JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 272018
 

Peluncur sistem rudal taktis MIM-104 Patriot. © US Army via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Sebagaimana dilaporkan bahwa hampir setiap rudal balistik yang diluncurkan oleh pemberontak Syiah Yaman yang menargetkan Arab Saudi, kerajaan itu mengatakan bahwa mereka mencegat seluruh rudal yang diluncurkan, namun demikian video online menimbulkan sejumlah pertanyaan baru tentang klaim tersebut, seperti di lansir dari laman Times of Israel.

Sebuah video muncul dan menunjukkan bahwa peluncuran rudal Patriot pada Minggu malam benar-benar bermasalah, di mana rudal yang mengubah arah ketika di udara, menabrak pemukiman di Riyadh dan meledak. Peluncuran lain tampaknya meledak tak lama setelah diluncurkan dari ibukota Saudi.

Kementerian Informasi Arab Saudi tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar di hari Senin oleh The Associated Press. Namun, video-video itu tampaknya menunjukkan bahwa kerajaan Arab Saudi terlalu melebih-lebihkan kemampuan sistem pertahanan misilnya, sebuah tradisi yang berasal dari Perang Teluk 1991.

“Kemungkinan besar tidak ada rudal yang dicegat, bukan seperti yang telah diklaim oleh Arab Saudi”, kata Jeffrey Lewis, seorang ahli rudal di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, California, yang menonton video dan sebelumnya juga telah mempelajari peluncuran rudal Patriot Saudi lainnya.

Arab Saudi berkata telah berhasil menghancurkan sekitar 90 rudal balistik yang sudah diluncurkan oleh pemberontak Syiah Yaman, yang dikenal sebagai Houthis, sejak mulai melancarkan perang terhadap mereka tiga tahun lalu.

Peluncuran malam Senin terlihat seorang warga Mesir tewas dan dua lainnya terluka di Riyadh oleh sebuah fragmen rudal, menandai korban pertama di ibukota Saudi sejak perang dimulai. Roket-roket sebelumnya yang ditembakkan oleh pemberontak Yaman telah menyebabkan kematian di bagian lain wilayah kerajaan.

Militer Arab Saudi mengatakan telah mencegat ketujuh rudal balistik yang ditembakkan oleh Huthi ke kerajaan itu, tiga menargetkan Riyadh, dua meargetkan Jazan serta dua lainnya menargetkan Najran dan Khamis Mushait.

Saluran berita satelit Arab Saudi, Al Arabiya menyiarkan sebuah rekaman yang disebut menunjukkan baterai rudal Patriot menembak rudal Houthi yang memasuki Riyadh. Sebuah rudal Patriot tampak meledak beberapa detik setelah diluncurkan, diikuti ada teriakan dari seorang pengamat saat fragment api menghujani tanah.

Dalam video lain yang disiarkan secara online, rudal Patriot yang baru diluncurkan tiba-tiba berubah arah, menabrak daratan di dekat lingkungan perumahan.

Militer Saudi tidak mengakui adanya malfungsi yang jelas pada misil tersebut. Kolonel Turki al-Maliki hanya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “ketujuh rudal balistik berhasil dicegat dan dihancurkan”.

Ini bukan pertama kalinya para ahli mempertanyakan klaim Saudi atas keberhasilan dari upaya interupsi rudalnya.

Para analis pertahanan mengatakan Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi sangat bergantung pada rudal Patriot PAC-2, sebuah sistem yang dikembangkan pada akhir 1980-an. Misil-misil itu mengandalkan apa yang disebut “fragmentasi ledakan” untuk menghancurkan rudal-rudal yang masuk, menyebar seperti peluru senapan yang telah ditembakkan.

“Rudal PAC-2 yang telah ada dalam inventaris Angkatan Bersenjata Arab Saudi sejak 1990-an dirancang untuk mencegat rudal balistik yang lebih lambat, jarak pendek yang tidak terpisah dan mungkin akan kewalahan untuk menghancurkan Burkan”, menurut Jeremy Binnie, seorang analis di IHS Jane pada bulan Januari.

Lewis memiliki keraguan yang sama.

“Sistem Patriot benar-benar tidak mampu melawan rudal yang diluncurkan Houthi di Riyadh dengan jangkauan 1.000 km (620 mil) dan hulu ledak yang memisah. Aku tidak akan berharap ada pencegat Saudi yang berhasil melawan rudal seperti itu”, katanya.

Arab Saudi juga memiliki sistem rudal PAC-3 Patriot, yang dirancang untuk langsung menabrak rudal yang masuk. Penjualan rudal-rudal pada tahun 2015 ini diperkirakan mencapai $ 5,4 miliar, telah disambut baik oleh Presiden AS Donald Trump.

Pada bulan November lalu, Trump mengkreditkan bahwa sistem rudal Patriot tersebut mampu melumpuhkan rudal-rudal Houthi yang diarahkan ke Riyadh, dengan berkata “Sistem kami akan menjatuhkannya”. Namun, Lewis dan analis lainnya juga meragukan kemampuan rudal Patriot untuk mencegat roket itu.

Berbagi

  121 Responses to “Bagaimanakah Kualitas Rudal Patriot Saudi?”

  1.  

    ButuTtt makanya beli s 400 juga hahaha patriot ga dipersiapkan lawan rudal terbang rendah

    •  

      emang situ udah pernah ngetes dua-dua nya ?
      perasaan yg paling multi role itu patriot deh…..
      malahan S-400 lawan rudal terbang rendah, k.o., pas nya pakai rudal jarak pendek 9M96.
      jadi klo ada yg terbang rendah S-400 harus pilih rudal yg tepat.

      •  

        Itu rudal fajr bin c 802 om hihi

        •  

          yg lengkap adalah fajr bin c 802 bin exocet.

          hihihi
          waktu itu cina mau kopi tapi gak bisa, tpi krn cina dah bikin perjanjian utk ikut perdagangan bebas maka amrik dan perancis menyediakan propulsi roket,
          C-802 bin exocet dan C-705 bin harpoon.

          •  

            Katanya sekrg 802 mulai ditinggalkan diganti yg lebih kuat liat tuch lat di lcs sekrg haha

          •  

            C-705 cacat produksi, bukan teknisnya tapi dari tampilannya.

            kelihatan dari luar bautnya,,,,sedangkan rudal jaman now kgk keliatan baut rivet nya.

            penggantinya YJ-10 dan YJ-100, cuma beda diberat aja kgk ada unsur lainnya.

          •  

            Rudal ga murni excocet dah beda daya jangkau dll jauh ditingkatkan liat dipakistan bisa 250 km

    •  

      Apapun akan dilakukan BARBARIKA untuk menjegal kesepakatan S400 Turki

      “Tetap Nekad Beli S-400, Amerika Ancam Takkan Kirim F-35 ke Turki ”

      https://www.facebook.com/jejaktapakdotcom/posts/1082164201915734

      Terus bagaimana dengan Indonesia yang sepakat dengan 11 Su35

      •  

        Saya rasa tidak masalah jika Indonesia beli 11 su 35,ini masalahnya beda,……kalo ini yg 1 baru mengembangkan pespur generasi siluman,yg satu menyatakan antidot siluman..jadi salah 1 ada yg benar,…tidak mungkin ke 2-2nya benar,kalo dilihat dari cash/money,..kedepannya malah AS yg banyak pemasukan,pertama pesan 30 habis itu akan pesan 70 pespur,sedangkan pihak rusia hanya dapat usd 2,5 m(dpt 4 batrei) jelas gak banyak,tapi penting..lebih kemasalah politik,..jika sampai F35 ke”kunci” S400,..selesai sudah…yg terbaru saja ke kunci apalagi yg produk lama..nah bagaimana nasib pembeli2 NATO laennya??…kecewa….pasti!…kalo saya jadi AS tetap akan saya kasih F35,kalo sampai S400 tidak bisa “kunci”..moncer udah dagangannya…dan masalah hagemoni,(misal: aye punya pespur siluman,situ berani nolak aye??..kalo gak punya antidotnya,pasti diem dan manut,kalo punya antidotnya jawabnya “njuk ngopo??”..hahha..misal lho ini)…nah out topik dikit,ternyata harga S400 gak mahal juga usd 600 jtan(kelihatannya naek kan sebelumnya usd 400 jtan)..kemaren ada yg nakut2in dengan harga usd 1,3 m…kalo dilihat dari berita diatas…

        •  

          eh tadi ada lho yg nanyain PO su-35……huehehee wkwkwkk…..

          sebenarnya masalah harga itu cuma strategi procurement aja lha bung, di TNI juga pasti ada tim procurementnya. mau ngajuin PO 1.3m atau 600 juta juga boleh, silakan mananya juga usaha ya bung…….kikikiki

          •  

            silakan namanya juga usaha ya bung……..

            ih kok lidah belibet banget sih yah…….
            cuih…cuih….tes ting……sorry salah eja.

    •  

      Bung, kalo ngomong dipikir dulu Bung. Masak Patriot produksi tahun 80an mau disamakan Ama S-400 produksi 2007??? Kalo mau, bandingin Ama PAC-3.

      Btw, HQ-9 gak ditawarin?? Kenapa?? Gak level apa gak laku??? Hhhhhhhhhh

      •  

        Bung, senjata orisinil sama modifikasi jelas beda Bung. Modifikasi Scud bisa jadi penambahan jarak, mesin roket yg lebih baik, dsb. PAC-2 kalo mau dimodifikasi ya jawabannya dg diupgrade, entah sistemnya, radarnya atau rudalnya sekalian.

        •  

          Korut yg modif jadi lebih jauh

        •  

          Nah, loh. Jadi Houthi itu dibantu Rusia, China, Iran, dan Korut ya. Pantesan aja. Gitu kok bangga Houthi bisa ngadepin Arab Saudi. Hhhhhhhhhh

        •  

          “Gudang senjata Yaman juga diisi dengan Hwasong-6. Sebuah varian yang dikembangkan dari R-17 dengan hulu ledak yang dirampingkan untuk memungkinkan jangkauan yang lebih jauh. Setidaknya 20 salinan rudal buatan Korea Utara ini dikirim ke Yaman pada akhir 1990an dan awal 2000an.

          Sejak pertengahan 2015, Pusat Penelitian dan Pengembangan Penelitian Houthi telah membangun beberapa salinan lokal R-17 dan Hwasong-6 yang disebut sebagai Burkan-1 dan Burkan-2 / 2H. Pemberontak tersebut meluncurkan setidaknya delapan Burkan-1 di Arab Saudi pada 2016 dan awal 2017.”

          Kalau ada link itu mohon dibaca… supaya jelas, itu rudal jauh sebelum perang terjadi sudah ngendon di Yaman, bahkan ketika Presidenya masih Hadi, itu rudal juga sudah ada… kenapa ketika digunakan tiba2 nama2 Korut dan Iran dibawa2??? sedangkan Jenderal Houti mengatakan sejak 2015 Yaman sudah di blokade baik udara laut dan darat secara ketat oleh Arab Saudi cs, hingga PBB saja tidak bisa masuk, mana mungkin Iran maupun Korea utara mengirim ke Yaman??? pakai apa???

      •  

        Fajr bin c 802 khan tekno th 1989 om hihi ga ush berbelit belit kenapa salman pesan s 400? Jawabannya pasti ga puas sama patriot ga ush diperdebatkan lagi

      •  

        Lha griipen th 2000 dibanding dgn su 27 90an yg blm diupgrade selalu u bahas gpp hihi ,ga ush berdalih kenapa king salman beli s 400?? Ya pasti ga puas sama patriot

  2.  

    Kualitasnya Di bawah Huha

  3.  
  4.  

    Menunggu penjelasan bung Agato saja….xicixicixi

  5.  

    beritanya kontradiktif antara yg versi pac2 ato pac-3

    asumsi pribadi sih

    1.Rudal cacat entah karena maentenis,kualitas produk ato alasan yg lain

    2.Rudal kehilangan target yg yg sudah dihancurkan,terprogram self destruct dgn jalur yg ditentukan (biasanya ke atas tapi kok balik 180% nyungsep ke bawah)

    3.Rudal masih memburu puing2 sisa rudal balistik

    4.Rudal lagi emosi karena terganggu Aming dan Huha lagi ribut rebutan daster kaki lima yg jualan dekat Situs SAM.

    5.Rudal memburu panasnya bakaran jagung yg dilakukan oleh saudara Colibri dekat situs Sam.

    •  

      6. Rudal terputus-putus jalur komunikasinya, sehingga rudal menjadi bingung dan kehilangan kendali. terputus-putus bukan putus, beda lho artinya.

      7. Angka hoki niieeehh…..awas lu……ini gw pake (reserved) 😎

      8. eee….mungkin bawah gw tahu.

  6.  

    Wah berita gak bener nih masak SAM tercanggih USA dibilang ling-lung!he3. Tahun kemaren jg diberitakan ada rudal2 kiriman Houti bs mendarat bebas di wilayah2 Arab Saudi, pantesan Arab Saudi melirik S400 Rusia.

  7.  

    Apapun itu, jelas Arab Saudi terjebak dalam perang yang semakin hari malah semakin buruk, tidak memperlihatkan keunggulan malah justru membawa Arab Saudi dalam situasi berbahaya…
    Semakin keras mereka bereaksi di Yaman, justru mereka semakin mendapatkan efek balik yang sangat keras juga… dan tidak ada tanda2 kalau mereka akan segera memenangkan perang…

    •  

      ga ada perang kok di yaman, yg ada konflik atau krisis yaman, perang itu cocok jika dikatakan jika ada negara lain menyerang negara lain.
      ini saudi sudah membawa masalah ini ke PBB jadi bung yuli kata “perang” tolong dihindari, yg ada konflik dan krisis, wartawan profesional pasti tahu maknanya yg lebih dalam.

      •  

        Saya bukan wartawan…. pemahaman saya perseteruan antara dua pihak dengan menggunakan senjata bisa disebut sebagai “perang”… bahkan tidak melulu antara dua negara, antar geng juga disebut perang… antara pasukan pemerintah dengan separatis juga disebut “perang”…
        Apa yang menjadikan kejadian di yaman tidak boleh disebut “perang”???
        http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/17/12/28/p1ok5n396-pbb-perang-yaman-semakin-tak-masuk-akal

      •  

        Bung Piye, percuma ente jelasin Ama si Yuli. Dia bukan wartawan tapi Tukang Las. Mau Ampe lebaran kuda juga gak akan ngerti, orang definisi perang yg dia maksud kalo kedua pihak sama2 bertikai dan bawa senjata dia sebut perang kok. Ntar kalo dia berantem Ama pacarnya sambil bawa senjata mungkin bakal dia sebut perang kali ya. Hhhhhhhhhh

        •  

          Pertikaian, konflik, perseteruan atau yg bermaksud melawan & ngelawan atau yg msih sama maksudnya disebut perang.

          Sekali lg, jgn dipakai dulu merasa tau supaya loe tau

          Hahhaahaaaa

        •  

          tambah ora mudeng, konflik bunuh membunuh bukan perang? iki piye to .

          •  

            Buka KBBI apa yg dimaksud dg Perang, Konflik, pertikaian dsb.

          •  

            https://id.wikipedia.org/wiki/Perang

            Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik (dalam arti sempit, adalah kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan) antara dua atau lebih kelompok manusia[1] untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan. Perang secara purba di maknai sebagai pertikaian bersenjata. Di era modern, perang lebih mengarah pada superioritas teknologi dan industri. Hal ini tercermin dari doktrin angkatan perangnya seperti “Barang siapa menguasai ketinggian maka menguasai dunia”. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan atas ketinggian harus dicapai oleh teknologi. Namun kata perang tidak lagi berperan sebagai kata kerja, namun sudah bergeser pada kata sifat. Yang memopulerkan hal ini adalah para jurnalis, sehingga lambat laun pergeseran ini mendapatkan posisinya, namun secara umum perang berarti “pertentangan”.

        •  

          Saya cuma tukang las… tetapi saya juga paham perbedaan dari “konflik” dan “perang”…

          Ketika dua belah pihak mulai melakukan kekerasan itu sudah bukan hanya “konflik” tetapi sudah berubah menjadi “perang”

          contoh konflik…
          bumi datar dan bumi bulat… Russian fans boy dan American fans boy…
          selama itu semua hanya berupa pertentangan itu masih dalam kategori konflik… tetapi jika sudah saling lempar misal : Russian FB lempar Sukhoi mainan dan American Fb membalas dengan F-15 mainan maka itu sudah berubah benih2 peperangan… apalagi jika sudah menggunakan granat, molotov, dan petasan yang bertujuan untuk menyakiti maka itu adalah “perang” yang timbul dari konflik…

          Maaf kalau saya lancang, karena saya hanya tukang Las…

      •  

        “perang itu cocok jika dikatakan jika ada negara lain menyerang negara lain”.

        bah macam mana pula ini
        Apa itu perang sipil?perang Proxy?

        •  

          jelas beda lha bang, konflik dgn perang jelas beda.

          skrg gimana caranya supaya saudi atau yaman bisa menang.

          coba cari jalan keluarnya….

          perang kalau ibukota sudah direbut dan moral negara lawan sudah hancur, perang tsb bisa dimenangkan.

          sedangkan kalau konflik bagaimana cara memenangkannya.

          disini kita belajar bersama, jgn seperti fanasboy baca argumen yg beda dgn pendapatnya lgsg fanas…..fanas….aw..aw..fanas…

          •  

            yg dibahas perang bung bukan konflik sya juga tau bedanya
            coba dibaca lagi kalimatnya
            disini memang belajar bersama bung apalagi argumen2 banyak yg entah mereka memproyeksikan sesuatu ato karena keluguan “kearifan lokal” akan situasi geopolitik apalagi di situasi perang informasi sekarang.
            yg jelas banya2kin komentar biar jadi penyeimbang
            lagipula tak ada yg kalah dan menang dlm berargumen.

          •  

            ya justru itu bung, coba baca lagi komentar dari hulu/atas nya.

            kan bung yuli mengatakan tidak ada tanda2 saudi menuju kemenangan dalam perang yaman.

            nah disitu saya koreksi pendapat beliau, ini bukan perang melainkan adalah sebuah konflik,
            kalau perang dan konflik ya sesuai dgn yg dijabarkan diatas. dan perang bisa diselesaikan dgn cepat.
            kalau konflik ya akan sulit untuk meredamnya.

            jadi mengapa fanasboy yg lain juga ikut mengomentari argumen yg pertama saya kemukakan ya ?

            atau mungkin mereka lebih paham drpd konflik yg terjadi di sana ya mungkin bisa aja.

            yg kedua kalau perang, yaman bisa datang ke pbb dan meminta pbb untuk ikut campur dalam masalah yaman, krn ini sudah menyangkut masalah kemanusiaan dan juga disana sudah ada rusia dan cina sebagai anggota.
            tapi toh mereka malah tdk membawa masalah ini ke pbb.

            jadi semua yg saya katakan itu sudah terstruktur bung, mungkin saja anda, fanasboy atau yg lainnya tidak menyadarinya.

            mungkin krn kebiasaan menghina negara tetangga di forum sebelah, nah kebiasaan menghina itu rupanya mengerdilkan otak fanasboy.

          •  

            https://ridholawliet.wordpress.com/2010/11/24/konflik-dan-peperangan/

            “Konflik merupakan penyebab utama terjadinya perang.”

            “Konflik tidak serta merta muncul dalam masyarakat atau kelompok. Untuk menjadi sebuah konflik ada tahap eskalasi yang dilalui. Sebelum terjadi konflik biasanya terdapat perbedaan pendapat antar masyarakat dan kelompok. Kemudian akan timbul perselisihan antar kelompok yang berbeda pendapat yang berlanjut pada pertikaian. Pertikaian-pertikaian yang terjadi akan menimbulkan konflik terbatas yang berangsur-angsur menjadi konflik terbuka. Apabila konflik sudah mencapai puncaknya dan tidak bisa lagi diselesaikan dengan negosiasi maupun diplomasi maka biasanya akan mulai menjurus ke peperangan yaitu konflik yang menggunakan kekuatan dan senjata.”

            Konflik yang menggunakan kekuatan dan senjata itu “perang”…
            Konflik yaman adalah awalnya dimana ada perseteruan antara Houthi dan pemerintahan Hadi, yang berujung dengan penggulingan oleh Houthi, kemudian dari situlah koalisi arab mulai melakukan operasi militer untuk mendukung Hadi untuk mendapatkan kembali kendali atas negaranya… dan mengapa itu tidak boleh disebut “perang”???

          •  

            Saya tidak pernah menghina siapapun dimanapun seperti yang anda tuduhkan… saya manusia mereka manusia harus saling menghormati, berbeda pendapat dan berdebat itu biasa tetapi kalau sampai menghina itu namanya orang putus asa… ketika kehabisa ide, tidak bisa lagi mempertahankan pendapat maka cara2 sarkasme yang digunakan… dan saya paling anti dengan itu… coba anda sebutkan mana kalimat saya menghina seseorang…

          •  

            gue kasih masukan dikit yaa….mungkin maksudnya arab saudi melakukan agresi terbatas ,,,dan dapat perlawanan dari pihak lawan…jadi kata perang kurang tepat karna lawan arab saudi(houtni)tidak mewakili satu bangsa,,,jadi disebut agresi terbatas dalam campur tangan dalam negri yang berdaulat…kata konflik juga kurang tepat karna arab saudi pihak asing,,,bukan pihak internal yaman sendiri….aaaahhhh taulah pusing mikirin negara orang lain….disini aja banyak yang belum kepikiran….!!!!

          •  

            ga kok bung yuli, bukan anda yg saya maksud, lagi pula org nya juga sudah saya tegur.

          •  

            Konflik itu penyebab terjadinya perang, perang itu tidak terjadi begitu saja, tetapi ketika sebuah konflik atau gesekan dalam sebuah komunitas berubah menjadi kekerasan dan penggunakan senjata itu adalah “perang”…
            Konflik antar geng dalam batas wilayah akan menjadi konflik jika hanya menjadikan situasi tegang, dan tidak akan disebut perang ketika ketegangan itu reda karena dipisah atau karena adanya penengah atau dibubarkan polisi/keamanan… tetapi ketika konflik ketegangan pecah menjadi kekerasan itu “perang”…

            Asal perang Yaman memang konflik, tetapi sekarang ini yang terjadi disana adalah perang…

            Cara menyelesaikan tidak ada hubunganya dengan definisi bagi konflik dan perang itu sendiri… perang bisa berlangsung bertahun2 seperti perang Vietnam… atau jangan2 disebut konflik Vietnam??? tergantung dari pihak2 yang berperang seberapa kuat… semakin kuat semakin lama perang itu berlangsung…
            Konflik… semua hal yang bisa menimbulkan peperangan berawal dari konflik…

            Lalu apa definisi anda tentang arti “perang” dan “konflik”?????

          •  

            @aming lee… coba saja anda pelajari arti kata perang… perang pasti diikuti kondisi adanya kekerasan penggunakan kekuatan dan senjata, bisa dalam kondisi paling sederhana seperti tawuran antar kampung, atau yang paling hebat perang antar negara…
            Agresi pasti akan di ikuti penggunakan kekuatan dan senjata dan ketika ada perlawanan itu disebut perang… ketika tidak perlawanan dan tidak ada kekerasan itu bukanlah perang seperti yang terjadi di Catalonia, karena tidak ada perlawanan fisik dan senjata kepada pemerintah Spanyol…
            Ukraina terjadi konflik dan penggulingan presiden tetapi tidak terjadi perang…
            Crimea, karena ingin memisahkan diri dan berubah menjadi perang karena ada perlawanan…
            Vietnam awalnya konflik Vietnam utara dan Vietnam selatan yang berubah menjadi perang…
            Suriah awalnya konflik demonstrasi kepada pemerintah dan berubah menjadi pemberontakan dan terjadi perang…
            Yaman, Houti berkonflik karena di nomor duakan oleh pemerintahan Hadi, memberontak dan melengserkan paksa presiden Hadi akirnya terjadi perang yang melibatkan koalisi arab sebagai pendukung presiden Hadi… tidak hanya Arab Saudi tetapi juga ada UEA dan yang lain…

          •  

            kasus yaman hampir mirip siria,,,bedanya pihak keempat tidak turun langsung ,,,seperti yang dilakukan rusia dan sekutu…!!!
            mungkin bila iran masuk maka bisa dibilang perang terbuka akan terjadi…!!!

          •  

            kenapa itu bukan disebut perang,,,,

            di pbb justru ada undang2 yg mengaturnya juga, misal kalau hanya konflik bersenjata ada aturan/pasal yg berlaku.

            kalau statusnya sudah berubah menjadi perang, yaitu ketika setelah sebuah negara meng-invasi negara lain, maka negara yg tergabung dengan pbb bisa meminta pbb untuk memerangi negara tersebut. tentu saja setelah negara yg diserang mengirimkan ultimatum terlebih dahulu kepada negara yg menyerang utk menghentikan serangan, jika tidak ya resolusi pbb akan berlaku.

            itulah mengapa perang dengan konflik bersenjata berbeda.

            sumber lain juga mengatakan demikian. tapi tanpa penjelasan hukum internasional & pbb.
            https://arlina100.wordpress.com/2008/12/22/apa-arti-konflik-bersenjata/

          •  

            Perang itu hanya butuh dua kubu… mau berapapun yang terlibat yang penting minimal ada dua kubu…

          •  

            saya lupa bung pasal berapa, artikel berapa tentang yg mengatur itu semua, mungkin bung aming lee, atau bung yuli bisa membantu dan melengkapi.

          •  

            mungkin yaa bisa dikatagorikan perang terbatas….dalam artian umum,,,,karna semua kekerasan masal bisa diangap perang,,..tapi beda bila anda memasuki kajian ilmiah dalam suatu konflik….!!!
            Perang harus dideklarasikan dan tengat waktu harus dijawab,,,hukum perang sendiri beda dengan penanganan kasus konflik lainya…
            tapi juga mewakili dua atau lebih kelompok yang bertikai secara terang terangan,,,rada rumit juga sih kalou berpikir secara mendalam,,,masalah devinisi itu tergantung pada yang bersangkutan…sama dengan alasan yang dibuat sebagai landasan hukum pembenaran….seperti sekutu invasi irak berdalil senjata pemusnah masal…yang sampai saat ini tidak terbukti….dan itu diangap perang…walau sebenarnya lebih terlihat melindas seranga….karna irak sudah tidak mampu untuk berperang…!!!

          •  

            Kan sudah gue bilang, perang debat itu sprti yg gue sebutkan seblmnya, klu perang yg loe maksud di yaman vs saudi disebut perang kekerasan antara hidup & mati, lain pula perang diri, klu perang diri tidak sampai mengorbankan fisik hampir sama dengan perang debat, hanya saja perang debat lawannya kelihatan secara umum, tapi klu perang diri antara dirinya sendiri, misalnya loe mau spot dgn pria idamanmu, kemudian dipimikiranmu brgejolak, “jd apa tidak yaa, jd apa tdk ya, jd apa tdk yaa”.

            Dengan demikian, apapun itu namanya klu sudah melawan & ngelawan itu disebut perang & perang itu trbagi bagi, trgantung situasi perang trsebut sampai dimana

            Hahhaahaaaaa

          •  
          •  

            http://abcnews.go.com/International/forgotten-war-yemen-country-verge-man-made-famine/story?id=54015153

            Saya masih tidak bisa mengerti mengapa tidak boleh dikatakan perang yaman…
            Jika mengacu pada hukum PBB, sedangkan PBB sendiri tidak melakukan tindakan agresif untuk menghentikan perang, bahkan cenderung tidak berdaya terlebih ketika USA dan koalisinya secara tidak langsung terlibat disana…
            Ketika Suriah memerangi teroris di Ghouta semua pihak termasuk PBB mati2an berusaha menghentikan perang tersebut dengan berbagai usaha termasuk dengan adanya gencatan senjata… sesuatu yang tidak terjadi di Yaman…
            Lalu untuk apa menggunakan hukum PBB??? bahkan PBB tidak berusaha mencegah penjualan senjata yang berpotensi digunakan untuk perang di Yaman, tidak ada usaha untuk lebih terlibat dan menghentikan apapun yang terjadi… padahal di Suriah selalu menghujat ketika terjadi korban sipil…

            Untuk apa??? Perang – Konflik… tetap saja Yemen War

          •  

            …jika demikian kita bantai sparatis dengan dalil perang saya rasa itu sah dan dapat diadopsi dan segera kita terapkan pada pengangu keamanan….
            dalam perang tidak ada hukum kecuali hukum perang yang diterapkan….maka bila ada orang terbunuh dan membunuh maka tidak ada proses hukum didalamnya….yang jadi kekawatiran bila tauran dan perang antar kampung atau perang antar kelompok pendukung kesebelasan sepak bola,,,,menganut hukum perang bisa jadi habis penghuni negri ini….entah lah mungkin saya yang kurang memahami masalah atau kajian ditema ini…,,,jadi dengan rendah hati mengakui…@yuliantoro lebih menguasai tema ini….!!!

          •  

            yaa kata perang memang digunakan umum bisa perang antar kampung bisa perang antar suku,,,bisa juga perang pelajar(tauran)…karna pengertian dan devinisi yang umum…maka sulit mengambarkan suatu peristiwa secara detil,,,maka akan juga terjadi penyimpangan fakta dalam suatu peristiwa…kita bantai sparatis dengan dalil perang saya rasa itu sah dan dapat diadopsi dan segera kita terapkan pada pengangu keamanan….
            dalam perang tidak ada hukum kecuali hukum perang yang diterapkan….maka bila ada orang terbunuh dan membunuh maka tidak ada proses hukum didalamnya….yang jadi kekawatiran bila tauran dan perang antar kampung atau perang antar kelompok pendukung kesebelasan sepak bola,,,,menganut hukum perang bisa jadi habis penghuni negri ini….entah lah mungkin saya yang kurang memahami masalah atau kajian ditema ini…,,,jadi dengan rendah hati mengakui…@yuliantoro lebih menguasai tema ini….!!!

          •  

            Mau perang ataupun konflik trus kenapa kalian yg malah ribut disini? Hayoo pada pulang sana, dah pada dicariin emak kalian semua…. 😛 wkwkwkwk 😆

        •  

          Namanya juga perang, ada yang di serang dan ada balik menyerang….paling enak perang gerilya sama janda kinyis2, serangan baliknya lebih banyak….

        •  

          Apa pun itu namanya kalau sudah brmaksud melwan & ngelawan itu namanya brperang yg dibalik itu semua kekuasaan, walaupun cuma berdebat atau ejek ejekkan speerti seperti aming lee dgn orang lain yg dikatan aming “punyamu gak asik maka gak suka suamimu”, kemudian dibalas orang lain itu “dasar loe perebut suami orang”,
          ini juga disebut perang debat, kecuali perang perangan

          Hahhaahaaaa

          •  

            Itupun klu gue gak salah aming lee cuma punya tonjolan diatas

            Hahhaahaaa

          •  

            yaa kata perang memang digunakan umum bisa perang antar kampung bisa perang antar suku,,,bisa juga perang pelajar(tauran)…karna pengertian dan devinisi yang umum…maka sulit mengambarkan suatu peristiwa secara detil,,,maka akan juga terjadi penyimpangan fakta dalam suatu peristiwa….

          •  

            Masih nyangkut digigimu yaa, perang debat itu sprti yg gue bilang sblmnya, itupun klu gue gak salah kalau aming lee cuma punya tonjolan diatas

            Hahhaahaaaa

        •  

          tumben diskusi di sini pakai data biasanya gitu deh
          pertanyaan besar kenapa kualisi arab saudi tdk langsung serangan total aja ke yaman. kalau di bilang serangan proxy ke yaman juga bukan, ibaratnya saudi kecemplung setengah badan serang yaman 1/2 hati tapi di balas yaman sepenuh hati jangan2 arab saudi nunggu amerika buat bantu
          s 400 tidak sebagus yg di promosiin rusia buktinya di suriah s400 langsung di ganti sama upgrade s 300 krn gosipnya kurang mampu melacak rudal jelajah yg terbang rendah aka atau alias tomahawk jadi setiap produk punya sisi lebih dan kurang

  8.  

    Edaan … kok jadi senjata makan si mbah, mbah mien … mbah mien … kowe ning endi?

    Xixixi …

  9.  

    Tiap hari pespur saudi dan koalisinya membom yaman kok bukan perang? Houthi disuplai senjata sama iran ga blh mang saudi mw perang dengan yg pegang senapan saja?? 13 heli apache/black hawk ditembak jatuh di yaman ,f 15 ditembak jatuh,korvet n kapal perang ditenggelamkan masa bukan perang? Itu agresi saudi ke yaman

  10.  

    LOL, jadi pensboy kok bilang intervensi Saudi di Yaman bukan perang, pakai acara ngajarin orang belajar KBBI, padahal doi berkelit mulu atau mengalihkan topik pembicaraan karena rudal maha dahsyat buatan majikan malfungsi :p

    komen ngalur ngidul minta link buat ngebuktiin no link = hoax, sudah ada fakta video malah berkelit2 memutar fakta dan kenyataan pahit :p

    kalah argumen malah ngatain orang, katanya harus adil tapi nyerang personal insult, gini katanya pemerhati militer :p

    saya turut prihatin dengan sepuh pensboy USA satu ini (you know lah) :p

  11.  

    Arab Saudi sudah kepalang basah….,sudah tahu Houthi itu milisi tahan banting, bertempur pula sama Houthi….sekarang sudah tahu pulak akibatnya…..

  12.  

    rudalnya gagal paham,atau tentara saudi kurang mahir atau mungkiiinn alutsista nya kuraangg?? aaahh sudah lah ploduk as itu gak ada yang bermasalah begini

  13.  

    test

  14.  

    sya malah mengapresiasi turki, ga banyak bacot, ga usah kebanyakan rudal2an langsung wae perang darat, tuh beres. harusnya saudi mencontoh kaya turki baru josh, klo houthi sih tinggal stand bye aja kan…

  15.  

    test….

  16.  

    yaa kata perang memang digunakan umum bisa perang antar kampung bisa perang antar suku,,,bisa juga perang pelajar(tauran)…karna pengertian dan devinisi yang umum…maka sulit mengambarkan suatu peristiwa secara detil,,,maka akan juga terjadi penyimpangan fakta dalam suatu peristiwa…kita b*ntai sparatis dengan dalil perang saya rasa itu sah dan dapat diadopsi dan segera kita terapkan pada pengangu keamanan….
    dalam perang tidak ada hukum kecuali hukum perang yang diterapkan….maka bila ada orang terbu-nuh dan memb-unuh maka tidak ada proses hukum didalamnya….yang jadi kekawatiran bila ta*uran dan pe*rang antar kampung atau per*ang antar kelompok pendukung kesebelasan sepak bola,,,,menganut hukum perang bisa jadi habis penghuni negri ini….entah lah mungkin saya yang kurang memahami masalah atau kajian ditema ini…,,,jadi dengan rendah hati mengakui…@yuliantoro lebih menguasai tema ini….!!!

    •  

      sorry bung yulli…payah masuk komen…sekali masuk nyasar juga….huha yaa komen jorok engak kena sensor…giliran gue kena portal,,,asem tenan…pasti gara gara komen godain anunya ini….!!!

      •  

        ehhh… tapi saya ga kelihatan kalau ngawur banget kan… hehehehe
        soalnya pakai jurus ngeyel hasil belajar otodidak sama bung Agato

        •  

          engak kok bung dalil anda cukup punya landasan,,,tapi memang kata yang umum sulit diterjemahkan secara detil dan spesifik….!!!

          •  

            sebenarnya bung Piye Kabare mau menggunakan dalil berdasarkan pasal2 yang menjadi pegangan UN/PBB… tetapi itu kan lebih digunakan sebagai cara untuk memilah jenis kategori karena tidak semua perang memiliki level yang sama… misal era NAZI jelas itu adalah level yang sangat parah, sehingga dikategorikan…
            Tetapi bahkan media2 internasional masih tetap menyebut perang yaman juga kok, jadi tidak ada dasar kalau tidak boleh menggunakan kata perang untuk menyebut konflik Yaman… eh perang Yaman… eh konflik eh perang eh… tau ah gelap

          •  

            Yg jorok gimana maksud loe

            Hahhaahaaaa

          •  

            yaa itu lah bung kekurangan sistem buatan manusia,,,bahkan mendevinisikan permasalahan saja kurang jelas…!!!
            seperti masalah penjahat perang,,,seharusnya itu kan penjahat kemanusiaan…karna tidak sesuai dengan hukum perang,,,pembantai sipil tak bersenjata apalagi pemusnahan etnis,,,tidak pandang bulu baik anak anak wanita dan lain sebagainya…
            mana bisa diangap perang…tapi penamaan atau sebutan penjahat perang,,,membuat rancu pengertian sesunguhnya…!!!

          •  

            Mngkin itu dalilnya novel prabowo broo,tapi msh untunglh bukan novel indonesia pindah ke mars krna kekacauan agato yg dibaca prabowo

            Hahhaahaaaa

            Hahhaahaaaa

          •  

            huha yaa kebiasaan…gentel napa,,,kayak bung yuli….ngak pake ngawar ngiwir….baru ANUnya dambaan wanita…!!!

          •  

            Berarti masih nyangkut digigimu yaa, aneh juga tukang air lupa minum

            & loe bilang pula punya yuli jd dambaan, tapi blh juga loe tes, mudh2an loe kagak adu speed dgn istrinya

            Hahhaahaaaa

          •  

            Huha+Aming = Jorok

            xaxaxa………wushhhhhhhhhhh!!

            *Eject kat Hangar

          •  

            Gue gak tau yg bersih itu gimana yg loe maksud

            Hahhaahaaaa

  17.  

    Patriot sama sekali ga ada kualitasnya.

    Kalau kata ka yulihantoro yang paling berkualitas itu adalah Heli Mi-24 yang berperang disiang bolong.

    Heli Mi-24 project baru rusia mungkin.

    wkwkwkwk

  18.  

    Ternyata rudal patriot cuma segitu aja, malah tidak bisa bedain mana lawan dan kawan, amerika banget loh

    😎 kwokwokwok

  19.  

    Huahahaha … kok terbukti kagak moncer ini barang 😀

 Leave a Reply