Oct 182018
 

Brigade sistem rudal S-400 Rusia © Anton Denisov via Ria Novosti

JakartaGreater.com – Moskow dan New Delhi telah menandatangani kontrak senilai US $ 5,4 miliar pada pasokan sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 Rusia ke India, dengan pengiriman dijadwalkan akan dimulai pada 2020, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Berdasarkan kesepakatan tersebut India akan menerima sepuluh batalyon sistem S-400, setiap batalion terdiri dari 8 kendaraan peluncur, 112 rudal dan komando terkait, radar dan kendaraan pendukung lainnya.

Tentang perkembangan kesepakan India-Rusia atas sistem S-400, Dr. Hasan Askari Rizvi, seorang analis politik dan pertahanan terkemuka yang berbasis di Lahore, Pakistan, telah menjelaskan mengapa Islamabad akan terganggu oleh penjualan tersebut.

Menurut Dr. Hasan Askari Rizvi, faktanya adalah bahwa hubungan antara India-Pakistan sangat buruk, dan dari waktu ke waktu pertempuran di perbatasan, saling serang digaris kendali atas wilayah Kashmir yang disengketakan.

Pakistan mengungkapkan kekhawatiran pada kesepakatan tersebut karena dari perspektif Pakistan, itu mengganggu perimbangan persenjataan konvensional yang ada di wilayah itu, terutama antara India dan Pakistan. Sebagian besar sistem pertahanan militer India ini difokuskan kepada Pakistan. Itu sebabnya Pakistan khawatir tentang kabar tersebut.

Untuk dapat mengurangi dampak dari kesepakatan ini terhadap Pakistan, Hasan Askari Rizvi menyebutkan bahwa Pakistan dan para pemimpin di Islamabad berharap Rusia akan membantu memfasilitasi dialog antara Pakistan dan India mengenai isu-isu yang selama ini diperdebatkan. Jika mereka dapat menggunakan pengaruhnya untuk tujuan tersebut, itu akan menjadi kontribusi positif untuk mempromosikan stabilitas di wilayah itu.

Selanjutnya Pakistan akan mencari sumber-sumber baru untuk mendapatkan senjata dari negara-negara lain demi manjaga ketidakseimbangan kekuatan saat ini, menurut sudut pandang Pakistan, akan terjadi ketika kesepakatan S-400 sepenuhnya dilaksanakan.

Hasan Askari Rizvi menambahkan bahwa di satu sisi, hubungan Pakistan-Rusia telah jauh meningkat selama dua atau tiga tahun terakhir dan Pakistan terus mengupayakan hal itu, karena para pemimpin di Islamabad berpikir bahwa peningkatan hubungan dengan Rusia dan perdagangan lebih banyak antara Pakistan dan Rusia, Rusia akan lebih cenderung menggunakan pengaruhnya untuk mendorong dialog dan perdamaian di kawasan.

Pakistan dekat dengan China sejauh hubungan ekonomi dan hubungan keamanan yang bersangkutan. Meski hubungan Pakistan dengan Amerika Serikat sedang menghadapi kesulitan.

Sejauh menyangkut persenjataan konvensional, keseimbangan selalu menguntungkan India, karena India adalah kekuatan yang jauh lebih besar. Jadi apa yang telah dilakukan Pakistan di masa lalu adalah mendapatkan sejumlah senjata dari berbagai sumber. Namun sama seperti India, Pakistan memiliki senjata nuklir, dan ketidakseimbangan dalam senjata konvensional dikompensasi, karena keduanya memiliki senjata nuklir, yang menghalangi kedua belah pihak dari melewati batas setiap kali ada pertukaran serangan konvensional antara India dan Pakistan, baik di Kashmir atau di perbatasan.

  7 Responses to “Bagaimana Dampak S-400 Pada Kekuatan Pakistan dan India?”

  1.  

    “Setiap batalion terdiri dari 8 kendaraan peluncur,112 rudal”.brarti 10 batalion=80 kendaraan peluncur…??? jika tiap kendaraan peluncur terdiri dari 4 tabung peluncur.brarti estimasi jumlah keseluruhan rudal yg dibutuhkan 320 rudal…???..wahhh !!! Wartawan yg nulis iki…mabokkk lem besi.

    •  

      Kayak nya bung tempakul .matematika nya gak lulus coba pahami kata setiap batalion jadi 112 rudal itu untuk satu batalion .jadi kalau 10 ada 1120 rudal .bukan 112 rudal buat 10 batalion

      •  

        India beli 10 batalion.setiap batalion terdiri dari 8 kendaraan peluncur.jadi 10 batalion=80 kendaraan peluncur.1 kendaraan peluncur=4 rudal.brarti 80 kendaraan peluncur=320 rudal.kok sampean malah tambah mabokkk lem besi ….1120 rudal.

  2.  

    S-400 Triumf – Air Defence Missile System

    https://www.youtube.com/watch?v=q4ncll2gNps&t=76s

  3.  

    Eddiiyyaannnn….

    Indonesia hanyalah mimpi punya mainan kayak gitu S400

    •  

      Ente liat sendiri…orang india beraktivitas dgn sapi.dimna-mna ada sapi.di mall ada sapi…di emperan toko ada sapi…di lampu merah ada sapi.di bandara ada sapi…bahkan di dlm kantor pun sapi berkeliaran.all about …sapiiii.ente mau…indonesia seperti itu ???

  4.  

    diera orde lama indonesia pernah punya rudal SA-2 buatan uni soviet

 Leave a Reply