Jun 142016
 

Di tengah kisruh soal reklamasi pantai di Jakarta, tercetus sebuah ide dari seorang tokoh Kampung Luar Batang, Daeng Mansur Amin. Tokoh masyarakat asal Makasar ini mengusulkan agar pulau reklamasi di Teluk Jakarta dijadikan sebagai Pangkalan Militer TNI Angkatan Laut.

Menurutnya beberapa pulau reklamasi kini mangkrak akibat adanya moratorium. “Kalau misalkan ada pangkalan TNI AL, pulau itu dapat menjadi tempat menjaga kedaulatan agar tidak ada penyelundup yang masuk,” ujarnya, Selasa (14/6/2016).

Dia menambahkan, selama ini wilayah Teluk Jakarta sangat rawan akan penyelundupan, terutama narkoba.
Sementara itu warga Luar Batang lainnya, Andi Rasmen menilai, reklamasi hanya diperuntukan bagi masyarakat kalangan atas saja. Sementara, bagi warga miskin reklamasi sama sekali tidak menguntungkan. “Yang ada warga miskin seperti kami malah tersingkir,: tandasnya.

  40 Responses to “Bagaimana Jika Pulau Reklamasi Dijadikan Pangkalan TNI AL”

  1.  

    bagus itu

  2.  

    lanjutkan

  3.  

    oohhh itu pasti dan sudah di rencanakan….

  4.  

    dari dulu indnesia gitu gitu aja, pro kontra demi perut masing-masing. Semua terbengkelai,..mudah kena sogok, adu domba istilah jaman sekarang proxy.

  5.  

    Kalo masalah penyelundupan mah pe er nya beacukai….
    Kalo tni mah untuk pertahanan…IMHO yak…tp memang sih koarmabar harus punya pangkalan yg lebih memadai drpd skr…IMHO lg yak…

    •  

      Betul udah ada bea cukai kalo masalah penyelundupan.. letaknya kurang strategis utk pangkalan militer, trlalu dekat dgn penduduk dan biaya yg dikelurkan trlalu besar.. lebih baik memanfaatkan pulau trluar utk dijadikan pangkalan militer..

      Lebih baik dilanjutkan dan melakukan pengkajianan ulang masalah AMDAL, kemudian di dirikan bangunan yg menjadi Icon Indonesia khususnya Jakarta.. daripd mangkrak, tidak berfungsi, menjadi kotor dan malah memperparah ekosistem.. kalo mau dibongkar pun sudah tidak mungkin,, biayanya semakin mahal.. kalo mau protes masalah reklamasi pulau harusnya dari awal, sebelum dibangun.. sudah saatnya jakarta menjadi kota besar yg bersih dan maju layak negara2 maju..

  6.  

    apa nggak mubazir anggaran….sedangkan pulau yg asli ada ribuan tp tergantung letak geografis ya..hehehe…

  7.  

    Erdogan Kirim Pesan AjakRujuk ke Putin

  8.  

    maaf oot, kabar sukhoi vietnam hilang gmn ya?

    carin jangan ndower ya

  9.  

    Kl rencana jangan…

    Kl positif segera d buat pangkalan….wokeeeee…

    Ha ha ha..?

  10.  

    Asep setuju idenya pak Daeng..

  11.  

    Pangkalan TNI dipulau terluar,jgn dikota besar mulu..
    Diego garcia jauh dari amrik..

  12.  

    jangan takut deh sama reklamasi, hampir seluruh dunia juga udah lakukan, bahkan liat negara yang kuat bangun reklamasi spti singapura dan dubai… sekarang mereka sangat maju dan trus ketagihan bhahah

  13.  

    @welleeehh. betul bro yang penting lingkungan harus dijaga.
    untuk urusan nelayan ri harus tiru cara singapura dimana mereka nelayan tempatan dikumpulkan trus diberikan pekerjaan gratis dilingkungan tsb atau modal usaha, hasilnya ekonomi mereka jauh lebih kaya berkali2 lipat

    •  

      Betul, kalo memang kondisi memaksa mereka berubah haluan dari Nelayan menjadi misal Pegawai Hotel yaahh Why Not???

      Jangan maksa harus tetep jadi Nelayan, kolot namanya, daerahnya udah mau lebih maju kok. Kalo tetep pengen jadi Nelayan yah pindah aja ke Pati, nelayan dsana banyak punya rumah tingkat…

    •  

      Singapur kaya bkn krn nelayannya tp krn bnyk modal “pelarian” dinegerinya… klo ngga da itu mana bisa maju krn ngga ada dana buat ngebangun pelabuhan, infrastruktur, apartemen dll… itu klo mau niru, cara dapetin “uang2” dr negara lain buat ngebangun… klo uang ada mau ngapa2in gampang, mau ngasih kerja/ modal gratis jg bisa… klo bisa tarik semua investasi dr orang indo di Singapur balik ke indo

  14.  

    Caper ni orang, pulau yg lbh strategis aja banyak kok, kenapa harus pulau yg belum jadi yg tentu akan memakan biaya lbh boros.

  15.  

    @syeikh
    pulau mana bung ? kalau luar jakarta itu urusan gubernur yg lain. yang dikejar disini adalah aksesnya bung yg dekat dengan pemerintahan, dan jakarta terlalu kecil untuk menghidupi 9 juta warganya. wajar bila ditambah area produktif.

    banding negara singapura yg lebih luas dibanding jakarta dan penduduk cuma 5 jutaan kenapa mereka reklamasi ? karena mereka kejar terus area produktif dan berpikir untuk jangka panjang.

    jakarta takkan sanggup tampung warganya untuk puluhan tahun mendatang tanpa reklamasi. kecuali ibukota dipindah… pilih mana ?

  16.  

    jangan pancing TNI masuk pusaran konflik donk.kasian,

  17.  

    Ane punya usul nih, untuk setiap calon kepala daerah apalagi calon kepala negara harus memiliki kemampuan manajemen, untuk itu harus memiliki pengalaman minimal memainkan game-game strategi berikut ini:
    – Caesar
    – Banished
    – Pharaoh
    Sehingga para calon tersebut mengerti cara melayani rakyatnya, mengerti apa yang dibutuhkan bagi suatu negara untuk bisa berkembang dan maju. Mungkin kita banyak yang menganggap sepele bahwa itu cuma sebatas game. Namun banyak hal positif yang bisa kita ambil dari game-game tersebut (Jangan komen kalau belum pernah memainkannya).

    ^_^

  18.  

    @az
    Jakarta kan punya ribuan pulau, bung! Namanya saja pulau seribu. Hehehe! Pilih tuh salah satu darinya.

  19.  

    @Ozi

    Jakarta kan punya ribuan pulau, bung! Namanya saja pulau seribu. Hehehe!
    Pilih tuh salah satu darinya, semuanya di wilayah DKI.

    Sorry bung @Ozi, ane tadi tulis @az

  20.  

    Dimana logikanya yang bermasalah CUMA pulau G? Kalau secara teknis pulau2 lain gak bermasalah, pulau G juga gak masalah. Yang simple jangan dibuat benang kusut…

  21.  

    JKGR jangan kutip pendapat tokoh kampung dong, kapan majunya.

    Kalau ada duit, bikin pangkalan di perbatasan luar, mosok mendekam terus di laut sebelah dalam, di Natuna kek atau di NTT mengamankan Masela…

  22.  

    situ orang jkt????

  23.  

    Dari awal reklamasi tersebut di jakarta tidak memperhatikan banyak aspek baik aspek lingkungan maupun perijinan. Peraturan harus ditegakkan karena kita bukan negara untuk cukong tetapi negara yang berlandaskan atas peraturan. Peraturan diterapkan harus adil dan tidak dobel standard

  24.  

    Mana berani kpk nangkap, dari kemdagri aja udah kelas judulnya kpk itu apa

  25.  

    Ah.. kalo reklamasi pantai jd pangkalan TNI , Kaga LIKE gw ! Rebut pulau christmas untuk jd pangkalan garda terdepan TNI baru gw LIKE..!

  26.  

    Rusunnya hrga nya kemahalan x makanya pd ga mau, wong nelayan kecil brp sih pndptnnya klo pindah takut ga bs cicil… klo hrgnya murah atau da subsidi mgkn mau… tp apa iya! Klo gitu ga balik modal dong alias rugi buat biaya reklamasi ja hbs brp bnyk…