Jan 252016
 
Bagaimana Operasi Militer Amerika Serikat di Dunia Dijalankan

Bagaimana Operasi Militer Amerika Serikat di Dunia Dijalankan

Militer Amerika Serikat dikenal dengan jangkauannya yang global, dengan kehadiran mereka di setiap benua. Untuk melaksanakan tugas mempromosikan kepentingan Amerika Serikat (AS) di seluruh dunia, Departemen Pertahanan AS membagi dunia ke dalam enam bidang tanggung jawab. Melalui enam Komando tersebut, pihak Militer AS memantau seluruh wilayah di dunia setiap menitnya per hari, sepanjang tahun.

 

US Command Afrika (AFRICOM)

AFRICOM

AFRICOM

US Command Afrika (AFRICOM) berkantor pusat di Stuttgart, Jerman. Komando ini bertanggung jawab untuk semua operasi, latihan, dan kerja sama keamanan di benua Afrika. Namun, Mesir tidak termasuk dalam Komando ini. AFRICOM memiliki sekitar 2.000 personel tugas, yang terdiri dari tentara militer dan karyawan sipil.

 

Komando Sentral AS (CENTCOM)

CENTCOM

CENTCOM

Komando Sentral AS (CENTCOM) berkantor pusat di MacDill Air Force Base, di Tampa, Florida. Mereka bertanggung jawab untuk 20 negara di ‘pusat’ dunia, yaitu Afghanistan, Bahrain, Mesir, Iran, Irak, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Lebanon, Oman, Pakistan, Qatar, Arab Saudi, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Inggris Emirat Arab, Uzbekistan, dan Yaman.

Dengan mitra nasional dan internasional, CENTCOM mempromosikan kerjasama antar negara, merespon krisis, serta menghalangi atau menghancurkan segala bentuk agresi militer. Komando ini pun berfungsi untuk membangun kondisi keamanan, stabilitas regional, dan kemakmuran.

 

US Command Eropa (EUCOM)

EUCOM

EUCOM

Komando Amerika Serikat Eropa (EUCOM) berkantor pusat di Stuttgart, Jerman. Komando ini bertanggung jawab untuk melakukan berbagai operasi militer, keterlibatan militer internasional, dan kemitraan antar-lembaga, untuk meningkatkan keamanan Trans-Atlantik dan membela Amerika Serikat. Komando ini melingkupi seluruh benua Eropa, termasuk Rusia. Inti kegiatan EUCOM adalah NATO, serta berbagai inisiatif kemitraan lainnya yang lebih kuat dalam lingkup Eropa.

 

Komando Utara AS (NORTHCOM)

NORTHCOM

NORTHCOM

Komando Utara Amerika Serikat (NORTHCOM) berkantor pusat di Colorado Springs, Colorado. Komando ini bertanggung jawab untuk udara, darat, dan laut yang meliputi wilayah Amerika Serikat, Alaska, Kanada, Meksiko dan perairan di sekitarnya, untuk sekitar 500 mil laut. Komando ini juga bertanggung jawab untuk Teluk Meksiko, Selat Florida, serta beberapa bagian di kawasan Karibia.

 

Komando Pasifik AS (USPACOM)

USPACOM

USPACOM

Komando Pasifik Amerika Serikat (USPACOM) berkantor pusat di Gedung Nimitz-MacArthur di Camp HM Smith Outside Honolulu, Hawaii. Komando ini bertanggung jawab untuk 36 negara atau sekitar setengah muka bumi, yang membentang dari perairan lepas pantai barat Amerika Serikat ke perbatasan barat India, dan dari Antartika ke Kutub Utara. Sekitar 360.000 personel militer dan sipil ditugaskan ke daerah USPACOM. Mereka dilengkapi oleh sekitar 200 kapal laut, lima diantaranya adalah kapal induk, serta 1.100 pesawat.

 

Komando Selatan AS (SOUTHCOM)

SOUTHCOM

SOUTHCOM

Komando Selatan Amerika Serikat (SOUTHCOM) berkantor pusat di Doral, Florida. Komando ini bertanggung jawab untuk merencanakan kontingensi, operasi, dan kerjasama keamanan di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia (terkecuali persemakmuran AS). Komando ini terdiri dari sekitar 1.200 personel sipil dan militer, serta beberapa badan federal.

 

Business Insider

 Posted by on Januari 25, 2016