Badan Pesawat QZ8501 Ditemukan

32
60
TNI AL Evakuasi korban AirAsia QZ8501
TNI AL Evakuasi korban AirAsia QZ8501

Jakarta – Badan SAR Nasional menyatakan badan pesawat AirAsia QZ8501 resmi ditemukan semalam, Jumat (2/1). Badan pesawat terletak di kedalaman 30 meter, dan terdiri dari dua bagian dengan letak posisi berdekatan.

β€œDari hasil operasi semalam, pada pukul 23.40 WITA, kami berhasil mendeteksi dua objek dengan dimensi cukup besar,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di kantor pusat Basarnas, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1).

β€œPosisi kedua objek berdekatan satu sama lain. Semua berada pada kedalaman 30 meter. Itu adalah bagian dari pesawat AirAsia yang kita cari selama ini,” ujar Soelistyo.

Dari dua objek yang terdeteksi, satu berhasil dideteksi dalam tiga dimensi, sedangkan satu lagi terdeteksi dalam dua dimensi. Ukuran panjang masing-masing objek sekitar 9,4 meter dan 7,2 meter.

Saat ini tim sedang menurunkan ROV ke bawah permukaan air laut untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya terhadap kedua benda tersebut. Namun penurunan ROV masih sulit dilakukan karena terhadang gelombang tinggi dan arus kuat.

Sebelumnya, perkiraan badan pesawat berada pada kedalaman 30 meter telah dikemukakan oleh Kepala Basarnas Surabaya, Hernanto, Rabu (31/12). (Baca: Badan Pesawat QZ8501 Terlacak di Kedalaman 30-50 Meter) (CNN Indonesia)


Basarnas: Bagian Pesawat AirAsia Ditemukan

Jakarta – Basarnas menyatakan pihaknya berhasil menemukan dua objek yang cukup besar di dasar laut di kedalaman 30 meter. Objek tersebut dipastikan adalah potongan pesawat.

“Saya pastikan dengan ditemukannya genangan minyak, saya pastikan ini bagian dari pesawat AirAsia yang selama ini dicari,” kata Kepala Basarnas Marsdya F Henry Bambang Soelistyo, dalam konferensi pers di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1/2015).

Hasil pengungkapan iti dilakukan setelah tim gabungan Basarnas mendeteksi adanya genangan air di sektor prioritas. Ada dua objek yang dideteksi pada Jumat (2/1/2015) sekitar pukul 23.40 WIB kemarin.

“Objeknya cukup besar, dimensinya sebanyak dua, dan satunya ada tiga dimensi,” kata Soelistyo.

Posisi tiap dimensi berdekatan satu dengan lainnya. Saat ini tim Basarnas berupaya untuk menurunkan ROV ke dasar laut untuk mendapatkan visual objek tersebut. “Semuanya berada di kedalaman 30 meter,” kata Soelistyo. (Detik.com).

32 KOMENTAR

  1. diumumin dong kapal yg menemukannya.
    kalau memang MV.Baruna Jaya I yg menemukan, media kita khususnya yg berbahasa Inggris kudu blow up tuh.
    blow up gila2an kalo perlu.

    biar ga ada lagi komen2 yg ngelecehin kemampuan RI.
    (ingat kemarin2 pas awal, itu di FB singapur ribut bukan main bilang kalo pemerintah mereka udah kasih tawaran bantuan herkules tapi sama RI lambat banget responnya. padahal RI tuh gak punya kemampuan apa2 buat rescue.. sakit ati bacanya)