke.?? Sikat… Berani karena benar..rakyat indonesia dari dulu memang sdh susah jika dibuat susah makin gila lg menghabissi orang orang cina…wo …rakyat indonesia hanya takut pada tuhan yme…dongfeng itu bloom teruji.sekuat/sebesar apapun pasti ada lemahnyaa..hanya tuhan yme yg gak ada lemahnyaa